12 April 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 12 April 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 12 April 2009
Pembicara : Prof Dr Amin Suma
Judul : Adab Berpakaian menurut Islam

Acuan untuk beradab serta menjunjung kedudukan wanita dimata orang yang melihatnya:

QS Al Maidah: 5
“ Pada hari ini dihalalkan bagimu segala yang baik baik. Makanan (sembelihan) ahli kitab itu halal bagimu dan makananmu halal bagi mereka Dan dihalalkan bagimu menikahi perempuan-perempuan yang menjaga kehormatan diantara perempuan yang beriman dan perempuan yang menjaga kehormatan diantara orang yang diberik kitab sebelum kamu, apabila kamu membayar maskawin mereka untuk menikahinya, tidak dengan maksud berzina dan bukan untuk menjadikan perempuan piaraan. Barangsiapa kafir setelah beriman maka sungguhsia-sia amal mereka dan diakhirat dia termasuk orang yang rugi”

---

Prinsip berpakaian:

QS Annur: 31

“ Dan katakanlah kepada para perempuan yang beriman agar mereka menjaga pandangannya dan memekihara kemaluannya dan janganlah menampakkan perhiasannya (auratnya) kecuali yang biasa terlihat. Dan hendaknya mereka menutupkan kain kerudungnya ke dadanya dan janganlah menampakkan perhiasan (auratnya) kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra suami mereka, atau putra mereka, atau saudara laki laki mereka, atau putra saudara perempuan mereka, atau kepada sesame perempuan (muslim) mereka atau hamba sahaya yang mereka miliki atau kepada pelayan laki-laki (tua) yang tidak punya keinginan (terhadap perempuan) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat perempuan ,Dan janganlah mereka menghentakkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan dan bertobatlah kamu semua kepad Allah wahai orang yang beriman agar kamu beruntung.”

---

1. Menutup aurat: Jilbab fungsinya menutup kepala

2. Jangan menonjolkan bentuk tubuh

3. Sopan, tidak tipis

QS Annisa: 58

“Sungguh Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya dan apakabila kamu menetapkan hukum diantara manusia hendaknya kamu menetapkan nya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baiknya yang member pengajaran kepadamu. Sungguh Allah Maha Mendengar Maha Melihat.”

---

QS Attaubah: 6

“ Dan jika diantara kamu musyirikin ada yang meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah agar dia dapat mendengat firman Allah kemudian antarkanlah dia ke tempat yang aman baginya. Demikian itu karena sesungguhnya mereka kaum yang tidak mengetahui”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut