24 Februari 2013

Ajang silahturahim Hijabersmom Community Tanggal 23 Feb 2013 Pembicara Ustadzah Nok Waliyah

Event : Ajang silahturahim Hijabersmom Community
Tanggal : 23 Feb 2013
Pembicara : Ustadzah Nok Waliyah
Tema : Mendampingi perkembangan seksual pada anak dan remaja

Tawazun dalam setiap urusan kehidupan

Dorongan Biologis adalah ketentuan Allah SWT

Mendidik anak agar dorongan biologis dapat sejalan dengan ketentuan Allah SWT, dan terhindar dari penyimpangan moral

Dorongan sexual anak harus terpelihara suci dan seimbang

Seimbang berarti tidak ifrath (berlebihan) dan tidak tafriith (pengekangan)

1. Membudayakan izin masuk

QS An Nur : 58

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig di antara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum sembahyang subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sembahyang Isya'. (Itulah) tiga 'aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebahagian kamu (ada keperluan) kepada sebahagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana

---

Pandangan terhadap aurat (keluarga) menyebabkan munculnya penyakit-penyakit jiwa yang sulit disembuhkan (fi dzilalil Qur’an)

Anas berkata, “ aku adalah pelayan nabi Saw. Aku pernah masuk tanpa meminta izin terlebih dahulu. Ketika aku datang pada hari berikutnya beliau bersabda, “Sebagaimana untukmu wahai anakku, sesungguhnya telah terjadi ketetapan, janganlah kamu masuk, kesuali setelah meminta izin terlebih dahulu”

2. Membiasakan anak menundukkan pandangan dan menjaga aurat

Apa yang dilihat oleh anak akan terukir dalam akan, jiwa, dan ingatannya dengan cepat. Seorang anak sholeh Abdullah Ats Tasatturi senantiasa mengulang-ulang wirid dalam hatinya “Allah menyaksikanku, Allah melihatku dan Allah bersamaku”

Membiasakan anak menundukkan pandangan dari aurat orang lain ditujukan agar anak tidak mengalami kematangan seksual yang cepat dan lepas kontrol
Hadits : “ Aku melihat seorang anak laki-laki dan seorang anak perempuan. Aku khawatir setan akan masuk diantara keduanya”

Untuk menutup aurat anak harus dibiasakan seiring dengan perintah sholat

Qs An Nur : 30

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandanganya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat.“

---

3. Memisahkan tempat tidur anak

Pemisahan tempat tidur anak dilakukan saat usia tujuh sampai 10 tahun. “ Perintahkan anak-anakmu sholat pada usia tujuh tahun, pukullah mereka ketika meninggalkan sholat pada usia 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka” (HR Al Hakim)

Tidak hanya berlaku bagi anak dengan jenis kelamin yang berbeda, tapi juga sesama jenis. Hendaknya tidak tidur dalam 1 selimut. Semakin jauh antara yang satu dengan yang lainnya itu akan lebih baik.

4. Tidur dengan posisi miring di atas lambung kanan

Posisi tidur miring di atas lambung kanan akan mencegah timbulnya nafsu syahwat. Rasulullah menjelaskan bahwa cara tidur syetan adalah tidur dengan posisi tengkurap. Jika orang tua mendapati anaknya tidur dalam posisi tengkurap hendaklah mengubah posisinya dan mengarahkan anak agar mencontoh cara tidur Rasulullah Saw

5. Menjauhkan anak dari ikhtilath

Mengapa ikhtilath itu menarik ? Kaidah umum berbunyi “Dengan sifat-sifat yang berlawanan, sesuatu itu menjadi tampak istimewa”

Syekh Wahbi Sulaiman Al Ghawiji : “Sungguh kami telah menemukan bahaya-bahaya ikhtilat, meskipun mereka masih kanak-kanak”

Berdasarkan eksperimen, Hakim Londsy dari Amerika menulis dalam buku “Penyimpangan baru anak-anak”, “anak wanita di amerika telah tumbuh dewasa sebelum waktunya. Pada usia yang sangat dini, mereka telah memikir hubungan seksual. Dari 312 sample anak perempuan, 255 telah mencapai baligh di usia 11-13 tahun. Mereka telah memiliki tuntutan seksual seperti usia di atas 18 tahun atau lebih. Hakim menduga 45% murid-murid perempuan sudah ternodai sebelum mereka lulus. Bahkan di murid di sekolah lanjutan atas atau menengah murid perempuan cenderung pro aktif sedang murid laki-laki sekedar bergerak untuk melayani atau mengikuti.

Penemuan-penemuan di atas sangat memperihatinkan akibat dari ikhtilat

6. Mengajarkan mandi wajib dan sunnah-sunnahnya bagi anak yang menjelang baligh

Diantara yang harus dilakukan orang tua :

Mendiskusikan sebab-sebab janabat, tabi’at maddah (mani atau sperma) dan warnanya

Kedua orang tua berkewajiban mengajarkan mereka tentang fiqh mandi junub dari kitab-kitab fiqh yang ada serta menjelaskan permasalahan ini dengan tenang

Ayah yang berkewajiban menjelaskan kepada anak laki-laki dan ibu yang berkewajiban menjelaskan kepada anak-anak perempuan

Penjelasan bahwa usia baligh berarti memasuki usia taklif yaitu bahwa malaikat Raqib dan ‘Atid mulai menjalankan tugasnya mencatat kebaikan dan keburukan.

Nasehat-nasehat yang menyejukkan hendaknya diberikan kepada anak, agar anak pada usia ini termotivasi beramal sholeh dan membenci kemaksiatan

7. Menjelaskan mukadimah surat annur dan menghafalnya ketika menginjak dewasa

Salafush Shaleh mengajarkan mereka surat An Nur sebagai langkah preventif disertai dengan penjelasan dan keterangan dan meminta mereka menghafalkannya sebelum usia baligh (khususnya untuk anak perempuan)

Imam Mujahid meriwayatkan Nabi Saw bersabda : “Ajarkan anak laki-laki kamu surat Al Maidah dan ajarkan anak perempuan kamu surat An Nur”

Al Jahidz berkomentar : “Sesungguhnya para pendidik harus memberikan perhatian khusus terhadap hafalan surah An Nur bagi anak-anak perempuan”

8. Penjelasan masalah seks dan perzinahan

Qs Al Isra " 32

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

---

Setelah anak dijelaskan tentang junub dan mandi junud, maka persoalan zina harus dijelaskan kepada anak dengan memperhatikan :

1. Tempat mereka tinggal yang mengalami dekadensi moral

2. Lingkungan keluarga Islami atau tidak

3. Surat An Nur memuat akhlak, penjelasan masalah seks, dan perintah menjauhi zina

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut