05 April 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 05 April 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 05-04-2009
Pembicara : Prof Dr Hamdani Anwar,MA
Judul : Istiqomah

Islam bertauhid ke-esaan (Tunggal)

QS Fussilat: 30

“ sesungguhnya orang-orang yang berkata” Tuhan kami adalah Allah kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka maka malaikat-malaikat akan turun kepada mereka ( dengan berkata) “janganlah kamu merasa takut dan janganlah kamu bersedih hati dan bergembiralah kamu dengan memperoleh surge yang telah dijanjikan kepadamu”

---

QS Ali Imran : 18

“ Allah menyatakan bahwa tidak ada Tuhan selain Dia. (demikian pula) para malaikat dan orang-orang berilmu yang menegakkan keadilan tidak ada Tuhan selain Dia Yang Maha Perkasa Maha Bijaksana”

---

5 Macam syariat yang diturunkan kepada nabi Ullul Ajmi (penerima wahyu)

1. Nabi Nuh

2. Nabi Ibrahim (Syariat Hanif)

3. Nabi Musa (Syariat Yahudi

4. Nabi Isa (Syariat Nasrani)

5. Nabi Muhammad (Syariat Islam)

---

QS Asy syura: 13

“ Dia (Allah) telah mensyariatkan kepadamu agama yang telah diwasiatkan Nya kepada Nuh dan apa yang Kami wahyukan kepada (Muhammad) dan apa yang telah kami wasiatkan kepada Ibrahim,Musa dan Isa yaitu tegakkanlah agama (Keimanandan ketakwaan) dan janganlah kamu berpecah belah di dalamnya. Sangat berat bagi orang yang musyrik ( untuk mengikuti) agama yang kamu serukan kepada mereka , Allah memilih orang yang Dia kehendaki kepada agama tauhid dan member petunjuk kepada (agama) Nya bagi orang yang kembali ( kepadaNya)”

---

Alam Azhari: alam ketika manusia masih berkumpul ruhnya disisi Allah sebelum ditiupkan ke dalam tubuh (janin) manusia. Pada saat itu ruh bersujud kepada Allah, ketika kita dilahirkan ke dunia maka manusia melakukan adzan dan iqomah. Fungsinya untuk meyakinkan (meneguhkan) imannya kepada Allah (seperti nilai nilai rukun iman)

---

Istiqomah adalah suatu bentuk keteguhan pendirian kepada Allah.
Bagaimana supaya tetap istiqomah dalam urusan Islam? Kita harus tahu keunggulan tuntunan islam dibandingkan ajaran lain, mengetahui bagaimana keutamaan islam disbanding agama lain, dan kelebihan Al Quran sebagai penuntun kehidupan manusia.
Supaya hati kita memilii keteguhan serta tenang, kita harus banyak banyak berdzikir

---

QS Ar Rad: 28

“ Yaitu orang – orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah hanya dengan mengingat Allah hati menjadi tentram”

---

QS Fussilat : 31

“ Kamilah pelindung –pelindungmu dalam kehidupan dunia dan akhirat di dalamnya (surge) kamu memperoleh apa yang kamu inginkan dan memperoleh apa yang kamu minta”

---

Manusia yang baik adalah:

1. Manusia yang mengucapkan hal- hal yang baik

2. Selalu beriman yang ditujukan kepada segala bentuk amal sholeh

3. Tawakal kepada Allah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut