12 Maret 2014

Pengajian Square Kerudung Tanggal 12 Maret 2014 Pembicara Ustadzah Ningrum Maurice

Event : Pengajian Square Kerudung
Tanggal : 12 Maret 2014
Pembicara : Ustadzah Ningrum Maurice
Tema : Makna Waktu

Waktu Manusia

Jika kita mengambil contoh usia Rasulullah : 63 Tahun

Usia anak anak : 0-12 tahun

Usia Aqil baligh : 13-63 tahun

Dengan 8 jam/hari untuk tidur, maka total usia yang kita gunakan untuk tidur adalah 17 tahun

Dengan 8 jam/ hari untuk kerja, maka total usia yang kita gunakan untuk kerja adalah 17 tahun

Dengan 7 jam 10 menit/hari untuk urusan keduniaan, maka total usia yang kita gunakan untuk urusan dunia adalah 15 tahun

sedangkan ... Dengan shalat 5 waktu, katakanlah 1 kali waktu shalat adalah sekitar 10 menit, 50 menit setiap hari dari 24 jam, 12 hari + 16 jam setiap tahun dari 365 hari, maka total usia yang kita gunakan untuk shalat adalah 1 tahun 7 bulan dan 7 hari, sedikit sekali ya ?
3,5% Dari usia yang diberikan Allah kepada manusia, sedangkan 96,5% digunakan untuk waktu dunia

Oleh karena itu, rugi kalau segala aktivitas kita tidak mendukung untuk ibadah / mencapai kesuksesan akhirat, karena kehidupan dunia hanya sebentar sekali

---

Qs Ibrahim : 22

Dan berkatalah syaitan tatkala perkara (hisab) telah diselesaikan: Sesungguhnya Allah telah menjanjikan kepadamu janji yang benar, dan akupun telah menjanjikan kepadamu tetapi aku menyalahinya. Sekali-kali tidak kekuasaan bagiku terhadapmu, melainkan (sekedar) aku menyeru kamulalu kamu mematuhi seruanku, oleh sebab itu janganlah kamu mencerca aku, akan tetapi cercalah dirimu sendiri. Aku sekali-kali tidak dapat menolongmu dan kamupun sekali-kali tidak dapat menolongku. Sesungguhnya aku tidak membenarkan perbuatanmu mempersekutukan aku (dengan Allah) sejak dahulu. Sesungguhnya orang-orang yang zalim itu mendapat siksaan yang pedih

---

Perangi tipu daya setan :
1. Perbanyak ibadah
2. Perbanyak sedekah
3. Perjuangkan khusyuk

Qs Yassin : 65

Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksian kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.

---

Perbandingan prosentase waktu antara Allah dan menikmati dunia
1. Shalat
Untuk Allah 3,5%
Untuk menikmati dunia 96,5%
2. Zakat
Untuk Allah 2,5%
Untuk menikmati dunia 97,5%
3. Puasa
Untuk Allah 8,3%
Untuk menikmati dunia 91,7%

---

Kerikil Di Perut Kanjeng Nabi
Suatu ketika Rasulullah SAW menjadi imam shalat. Para sahabat yang menjadi makmum di belakangnya mendengar bunyi menggerutup seolah-olah sendi-sendi pada tubuh Rasulullah bergeser antara satu sama lain.

Sayyidina Umar bin Khattab yang tidak tahan melihat keadaan baginda itu langsung bertanya setelah selesai sholat, ”Ya Rasulullah, kami melihat seolah-olah tuan menanggung penderitaan yang amat berat, apakah Anda sakit?” Namun Rasulullah menjawab, ”Tidak. Alhamdulillah, aku sehat dan segar.”

Mendengar jawaban ini Sahabat Umar melanjutkan pertanyaannya, ”Lalu mengapa setiap kali Anda menggerakkan tubuh, kami mendengar seolah-olah sendi bergesekan di tubuh tuan? Kami yakin engkau sedang sakit…” Melihat kecemasan di wajah para sahabatnya, Rasulullah pun mengangkat jubahnya. Para sahabat amat terkejut. Ternyata perut Rasulullah yang kempis, kelihatan dililiti sehelai kain yang berisi batu kerikil untuk menahan rasa lapar. Batu-batu kecil itulah yang menimbulkan bunyi-bunyi halus setiap kali tubuh Rasulullah bergerak. Sayyidina Umar memberanikan diri berkata, ”Ya Rasulullah! Adakah bila Anda menyatakan lapar dan tidak punya makanan, lalu kami hanya akan tinggal diam?” Rasulullah menjawab dengan lembut, ”Tidak para sahabatku. Aku tahu, apa pun akan engkau korbankan demi Rasulmu ini. Tetapi apakah yang akan aku jawab di hadapan Allah nanti, apabila aku sebagai pemimpin, menjadi beban bagi umatnya?”

Para sahabat hanya tertegun. Rasulullah melanjutkan, ”Biarlah kelaparan ini sebagai hadiah Allah buatku, agar umatku kelak tidak ada yang kelaparan di dunia ini lebih-lebih lagi tiada yang kelaparan di Akhirat kelak.”

http://rumahcahaya.blogspot.com/2013/03/kerikil-di-perut-kanjeng-nabi.html

---

Jarak waktu shalat :

Subuh ke dzuhur 6 jam, dzuhur ke ashar 3 jam, ashar ke magrib 2 1/2 jam, magrib ke isya 1 1/2 jam

---

Jadikan pribadi yang waro'

Waro' Artinya menghindarkan diri dari perbuatan tercela seperti menggunakan barang atau makanan yang sifatnya subhat (meragukan), apalagi yang jelas-jelas hukumnya haram. Yang dimaksudkan barang atau makanan yang subhat dan haram bukan saja yang pengertiannya haram fisik seperti babi dan anjing tapi ada yang lebih penting lagi yaitu tentang cara mendapatkan barang-barang tersebut.

http://www.nanampek.nagari.or.id/b46.php

---

Demi Masa

Demi masa sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan yang beriman dan beramal sholeh
Demi masa sesungguhnya manusia kerugian
Melainkan nasehat kepada kebenaran dan kesabaran

Gunakan kesempatan yang masih diberi moga kita takkan menyesal
Masa usia kita jangan disiakan kerna ia takkan kembali

Ingat lima perkara sebelum lima perkara
Sihat sebelum sakit
Muda sebelum tua
Kaya sebelum miskin
Lapang sebelum sempit
Hidup sebelum mati

http://www.liriknasyid.com/index.php/lirik/detail/705/raihan-demi_masa.html

---

Dalam satu hadis Nabi saw, baginda telah menggambarkan umat di akhir zaman seperti buih.

“Akan datang umat-umat yang berkerumunan ke atas kalian seperti kerumunannya orang-orang yang makan pada satu pinggan.” Maka seorang bertanya : “Apakah jumlah kami pada ketika itu sedikit?” Baginda s.a.w menjawab: “Bahkan jumlah kamu pada saat itu ramai. Akan tetapi keadaan kamu seperti buih-buih di lautan. Dan sesunguhnya Allah akan mencabut dari (hati) musuh-musuh kamu rasa takut terhadap kamu serta akan ditimpakan (penyakit) al-Wahn di dalam hati-hati kamu.” Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah! Apakah al-Wahn?” Baginda menjawab: “Cinta kepada dunia dan takut mati.”

https://id-id.facebook.com/SunnahHadisRasulullahSaw/posts/473682779391604

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut