09 Februari 2014

Parenting Talk Hijabersmom Community Tanggal 8 Feb 2014 Emma Kusumowardani, S. Komp

Event : Parenting Talk Hijabersmom Community
Tanggal : 8 Feb 2014
Pembicara : Emma Kusumowardani, S. Komp
Tema : Mengenal, Antisipasi, Menyikapi Bullying

Definisi : Perilaku tidak menyenangkan secara sengaja dan berulang ulang oleh satu/kelompok individu terhadap satu/kelompok individu lain, yang kekuatannya tidak seimbang sehingga mengakibatkan tekanan serius bagi yang lemah

Sebab dan Perbedaan
-> Fenomena Bullying dimulai dari usia sekolah dan bisa berlanjut hingga menjadi problem International dengan rentetan sbb :

-> Perbedaan Konflik dengan Bully :
1. Sifatnya wajar >< tidak wajar 2. Penyebabnya jelas tapi kadang tidak disengaja >< Penyebabnya tidak jelas dan disengaja 3. Bisa dikompromikan >< Tidak ada kompromi 4. Tidak harus diintervensi >< harus ada intervensi 5. Bisa terjadi saling mengakui kesalahan >< menyalahkan pihak lain Jenis Dan Tujuan -> Jenis Bullying :
1. VERBAL : Meledek, menjuluki
2. FISIK : Memukul, melukai
3. MENTAL : Gosip, bossy, mengacuhkan
4. CYBER : Menyerang lewat sosmed
5. JUDGING : Mengucilkan, SARA
6. PELECEHAN SEKSUAL

-> Umumnya tujuan bully ?

Siapa sasaran bully ? Kenapa ?
1. Tidak ada alasan yang jelas (berdasarkan keinginan saja)
2. Mendapatkan perhatian/pengakuan
3. Kerusakan fungsi otak
4. Membalas keadaan yang menimpa dirinya
-> Sasarannya yang berbeda, rentan/tidak melawan

Karakteristik Saran dan Korban, Posisi di Lingkungan sosial

-> Karakteristik Sasarannya :
1. Kelainan fisik / disability
2. Pemalu, sensitif, penakut
3. Punya reputasi buruk / isu negatif dll
-> Bagaimana Sasaran akhirnya menjadi Korban ?

-> Bagaimanakah posisi kita di lingkungan sosial ? Where we are ?
Di salam social life : ada
1. Bully
2. Pengikut aktif
3. Pengikut pasif
4. Saksi aktif
5. Saksi pasif
6. Pembela
7. Acuh
8. Korban


Fakta Bagian Otak

-> Fakta Otak Bully :
1. Kerusakan = penderitaan=sakit
2. Bully sebenarnya sedang atau telah menderita tekanan psikis
3. Bagian otak yang berfungsi paling kuat adalah amyglada (rasa takut, ancaman) dan ventral striatum (rasa senang)
4. Area otak kanan yang mengolah empati, aktivitasnya terganggu
5. Area frontal lobe (pengambil keputusan, kontrol impulsif) aktivitas responnya sedikit
6. Mengalami beberapa perbedaan proses penangkapan informasi
7. Dopamin keluar saat tujuan bully tercapai (lupa kesedihan/trauma)
Menderita kerusakan di bagian tertentu sehingga terjadi kesalahan penangkapan informasi.

-> Bila diperlihatkan kejadian kekerasan maka :
Amygdala :
Ventral Striatum :
Otak kanan aktifitasnya :
Dopamine :

Fakta Bagian Otak (2/2)
Fakta otak pada Non Bully bila diperlihatkan kekerasan maka bagian yg aktifasinya kuat adalah :
Parietal Lobe
Medial Pre Frontal Cortex

Karakteristik

-> Adakah kesamaan Bully dgn korbannya ?
1. Punya masalah interaksi sosial
2. Kecerdasan emosional EQ tidak dikembangkan optimal
3. Lemah kemampuan problem solving
4. Memiliki persepsi negatif tentang dirinya sendiri
5. Latar belakang keluarga bermasalah

-> Karakter anak Potensial pembully ?
1. Sulit empati
2. Gemar memicu konflik/maunya menang
3. Berpikiran buruk pada orang lain
4. Sering marah dengan kejadian yang menimpa dirinya
5. Maunya mengatur tapi menolak ikut peraturan
6. Kelihatannya garang tapi tidak pede
7. Obsesif menarik perhatian teman temannya
8. Melihat karakter bully dalam keluarga
9. Tidak ada kedisiplinan dari orangtua
10. Pernah dibully

-> Indikasi anak sedang terbully ?
1. Menolak ke sekolah
2. Jadi pendiam
3. Kelihatan gusar, susah tidur
4. Mudah tersinggung
5. Tiba tiba sering mengeluh sakit
6. Terkadang mengalami luka/lebam
7. Memberontak di rumah/sebaliknya bila tekanan berasal dari dalam rumah maka seringkali di luar rumah menjadi pembuat masalah dll

Komponen Anti Bulliying dan Antisipasinya
-> Komponen Anti Bullying :
Orangtua
Guru dll

-> 10 cara antisipasi agar anak tidak jadi pelaku bully :
1. Manfaatkan “Golden Age”
2. KIsah kepahlawan & keteladanan
3. Asah ketrampilan bergaul, empati & menerima perbedaan dll

Antisipasi dan Sikap Ortu

-> 9 cara antisipasi Bully
Bila diperlakukan tidak menyenangkan segera, lapor !
Katakan “Stop” dengan tegas, lalu tinggalkan dll

-> 10 Sikap jika anak kita di Bully : Menyikapi jika anak kita ?

1. Dengarkan penjelasan pihak sekolah / korban
2. Terangkan pd anak akibat dari perbuatannya
3. Gali empatinya lalu diskusikan bagaimana meminta maaf
4. Bantu anak membangun cara cara berbuat kebaikan
5. Barikan daftar perbedaan antara leader dan bully
6. Role play mengatasi konflik/bullying
7. Tegaskan maksud kita dan siapkan konsekuensi jika terjadi lagi
8. Jadilah model orangtua anti gosip dan kekerasan
9. Beri penghargaan kemajuannya dalam bergaul
10. Kalau tidak juga berhasilm ke pakar konseling

Sikap Korban

-> 10 sikap jika anak adalah sasaran :
Ajak meminta pertolongan Allah dengan sungguh2.
Diskusikan kenapa dia jadi sasaran ? lalu lakukan perubahan.
Selekasnya perbanyak lingkaran pergaulan.
Ajarkan gesture tidak panik bila bertemu si pembully dll

-> 10 Cara menyikapi KORBAN
Tarik keluar dari lingkungan yang membuatnya tertekan.
Ajak meminta pertolongan Allah & eratkan dengan agama
Jadilah pendengar aktif & penuh empati dll

Dalil Al Quran (1/2)
Qs Al Hujurat : 11
Hai org org yg beriman, jgnlah sekumpulan laki laki merendahkan kumpulan yg lain, boleh jadi yg ditertawakan itu lebih baik dari mereka. Dan jangan pula sekumpulan perempuan merendahkan kumpulan lainnya, boleh jd yg direndahkan itu lebih baik. Dan jgnlah suka mencela dirimu sendiri dan jgn memanggil dgn gelaran yg mengandung ejekan. Seburuk2 panggilan adlh panggilan yg buruk sesudah iman dan barangsiapa yg tdk bertaubat maka mereka itulah org org yg zalim.

Dalil Al Quran (2/2)
Qs Al-Isra’ :7
Jika kamu berbuat baik berarti kamu berbuat baik bagi dirimu sendiri dan jika kamu berbuat jahat maka kejahatan itu bagi dirimu sendiri.

QS Fusshilat :34
Dan tidaklah sama kebaikan dan kejahatan. Tolaklah kejahatan dengan cara yang lebih baik, maka tiba2 orang yg antaramu dan antara dia ada permusuhan seolah2 telah menjadi teman yg sangat setia.

Sikap Leader
1. Memberi contoh teladan yg baik
2. Punya interpersonal skill yg baik
3. Besar Empatinya
4. Bisa memotivasi orang lain
5. Pandai bergaul dengan segala level
6. Mempercayai kemampuan orang lain
7. Membagikan info yang bermanfaat
8. Tegas
9. Mengandalkan intelektual
10. Berjiwa matang

Sikap Bully
1. Hanya bisa mengintimidasi
2. Interpersonal skillnya buruk
3. Rendah Empati
4. Tidak bisa memotivasi orang lain dll
5. Hanya bisa bergaul dengan pengikutnya
6. Merendahkan kemampuan orang lain
7. Menggunakan info sebagai senjata
8. Agresif
9. Mengandalkan kekuatan fisik
10. Berjiwa kekanakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut