12 Februari 2016

Pengajian Mahagoni Park 11 Feb 2016 Ustadzah Nok Waliyah Bagaimana menjadi suami dan istri muslim teladan

Event : Pengajian Mahagoni Park
Tanggal : 11 Feb 2016
Pemateri : Ustadzah Nok Waliyah
Tema : Bagaimana menjadi suami dan istri muslim teladan

Siapa yang harus kita contoh untuk menjadi suami muslim teladan ? Tentu saja Rasulullah, karena beliau Khuluquhu al Quran (Akhlaknya Muhammad itu Al Quran)

Salah satu perilaku suami dan istri muslim teladan adalah pemaaf
QS Al A'raf : 199
Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf serta berpalinglah dari orang-orang bodoh

Apa yang harus dilakukan suami agar menjadi muslim teladan :
1. Komitmen kepada Allah
Qs An Nisa : 34
Kaum pria adalah pemimpin bagi kaum wanita, karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (pria) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (pria) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Maka dari itu, wanita yang salihah ialah yang taat kepada Allah subhanahu wa ta’alaagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kalian khawatirkan nusyuznya, maka nasihatilah mereka, dan jauhilah mereka di tempat tidur, dan pukullah mereka. Jika mereka menaati kalian, janganlah kalian mencari-cari jalan untuk menyusahkan mereka. Sesungguhnya Allah Maha tinggi lagi Maha besar

Muslim teladan itu diwujudkan dengan melaksanakan ketaatan kepada Allah dan Rasulullah
Qs Al Anfal : 20
Hai orang-orang yang beriman, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya, dan janganlah kamu berpaling dari pada-Nya, sedang kamu mendengar (perintah-perintah-Nya)
Caranya bagaimana ?
a. Suami mampu menanamkan aqidah yg lurus/bersih/Salimul aqidah
b. Suami mampu melaksanakan tarbiyah islamiyah

Qs At Tahrim : 6
Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu, penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan

Tujuan diciptakan manusia
Qs Adz Dzariyat : 56
Dan aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka mengabdi kepada-Ku.
Jadi tidak ada pilihan bagi manusia kecuali beribadah kepadaNya

Setiap manusia memiliki sifat buruk dan baik, Tugas kita untuk menekan sifat buruk dan memperbanyak sifat baik
Qs Asy Syams : 8
maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya

2. Komitmen terhadap ajaran islam

Hadist : Dunia seluruhnya adalah perhiasan. Dan sebaik-baik perhiasan dunia adalah wanita yang sholihah

3. Mempergauli istri dengan baik

Rasulullah melakukan hal itu karna beliau sangat menghormati istrinya. Beliau mengargai hak dari sang istri untuk bisa tidur tanpa mendapatkan gangguan. Padahal waktu itu Aisyah sedang menunggu kedatangan beliau.
waktu itu aisyah kaget karna tidak mendapati beliau di dalam ruamah, sehingga aisyah keluar membuka pintu rumah yang sebenarnya kedatangan Rasulullah Saw sedang di tunggu oleh aisyah. Ketika Aisyah membuka pintu rumah, yang beliau dapatkan adalah Rasulullah Saw sedang tidur disana. Aisyah pun berkata “kenapa engkau tidur disini?” Nabi Muhammmad menjawab, “Aku pulang sudah larut malam, aku khawatir mengganggu tidurmu sehingga aku tidak mengetuk pintu. itulah sebabnya aku tidur di depan pintu.”Tidak hanya itu, Rasulullah SAW tidak pernah menyusahkan istrinya. Jika pakaiannya koyak, Rasulullah SAW menambalnya sendiri tanpa menyuruh isterinya. Rasulullah SAW juga tidak segan membantu istrinya di dapur. Contoh: Setiap kali pulang ke rumah, bila dilihat tiada makanan yang sudah siap dimasak untuk dimakan, sambil tersenyum Rasulullah SAW menyingsingkan lengan bajunya untuk membantu isterinya di dapur.
https://andisafari1453.wordpress.com/2013/01/15/cerita-dan-sifat-rasulullah-saw-terhadap-istrinya/

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda (yang artinya) :
“Mukmin yang paling sempurna imannya adalah yang paling baik akhlaknya di antara mereka. Dan sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istri-istrinya.” (HR. Ahmad)

Perbanyak doa :
Qs Al Furqon : 74
Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.

4. Bekerjasama dengan istri dalam mendidik anak
Perbanyak doa :
Qs Al Anbiya' : 89
Ya tuhanku, janganlah engkau membiarkan aku hidupku seorang diri dan engkaulah pewaris yang paling baik

5. Senantiasa waspada bahwa anak istri adalah bagian dari ujian
Qs al Anfal : 28
Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar

Qs At tagabun : 14-15
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara istri-istrimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu): di sisi Allah-lah pahala yang besar.

Apa yang harus dilakukan istri agar menjadi muslim teladan :
1. ADa beberapa contoh Istri yang dikisahkan di dalam sejarah Islam
Khodijah : Istri yang mendukung perjuangan suami
Fatimah : Istri yang sabar di dalam kemiskinan
Asiyah : Istri yang bersuami dzolim
Maryam : Menjaga diri di dalam kesucian diri

Kisah tentang kegigihan ibu dalam berusaha dan berdoa bertahun tahun lamanya :

Imam Bukhari (semoga Allah merahmatinya) lahir di Bukhara, Uzbekistan, Asia Tengah. Nama lengkapnya adalah Abu Abdullah Muhammad bin Ismail bin Ibrahim bin Al-Mughirah bin Badrdizbah Al-Ju’fiy Al Bukhari, namun beliau lebih dikenal dengan nama Bukhari. Beliau lahir pada hari Jumat, tepatnya pada tanggal 13 Syawal 194 H (21 Juli 810 M). Kakeknya bernama Bardizbeh, turunan Persi yang masih beragama Zoroaster. Tapi orangtuanya, Mughoerah, telah memeluk Islam di bawah asuhan Al-Yaman el-Ja’fiy. Sebenarnya masa kecil Imam Bukhari penuh dengan keprihatinan. Di samping menjadi anak yatim, juga tidak dapat melihat karena buta (tidak lama setelah lahir, beliau kehilangan penglihatannya tersebut). Ibunya senantiasa berusaha dan berdo’a untuk kesembuhan beliau. Alhamdulillah, dengan izin dan karunia Allah, menjelang usia 10 tahun matanya sembuh secara total.

Imam Bukhari adalah ahli hadits yang termasyhur diantara para ahli hadits sejak dulu hingga kini bersama dengan Imam Ahmad, Imam Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, An-Nasai, dan Ibnu Majah. Bahkan dalam kitab-kitab fiqih dan hadits, hadits-hadits beliau memiliki derajat yang tinggi. Sebagian menyebutnya dengan julukan Amirul Mukminin fil Hadits (Pemimpin kaum mukmin dalam hal Ilmu Hadits). Dalam bidang ini, hampir semua ulama di dunia merujuk kepadanya.
https://bukharimuslim.wordpress.com/riwayat-ahli-hadist/

2. Mengenali akhlaq buruk anak di luar rumah
3. Mengetahui hak suami dan kewajiban istri kepada suami
4. Memotivasi suami meningkatkan iman, amal

Doa minta kesabaran :

Allahumma aghnini bil 'ilmi
artinya :
Ya Allah kayakanlah diriku dengan ilmu

Wazayyini bil hilmi
artinya :
Dan perindahlah diriku dengan lemah lembut

Wa akrimni bittaqwa
artinya :
Dan muliakanlah aku dengan taqwa

Wajammilni bil 'afiyah
artinya :
Dan hiasi diriku dengan penjagaan-MU dan kesehatan

HR Muslim

5. Pilih teman yang baik
6. Bersama suami gemarkan nilai islami

Jadi apa yang akan didapat jika menjadi suami dan istri muslim teladan ? InshaAllah akan mendapatkan taqwa
Qs At Thalaq : 2-5
... barang siapa yang bertaqwa kepada Alloh akan di berikan jalan keluar (ketika sulit)
dan akan diberikan rezeki dari jalan yang tidak ia duga
Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya
barang siapa yang bertaqwa kepada Alloh akan dimudahkan segala urusan nya
barangsiapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menghapus kesalahan-kesalahannya dan akan melipat gandakan pahala baginya

Jauhkan diri dari kefakiran agar terhindar dari peluang kekafiran :
Dari Anas bin Malik Radhiallahu'anhu bahwa Rasulullah Shallallahu'alaihi Wasallam bersabda: “Hampir-hampir kefakiran (kemiskinan) itu menjadi kekafiran

Prioritas zakat
Qs At Taubah : 60
Sesungguhnya zakat itu hanyalah untuk orang-orang fakir, orang miskin, amil zakat, yang dilunakkan hatinya (mualaf), untuk memerdekakan hamba sahaya, untuk membebaskan orang yang berhutang, untuk yang berada di jalan Allah dan untuk orang yang sedang di dalam perjalanan sebagai kewajiban dari Allah. Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Prioritas sedekah
QS An Nisa : 36
Dan hendaklah kamu beribadat kepada Allah dan janganlah kamu sekutukan Dia dengan sesuatu apa jua; dan hendaklah kamu berbuat baik kepada kedua ibu-bapa, dan kaum kerabat, dan anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, dan jiran tetangga yang dekat, dan jiran tetangga yang jauh, dan rakan sejawat, dan orang musafir yang terlantar, dan juga hamba yang kamu miliki. Sesungguhnya Allah tidak suka kepada orang-orang yang sombong takbur dan membangga-banggakan diri

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut