22 Mei 2009

Diskusi Panel Fenomena Alam Gaib (Jin)

Event : Diskusi Panel Fenomena Alam Gaib (Jin)
Tanggal : 21 Mei 2009
Pembicara : Drs.KH.Syarif Rahmat.MA, Ustad Abu Aqila, Ust. Hasan Bisri Lc
Tema : Fenomena Alam Gaib (Jin)

Hasan Bisri Lc.

QS Al Baqarah : 3

“(Yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka”

---

QS An Naml : 65

“ Katakanlah (Muhammad) “Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan diabangkitkan”

---

QS Al An ‘am : 50

“ Katakanlah (Muhammad) “Aku tidak mengatakan kepadamu bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan aku tidak mengetahui yang gaib dan aku tidak (pula) mengatakan kepadamu bahwa aku malaikat. Aku hanya mengikuti apa yang telah diwahyukan krpadaku. Katakanlah “ apakah sama antara orang yang buta dengan orang yang bisa melihat? Apakah kamu tidak memikirkannya?”

---

QS Saba : 14

“ Maka ketika Kami telah menetapkan kematian atasnya (Sulaiman) tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu, kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka ketika dia tersungkur, tahulah bahwa jin itu bahwa sekiranya mereka mengetahui yang gaib tentu mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan”

---

Abu Aqila

Apabila ada jin yang menakutkan, bacakanlah adzan

Siapakah iblis itu ? Jin yang ingkat kepada Allah

QS Al Kahfi : 50

“ Dan (ingatlah) kepada Kami berfirman kepada malaikat “ sujudlah kamu kepada Adam, maka merekapun sujud kecuali iblis. Dia adalah dari (golongan) jin, maka dia mendurhakankan perintah Tuhannya. Pantaskan kamu menjadikan dia dan keturunannya menjadi pemimpin selain Aku, padahal mereka adalah musuh-musuhmu,sangat buruklah (iblis itu) sebagai pengganti (Allah) bagi orang yang dzalim”

---

QS Al An’am : 112

“ Dan demikianlah untuk setiap nabi Kami menjadikan musuh yang terdiri dari setan, manusia dan jin, sebagian mereka membisikkan kepada sebagian yang lain perkataan yang indah sebagai tipuan. Dan kalau Tuhanmu menghendaki, niscaya mereka tidak akan melakukannya. Maka biarkanlah mereka bersama apa (kebohongan) yang mereka adakan”

---

Jadi yang disebut setan adalah baik setan, jin dan manusia yang menjauhkan diri dari rahmat Allah.

Nama Nama iblis keturunan jin:

a. Muhadis : setan yang menggoda ulama

b. Hudais : setan yang menggangu orang yang datang ke majelis taklim, shalat jumat dengan membuat mengantuk, lupa jumlah rakaat, lupa bacaan shalat dsb.

C. Zalbabnun : setan yang datang ke pasar, menggoda pedagang di pasar dengan curang menimbang barang, membuat orang yang datang ke pasar/ mal dengan membuat waktu yang lama terasa sebentar.

d. Bitter : setan yang menghilangkan pahala orang yang kena musibah karena membuatnya berprasangka buruk kepada Allah.

e. Mahsud : setan yang memecah ukhuwah islamiyah.

f. Dasim / wasim : setan yang bersarang diantara dubur dan kemaluan, yang membuat orang ingin berselingkuh, berzina.

g. Akwad : setan yang menyebabkan adanya orang-orang yang merasa dirinya nabi.

---

3. Drs. KH. Syarif Rahmat SQ.MA

Beriman kepada yang gaib artinya beriman kepada hal hal yang belum pernah kita melihatnya namun kita percaya hal tersebut ada.

Tidak mustahil bagi manusia untuk melihat jin yang sholeh maupun yang kafir.

QS Al Baqarah : 33

“ Dia (Allah ) berfirman : “wahai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama itu , setelah dia (Adam) menyebutkan nama-namanya, dia berFirman “Bukankah telah Aku katakana kepadamu, bahwa Aku mengetahui rahasia langit dan bumi, dan Aku mengetahui apa yang telah kamu nyatakan dan apa yang kamu sembunyikan?”

---

QS Ali Imran : 38

Disanalah Zakaria berdoa kepada TuhannyaDia berkata “ Ya Tuhanku berilah aku keturunan yang baik dari sisiMu ,sesungguhnya Engkau Maha mendengar doa”

---

QS Al Jin : 6

“ dan sesungguhnya ada beberapa orang laki-laki dari kalangan manusia yang meninta perlindungan kepada beberapa laki laki dari golongan jin. Tetapi mereka (jin) menjadikan mereka (manusia) menjadi bertambah sesat”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut