21 Januari 2010

Pengajian Mahagoni Park Tanggal 21 Januari 2010

Event : Pengajian Mahagoni Park
Tanggal : 21 Januari 2010
Pembicara : Ustadzah Ummu Liyah
Tema : Keutamaan Amal

Iman, ilmu dan amal adalah satu kesatuan yang saling berkaitan
1. Iman di laksanakan dengan amal

Syarat Iman :
1. diyakini dalam hati
2. diucapkan dengan lisan
3. diwujudkan dengan perbuatan (amal)

Boleh mencintai dunia, namun tetap mengutamakan akhirat

QS At Taubah : 24
Katakanlah: "Jika bapa-bapa, anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan rumah-rumah tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Allah dan Rasul-Nya dan (dari) berjihad di jalan-Nya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan-Nya." Dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang fasik.


Berilmu namun tidak melaksanakannya masuk di dalam golongan yang fasik.
Alangkah utamanya jika manusia tersebut berilmu dan bermanfaat bagi lingkungan sekelilingnya
buah dari akidah adalah akhlaq.

2. Iman mencegah fasik

Cara manusia dihisab sebelum masuk surga :
1. masuk tanpa hisab , masuk ke dalam surga secepat kilat
2. masuk ke dalam surga namun mendapatkan siksa yang kecil : dipakaian sandal dari api neraka, yang diletakkan di atas kepalanya kemudian sampai mendidih dan hancur
3. masuk ke dalam surga namun di tunda sampai dosa dosanya di hisab terlebih dahulu, bisa 100 tahun, 1000 tahun dsb.

3. Balasan suatu amal itu bergantung kepada niatnya
amal yang pertama kali dihisab adalah shalat
shalat adalah tiang agama

QS Al Gasiyyah : 25 - 26
Sesungguhnya kepada Kami-lah kembali mereka,
kemudian sesungguhnya kewajiban Kami-lah menghisab mereka.


4. puncaknya segala puncak adalah pahala Allah

QS Al A'raf : 40 - 42
Sesungguhnya orang-orang yang mendustakan ayat-ayat Kami dan menyombongkan diri terhadapnya, sekali-kali tidak akan dibukakan bagi mereka pintu-pintu langit dan tidak (pula) mereka masuk surga, hingga unta masuk ke lobang jarum. Demikianlah Kami memberi pembalasan kepada orang-orang yang berbuat kejahatan.
Mereka mempunyai tikar tidur dari api neraka dan di atas mereka ada selimut (api neraka). Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang zalim,
dan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal yang saleh, Kami tidak memikulkan kewajiban kepada diri seseorang melainkan sekedar kesanggupannya, mereka itulah penghuni-penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.


5. Amal adalah jalan masuk surga

QS Fatir : 36 - 37
Dan orang-orang kafir, bagi mereka neraka Jahannam. Mereka tidak dibinasakan sehingga mereka mati dan tidak (pula) diringankan dari mereka azabnya. Demikianlah Kami membalas setiap orang yang sangat kafir.
Dan mereka berteriak di dalam neraka itu: "Ya Tuhan kami, keluarkanlah kami niscaya kami akan mengerjakan amal yang saleh berlainan dengan yang telah kami kerjakan ". Dan apakah Kami tidak memanjangkan umurmu dalam masa yang cukup untuk berfikir bagi orang yang mau berfikir, dan (apakah tidak) datang kepada kamu pemberi peringatan? Maka rasakanlah (azab Kami) dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.


6. Dzikir itu muaranya adalah amal

Ali Imran : 191 - 195
(Yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):" Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.
Ya Tuhan kami, sesungguhnya barangsiapa yang Engkau masukkan ke dalam neraka, maka sungguh telah Engkau hinakan ia, dan tidak ada bagi orang-orang yang zalim seorang penolongpun.
Ya Tuhan kami, sesungguhnya kami mendengar (seruan) yang menyeru kepada iman, (yaitu): "Berimanlah kamu kepada Tuhanmu", maka kamipun beriman. Ya Tuhan kami, ampunilah bagi kami dosa-dosa kami dan hapuskanlah dari kami kesalahan-kesalahan kami, dan wafatkanlah kami beserta orang-orang yang banyak berbuat bakti.
Ya Tuhan kami, berilah kami apa yang telah Engkau janjikan kepada kami dengan perantaraan Rasul-rasul Engkau. Dan janganlah Engkau hinakan kami di hari kiamat. Sesungguhnya Engkau tidak menyalahi janji. "
Maka Tuhan mereka memperkenankan permohonannya (dengan berfirman):" Sesungguhnya Aku tidak menyia-nyiakan amal orang-orang yang beramal di antara kamu, baik laki-laki atau perempuan, (karena) sebagian kamu adalah turunan dari sebagian yang lain. Maka orang-orang yang berhijrah, yang diusir dari kampung halamannya, yang disakiti pada jalan-Ku, yang berperang dan yang dibunuh, pastilah akan Ku hapuskan kesalahan-kesalahan mereka dan pastilah Aku masukkan mereka ke dalam surga yang mengalir sungai-sungai di bawahnya, sebagai pahala di sisi Allah. Dan Allah pada sisi-Nya pahala yang baik ".

7. Praktek beramal

8. Syariat Islam mencela " banyak bicara, tidak mengamalkan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut