26 Maret 2013

Pengajian di Masjid Raya Bani Umar Tanggal 26 Maret 2013

Event : Pengajian di Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 26 Maret 2013
Pembicara : Ustadz Afdholi
Tema : Berperilaku seperti lawan jenis

Kejadian mengenai homoseksual itu sudah ada sejak jaman nabi Luth

Qs An Naml : 54-58

Dan (ingatlah kisah) Luth, ketika dia berkata kepada kaumnya: Mengapa kamu mengerjakan perbuatan fahisyah itu sedang kamu melihat(nya)?

Mengapa kamu mendatangi laki-laki untuk (memenuhi) nafsu(mu), bukan (mendatangi) wanita? Sebenarnya kamu adalah kaum yang tidak mengetahui (akibat perbuatanmu).

Maka tidak lain jawaban kaumnya melainkan mengatakan: Usirlah Luth beserta keluarganya dari negerimu; karena sesungguhnya mereka itu orang-orang yang (mendawakan dirinya) bersih.

Maka Kami selamatkan dia beserta keluarganya, kecuali istrinya. Kami telah mentakdirkan dia termasuk orang-orang yang tertinggal (dibinasakan).

Dan Kami turunkan hujan atas mereka (hujan batu), maka amat buruklah hujan yang ditimpakan atas orang-orang yang diberi peringatan itu.

---

Nabi ternyata memiliki cobaan dari anggota keluarganya sendiri, salah satu cobaannya adalah istrinya yang kafir

QS At Tahrim : 10-11

Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): Masuklah ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka).

Dan Allah membuat isteri Firaun perumpamaan bagi orang yang beriman, ketika ia berkata: Ya Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.

---

Nabi ternyata memiliki cobaan dari anggota keluarganya sendiri, salah stau cobaannya adalah memiliki orang tua yang kafir

QS At Taubah : 114

Dan permintaan ampun dari Ibrahim (kepada Allah) untuk bapaknya, tidak lain hanyalah karena suatu janji yang telah diikrarkannya kepada bapaknya itu. Maka tatkala jelas bagi Ibrahim bahwa bapaknya itu adalah musuh Allah, maka Ibrahim berlepas diri daripadanya. Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang yang sangat lembut hatinya lagi penyantun

---

Dahsyatnya bencana itu digambarkan Allah, padahal bencana itu hanya sebagian kecil dari azab atas dosa yang dilakukan orang yang dzalim

Qs Al Hajj : 1-2

Hai manusia, bertaqwalah kepada Rabbmu; sesungguhnya kegoncangan hari kiamat itu adalah suatu kejadian yang sangat besar (dahsyat).

(Ingatlah) pada hari (ketika) kamu melihat kegoncangan itu, lalailah semua wanita yang menyusui anaknya dari anak yang disusuinya dan gugurlah segala kandungan wanita yang hamil, dan kamu lihat manusia dalam keadaan mabuk, padahal mereka sebenarnya tidak mabuk, akan tetapi azab Allah itu sangat keras.

---

Jika ada suatu kejadian, pergunakan untuk mengintrospeksi diri, supaya kita bisa melakukan perbaikan

Qs Ar Rum : 41

Telah nampak kerusakan di darat dan di laut disebabkan karena perbuatan tangan manusia, supaya Allah merasakan kepada mereka sebagian dari (akibat) perbuatan mereka, agar mereka kembali (ke jalan yang benar).

---

Allah hanya menciptakan 2 jenis kelamin, laki laki dan perempuan, jadi banci itu menyalahi ketentuan Allah

QS Al Hujurat : 3

Hai manusia, sesungguhnya kami telah menciptakan kalian dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, lalu menjadikan kalian berbangsa-bangsa dan besuku-suku agar kalian saling mengenal

---

Allah menggariskan kata "Jangan" terhadap beberapa hal, berarti proses menuju suatu larangan saja sudah diperintahkan, maka kita harus serius untuk "jangan" mendekati perbuatan tersebut

1. Didalam Qs An Nisa : 43

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.

---

Pentingnya menjaga pergaulan agar kita tetap berada dalam jalan Allah

Permisalan teman yang baik dan teman yang jelek seperti (berteman) dengan pembawa minyak wangi dan tukang pandai besi. Dan adapun (berteman) dengan pembawa minyak wangi kemungkinan dia akan memberimu, kemungkinan engkau membelinya, atau kemungkinan engkau mencium bau yang harum. Dan (berteman) dengan tukang pandai besi kemungkinan dia akan membakar pakaianmu atau engkau mendapatkan bau yang tidak enak (HR Muslim)

---

2. Didalam QS Al Isra : 32

Dan janganlah kamu mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. Dan suatu jalan yang buruk.

---

3. Di dalam QS Al Baqarah : 35

Dan Kami berfirman, " Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik yang mana saja kalian sukai, dan janganlah kamu berdua mendekati pohon ini, yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang Zalim

---

Pria dan wanita itu untuk saling melengkapi, menyempurnakan satu sama lain

Qs Al Baqarah : 187

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu, mereka itu adalah pakaian, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam,(tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beritikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertaqwa.

---

Salah satu seks edukasi di dalam islam

Perintahkan anak-anak kamu menunaikan sembahyang, apabila mereka telah mencapai usia tujuh tahun. Bila telah mencapai usia sepuluh tahun belum juga mahu menunaikan sembahyang, bolehlah dipukul (dalam batas-batas sebagai tindakan mendidik) dan pisahkan tempat tidur mereka" (HR Abu Dawud)

---

Bercanda itu boleh, namun jangan berlebihan, bercanda juga ada etikanya, sebagaimana dicontohkan Rasulullah

Pada suatu hari Rasulullah SAW di kunjungi oleh seorang nenek dari kaum Anshar,lalu ia berkata kepada Nabi Muhammad SAW, ”Ya Rasulullah berdoalah kepada Allah SWT agar mengampuni segala dosa-dosaku supaya terhindar dari siksaan api neraka dan memasukkan diriku ke dalam surga. Mendengar permohonan nenek itu,maka Rasulullah SAW bersabda: ” Apakah engkau tidak mengetahui bahwa surga itu tidak di masuki oleh orang -orang tua. Mendengar jawaban Rasulullah SAW demikian, maka segera nenek tersebut bergegas pergi sambil menjerit-jerit histeris seraya meratapi nasibnya yang tidak akan bisa masuk surga dan ia pergi dalam keadaan sangat sedih. Melihat hal itu Nabi Muhammad SAW segera mengutus seorang utusannya untuk segera menemui nenek tersebut,serta mengatakan nkepadanya bahwa : ”Apakah engkau tidak mengetahui bahwa engkau akan di bangkitkan dalam keadaan terbaik dan engkau engkau tidak akan masuk surga dalam keadaan tua renta ”. Dalam hal ini Allah berfirman:

QS Al Waqi’ah : 35-37

”Sesungguhnya Kami menciptakan mereka(bidadari-bidadari)dengan langsung ,dan Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan,penuh cinta lagi sebaya umurnya”

---

Mendengar utusan Rasulullah SAW menemuinya,serta membacakan ayat Al Qur’an tersebut barulah nenek tadi tersenyum dan sangat gembira,karena baru mengetahui bahwa di surga itu memang tidak ada orang tua.Tetapi semua penghuni sura itu terdiri dari orang -orang yang muda sebaya,jadi sekiranya orang tua nanti akan dimudakan kembali,sebagaimanan juga orang-orang yang cacat didunia di surga akan menjadi orang-orang yang sempurna berbagai aspeknya.

---

Pergaulan antara laki laki dan perempuan itu diatur oleh agama, jadi penyimpangan pergaulan akan memnjauhkan dari ketaqwaan kepada Allah

QS An Nisa : 1

Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silatur-rahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

---

Hati hati dengan adzab Allah kepada umat yang melakukan penyimpangan perilaku, karena tidak ada 1 pun yang bisa merasa aman dengan siksaan Allah yang bisa saja datang sewaktu waktu

Qs Al A'raf : 96-98

Jikalau sekiranya penduduk negeri-negeri beriman dan bertaqwa, pastilah Kami akan melimpahkan kepada mereka berkah dari langit dan bumi, tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan perbuatannya.

Maka apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di malam hari di waktu mereka sedang tidur?

Atau apakah penduduk negeri-negeri itu merasa aman dari kedatangan siksaan Kami kepada mereka di waktu matahari sepenggalahan naik ketika mereka sedang bermain?

---

Bagaimana cara menjauhkan diri dari siksa Allah

1. Beristighfar

2. Bersyukur

QS An Nisa : 147

Mengapa Allah akan menyiksamu, jika kamu bersyukur dan beriman? Dan Allah adalah Maha Mensyukuri lagi Maha Mengetahui.

---

Cara bersyukur adalah dengan menggunakan kenikmatan tersebut untuk kebaikan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut