18 April 2016

WorkshopNas Hijabersmom Community 2 April 2016 MOTIVASI UMROH & Haji Samsul Rahman MA

Event : WorkshopNas Hijabersmom Community
Tanggal : 2 April 2016
Pemateri : Samsul Rahman MA
Tema : MOTIVASI UMROH & Haji

Ayat panggilan umroh dan haji
Surah Al-Hajj : Ayat 26-28
“Dan (ingatlah) ketika Kami memberikan tempat kepada Ibrahim di tempat Baitullah (dengan mengatakan): “Janganlah kamu mempersekutukan sesuatu pun dengan Aku dan sucikanlah rumahKu ini bagi orang-orang yang thawaf, dan orang-orang yang beribadat dan orang-orang yang ruku’ dan sujud. Dan berserulah kepada manusia untuk mengerjakan haji, niscaya mereka akan datang kepadamu dengan berjalan kaki, dan mengendarai unta yang kurus yang datang dari segenap penjuru yang jauh. Supaya mereka mempersaksikan berbagai manfaat bagi mereka dan supaya mereka menyebut nama Allah pada hari yang telah ditentukan atas rezeki yang Allah telah berikan kepada mereka berupa binatang ternak. Maka makanlah sebagian daripadanya dan (sebahagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara lagi fakir.”

Makna Umroh secara Terminologi : meramaikan, berkunjung, ziarah, memakmurkan
Secara Istilah : berkunjung ke Baitullah dengan berihram dan melaksanakan tawaf, sa’ie serta tahallul

Hadist hadist Nabi Muhammad tentang kemuliaan umroh
“Allah menurunkan 120 rahmat di masjidil haram, 60 bagi yang tawaf, 40 bagi yang shalat dan 20 bagi yang memandangi (Ka’bah) “(Al-Hadist HR Muslim)

“Antara rukun aswad dan pintu Ka’bah disebut Multazam. Tidak ada orang yang meminta di Multazam, melainkan Allah kabulkan permintaannya itu “ (Al-Hadist HR Baihaqi & Ibnu Majah)

“Barang siapa yang melaksanakan ibadah haji atau umrah kemudian tidak rafats dan fasik maka Allah leburkan dosa-dosanya bagaikan bayi yang baru dilahirkan“ (HR Muslim)

“Barangsiapa yang shalat di masjidku ini (Masjid Nabawi) maka adalah 1000 kali lebih utama dari shalat dimanapun. Seorang sahabat bertanya,” Bagaimana jika di Masjidil Haram Ya Rasulullah?”Beliau menjawab, ”Sesungguhnya disana 100.000 kali lebih utama dari masjidku” (Al-Hadist)

Realita Orang Pergi Haji dan Umroh
1. Untuk meminta dunia (materi, jabatan, kesuksesan, dan lainnya)
2. Untuk Prestise (status sosial, panggilan, Trend atau apapun)
3. Jalan-jalan (untuk belanja, plesiran, liburan)
4. Nazar atau karena Hajat (“kalau naik jabatan saya berangkat umrah”)

Hadist yang nabi tentang realita ini :
”Akan datang suatu masa bagi manusia, orang yang kaya dari umatku pergi haji untuk berwisata, yang kelas menengah pergi haji untuk berdagang, yang ulama pergi haji untuk riya dan mencari popularitas, dan yang fakir pergi haji untuk minta minta.” (Hadist Riwayat Imam al-Baghdadi dan al-Dailami dari Anas ra)

Tertib Umroh
Ihram : Mencegah dari semua yang membatalkan
Thawaf : lambang ingat dan taat kepada Allah setiap waktu setiap saat.
Sai : Lambang ikhtiar, usaha dan perjuangan hidup. Tidak boleh menyerah walau susah. Allah akan bukakan rezekinya dari tempat-tempat yang tidak di duga.
Tahalul : artinya halal. Di bolehkan. Lambang pengorbanan diri dalam mengabdi kepada Allah Swt.

“ALLAH MEMAMPUKAN SIAPAPUN HAMBANYA YANG DI PANGGIL KE TANAH SUCI MEKKAH DAN MADINA”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut