28 Februari 2012

Pengajian Musholla Al Ikhlas Puri Bintaro Sektor 9 Tema : Sebuah renungan dalam rangka mengenang dan meneladani Rasulullah Tanggal : 27 Februari 2012

Event : Pengajian Musholla Al Ikhlas Puri Bintaro Sektor 9
Tema : Sebuah renungan dalam rangka mengenang dan meneladani Rasulullah
Tanggal : 27 Februari 2012
Pembicara : Ustadz Toto tasmara

Smart spiritual center :

1. leadership

2. parenting

3. behaviour

4. working

5. living

by Toto tasmara institute

---

Maulid nabi misinya adalah meneladani Nabi Muhammad

Qs Al Ahzab : 21

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

---

caranya bagaimana ? dengan menjalankan Sunah

Menurut bahasa (terminologi) kata “sunah” artinya jalan. sedangkan menurut etimologi (istilah) adalah perkataan atau perbuatan atau pengakuan yang disandarkan kepada Rasulullah SAW.

---

Koruptor itu tidak punya hati

Qs Al A'raf : 179

Dan sesungguhnya Kami jadikan untuk isi neraka Jahannam kebanyakan dari jin dan manusia, mereka mempunyai hati, tetapi tidak dipergunakan untuk memahami (ayat-ayat Allah) dan mereka mempunyai mata (tetapi) tidak dipergunakannya untuk melihat (tanda-tanda kekuasaan Allah), dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat-ayat Allah). Mereka itu sebagai binatang ternak, bahkan mereka lebih sesat lagi. Meraka itulah orang-orang yang lalai.

---

Dari Abdullah bin ‘Amr ra, katanya: Dalam tanggungan rumah tangga Nabi saw, ada seorang laki-laki bernama Kirkirah. Ia mati dan Rasulullah saw, bersabda: “Ia di dalam neraka!” Orang banyak pergi melihatnya. Mereka itu mendapatkan jubah (baju) yang didapat dari penggelapan (ghulul).

(Ghulul (korupsi) artinya mengambil harta-kepunyaan bersama / rakyat untuk kepentingan sendiri

---

Benarkah kita mencintai Rasulullah ?

Hadist : Aku hanya diutus untuk menyempurnakan kemulian akhlak )HR Bukhori)

---

Kita adalah sebagai makhluk, menjalankan akhlaq, menuju sang Khaliq

---

Bagimana aplikasinya ?

QS Al Fatihah : 5

Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan

---

Hanya orang yang beriman yang bisa bertemu dengan Allah di akhirat nanti, oleh karena itu, kita harus memperhatikan kriterianya supaya bisa bertemu Allah

QS Al Ankabut : 5

Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dia-lah yang Maha Mendegar lagi Maha Mengetahui

---

Qs Al Kahfi : 110

Katakanlah: "Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: "Bahwa sesungguhnya Ilah kamu itu adalah Ilah Yang Esa". Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabb-nya"

---

Prinsip : Kiss Keep it simple and sweet

---

Raslullah itu :

1. Menggembirakan makhluk

2. Makes everything happy

3. memberikan hikmah seperti didalam arti salam : peace, love and giving

4. Pemaaf

Qs Al A'raf : 199

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang ma'ruf, serta berpalinglah dari orang-orang yang bodoh

---

5. Penyabar

Seorang yang cerdas secara ruhaniah, memiliki sikap pemaaf yang sangat besar seakan lebur dalam cintanya yang sangat mendalam terhadap kebenaran (ash-shiddiq) dan sekaligus sangat besar kepeduliannya kepada kemanusiaan.

Pada saat Rasulullah dilecehkan oleh penduduk Thaif, wajah beliau ber­cucuran darah karena lemparan batu penduduk tersebut. Pada saat itu, malaikat menawarkan kekuatan untuk membalaskan kepedihan hati Kekasih Allah yang telah dihinakan melampaui batas-batas kemanusiaan. Tetapi, keagungan ahlak Rasulullah tampak dan menggaung ke seantero jagad. Tawaran malaikat di- jawabnya dengan doa, "Ya Allah, ampunilah mereka, karena sesungguhnya mereka tidak tahu. "

Keagungan akhlak tersebut ditampakkan lagi secara lebih monumental ketika Rasulullah saw. memasuki Kota Mekah yang dikenal dengan futtuh Makkah. Pada saat itu, musuh-musuh Islam menggigil ketakutan. Mereka merasa khawatir kaum muslimin akan membalas dendam karena kekejian yang telah mereka perbuat kepada kaum muslimin.

Dalam suasana yang mencekam, Rasulullah berdiri di depan Ka’bah dan berkata dengan lantang,

"Aku akan berkata sebagaimana Yusufberkata kepada saudara-saudara­nya. Tidak ada dendam dan kebencian di hati kita semua. Kalian (musuh- musuh Islam) kalau mau, silakan pergi dan bebas ke mana engkau mau, karena kalian sudah kami maafkan."

---

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu sesungguhnya seseorang bertanya kepada Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam : (Ya Rasulullah) nasihatilah saya. Beliau bersabda : Jangan kamu marah. Beliau menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah.

(Riwayat Bukhori )

---

6. Peduli kepada Umatnya

Pada suatu ketika Nabi saw menjadi imam shalat. Dilihat oleh para sahabat, pergerakan Nabi antara satu rukun ke rukun yang lain agak melambat dan terlihat sukar sekali. Dan mereka mendengar bunyi gemeretak seakan sendi-sendi di tubuh Nabi mulia itu bergeser antara satu dengan yang lain. Lalu Umar ra tidak tahan melihat keadaan Nabi yang seperti itu langsung bertanya setelah shalat.
‘Ya Rasulullah, kami melihat sepertinya engkau menanggung penderitaan yang amat berat. Sakitkah engkau ya Rasulullah?”
“Tidak, ya Umar. Alhamdulillah, aku sehat wal ‘afiat.”
“Ya Rasulullah.. .mengapa setiap kali engkau menggerakkan tubuh, kami mendengar suara gemeretak pada sendi-sendi tulangmu? Kami yakin engkau sedang sakit…” desak Umar penuh cemas.
Akhirnya Rasulullah mengangkat jubahnya. Para sahabat amat terkejut. Ternyata perut beliau yang kempis, kelihatan dililit sehelai kain yang berisi batu kerikil, untuk menahan rasa lapar beliau. Batu-batu kecil itulah yang menimbulkan bunyi gemeretak setiap kali bergeraknya tubuh beliau.
“Ya Rasulullah! Apakah saat engkau menyatakan lapar dan tidak punya makanan, kemudian kami tidak akan mengusahakannya buat engkau?’
Lalu Nabi saw menjawab dengan lembut, “Tidak para sahabatku. Aku tahu, apa pun akan engkau korbankan demi Rasulmu. Tetapi apakah akan aku jawab di hadapan Allah nanti, apabila aku sebagai pemimpin, menjadi beban kepada umatnya?’ ‘Biarlah kelaparan ini
sebagai hadiah Allah buatku, agar umatku kelak tidak ada yang kelaparan di dunia ini lebih-lebih lagi tiada yang kelaparan di Akhirat kelak.

---

Doa Rasulullah :

Rabbana dzolamna anfusana waillam taghfirlana watarhamna lanakuunanna minal khasirin.

Artinya :

“Ya Allah, Tuhan kami, sungguh kami telah menganiaya diri kami sendiri. Dan apabila Engkau tidak mengampuni serta menyayangi kami, niscaya kami termasuk orang-orang yang merugi

---

Salah satu aplikasi lain dalam mengaplikasikan perintah Allah sekaligus menjalankan amalan didalam shalat adalah takbir sampai dengan gerakan shalat, inilah nilai yang harus kita petik yaitu pentingnya Hablumminallah dan Hablumminannas

---

Shalat tidak hanya sebagai gugur kewajiban melainkan tercermin makna gerakan shalat didalam kehidupan kita

Qs Al Ankabut : 45

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Qur'an) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

---

Siapakah orang islam itu ?

1. Orang yang menjadikan ketentraman bagi lingkungan sekitarnya

Dari Abu Musa Ra, ia berkata, mereka (para sahabat) bertanya, “Ya Rasulullah, Islam (seperti) apa yang paling afdhal (paling utama)? Beliau Saw menjawab, “Yaitu orang yang orang-orang muslim lainnya selamat dan aman dari (gangguan) lisan dan tangannya” (HR. Bukhari)

---

2. Menyeru kepada kebaikan dan kesabaran

Qs Al Ashr : 3

kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasihat menasihati supaya menetapi kesabaran.

---

Bagaimana melaksanakan Hablumminallah ?

1. Syahadat

Qs Al Kafirun : 6

Untukmulah agamamu, dan untukkulah agamaku

---

2. Shalat

Tidak hanya asal gugur kewajiban

Qs Al Maun : 4-7

Maka kecelakaanlah bagi orang-orang yang shalat,

(yaitu) orang-orang yang lalai dari shalatnya.

orang-orang yang berbuat riya

dan enggan (menolong dengan) barang berguna

---

3. Amal ibadah vertikal lainnya

---

Bagimana melaksanakan Hablumminannas

1. Aktualisasi

2. Ibadah muamalah

3. salam : pease, love, giving

4. Pikir : problem solver

Tujuannya adalah agar menjadi khalifah di muka bumi

Qs Al Baqarah : 30

Ingatlah ketika Rabb-mu berfirman kepada para Malaikat: "Sesungguhnya Aku hendak menjadikan seorang khalifah di muka bumi". Mereka berkata: "Mengapa Engkau hendak menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan padanya dan menumpahkan darah, padahal kami senantiasa bertasbih dengan memuji Engkau dan mensucikan Engkau?" Rabb berfirman: "Sesungguhnya Aku mengetahui apa yang tidak kamu ketahui"

---

Penggabungan pelaksanaan Hablumminallah dan Hablumminannas menjadi akhlak. jadi, Agama adalah akhlak mulia

---

Akhlaq pelacur yang memberi minum anjing kehausan

Telah menceritakan kepada kami [Abu Bakr bin Abu Syaibah]; Telah menceritakan kepada kami [Abu Khalid Al Ahmar] dari [Hisyam] dari [Muhammad] dari [Abu Hurairah] dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bahwa di suatu hari yang sangat panas seorang wanita pelacur melihat seekor anjing, anjing tersebut mengelilingi sebuah sumur sambil menjulurkan lidahnya karena kehausan, maka kemudian wanita tersebut mencopot sepatunya dan memberi minum anjing tersebut. Allah pun kemudian mengampuni dosa-dosa pelacur itu (HR Muslim)

---

Gelar Rasulullah

1. Al-Amin

Ketika Muhammad berumur 35 tahun, ia ikut bersama kaum Quraisy dalam perbaikan Ka'bah. Pada saat pemimpin-pemimpin suku Quraisy berdebat tentang siapa yang berhak meletakkan Hajar Aswad, Muhammad dapat menyelesaikan masalah tersebut dan memberikan penyelesaian adil. Saat itu ia dikenal di kalangan suku-suku Arab karena sifat-sifatnya yang terpuji. Kaumnya sangat mencintainya, hingga akhirnya ia memperoleh gelar Al-Amin yang artinya "orang yang dapat dipercaya".

2. As-Saadiq

Diriwayatkan pula bahwa Muhammad adalah orang yang percaya sepenuhnya dengan keesaan Tuhan. Ia hidup dengan cara amat sederhana dan membenci sifat-sifat tamak, angkuh dan sombong yang lazim di kalangan bangsa Arab saat itu. Ia dikenal menyayangi orang-orang miskin, janda-janda tak mampu dan anak-anak yatim serta berbagi penderitaan dengan berusaha menolong mereka. Ia juga menghindari semua kejahatan yang sudah membudaya di kalangan bangsa Arab pada masa itu seperti berjudi, meminum minuman keras, berkelakuan kasar dan lain-lain, sehingga ia dikenal sebagai As-Saadiq yang berarti "yang benar".

3. Rasulullah dipanggil Ahmad

Qs Ash Shaff : 6

Dan (ingatlah) ketika Isa putera Maryam berkata: "Hai bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)". Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: "Ini adalah sihir yang nyata".

---

Bagaimana supaya istiqomah di dalam kebaikan ?

1. Yakin bahwa Allah itu dekat

QS Qaf : 16

Dan sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dan mengetahui apa yang dibisikkan oleh hatinya, dan Kami lebih kepadanya daripada urat lehernya,

---

2. Allah bersama kita

Qs At Taubah : 40

Jikalau kamu tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekah) mengeluarkannya (dari Mekah) sedang dia salah seseorang dari dua orang ketika keduanya berada dalam gua, diwaktu dia berkata kepada temannya: "Janganlah berduka cita, sesungguhya Allah bersama kita". Maka Allah menurunkan ketenangan kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana

---

Salah satu bukti rusaknya moral bangsa adalah meningkatnya zina, oleh karena itu, jangan berani berani mendekatinya

Qs Al Isra : 32

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk

---

Terbayang betapa indahnya penyambutan para malaikat kepada penghuni surga

Qs Az Zumar : 73

Dan orang-orang yang bertaqwa kepada Rabbnya dibawa ke surga berombong-rombongan (pula). Sehingga apabila mereka sampai ke surga itu sedang pintu-pintunya telah terbuka dan berkatalah kepada mereka penjaga-penjaganya: "Kesejahtera (dilimpahkan) atasmu, berbahagialah kamu! maka masukilah surga ini, sedang kamu kekal di dalamnya"

---

Rindu kami padamu ya rasul
Rindu tiada terpera
Berabad jarak darimu ya rasul
Serasa dikau di sini

Cinta ikhlasmu pada manusia
Bagai cahaya suarga
Dapatkah kami membalas cintamu
Secara bersahaja

Rindu kami padamu ya rasul
Rindu tiada terpera
Berabad jarak darimu ya rasul
Serasa dikau di sini

Cinta ikhlasmu pada manusia
Bagai cahaya suarga
Dapatkah kami membalas cintamu
Secara bersahaja

Rindu kami padamu ya rasul
Rindu tiada terpera
Berabad jarak darimu ya rasul
Serasa dikau di sini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut