20 November 2013

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 19 Nov 2013 Ustadz Bambang Syuhada

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 19 Nov 2013
Tema : Ustadz Bambang Syuhada
Pembicara : Keberuntungan bersama doa

Belajar dari falsafah air, Jika kita melakukan suatu hal secara kontinyu, istiqomah, insyaAllah akan membuahkan hasil :

Jika kita cermati lebih dalam, ternyata agar kita sukses kita juga bisa meniru filosofi air. Lihatlah tetesan air di atas batu karang. Menetes satu persatu di batu karang. Dan makin lama, batu karang yang terkenal kuat akhirnya bisa terkikis oleh air yang sangat lembut. Disini kita bisa mengambil banyak pelajaran penting dari kejadian ini dan sifat-sifat positif dari air

---

Keutamaan berdoa

1. Menunjukkan keimanannya

Contoh doa yang diajarkan Rasulullah :

Ya Allah aku mohon kepadaMu agar aku dapat mencintaiMu, mencintai orang-orang yang mencintaiMu, dan mencintai segala perbuatan yang mendekatkan aku kepada mencintaiMu

---

Keutamaan berdoa dengan membaca Asmaul husna

Allah memiliki 99 nama (yang terbaik, disebut asmaul husna), barangsiapa yang membacanya (menghafalkannya), akan dimasukkan ke syurga, dan sesungguhnya Allah itu ganjil bilangannya, dan Dia menyukai witir (tunggal atau bilangan ganjil)

---

2. Senjata orang mukmin

Do'a adalah senjata seorang mukmin dan tiang (pilar) agama serta cahaya langit dan bumi. (HR. Abu Ya'la)

---

Doa itu kalimat yang baik

QS Ibrahim : 24-25

“Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat...”

---

Contoh doa yang diajarkan Rasulullah :

Ya Allah Tiada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. dan yg susah akan jadi mudah, apabila Engkau menghendakinya

---

Jauhi perbuatan yang dibenci Allah

Rasulullah menjelaskan, Empat macam orang yang dibenci Allah, yaitu penjual yang suka bersumpah, orang miskin yang sombong, orang yang sudah tua suka melacur, dan pemimpin yang durhaka. (HR Nasa'i dari Abu Hurairah)

---

Keutamaan menjaga hubungan yang romantis antara suami dan istri

sungguh bila seorang suami memandang istrinya (dengan rasa kasih sayang) dan istrinya juga memandang suaminya (dengan rasa kasih sayang), maka Alloh akan memandang keduanya dengan pandangan kasih sayang. Dan bila suami memegang tapak tangan istrinya, maka dosa-dosa mereka keluar dari celah-celah jari mereka

---

Doa agar terhindar dari sihir :

A'udzu bi kalimatillahi taammati min syarri maa khalaq"

artinya : "Aku berlindungan dengan kalimat-kalimat Allah yang sempurna, dari kejahatan makhluk ciptaan-Nya.

---

3. Doa menyempurnakan amal

Keutamaan mendoakan orang tua yang sudah meninggal :

Diriwayatkan oleh Abu Daud dari Abu Usaid Malik bin Rabi’ah As Sa’idi ia berkata, “Ketika kami sedang bersama Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, tiba-tiba ada seorang laki-laki dari bani Salamah datang kepada beliau. Laki-laki bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah masih ada ruang untuk aku berbuat baik kepada kedua orang tuaku setelah mereka meninggal?” beliau menjawab: “Ya. Mendoakan dan memintakan ampunan untuk keduanya, melaksanakan wasiatnya, menyambung jalinan silaturahim mereka dan memuliakan teman mereka.”

---

Contoh hadist yang menjelaskan tentang menjaga keromantisan hubungan atara suami dan istri

“Berbuat baiklah kepada kaum wanita. Sebab mereka diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok. Yang paling bengkok dari tulang rusuk itu adalah bagian atasnya. Jika engkau berusaha meluruskannya maka engkau akan mematahkannya, jika biarkan maka ia akan tetap bengkok. Maka dari itu berbuat baiklah kepada kaum wanita.” (HR Tirmidzi)

---

Sesungguhnya orang mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya. Dan yang terbaik diantara kamu adalah yang paling baik terhadap istrinya (HR Tirmidzi)

---

Dari Aisyah Ra, bahwa Nabi Muhammad biasa mencium istrinya setelah wudhu kemudian beliau shalat dan tidak mengulangi wudhu’nya (HR ‘Abdurrazaq)

---

Rasulullah SAW bersabda, “Dalam kemaluanmu itu ada sedekah.” Sahabat lalu bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah kita mendapat pahala dengan menggauli istri kita?.” Rasulullah menjawab, “Bukankah jika kalian menyalurkan nafsu di jalan yang haram akan berdosa? Maka begitu juga sebaliknya, bila disalurkan di jalan yang halal, kalian akan berpahala.” (HR. Bukhari, Abu Dawud dan Ibnu Khuzaimah)

---

Belajar keromantisan dari Fatimah Ra dan Ali Ra

Fatimah yang masa kecilnya di Makah pasti penuh dengan kenyamanan sebagai keluarga Quraisy yang kaya, kini tidur dengan pundak yang memar dan tangannya bengkak karena kerja keras seharian menopang penghasilan suami. bahkan selimutpun tidak cukup untuk menutupi seluruh tubuh mereka berdua. Walaupun begitu kemesraan tetap terjaga, limpahan kasih sayang tidak pernah memudar dari diri Ali sebagai seorang suami maupun Fatimah sebagai istri, setiap pagi ketika hendak beranjak meninggalkan rumah untuk bekerja tak lupa Ali mencium kening Fatimah dengan penuh kasih sayang begitu pula Fatimah membalasnya dengan mencium tangan Ali sebagai penghormatan.

Sumber : http://primbondonit.blogspot.com/2013/07/meneladani-sifat-kesederhanaan-keluarga.html
Indahnya Berbagi Informasi

---

Wanita yang memijat suaminya tanpa disuruh akan mendapatkan pahala tujuh keping emas dan istri yang memijat suaminya bila disuruh akan mendapatkan pahala tujuh keping perak

---

Bila istri ingin tidur sendiri, sedang suaminya berada di rumah pada malam harinya, maka ia harus meminta ijin terlebih dahulu pada suaminya.

---

Hal hal yang harus diperhatikan tentang anak anak masuk ke kamar orang tuanya, sebaiknya mengetuk pintu terlebih dahulu

Qs An Nur : 58

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig diantara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sesudah shalat Isya. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

---

Imam Ahmad rahimahullah pun pernah menyatakan bahwa masa istirahatnya seorang mukmin ialah di surga Allah SWT nanti.

Sumber: http://www.dakwatuna.com/2011/12/27/17665/yang-muda-yang-beragama/#ixzz2l9l2qVZO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut