11 Juli 2011

Pengajian Mahagoni Park Tanggal 3 Juli 2011

Event : Pengajian Mahagoni Park
Tanggal : 3 Juli 2011
Pembicara : Ustadzah Lulung Umrulain (Aqiqah Kevina Zairly Mahya)
Tema : Hikmah Aqiqah dan Tasyakuran Rumah

Setiap anak pasti lahir diatas fitrah, maka kedua orangtuanya yang menjadikan ia Yahudi atau Nasrani ataupun Majusi” (HR. Bukhari)

---

Doa : Allahumma bariklana fii rajab wa sya'ban wa balighna Ramadhan. Ya Allah, berilah keberkahan pada kami di dalam bulan Rajab dan Sya'ban serta sampaikanlah kami kepada bulan Ramadhan

---

Siapakah Luqman ?

Sesetengah ulama’ mengatakan Luqman seorang hamba hitam dari Sudan Mesir, bibirnya tebal dan tapak kakinya retak-retak. Juga dikatakan bahawa sebaik-baik orang Sudan itu 3 orang yaitu Bilal bin Robah, Mahja’ hamba saidina Umar dan Luqman. Orang keempat pula ialah an-Najasyi raja Habsyah yang beriman di zaman Nabi s.a.w.

http://smzblog.wordpress.com/2009/01/06/siapakah-luqman-al-hakim/

---

Konsep pendidikan anak di dalam islam

Qs Luqman : 12-19

Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.

Dan (ingatlah) ketika Luqman berkata kepada anaknya, di waktu ia memberi pelajaran kepadanya: Hai anakku, janganlah kamu mempersekutukan Allah, sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar.

Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.

Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Ku-beritakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

(Luqman berkata): Hai anakku, sesungguhnya jika ada (sesuatu perbuatan) seberat biji sawi, dan berada dalam batu atau di langit atau di dalam bumi, niscaya Allah akan mendatangkannya (membalasinya). Sesungguhnya Allah Maha Halus lagi Maha Mengetahui.

Hai anakku, dirikanlah shalat dan suruhlah (manusia) mengerjakan yang baik dan cegahlah (mereka) dari perbuatan yang mungkar dan bersabarlah terhadap apa yang menimpa kamu. Sesungguhnya yang demikian itu termasuk hal-hal yang diwajibkan (oleh Allah).

Dan janganlah memalingkan muka dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan di muka bumi dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.

---

Keutamaan Qs Al Baqarah :

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Bacalah surat Al Baqarah di rumah rumah kalian, karena sesungguhnya setan itu tidak masuk ke dalam rumah yang dibaca di dalamnya surat Al Baqarah”. Hadits riwayat Al Hakim.

---

Hadist hadits dalam hal ini di antaranya: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Janganlah kalian jadikan rumah rumah kalian sebagai kuburan! Sesungguhnya setan lari dari rumah yang dibacakan di dalamnya surat Al Baqarah”. Shahih Muslim

http://mirahtul.multiply.com/journal/item/11/Rutin_Membaca_Surat_Al_Baqarah_di_Rumah_untuk_Mengusir_Setan

---

Qada dan qadar tentang keturunan / anak

QS Asy Syuara : 49-50

Kepunyaan Allah-lah kerajaan langit dan bumi, Dia menciptakan apa yang Dia kehendaki, Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki,

atau Dia menganugerahkan kedua jenis laki-laki dan perempuan (kepada siapa yang dikehendaki-Nya), dan Dia menjadikan mandul siapa yang Dia dikehendaki. Sesunggu-Syuurahnya Dia Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.

---

Dalil tentang akikah

Hadits riwayat Imam Ahmad: Anak-anak itu tergadai (tertahan) dengan aqiqahnya, disembelih hewan untuknya pada hari ketujuh, dicukur kepalanya dan diberi nama.

---

Ketentuan tentang jumlah kambing akikah

Dari Aisyah dia berkata : Rasulullah bersabda : “Bayi laki-laki diaqiqahi dgn dua kambing yg sama dan bayi perempuan satu kambing.(Shahih, Hadits Riwayat Ahmad)

---

Makanan di dalam suatu acara dalam perpektif islam :

Seburuk-buruk makanan walimah adalah sajian yang hanya disajikan hanya kepada orang-orang yang kaya, sedang orang-orang yang miskin tidak ikut diundang. Barangsiapa yang tidak menghadiri undangan walimah tersebut bararti ia telah maksiat kepada Allah dan Rasul-Nya

---

Ciri ciri bersyukur :

1. Mengucapkan Alhamdulillah

2. pengakuan ini adalah nikmat dari Allah

3. menceritakan kenikmatan itu

4. gunakan kenikmatan itu sebagai fasilitas untuk berjihad di jalan Allah

---

Salah satu bentuk ujian di dalam kehidupan adalah anak anak kita

Qs At Tagabun : 14-15

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu); dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.

---

Memakan sebagian daging akikah atau kurban itu diperbolehkan

QS Al Hajj : 36-37

Dan telah Kami jadikan untuk kamu unta-unta itu sebagian dari syiar Allah, kamu memperoleh kebaikan yang banyak padanya, maka sebutlah olehmu nama Allah ketika kamu menyembelihnya dalam keadaan berdiri (dan telah terikat). Kemudian apabila telah roboh (mati), maka makanlah sebagiannya dan beri makanlah orang yang rela dengan apa yang ada padanya (yang tidak meminta-minta) dan orang yang meminta. Demikianlah Kami telah menundukan unta-unta itu kepada kamu, mudah-mudahan kamu bersyukur.

Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah, tetapi ketaqwan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikianlah Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayah-Nya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

---

Bagaimana hukum memakai wangi wangian ?

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Diberi kecintaan kepadaku dari (urusan) dunia kamu, ialah wanita, harum-haruman/wangi-wangian, dan dijadikan kesejukan mataku di dalam sholat.” (Shahih riwayat Ahmad, Nasa’i, Hakim dan Baihaqi dari Anas bin Malik).

http://luruskanlah.blogspot.com/2010/12/hukum-wanita-memakai-wangi-wangian.html

---

Akikah adalah salah satu bentuk sunah Rasulullah

"Barang siapa menghidupkan sunnah (hadist)-ku maka ia telah mencintaiku, dan barang siapa mencintaiku maka ia akan bersama aku dalam surga. ( Al Hadist )

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut