04 Mei 2009

Pengajian Masjid Daarut Tauhid Sektor 9 Bintaro 04 Mei 2009

Event : Pengajian Masjid Daarut Tauhid Sektor 9 Bintaro
Tanggal : 04 Mei 2009
Pembicara : Drs.H.Tashil Amani (Dai Asyik)
Judul : Balasan Amal Sholeh

Apa itu amal sholeh?

Semua pemikiran, perbuatan, perkataan yang dilakukan oleh orang beriman dan ditujukan hanya semata mata kepada Allah.

Contoh: “Siapa yang datang kepada Allah dengan sebiah kebaikan maka Allah akan menggantikannya dengan 10 kebaikan.”

Apa yang disebut amal sholeh?

1. Orang yang beriman. Kalau bukan orang yang beriman, hanya sebatas disebut amal baik.

2. Karena Allah semata

---

Mengapa harus melakukan amal sholeh?

QS Al Mulk : 1-2

“ Maha suci Allah yang menguasai (segala) kerajaan, dan Dia Maha Kuasa Maha Kuasa atas segala sesuatu”
“ Yang menciptakan mati dan hidup untuk menguji kamu , siapa yang diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa Maha Pengampun”

---

Seberapa banyak rezeki yang diturunkan Allah melalui suamimu, managelah dengan sebaik-baiknya, karena itu adalah salah satu bentuk amal sholeh.

Apa balasan bagi amal sholeh?

1. Allah membalas semua amal kebaikan, amal sholeh dengan yang lebih baik daripada yang dilakukan manusia.

QS An Naml: 89

“ Barang siapa membawa kebaikan maka dia memperoleh (balasan) yang lebih baik daripadanya. Sedang mereka merasa aman dari kejutan (yang dahsyat) pada hari itu”

---

QS Al Baqarah: 261

“ Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya dijalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai , pada setiap tangkai ada 100 biji , Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas Maha mngetahui”

---

QS Fussilat: 8

“ Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka mendapatkan pahala yang tidak ada putus – putusnya”

---

2. Balasan yang mengalir selalu karena kebaikan tersebut selalu diikuti oleh orang lain.

---

Amal sholeh yang selalu mengalir selalu contohnya:

a. Amal sholeh

b. Ilmu yang manfaat

c. Anak yang sholeh dan sholehah.

---

Mari saling mengajak dalam kebaikan, si pengajak mendapatkan pahala, orang yang diajak melakukan maka pahala bagi si pengajak adalah 2, tanpa mengurangi pahala orang yang diajaknya itu.

QS Annisa: 85

“ Braang siapa member pertolongan dengan pertolongan yang baik niscaya dia akan memperoleh bagian dari (pahalanya). Dan barang siapa memvberi pertolongan dengan pertolongan yang buruk niscaya dia akan memikul bagian dari (dosa) nya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu”

---

3. InsyaAllah menghapus dosa yang telah kita lakukan.

Qs Al Ankabut: 7

“ Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, pasti akan Kami hapus kesalahan-kesalahannya dan mereka pasti akan Kami beri balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan”

---

4. Mendapatkan rasa aman pada saat datangnya hari kiamat.

QS An Naml: 89

“ Barang siapa membawa kebaikan maka dia memperoleh (balasan) yang lebih baik daripadanya. Sedang mereka merasa aman dari kejutan (yang dahsyat) pada hari itu”

---

QS Al baqarah : 254

“ Wahai orang-orang yang beriman! Infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu, sebelum datang suatu hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafaat. Orang-orang kafir itulah orang yang zalim”

---

Pada saat itu Allah menolong kita dengan member rasa aman , tidak khawatir dengan tiupan sangkakala, menghadapi kiamat dengan amal sholeh kita.

---

5. Janji Allah akan bertemu dengan kita di surga Firdaus.

QS Al Baqarah : 82

“ Dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan , mereka itu penghuni surga Mereka kekal didalamnya.

---

QS Al Kahfi: 107-108

“ Sungguh orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal”

“ Mereka kekal didalamnya , mereka tidak ingin pindah dari sana”

---

QS Al Ankabut: 58

“ Dan orang-orang yang beriman, dan mengerjakan kebajikan, sungguh mereka akan kami tempatkan pada suatu tempat tempat yang tinggi (di dalam surge ) yang mengalir dibawahnya sungai-sungai , mereka kekal didalamnya , itulah sebaik-baik bagi orang yang berbuat kebajikan”

---

QS Al Kahfi:110

“ Katakanlah (Muhammad) sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang telah menerima wahyu, bahwa sesungguhnya Tuhan kamu adalah Tuhan Yang Maha Esa Maka barang siapa yang mengharapkan pertemuan dengan Tuhannya maka hendaklah dia mengerjakan kebajikan dan janganlah dia mempersekutukan dengan sesuatu pun dalam beribadah kepada Tuhannya”

---

Panduan dalam melaksanakan amal sholeh:

QS Al Baqarah: 263-264

“ Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diringi tindakan yang menyakiti. Allah Maha Kaya, Maha Penyantun”
“ Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebut dan menyakiti (perasaan) penerimanya) seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaan (orang itu) seperti batu yang licin yang diatasnya ada debu kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, maka tinggallah batu itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh suatu apapun dari apa yang mereka kerjakan. Dan Allah tidak member petunjuk kepada orang orang kafir”

1 komentar:

  1. Ibu Sri,
    Bila ada event lagi, dapat dimuat di website kami secara gratis. Ibu dapat mengirimnya via email ke saya: eva@sigmasolutiongroup.com.

    Kami memuat event2 warga secara gratis.
    Terima kasih.

    BalasHapus

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut