18 Juli 2011

Kuliah Ahad Dhuha Masjid Raya Bani Umar Tanggal 17 Juli 2011

Event : Kuliah Ahad Dhuha Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 17 Juli 2011
Pembicara : Ustad Syarief Hidayatullah S.Ag
Judul : Sabar

Makna Sabar

Sabar merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Arab, dan sudah menjadi istilah dalam bahasa Indonesia. Asal katanya adalah "Shobaro", yang membentuk infinitif (masdar) menjadi "shabran". Dari segi bahasa, sabar berarti menahan dan mencegah.

Sedangkan dari segi istilahnya, sabar adalah:
Menahan diri dari sifat kegeundahan dan rasa emosi, kemudian menahan lisan dari keluh kesah serta menahan anggota tubuh dari perbuatan yang tidak terarah.

Dari Suhaib ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh menakjubkan perkaranya orang yang beriman, karena segala urusannya adalah baik baginya. Dan hal yang demikian itu tidak akan terdapat kecuali hanya pada orang mu'min: Yaitu jika ia mendapatkan kebahagiaan, ia bersyukur, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan yang terbaik untuknya. Dan jika ia tertimpa musibah, ia bersabar, karena (ia mengetahui) bahwa hal tersebut merupakan hal terbaik bagi dirinya." (HR. Muslim)

Bentuk-Bentuk Kesabaran

Para ulama membagi kesabaran menjadi tiga hal; sabar dalam ketaatan kepada Allah, sabar untuk meninggalkan kemaksiatan dan sabar menghadapi ujian dari Allah:

1. Sabar dalam ketaatan kepada Allah. Merealisasikan ketaatan kepada Allah, membutuhkan kesabaran, karena secara tabiatnya, jiwa manusia enggan untuk beribadah dan berbuat ketaatan. Ditinjau dari penyebabnya, terdapat tiga hal yang menyebabkan insan sulit untuk sabar. Pertama karena malas, seperti dalam melakukan ibadah shalat. Kedua karena bakhil (kikir), seperti menunaikan zakat dan infaq. Ketiga karena keduanya, (malas dan kikir), seperti haji dan jihad.

Kemudian untuk dapat merealisasikan kesabaran dalam ketaatan kepada Allah diperlukan beberapa hal,
(1) Dalam kondisi sebelum melakukan ibadah berupa memperbaiki niat, yaitu kikhlasan. Ikhlas merupakan kesabaran menghadapi duri-duri riya'.
(2) Kondisi ketika melaksanakan ibadah, agar jangan sampai melupakan Allah di tengah melaksanakan ibadah tersebut, tidak malas dalam merealisasikan adab dan sunah-sunahnya.
(3) Kondisi ketika telah selesai melaksanakan ibadah, yaitu untuk tidak membicarakan ibadah yang telah dilakukannya supaya diketahui atau dipuji orang lain.

2. Sabar dalam meninggalkan kemaksiatan. Meninggalkan kemaksiatan juga membutuhkan kesabaran yang besar, terutama pada kemaksiatan yang sangat mudah untuk dilakukan, seperti ghibah (baca; ngerumpi), dusta, memandang sesuatu yang haram dsb. Karena kecendrungan jiwa insan, suka pada hal-hal yang buruk dan "menyenangkan". Dan perbuatan maksiat identik dengan hal-hal yang "menyenangkan".

3. Sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dari Allah, seperti mendapatkan musibah, baik yang bersifat materi ataupun inmateri; misalnya kehilangan harta, kehilangan orang yang dicintai dsb.

http://www.eramuslim.com/syariah/tafsir-hadits/makna-sabar.htm

---

sabar : perasaan yang membutuhkan hati yang dipenuhi cinta Allah

Fakta tentang kata sabar dalam Al Quran :

1. Kata sabar disebut di dalam Al Quran sebanyak lebih dari 90 kali

2. Tidak ada karakter lain yang disebut lebih banyak daripada kata ini.

3. Kata sabar dituturkan jauh lebih banyak daripada kata jujur dan percaya

---

Kesabaran itu sebagian dari iman

Nabi yang memiliki kesabaran yang luar buasa :

1. Nabi Yusuf : kesabaran dalam menghadapi fitnah

2. Nabi Ayyub : kesabaran dalam menghadapi sakit

---

Sabar seperti buah yang pahit sekali

Allah memiliki sifat sabar, kita diperintahkan untuk sabar

Allah menciptakan dunia ini dalam 6 masa, menunjukkan sifat sabar Allah

---

Perintah untuk sabar

Qs Al Baqarah : 153

Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

---

QS Al Baqarah : 155

Dan sungguh akan Kami berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. Dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar,

---

Qs Asy Syuara : 43

Tetapi orang yang bersabar dan memaafkan sesungguhnya (perbuatan) yang demikian itu termasuk hal-hal yang diutamakan.

---

Sabar yang baik

1. Sabar yang tanpa bosan, sabar yang tanpa gelisah, sabar yang tanpa sesak di dada, dan sabar yang tanpa protes sama sekali

2. Sabar yang menginterpretasikan kesabaran di lisan dan kesabaran di hati secara berbarengan

3. bukan sabar yang hanya terlihat seperti rela menerima musibah tapi justru mengatakan "mengapa begini, ya Allah"

4. sabar yang tak berbatas

5. sabar positif, selain bersabar tapi juga tetap mencurahkan kesungguhan dan usaha yang dapat menjadikan anda menjadi orang yang positif

---

QS Al Ma'arij : 5

Maka bersabarlah kamu dengan sabar yang baik.

---

QS Yusuf : 18

Mereka datang membawa baju gamisnya (yang berlumuran) dengan darah palsu. Yaqub berkata: Sebenarnya dirimu sendirilah yang memandang baik perbuatan (yang buruk) itu; maka kesabaran yang baik itulah (kesabaranku). Dan Allah sajalah yang dimohon pertolongan-Nya terhadap apa yang kamu ceritakan.

---

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu sesungguhnya seseorang bertanya kepada Rasulullah sholallohu ‘alaihi wa sallam : (Ya Rasulullah) nasihatilah saya. Beliau bersabda : Jangan kamu marah. Beliau menanyakan hal itu berkali-kali. Maka beliau bersabda : Jangan engkau marah.

(Riwayat Bukhori )

---

Rasulullah SAW dalam hal ini bersabda, ” Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain ” (HR. Bukhari).

---

Kesabaran itu cahaya

Shalat adalah sinar, sedekah adalah sebagai tanda keimanan bagi orang yang memberikan, sabar adalah merupakan cahaya (HR Muslim)

---

Sabar itu anugerah

Seseorang yang berusaha bersabar pasti akan dibantu oleh Allah. Seseorang tidak diberi sesuatu yang lebih baik dan lebih istimewa melebihi diberi sifat sabar

---

Keuntungan seorang mukmin

Hebat sekali orang yang beriman itu, semua urusannya menjadi kebaikan baginya, hal yang sama tentu tidak dimiliki setiap orang, kecuali hanya orang yang beriman jika ditimpa musibah dia bersabar dan itu merupakan kebaikan baginya. jika dia mendapatkan kebahagiaan maka bersyukur dan itu juga bernilai kebaikan baginya.

---

Kesabaran ibu saat anak meninggal

Siapa saja diantara kalian (saat masih hidup) yang kehilangan tiga anaknya yang masih kecil, maka ketiganya akan menjadi tabir yang menghalangi masuk neraka

---

bila sabar ditinggal orang yang terkasih

Hanya surga, ganti yang oantas bagi hambaKu yang beriman pada saat Aku mengambil nyawa orang yang dikasihinya diantara penghuni bumi ini dan dia hanya berharap ridha Ku ketika itu

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut