16 Maret 2014

Pengajian Hijabersmom Community Tanggal 15 Maret 2014 Pembicara Ustadz Nanang Mubarok

Event : Pengajian Hijabersmom Community
Tanggal : 15 Maret 2014
Pembicara : Ustadz Nanang Mubarok
Tema : Wisata Kampung akhirat, Menatap masa depan akhirat dengan jelas

Imam al-Syafi’i pernah berkata: “Ilmu itu cahaya dan cahaya Allah tidak akan diberikan kepada orang yang melakukan maksiat.”

http://perpustakaanwakaf.blogspot.com/2012/01/sebarkan-cahaya-ilmu.html

---

Para imam dan ulama telah mendefinisikan istilah iman ini, antara lain, seperti diucapkan oleh Imam Ali bin Abi Talib: "Iman itu ucapan dengan lidah dan kepercayaan yang benar dengan hati dan perbuatan dengan anggota." Aisyah r.a. berkata: "Iman kepada Allah itu mengakui dengan lisan dan membenarkan dengan hati dan mengerjakan dengan anggota." Imam al-Ghazali menguraikan makna iman: "Pengakuan dengan lidah (lisan) membenarkan pengakuan itu dengan hati dan mengamalkannya dengan rukun-rukun (anggota-anggota)."

http://id.wikipedia.org/wiki/Iman

---

"Tatkala Allah menciptakan surga dan neraka, Allah mengutus malaikat Jibril untuk ke surga. Jibril pun pergi dan melongoknya serta melihat-lihat apa yang Allah persiapkan di dalamnya untuk para penghuninya (nanti). Lalu ia kembali dan berkomentar: "Demi kemuliaan-Mu ya Allah, setiap orang yang mendengar tentang surga itu pasti ingin sekali memasukinya." maka Allah memerintahkan agar surga itu dihiasi dengan hal-hal yang dibenci manusia. Lalu Allah berfirman: "kembalilah engkau Jibril, cobalah lihat kembali surga itu dan apa yang Kupersiapkan bagi penghuninya." Maka pergilah Jibril untuk melihatnya dan kembali lagi terus berkomentar: "Demi kemuliaan-Mu Ya Allah, aku khawatir kalau tak seorang pun yang mampu memasukinya." Lalu beliau melanjutkan sabdanya: Setelah itu Allah mengutusnya pergi untuk melihat neraka. Allah berfirman: "Pergi dan lihatlah apa yang Kupersiapkan di dalamnya bagi para penghuninya." Maka pergilah Jibril dan melihatnya. Ternyata ia adalah api yang bergejolak. Kemudian kembali dan berkomentar: "Demi kemuliaan-Mu ya Allah, setiap orang yang mendengar tentang neraka itu tak akan memasukinya." Maka Allah memerintahkan agar neraka itu dihiasi dengan hal-hal yang disukai manusia (syahwat). Lalu Allah berfirman: "Pergilah engkau Jibril, lihatlah apa yang Kupersiapkan di dalamnya untuk para penghuninya." Lalu pergilah Jibril untuk melihatnya, setelah itu kembali dan berkomentar: "Demi kemuliaan-Mu, aku khawatir tidak ada seorangpun yang ada kecuali akan masuk ke dalamnya."

http://renungansurga.blogspot.com/

---

Suasana di dalam surga

“…bagi setiap orang ahli Surga mendapat 2 bidadari. Pada setiap Bidadari punya 70 perhiasan, sumsum kakinya dapat terlihat dari balik daging dan perhiasannya, sebagaimana minuman merah dapat dilihat digelas putih”

http://desaakhirat.wordpress.com/2013/01/24/bidadari/

---

Keutamaan menuntut ilmu

Nabi Muhammad s.a.w pernah bersabda (yang maksudnya): “Barangsiapa yang menempuh suatu jalan untuk mencari ilmu pengetahuan, maka Allah akan mempermudahkan baginya jalan menuju ke syurga.”

http://alexanderwathern.wordpress.com/hari-1/

---

Jika kita mengutamakan kehidupan dunia saja, maka kita termasuk golongan yang lalai

Qs Ar Rum : 7

Mereka hanya mengetahui yang lahir (saja) dari kehidupan dunia; sedang mereka tentang (kehidupan) akhirat adalah lalai

---

Sumber permasalahan

1. Manusia hidup tanpa tujuan akhir
2. Manusia hidup bertujuan rendah
3. Manusia terlena dunia

---

Ketatnya persaingan hidup, krisis finansial, target pekerjaan, lilitan hutang perusahaan, dan sejuta masalah di tempat kerja serta tekanan hidup yang semakin sulit, telah membuat anda lupa dengan kematian.

Demikian pula berkumpul dengan orang yang kita cintai, keluarga, sahabat, pergi liburan, makan minum di restoran, belanja di mall, konser musik, nonton televisi dan baca novel telah membuat anda lupa dengan kematian

Memang ingat akan kematian, merupakan hal yang menakutkan kebanyakan orang sehingga topik pembicaraan tentang maut sering dihindari oleh manusia sehingga paling sering dilupakan, tapi celakanya manusia tidak bisa menghindari dari datangnya ajal

Tapi, suka tidak suka, piala bergilir itu pasti menghampiri kita, bahkan bukan suatu hal mustahil setelah nonton tayangan ini, anda akan menghembuskan nafas terakhir

---

QS Ibrahim : 24-25

Tidakkah kamu kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Rabbnya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat

---

Change your beliefs, change your life. Seperti halnya pohon buah. Akarnya adalah akidah, batangnya adalah ibadah, buahnya adalah akhlak

Teologi seseorang mesti kelihatan dari etikanya, dan ibadah seseorang mesti kelihatan dari etos kerjanya

Orientasi akhirat vs dunia

Qs Asy Syu'ara : 20

Barangsiapa yang menghendaki keuntungan di akhirat akan Kami tambah keuntungan itu baginya dan barangsiapa yang menghendaki keuntungan di dunia Kami berikan kepadanya sebagian dari keuntungan dunia dan tidak ada baginya suatu bahagianpun di akhirat.

Hadist :

Barangsiapa yang obsesinya adalah akhirat, tujuannya akhirat, niatnya akhirat, cita citanya akhirat maka dia akan mendapatkan 3 perkara :
1. Allah menjadikan kecukupan dihatinya
2. Allah mengumpulkan urusannya
3. Dunia datang kepada dia dalam keadaan dunia itu hina

Barangsiapa yang obsesinya adalah dunia, tujuannya dunia, cita citanya dunia, maka dia akan mendapatkan 3 perkara :
1. Allah menjadikan kemelaratan ada di depan matanya
2. Allah mencerai beraikan urusannya
3. Dunia tidak datang kecuali yang ditakdirkan untuk dia saja

(HR At Tirmidzi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut