13 Juni 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 13 Juni 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 13 Juni 2009
Pembicara : Ustadz Arifin Ilham
Tema : Dzikir

Pembacaan Ayat Suci Al Quran Oleh Ustad H Hasan Basri

QS Al Baqarah : 285 – 286

Rasul (Muhammad) beriman kepada apa yang diturunkan kepadanya (Al Quran) dari Tuhannya demikian pula orang-orang yang beriman semua beriman kepada Allah, malaikat malaikatNya, kitab kitabNya, dan rasul rasulNya (Mereka berkata) “ Kami tidak membeda bedakan seorangpun dari rasul rasulNya . Dan mereka berkata “ Kami dengar dan kami taat, ampunilah kami Ya Tuhan kami, dan kepadaMu tempat (kami ) kembali.

Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat (pahal) dari (kebajikan ) yang dikerjakannya dan dia mendapat (siksa) dari (kejahatan) yang diperbuatnya. (mereka berdoa) “Ya Tuhan Kamu , janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami melakukan kesalahan. Ya Tuhan Kami , janganlah Engkau bebani kami dengan beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang- orang sebelum kami . Ya Tuhan Kami , janganlah Engkau pikulkan apa yang tidak sanggup kami memikulnya, Maafkan Kami , ampunilah kamu dan rahmatilah kami. Engkaulah pelindung kami, maka tolonglah kami menghadapi orang orang kafir”

---

Siraman Rohani

Nabi Muhammad setiap saat berdzikir.

Alam pun berdzikir, Bumi ini menjadi masjid, sedangkan rumah kita sebagai mushola , tenpat bekerja adalah sajadah, selalu membuat kita ingat kepada Allah.

Tidak ada pembicaraan yang lebih baik daripada dakwah

---

Ciri Ciri orang yang beriman :

1. Diamnya adalah untuk berdzikir

2. Nyaman jika ditatap

3. Mengucapkan salam

4. Mengulurkan tangan untuk bersalaman

5. Kita bisa mencium wanginya

6. Memudahkan segala urusan

7. Mendengar dengan baik ketika kita berbicara

8. Pembicaraannya mengandung dakwah

---

Tanda tanda orang yang sudah memasukkan dzikir kedalam hatinya tercermin lewat perkataan perkataannya yang dengan mudah menyebut nama Allah.

QS Al Araf : 28

“ … sesungguhnya Allah tidak pernah menyuruh berbuat keji, mengapa kamu membicarakan tentang Allah apa yang tidak kamu ketahui”

---

QS Al Fajr : 23

“ dan pada hari itu diperlihatkan neraka Jahanam , pada hari itu sadarlah manusia, tetapi tidak berguna lagi baginya kesadaran itu”

---

Bacalah buku “ Taubat sebelum ajal”

---

Sunnah rasul :

1. Tolonglah saudaramu yang di dzolimi (untuk meminta doa , karena doanya Makbul) dan melakukan perbuatan dzolim ( dengan membawa dakwah dan doa)

2. Kerinduan tegaknya syariah, berawal dari penerapan syariah di keluarga kita sendiri, awali dengan jilbab untuk anggota keluarga perempuan.

3. Dzikir : menangislah karena khusyuk, orang yang dzikrullah mudah menangis karena merasa betapa banyak dosa yang telah diperbuatnya.

---

Air yang disukai Allah:

1. Tetesan darah kaum syuhada

2. Air mata orang orang yang bertaubat

---

Majelis dzikir adalah taman surge, taman yang berisi orang orang yang memohon kepada Allah kemudian diijabah doanya”

---

Bagimana cara menjaga iman kita:

1. Iman dijaga dengan banyak shalat tahajud dan amal sholeh

2. Membaca Al Quran setelah shalat tahajud

3. Biasakan shalat di masjid

4. Biasakan shalat dhuha

5. Biasakan menjaga wudhu (supaya bersih lahir dan batin) : air wudhu tadi akan menjadi cahaya yang menjaga kita di alam kubur.

6. Biasakan puasa senin-kamis

7. Biasakan duduk di majelis dzikir (orang yang sering dzikir, dimudahkan segala urusannya oleh Allah)

QS Azzumar : 53

“ katakanlah “ Wahai hamba hamba Ku yang melampaui batas, terhadap diri mereka sendiri janganlah kamu berputus asa dri rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa dosa semuanya. Sungguh Dialah yang Maha Pengampun, maha Penyayang”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut