17 Januari 2013

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 15 Januari 2013

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 15 Januari 2013
Pembicara : Ustadz Rusli Hasbi
Tema : Tadabbur Qs Al Baqarah : 284-286

Qs Al Baqarah : 284-286

Segala yang ada di langit dan di bumi adalah milik Allah. Kalau terbersit di hatimu atau kamu menyembunyikannya. Allah pasti membuat perhitungan mengenai hal itu terhadap kamu. Allah mengampuni kepada siapa Ia berkenan. Ia menyiksa siapa yang dikehendaki-Nya. Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Rasulullah beriman kepada wahyu yang diturunkan kepadanya. Demikian pula insan beriman. Semua beriman kepada Allah, Malaikat-malaikat, Kitab-kitab dan Rasul-rasul-Nya. Mereka berkata: “Kami tak membedakan Rasul-rasul-Nya, yang satu dengan lain”. Mereka juga mengatakan: “Kami dengar dan menaatinya. Ampunilah kami, ya Tuhan. Kepada Engkau jua kami kembali”.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai kadar kemampuannya. Ia memperoleh pahala dari kebaikan yang diusahakan. Ia menanggung siksa lantaran kejahatan yang diperbuatnya. Mereka berdoa: “Tuhan kami, jangan hukum kalau kami lupa atau melakukan kekeliruan. Wahai Tuhan kami, jangan bebankan kepada kami beban berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang terdahulu. Ya Tuhan kami, jangan pikulkan apa yang tiada daya kami pikul. Hapuslah dosa-dosa kami. Ampuni kami. Kasihilah kami. Engkau Penolong kami. Beri kami pertolongan untuk melawan gerombolan kafir!”

---

Waktu adalah milik Allah, oleh karena itu, kita menggunakannya untuk ibadah kepada Allah

---

Tidak ada perbuatan maksiat yang tidak dilihat oleh Allah

---

Mengambil sesuatu yang bukan menjadi hak kita adalah perbuatan haram

---

Rasulullah beriman kepada al Quran, maka kita mengikutinya, Jika kita tidak mengimani meski 1 ayat, maka kita tidak beriman kepada Al Quran

---

Jika kita tidak menyukai suatu ayat, itu berarti urusan kita kepada Allah

---

Pisahkan tugas antara mana hal hal yang dilaksanakan oleh assistant rumah tangga dan mana yang dilaksanakan sendiri

---

Pelajari bagaimana cara beriman kepada malaikat, Nabi, Kitab

---

Jika manusia boleh menyembah manusia lainnya, maka aku (Rasulullah) perintahkan isteri menyembah suaminya." (HR. Abu Dawud, Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Ibnu Hibban)

---

Jadi, muslim yang baik adalah, Kami dengar, kami taat

Qs An Nur : 51

Sesungguhnya jawaban orang-orang mumin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul mengadili diantara mereka ialah ucapan Kami mendengar dan kami patuh. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

---

Apa yang kita petik adalah apa yang kita tanam

---

Masjid bukan hanya tempat mensholatkan jenazah, jadi, Mengapa hanya ketika orang tersebut meninggal dia berada di masjid, itupun karena dishalatkan (jenazahnya) waktu hidup, kemana saja orang tersebut berada ?

---

Makna taubat nasuha

Taubat Nasuha adalah bertaubat dari dosa yang diperbuat saat ini dan menyesal atas dosa-dosa yang dilakukannya di masa lalu dan berjanji untuk tidak melakukannya lagi di masa medatang. Apabila dosa atau kesalahan tersebut terhadap esama manusia (haqqul adami), maka caranya adalah dengan meminta maaf kepadanya.

Ulama berkata, taubat (nasuha) itu wajib dilakukan oleh setiap muslim atas dosa yang dilakukan. Apabila maksiat itu di antara manusia dan Allah--yang tidak berhubungan dengan hak sesama manusia (haqqul adami), maka ada 3 (tiga) syarat:

1. Meninggalkan perilaku dosa itu sendiri

2. Menyesali perbuatan maksiat yang telah dilakukan.

3. Berniat tidak melakukannya lagi selamanya.

Apabila tidak terpenuhi ketiga syarat di atas, maka tidak sah taubatnya.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut