20 Maret 2014

Pengajian Majalah Noor Di Masjid Daarut tauhid Bintaro Tanggal 20 Maret 2014 Pembicara Ustadz KH DR Hamdan Rasyid, MA, Ustadzah Badriyah fayumi, Desy ratnasari, M, Psi

Event : Pengajian Majalah Noor Di Masjid Daarut tauhid Bintaro
Tanggal : 20 Maret 2014
Pembicara : Ustadz KH DR Hamdan Rasyid, MA, Ustadzah Badriyah fayumi, Desy ratnasari, M, Psi
Tema : Pernikahan yang Sakinah Mawaddah Wa Rahmah

Pembacaan ayat suci Al Quran

QS An Nisa : 34-35

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

Dan jika kamu khawatirkan ada persengketaan antara keduanya, maka kirimlah seorang hakam dari keluarga laki-laki dan seorang hakam dari keluarga perempuan. Jika kedua orang hakam itu bermaksud mengadakan perbaikan, niscaya Allah memberi taufik kepada suami-isteri itu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

---

Tausiyah KH DR Hamdan Rasyid, MA

Qs Ar Rum : 21

Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir

---

Apa jadinya akhlaq manusia jika melegalkan pernikahan sejenis, padahal kodrat manusia itu berpasang pasangan yang berbeda jenis

QS Adz Dzariyat : 49

Dan segala sesuatu Kami ciptakan berpasang-pasangan supaya kamu mengingat akan kebesaran Allah

---

Berikut ini adalah daftar dari negara-negara yang melagalkan pernikahan sesama jenis.

1. Belanda

Pemerintah Belanda melegalkan pernikahan sejenis pada tahun 1996, 15 tahun setelah aktivis gay mengusung isu tersebut ke permukaan pada awal tahun 1980. Parlemen Belanda membentuk satu komisi khusus untuk melihat efek hukum dari legalitas pernikahan sejenis. Empat tahun kemudian undang-undang pun disahkan. Alhasil, sejak tanggal 1 April 2001, pernikahan sejenis telah resmi diakui secara hukum di Belanda.

2. Belgia

Satu tahun setelah legalitas pernikahan sejenis diberlakukan di Belanda, undang-undang serupa diajukan pula ke parlemen Belgia. Kemudian pada tanggal 1 Juni 2003.

3. Spanyol

Pada tanggal 30 Juni 2005, Parlemen Spanyol melegalkan pernikahan sejenis. RUU ini sangat ditentang oleh Gereja Katolik, tetapi hasil jajak pendapat menunjukkan 62% dari majelis mengabulkan UU tersebut.

4. Kanada

Pada saat Parlemen mengesahkan pernikahan gay pada 20 Juli 2005, hampir semua provinsi di Kanada telah melegalkan hukum tersebut. Setelah mengesahkan UU tersebut, Kanada menerbitkan lebih dari 15.000 surat nikah bagi pasangan sejenis yang tinggal di negara itu atau hanya datang untuk menikah.

5. Afrika Selatan

Di beberapa negara Afrika, seorang pria dapat dijatuhi hukuman mati atau penjara seumur hidup jika ketahuan gay. Namun Afrika Selatan memiliki hukum berbeda, negara ini memberi hak-hak kepada kaum LGBT untuk menikah sejak 30 November 2006.

6. Norwegia

Pernikahan sejenis menjadi topik diskusi di dewan pemerintah Norwegia. Pada tahun 1993, Norwegia menjadi negara kedua, setelah Denmark, yang melegalkan pernikahan sejenis.

7. Swedia

Swedia adalah salah satu negara paling liberal di dunia dan 71% penduduknya mendukung pernikahan sejenis. Legislasi pernikahan sejenis disahkan pada bulan Mei 2008. Lima bulan kemudian Gereja Lutheran Swedia mengumumkan dukungan penuh untuk pernikahan sesama jenis.

8. Portugal

Homoseksualitas dipandang sebagai sebuah kejahatan di Portugal sampai tahun 1982. Kemudian tahun 2009, para LGBT hanya menerima dukungan 40% dari parlemen. Setelah Perdana Menteri Jose Socrates kembali terpilih tahun 2009, ia membuat UU yang melegalkan pernikahan sejenis. Hukum itu mulai berlaku sejak 5 Juni 2010.

9. Islandia

Pada tanggal 27 Juni 2010, hari yang sama saat undang-undang itu mulai berlaku, Perdana Menteri Islandia menikahi pasangan gaynya.

10. Argentina

Tepat pada tanggal 22 Juli 2010, hukum itu mulai berlaku di Argentina.

11. Meksiko

Sejak 21 Desember 2009, pernikahan sesama jenis dapat dilakukan di ibukota Meksiko, Mexico City.

12. Uruguay

Uruguay Menjadi negara Amerika Latin kedua, setelah Argentina, yang menyetujui penikahan gay. Dalam UU baru ini juga diatur mengenai perubahan usia minimum untuk menikah secara legal. Kini, usia minimum bagi wanita dan pria untuk menikah adalah 16 tahun. Sebelumnya, usia minimum bagi wanita untuk menikah adalah 12 tahun dan 14 tahun bagi kaum pria.

13. New Zeland

Parlemen menyetujui amandemen undang-undang pernikahan New Zealand yang dibuat pada tahun 1955, walau banyak mendapat penentangan dari kelompok Kristen setempat.Namun saat ini pemerintah telah melegalkan pernikahan sesama jenis dinegara yang dekat dengan australia ini.

14. Prancis

Presiden Prancis, Francois Hollande telah menandatangani undang-undang kontroversial, yang menjadikan negaranya menjadi yang ke-9 di Eropa, dan ke-14 di dunia yang melegalkan pernikahan sesama jenis.

http://hiburan.kompasiana.com/televisi/2013/05/27/14-negara-yang-melegalkan-pernikahan-sesama-jenis--559733.html

---

Apa makna Sakinah, Mawaddah, Rahmah

Apa arti keluarga sakinah itu?
Dalam bahasa Arab, kata sakinah di dalamnya terkandung arti tenang, terhormat, aman, merasa dilindungi, penuh kasih sayang, mantap dan memperoleh pembelaan. Namun, penggunaan nama sakinah itu diambil dari al Qur’an surat 30:21, litaskunu ilaiha, yang artinya bahwa Allah SWT telah menciptakan perjodohan bagi manusia agar yang satu merasa tenteram terhadap yang lain.Jadi keluarga sakinah itu adalah keluarga yang semua anggota keluarganya merasakan cinta kasih, keamanan, ketentraman, perlindungan, bahagia, keberkahan, terhormat, dihargai, dipercaya dan dirahmati oleh Allah SWT.

Apa arti mawaddah wa rahmah?
Di dalam keluarga sakinah itu pasti akan muncul mawaddah dan rahmah (Qs 30: 21). Mawaddah adalah jenis cinta membara, yang menggebu-gebu kasih sayang pada lawan jenisnya (bisa dikatakan mawaddah ini adalah cinta yang didorong oleh kekuatan nafsu seseorang pada lawan jenisnya). Karena itu, Setiap mahluk Allah kiranya diberikan sifat ini, mulai dari hewan sampai manusia. Mawaddah cinta yang lebih condong pada material seperti cinta karena kecantikan, ketampanan, bodi yang menggoda, cinta pada harta benda, dan lain sebagainya. Mawaddah itu sinonimnya adalah mahabbah yang artinya cinta dan kasih sayang.

Wa artinya dan

Sedangkan Rahmah (dari Allah SWT) yang berarti ampunan, anugerah, karunia, rahmat, belas kasih, rejeki. (lihat : Kamus Arab, kitab ta’riifat, Hisnul Muslim (Perisai Muslim) Jadi, Rahmah adalah jenis cinta kasih sayang yang lembut, siap berkorban untuk menafkahi dan melayani dan siap melindungi kepada yang dicintai. Rahmah lebih condong pada sifat qolbiyah atau suasana batin yang terimplementasikan pada wujud kasih sayang, seperti cinta tulus, kasih sayang, rasa memiliki, membantu, menghargai, rasa rela berkorban, yang terpancar dari cahaya iman. Sifat rahmah ini akan muncul manakala niatan pertama saat melangsungkan pernikahan adalah karena mengikuti perintah Allah dan sunnah Rasulullah serta bertujuan hanya untuk mendapatkan ridha Allah SWT.

http://id-id.facebook.com/notes/ayo-nikah-kontak-jodoh-muslim/merajut-keluarga-sakinah-mawaddah-wa-rahmah/220576544633382

---

Dunia Ladang Bagi Akhirat

---

Pada suatu hari, seorang nenek mendatangi Rasulullah Saw. dengan sedikit tergesa-gesa. Setelah berdiri dihadapan Rasulullah yang mulia itu, si nenek berkata, ''Wahai Rasulullah, tolong doakan saya agar bisa masuk surga bersamamu!''

Mendengar permintaan si nenek, wajah Rasulullah tampak serius. Si nenek menanti jawabannya. Lalu Rasulullah berkata, ''Aduh, sayang sekali. Di surga tidak ada nenek-nenek!'' belum selesai Rasulullah menyelesaikan kalimatnya, nenek itu sudah keburu nangis tersedu-sedu. Hatinya sedih dan kecewa. Dia balik badan lalu pergi meninggalkan Rasulullah. Tapi, sebelum melangkah lebih jauh, Rasulullah lalu memanggilnya, ''Nek, Nek, tunggu sebentar!''

Nenek berhenti. Dia masih sesenggukan. Rasulullah mendekatinya dan tersenyum. ''Kenapa Nenek menangis? Nenek tidak akan masuk syurga dalam keadaan tua seperti ini kecuali telah Allah mudakan kembali. Apakah nenek tidak pernah mendengar firman Allah, Kami jadikan mereka gadis-gadis perawan, penuh cinta lagi sebaya? Begitu, Nek ....''

Tiba-tiba wajah nenek itu sumringah. Dia tersenyum senang dan meninggalkan Rasulullah tanpa salam lagi. Rasulullah tersenyum melihat tingkah orang itu.

Demikianlah, terkadang reaksi seseorang muncul dengan spontan terhadap suatu keterangan. Padahal, keterangan itu belum tuntas dia dengarkan. Rasulullah tentu saja tidak bermaksud menyakiti hati nenek itu karena beliau diutus untuk menjadi rahmat bagi semesta alam. Beliau mungkin hanya menahan sedikit kalimatnya dengan maksud bergurau, tapi emosi nenek itu lebih cepat bekerja daripada akal sehatnya. Kabar gembira yang seharusnya dia dengar tertahan karena reaksinya yang spontan. Emosinya berkata bahwa sia-sia sudah amal ibadahnya selama hidup didunia karena dia tidak akan bisa masuk surga (pikirnya). mungkin juga dia menyesali umurnya yang tua. Jadi, dia merasa tidak bisa bermimpi bisa bersama Rasulullah karena pikirnya masuk surga saja tidak!

Lihatlah! Betapa Rasulullah, manusia agung itu, masih sempat bergurau meskipun pekerjaan dipundaknya sangatlah berat dan banyak. Tapi, ciri khas gurauannya tetap berada dalam frame kenabian. Yakni, beliau boleh membuat orang tersenyum atau bercanda tapi tidak boleh berbohong, satu hal yang sangat sulit dilakukan dizaman kita sekarang ini.

Kalau Rasulullah berkata bahwa disurga tidak ada nenek-nenek, yang dimaksud bukanlah nenek yang sedang beliau hadapi. Si nenek merasa putus harapan karena pintu surga tertutup untuknya pikirnya. Dia tidak mempunyai imajinasi lain tentang dirinya selain kenyataan saat itu, yang sudah tua bangka.

Demikianlah, Rasulullah Saw. tidak berbohong. Beliau menyatakan apa yang sebenarnya pernah disampaikannya kepada umatnya, hanya saja mungkin si nenek tadi lupa bahwa penduduk surga semuanya muda belia dan tidak pernah mengalami ketuaan. Itulah kekuasaan Allah Azza wa Jalla. Wallahu'alam..

Sumber Artikel ini diambil dari buku Humor ala Rasulullah SAW & orang-orang soleh karya dari Dwi Bagus MB.

http://nusantara.mywapblog.com/nenek-nenek-dilarang-masuk-surga.xhtml

---

Pentingnya memperlakukan istri dengan baik

Qs An Nisa : 19

Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian jika kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak

---

Jika ada hal hal yang tidak kita sukai dari pasangan hidup kita, carilah hikmahnya

QS Al Baqarah : 216

Kamu diwajibkan berperang (untuk menentang pencerobohan), sedang peperangan itu ialah perkara yang kamu benci dan boleh jadi kamu benci kepada sesuatu padahal ia baik bagi kamu, dan boleh jadi kamu suka kepada sesuatu padahal ia buruk bagi kamu. Dan (ingatlah), Allah jualah Yang Mengetahui (semuanya itu), sedang kamu tidak mengetahuinya.

---

Perjanjian antara suami dan istri di hadapan Allah seperti halnya dalam Ijab qobul adalah perjanjian yang kuat

QS An Nisa : 21

Bagaimana kamu akan mengambilnya kembali, padahal sebagian kamu telah bergaul (bercampur) dengan yang lain sebagai suami-isteri. Dan mereka (isteri-isterimu) telah mengambil dari kamu perjanjian yang kuat.

---

Peringatan Allah bagi sebagian istri Rasulullah yang lebih menghendaki kehidupan duniawi daripada keutamaan kehidupan akhirat

QS Al Ahzab : 28

Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, jika kalian menghendaki kehidupan dunia dan segala perhiasannya, maka kemarilah, aku akan memenuhi keinginanmu itu dan aku akan menceraikanmu secara baik-baik. Dan jika kalian menginginkan (keridhaan) Allah dan Rasul-Nya serta (kesenangan) di kampung akhirat, sesungguhnya Allah akan menyediakan bagi hamba-hamba yang baik di antara kalian pahala yang besar

---

Peringatan Allah untuk kita dan keluarga kita

QS At tahrim : 6

Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa ang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan

---

Ciri ciri istri sholehah

“Apabila diperintah ia taat, apabila dipandang menyenangkan hati suaminya, dan apabila suaminya tidak ada dirumah, ia menjaga diri dan harta suaminya.” (HR Ahmad)

---

Suami dan istri diharapkan bisa menutupi aib masing masing

QS Al Baqarah : 187

Dihalalkan bagi kamu pada malam hari puasa bercampur dengan isteri-isteri kamu, mereka itu adalah pakaian, dan kamu pun adalah pakaian bagi mereka. Allah mengetahui bahwasanya kamu tidak dapat menahan nafsumu, karena itu Allah mengampuni kamu dan memberi maaf kepadamu. Maka sekarang campurilah mereka dan carilah apa yang telah ditetapkan Allah untukmu, dan makan minumlah hingga terang bagimu benang putih dari benang hitam, yaitu fajar. Kemudian sempurnakanlah puasa itu sampai malam,(tetapi) janganlah kamu campuri mereka itu, sedang kamu beritikaf dalam masjid. Itulah larangan Allah, maka janganlah kamu mendekatinya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia, supaya mereka bertaqwa.

---

Sharing Desy ratnasari, M, Psi

Penting bagi suami istri untuk memiliki :
1. Kesepakatan dalam berkomunikasi
2. Sikap/Kesepakatan dalam hal perbedaan penghasilan/pendidikan/kedudukan sosial kemasyarakatan
3. Pihak yang amanah untuk di "curhat" i
4. Rasa hormat terhadap nilai nilai keluarga yang dipegang oleh masing masing suami/istri

---

Tausiyah ustadzah Badriyah fayumi

Allah telah menyediakan untuk kita dua jenis ayat. Yang pertama, ayat qauliyah, yaitu ayat-ayat yang Allah firmankan dalam kitab-kitab-Nya. Al-Qur’an adalah ayat qauliyah. Yang kedua, ayat kauniyah, yaitu ayat-ayat dalam bentuk segala ciptaan Allah berupa alam semesta dan semua yang ada didalamnya. Ayat-ayat ini meliputi segala macam ciptaan Allah, baik itu yang kecil (mikrokosmos) ataupun yang besar (makrokosmos). Bahkan diri kita baik secara fisik maupun psikis juga merupakan ayat kauniyah.

http://menaraislam.com/content/view/209/1/

---

Tausiyah ustadz/ustadzah adalah bagian dari ayat kauliyah, sedangkan kisah kehidupan rumah tangga Desy ratnasari adalah ayat Kauniyah

---

Rasulullah telah bersabda : ”Wanita itu dinikahi karena empat hal, karena hartanya, karena kecantikannya, karena nasabnya, karena agamanya. Maka pilihlah alasan menikahinya karena agamanya. Kalau tidak maka rugilah engkau

http://mahkotaislam.blogspot.com/2008/06/wanita-itu-dinikahi-karena-4-hal.html

---

Jangan iri dengan rezeki orang lain

QS An Nisa : 32

Dan janganlah kamu iri hati terhadap apa yang dikaruniakan Allah kepada sebahagian kamu lebih banyak dari sebahagian yang lain. (karena) bagi orang laki-laki ada bahagian dari pada apa yang mereka usahakan, dan bagi Para wanita (pun) ada bahagian dari apa yang mereka usahakan, dan mohonlah kepada Allah sebagian dari karunia-Nya. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui segala sesuatu

---

Menyamakan cara pandang suami dan istri kehidupan berumah tangga itu sangat penting, gunakan panduannya Al Quran dan sunnah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut