15 Maret 2011

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 15 Maret 2011

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 15 Maret 2011
Pembicara : Ustadz Zuni Nurrochim S Ag, MA
Tema : Strategi Menghindar Dari Musibah

Beberapa musibah memang ada kaitannya dengan dosa, tapi bukan semata mata karena dosa :

Qs An Nahl : 61

Jikalau Allah menghukum manusia karena kezalimannya, niscaya tidak akan ditinggalkan-Nya di muka bumi sesuatupun dari makhluk yang melata, tetapi Allah menangguhkan mereka sampai kepada waktu yang ditentukan. Maka apabila telah tiba waktu (yang ditentukan) bagi mereka, tidaklah mereka dapat mengundurkannya barang sesaatpun dan tidak (pula) mendahulukannya.

---

Beberapa musibah terjadi karena perbuatan kita sendiri

Qs Asy syu'ara : 30

Dan apa saja musibah yang menimpa kamu maka adalah disebabkan oleh perbuatan tanganmu sendiri, dan Allah memaafkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu).

---

Ditimpa musibah sakit, misalnya. Semua orang pernah sakit, bahkan orang yang tidak pernah sakit mungkin saja dia tidak disukai oleh Allah. Sakit adalah bagian dari penggugur dosa. Rosullullah bersabda dalam sebuah hadis, ”Tidaklah seseorang merasakan sakit dihina atau tertusuk duri kecuali Allah menggugurkan dosanya, bagai gugurnya daun-daun”, jadi proses sakit itu proses pengguguran dosa.

---

Kebaikan itu menghapuskan keburukan

Qs Hud : 114

Dan dirikanlah shalat itu pada kedua tepi siang (pagi dan petang) dan pada bahagian permulaan daripada malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat.

---

Doa agar diberikan kemudahan dalam menyelesaikan segala persoalan :

Qs Ali Imran : 16

... Ya Rabb kami, sesungguhnya kami telah beriman, maka ampunilah segala dosa kami dan peliharalah kami dari siksa neraka.

---

Qs Ali Imran : 147

... Ya Rabb kami, ampunilah dosa-dosa kami dan tindakan-tindakan kami yang berlebih-berlebihan dalam urusan kami, dan tetapkanlah pendirian kami, dan tolonglah kami terhadap kaum yang kafir.

---

Cara menghindari Musibah

Qs Al Anfal : 33

Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.

---

1. Menjalankan sunah Nabi

a. Shalat Witir

Sesungguhnya Allâh telah menambah untuk kalian satu shalat, maka jagalah shalat tersebut. Shalat itu ialah Witir. (HR Ahmad)

Mau shalat witir di awal waktu maupun akhit waktu, boleh saja, ada dalilnya :

“Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bertanya kepada Abu Bakar, " Kapankah kamu melaksanakan witir?" Abu Bakr menjawab, “Saya melakukan witir di permulaan malam”. Dan beliau bertanya kepada Umar, "Kapankah kamu melaksanakan witir?" Umar menjawab, “Saya melakukan witir pada akhir malam”. Kemudian beliau berkata kepada Abu Bakar, "Orang ini melakukan dengan penuh hati-hati." Dan kepada Umar beliau mengatakan, “Sedangkan orang ini begitu kuat." (HR. Abu Daud)

---

b. Membaca al-Mu’awwidzatain

Surat al-Falaq terdiri dari lima ayat dan tergolong makkiyyah (diturunkan sebelum hijrah). Bersama surat an-Nas, ia disebut al-Mu’awwidzatain. Disebut demikian karena keduanya mengandung ta’widz (perlindungan). Keduanya termasuk surat yang utama dalam Al-Qur’an. Keutamaan surat al-Falaq selalu disebut bersamaan dengan surat an-Nas.

Keutamaan al-Mu’awwidzatain

“Abdullah bin Habib berkata, “Kami keluar ketika hujan malam hari untuk meminta nabi shalallahu ‘alaihi wa sallam memimpin kami shalat, maka kami pun berjumpa. Rasulullah bersabda: “Bicaralah”. Aku tidak mengucapkan sepatah kata pun. Kemudian Aku berkata, “Wahai Rasulullah, Apa yang harus aku ucapkan?”. Rasulullah bersabda:
“Ucapkanlah qul huwallahu ahad dan muawwidzatain [Al-Falaq dan An-Naas] setiap pagi dan petang tiga kali, maka cukup untukmu segala sesuatu”. (HR. Tirmidzi)

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan saya untuk membaca al-Mu’awwidzat tiap selesai shalat.” (HR. Abu Dawud)

---

c. Shalat di awal waktu

Dari Abu Dzar Rhadiallahu Anha, ia berkata, "Rosululloh Sholallahu’Alaihi Wa sallam bertanya kepada saya, bagaimana sikapmu jika dikuasai oleh para pemimpin yang selalu mengakhirkan shalat (atau menjalani shalat diluar waktunya)?" Abu Dzarr berkata, "Saya bertanya, "lalu apa yang engkau perintahkan kepada saya?" Nabi Sholallahu ‘Alaihi Wa sallam bersabda, "Lakukanlah shalat pada waktunya. Jika kamu menemui waktu shalat bersama mereka maka shalatlah, karena yang demikian itu menjadi shalat sunah bagimu.Ibnu Mas’ud pernah bertanya kepada Rasulullah tentang amal yg paling dsukai Allah. Beliau bersabda, “Sholat tepat waktu.” (HR. Bukhari & Muslim).

Ummu Farwah meriwayatkan Rasulullah pernah ditanya tentang amal yg paling utama. Rasulullah bersabda, “Sholat tepat waktu.” (HR. Abu Dawud).

Diriwayatkan dari Abu Huroiroh r.a, bahwa Rosulullah saw bersabda :
“Setan mengikat pada ujung kepala salah seorang diantara kalian jika tidur dengan tiga ikatan. Masing-masing ikatan mengatakan : “Engkau masih memiliki malam yang panjang, maka tidurlah!’ Jika ia bangun lantas menyebut nama Allah, maka terlepaslah satu ikatan. Jika ia berwudlu, maka lepaslah ikatan berikutnya. Dan jika ia mengerjakaan sholat, maka terlepaslah satu ikatan lagi, sehingga keesokan harinya ia menjadi giat, demikian juga jiwanya akaan menjadi baik. Jika tidak demikian, maka keesokan harinya ia menjadi kotor jiwanya lagi pemalas.” (HR. Muslim)

---

d, Perbanyak doa

QS Al Baqarah :127-129

... 'Ya Tuhan kami terimalah dari kami (amalan kami), sesungguhnya Engkaulah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. Ya Tuhan kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk dan patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Ya Tuhan kami, utuslah untuk mereka seorang rasul dari kalangan mereka, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka al-Kitab (Al-Quran) dan al-Hikmah (as-Sunnah) serta menyucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

---

e. Perihal Makan

Kalau Makan baca doa

Dari ‘Umar bin Abi Salamah, ia berkata, “Waktu aku masih kecil dan berada di bawah asuhan Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam, tanganku bersileweran di nampan saat makan. Maka Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, "Wahai Ghulam, bacalah “bismilillah”, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah makanan yang ada di hadapanmu." Maka seperti itulah gaya makanku setelah itu. (HR. Bukhari)

Apabila makan lupa baca doa di awal

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Apabila salah seorang di antara kalian makan, maka hendaknya ia menyebut nama Allah Ta'ala. Jika ia lupa untuk menyebut nama Allah Ta'ala di awal, hendaklah ia mengucapkan: “Bismillaahi awwalahu wa aakhirohu (dengan nama Allah pada awal dan akhirnya)”." (HR. Abu Daud)

Makan yang baik

Dari Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhu beliau mengatakan, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang dua jenis makanan: yaitu duduk dalam jamuan makan yang menyuguhkan minum-minuman keras dan makan sambil tengkurap.” (HR Abu Daud dan Ibnu Majjah.

---

f. Perihal Kencing

‘Aisyah –radhiyallahu ‘anha- mengatakan,“Barangsiapa yang mengatakan pada kalian bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah kencing sambil berdiri, maka janganlah kalian membenarkannya. (Yang benar) Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa kencing sambil duduk.” (HR. At Tirmidzi)

---

g. Perihal Mimpi

Rasulullah Saw. pernah bersabda, “Mimpi itu ada tiga. Mimpi yang baik merupakan kabar gembira dari Allah. Mimpi yang menyedihkan berasal dari setan, dan mimpi yang datang dari obsesi seseorang. Jika salah seorang di antara kalian mimpi yang menyedihkan, maka hendaklah dia bangun, lalu shalat dan tidak menceritakannya pada orang lain.” [H.R. Bukhari dan Muslim].

---

Dari ‘Abdullah bin Abu Qatadah Radhiyallaahu anhu bahwasanya Nabi Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam bersabda:”Mimpi yang baik berasal dari Allah sedangkan mimpi yang buruk dari setan, maka apabila salah seorang diantara kalian mimpi buruk hendaklah ia meludah ke arah kiri dan memohon perlindungan kepada Allah dari kejelekannya, sesungguhnya hal itu tidak akan memberikan mudharat (kejelekan)” (HR.Bukhori dan Muslim).

---

h. perihal tidur

Dari Abu Hurairah r.a., Nabi Muhammad SAW Bersabda : " Apabila seseorang diantara kamu bangun dari tidurnya, lalu ia berwhudu, maka hendaklah menymburkan air dari hidung (membersihkan hidungnya) 3 kali, karena sesungguhnya setan bermalam pada lobang hidungnya".

2. Memperbanyak istighfar

Istighfar mempunyai banyak faedah baik didunia maupun diakhirat, faedah tersebut ada yang memang langsung kita rasakan dan ada juga yang diakhirkan oleh Allah SWT sampai hari kiamat, diantaranya:

1. Menghapus dosa, Istighfar menghapus dosa sebagimana api membakar kayu bakar, yang dimaksud disini adalah istighfar dalam artian taubat.

QS An nisa : 110

Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan dan menganiaya dirinya, kemudian ia mohon ampun kepada Allah, niscaya ia mendapati Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

2. Akan mendapatkan rasa aman dari azab baik secara khusus maupun umum, Istighfar mengangkat azab bagi umat baik individu maupun kolektif yang disebabkan oleh dosa yang dilakukan, jika beristighfar dan beriman, Allah akan mengampuninya.

3. Kenikmatan yang baik, Allah akan memberikan kehidupan yang lebih baik bagi mereka yang selalu beristighfar, mereka mendapatkan rasa aman, damai dan ketenangan jiwa

Qs Hud : 3

Dan hendaklah kamu meminta ampun kepada Rabbmu dan bertaubat kepada-Nya. (Jika kamu mengerjakan yang demikian), niscaya Dia akan memberi kenimatan yang baik (terus-menerus) kepadamu sampai kepada waktu yang telah ditentukan dan Dia akan memberi kepada tiap-tiap orang yang mempunyai keutamaan (balasan) keutamaannya. Jika kamu berpaling, maka sesungguhnya aku takut kamu akan ditimpa siksa hari kiamat.

---

4. Istighfar sebab turunnya hujan,salah satu sebab turunnya hujan adalah banyaknya kita beristighfar

QS Nuh : 10-13

maka aku katakan kepada mereka: Mohonlah ampun kepada Rabbmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun

niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat,

dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai.

Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah?

---

5. Istighfar sebab bertambahnya kekuatan, Istighfar mampu menyuntikkan kekuatan bagi jasmani dan rohani dan dengannya mampu menanggung beban

6. Menghilangkan kesusahan dan memudahkan rezeki, dengan istighfar segala keluh kesah akan sirna dan rezeki akan datang secara tak terduga

---

Dari Abi Hurairah r.a. dari Rasulullah SAW berabda, "Telah diampuni seorang wanita pezina yang lewat di depan anjing yang menjulurkan lidahnya pada sebuah sumur. Dia berkata, "Anjing ini hampir mati kehausan". Lalu dilepasnya sepatunya lalu diikatnya dengan kerudungnya lalu diberinya minum. Maka diampuni wanita itu karena memberi minum. (HR Bukhari)


---

Orang yang sabar dalam menghadapi musibah, akan mendapatkan kenaikan tingkat di mata Allah

QS Al Mukminun : 111

Sesungguhnya Aku memberi balasan kepada mereka di hari ini, karena kesabaran mereka;sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang menang.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut