11 Juli 2011

Pengajian Mahagoni Park Tanggal 30 Juni 2011

Event : Pengajian Mahagoni Park
Tanggal : 30 Juni 2011
Pembicara : Ustadzah Lulung Umrulain
Tema : Tasyakuran


Kita dilarang untuk Tasyabbuh yaitu Sikap Meniru Kaum Kafir

---

segala sesuatu yang kita lakukan harus dengan niat :

Dari Amirul Mu’minin, Abi Hafs Umar bin Al Khottob radiallahuanhu, dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya setiap perbuatan tergantung niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) berdasarkan apa yang dia niatkan. Siapa yang hijrahnya karena (ingin mendapatkan keridhaan) Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya. Dan siapa yang hijrahnya karena dunia yang dikehendakinya atau karena wanita yang ingin dinikahinya maka hijrahnya (akan bernilai sebagaimana) yang dia niatkan

---

Doa milad Abu Hurairah dari Rasulullah :

ya Allah, ampunilah dia dan sayangilah dia dan panjangkanlah hidupnya dan berkahilah dia dalam semua yg Engkau berikan kepadanya, amin ya Allah

---

Hal hal yang tidak baik dilaksanakan di dalam milad :

1. tiup lilin

2. topi ulang tahun

---

Hal hal yang baik dilaksanakan di dalam milad :

1. tasyakuran

---

Syukur secara bahasa adalah nampaknya bekas makan pada badan binatang dengan jelas. Binatang yang syakur artinya: Apabila nampak padanya kegemukan karena makan melebihi takarannya.

Adapun dalam tinjauan agama, syukur adalah: Nampaknya pengaruh nikmat Allah Subhanahu wa Ta’ala atas seorang hamba melalui lisannya dengan cara memuji dan mengakuinya; melalui hati dengan cara meyakininya dan cinta; serta melalui anggota badan dengan penuh ketundukan dan ketaatan.

---

Ciri ciri bersyukur :

1. Mengucapkan Alhamdulillah

2. pengakuan ini adalah nikmat dari Allah

3. menceritakan kenikmatan itu

4. gunakan kenikmatan itu sebagai fasilitas untuk berjihad di jalan Allah

---

Qs Ad Dhuha : 11

Dan terhadap nimat Rabbmu maka hendaklah kamu menyebut-nyebutnya (dengan bersyukur).

---

Umur adalah salah satu bentuk ketentuan Allah

qs Fatir : 11

Dan Allah menciptakan kamu dari tanah kemudian dari air mani, kemudian Dia menjadikan kamu berpasangan (laki-laki dan perempuan). Dan tidak ada seorang perempuanpun mengandung dan tidak (pula) melahirkan melainkan dengan pengetahuan-Nya. Dan sekali-kali tidak dipanjangkan umur seorang yang berumur panjang dan tidak pula dikurangi umurnya, melainkan (sudah ditetapkan) dalam Kitab (Lauh Mahfuz). Sesungguhnya yang demikian itu bagi Allah adalah mudah.

---

Doa bagi orang yang menginjakkan usia 40 tahun

QS Al Ahqaf : 15

Ya Rabbku, tunjukilah aku untuk mensyukuri nimat Engkau yang telah Engkau berikan kepadaku dan kepada ibu bapakku dan supaya aku dapat berbuat amal yang saleh yang Engkau ridhai; berilah kebaikan kepadaku dengan (memberi kebaikan) kepada anak cucuku. Sesungguhnya aku bertaubat kepada Engkau dan sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang berserah diri.

---

Jangan marah lebih dari tiga hari

Dari Anas bin Malik, bahwa Rasulullah saw bersabda, Janganlah kalian saling membenci, jangan saling mendengki, dan janganlah saling membelakangi, jadilah kalian hamba Allah yang bersaudara, dan tidak halal bagi seorang muslim untuk mendiamkan saudaranya lebih dari tiga malam (hari) (HR al-Bukhari)

---

Kita harus mencontoh perilaku Nabi Muhammad

QS Al Ahzab : 21

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah.

---

Doa :

Ya muqollibal qulub tsabbit qolbi ‘alad dinika wa ‘ala tho’atika”.

“Wahai dzat yang membolak-balikkan hati, tetapkanlah hatiku atas agama-Mu dan atas ketaatan kepada-Mu”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut