18 Maret 2014

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 18 Maret 2014 Pembicara Ustadzah Dra Tuti Sukayat, MA

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 18 Maret 2014
Pembicara : Ustadzah Dra Tuti Sukayat, MA
Tema : Wanita Wanita Pilihan

Istighfar Syifa

Ya Robbi, jauhkan kami dari penyakit lair dan batin
Lapangkan hati, tenangkan diri
Jauhkan dari perasaan sedih
Jauhkan dari rasa dengki

Allah memberikan segala penyakit
Allah menyembuhkan segala penyakit
Berilah kami obat yang pasti
Untuk menghilangkan segala penyakit
Juga kesembuhan penyakit kami

Ya Allah Tuhannya manusia
HIlangkan penyakit yang ada di badan
Kau maha penyembuh, dokter yang utama
Tiada kesembuhan selain dariMu
dengan rahmatMu dan kasih sayangMu

Lapangkan hati, jauhkan musibah
Kuatkan iman dalam cobaan
Mohon kebenaran dan keselamatan
Untuk keluarga dunia akhirat
Dengan berkahMu dan karuniaMu

Angkat derajat kami semuanya
Untuk menjadi orang yang mulia
Beri kemampuan dalam kehidupan
Untuk menjalankan perintah Allah
Dan melaksanakan sunnah Rasulullah

Perbanyak dzikir pembersih hati
Kaitkan batin pada Ilahi
Agar supaya hilang penyakit
Hidup di dunia tak merasa sempit
Pulang ke akhirat dengan hati bersih

Pembacaan Ayat suci Al Quran

QS Ali Imran : 42-43

Dan (ingatlah) ketika Malaikat (Jibril) berkata: Hai Maryam, sesungguhnya Allah telah memilih kamu, mensucikan kamu dan melebihkan kamu atas segala wanita di dunia (yang semasa dengan kamu). Hai Maryam, taatlah kepada Rabbmu, sujud dan rukulah bersama orang-orang yang rukuk.

---

Maryam :

Maryam atau Maryam binti ‘Imran atau Mariam atau Mariam binti ‘Imran adalah seorang tokoh wanita sholehah yang secara khusus namanya diabadikan oleh Allah -Subhanahu wa Ta’ala- dalam salah satu nama surah dalam Al-Qur’an yang Karim. Ia adalah wanita yang berakhlaq mulia juga ahlul ibadah. Ia hidup sezaman dengan nabi Zakariyya -’Alayhissalam- yang tak lain adalah pamanya sendiri. Ia adalah wanita yang diistimewakan. Maryam binti ‘Imran berasal dari keluarga ‘Imran yang diberkahi Allah. Keluarga ‘Imran adalah orang-orang yang sholeh yang tinggal di Nasharat (Nazaret), yakni sebuah tempat di utara Isra’il (Israel).

Ayahanda Maryam bernama ‘Imram bin Yasim, seorang imam di Masjidil Aqsha. Dan ibunda Maryam bernama Hannah binti Yaqudz. Allah -Tabaraka wa Ta’ala- mengabadikan kisah ini di dalam Al-Qur’an Al-Karim pada Qs Ali ‘Imran; Qs Maryam; Qs An-Nisa’; dan Qs At-Tahrim.

https://ajaranislamyanghaq.wordpress.com/category/maryam-binti-imran/

---

Khodijah :

Khadijah binti Khuwailid (555 M – 619 M) adalah isteri pertama Nabi Muhammad s.a.w. Khadijah merupakan anak kepada Khuwaylid ibn Asad dan Fatimah binti Za'idah dan termasuk dalam suku Banu Hashim. Sebelum berkahwin dengan baginda, beliau pernah menjadi isteri kepada Atiq bin Abid dan Abi Halah bin Malik dan telah mempunyai empat anak, dua dengan suaminya yang bernama Atiq, iaitu Abdullah dan Jariyah, dan dua dengan suaminya Abu Halah iaitu Hindun dan Zainab.

Banyak kisah memaparkan bahawa sewaktu Nabi Muhammad s.a.w. bernikah dengan Khadijah, umur Khadijah berusia 40 tahun sedangkan nabi Muhammad s.a.w. hanya berumur 25 tahun. Tetapi menurut Ibnu Kathir, seorang tokoh dalam bidang tafsir, hadis dan sejarah, mereka berkahwin dalam usia yang sebaya. Nabi Muhammad s.a.w. bersama dengannya sebagai suami isteri selama 25 tahun iaitu 15 tahun sebelum "bithah" dan 10 tahun selepasnya iaitu sehingga wafatnya Khadijah, kira-kira 3 tahun sebelum hijrah. Khadijah wafat semasa beliau berusia 50 tahun.
Beliau merupakan isteri Nabi Muhammad s.a.w. yang tidak pernah dimadukan kerana kesemua isterinya yang dimadukan adalah berlaku selepas daripada wafatnya Khadijah. Di samping itu, kesemua anak baginda kecuali Ibrahim adalah kandungannya.

http://ms.wikipedia.org/wiki/Khadijah_binti_Khuwailid

---

Hadist : “Sesungguhnya ulama adalah pewaris para nabi. Sungguh para nabi tidak mewariskan dinar dan dirham. Sungguh mereka hanya mewariskan ilmu maka barangsiapa mengambil warisan tersebut ia telah mengambil bagian yang banyak.” (HR Tirmidzi)

---

Fatimah az zahra :

Fatimah ra ini adalah putri ke 4 dari seorang ayah yg adalah manusia terbaik yaitu Rasulullah SAW dan ibunya adalah Ummul Mukminin Khadijah binti Khuwailid yg juga adalah wanita terbaik.Fatimah ra lahir di Ummul Qura (Makkah) pada hari Jum'at,20 Jumadi al-Tsani(jamadil akhir). Sesungguhnya Allah Subhanahu wa ta’ala menghendaki kelahiran Fatimah yang mendekati tahun ke 5 sebelum Muhammad diangkat menjadi Rasul, bertepatan dengan peristiwa besar yaitu ditunjuknya Rasulullah sebagai penengah ketika terjadi perselisihan antara suku Quraisy tentang siapa yang berhak meletakan kembali Hajar Aswad setelah Ka’bah diperbaharui.Kelahiran Fatimah disambut gembira oleh Rasulullahu SAW dengan memberikan nama Fatimah dng gelar:Az-Zahra (wajah yg berseri-seri), Julukannya : Ummu al-Aimah,Sayyidatu Nisa',al-alamin,Ummu Abiha (Ibu dari bapaknya).diantara anak wanita Rasullullah saw Fatimah ra merupakan wanita paling utama kedudukannya.Kemuliaannya itu iperoleh sejak menjelang kelahirannya,yg didampingi wanita2 suci yaitu Maryam ibunda Isa,Asiah, Putri Muzahim,Ummu Kultsum saudara perempuan Musa yg telah diperintahkan oleh ALLAH untuk mengajarkan ilmu perawatan kebidanan sampai kelahiran Fatimah.

http://id.wikipedia.org/wiki/Fatimah_az-Zahra

---

Asiyah :

Asiyah binti Muzahim -’Alayhissalam- termasuk sedikit diantara manusia yang namanya terukir didalam Al-Qur’an Al-Karim. Tidak hanya itu, ia pun juga termasuk salah satu diantara empat wanita terbaik di alam semesta, sebagaimana sabda Rasulullah -Asholatu ‘alayhi wa salam-.

Rasulullah bersabda: “Sebaik-baik wanita di alam semesta ada empat, yaitu!: Asiyah istri Fir’aun (Asiyah binti Muzahim), Maryam binti ‘Imran (Ibunda Nabi ‘Isa), Khadijah binti Khuwailid (istri Nabi Muhammad yang pertama) dan Fatimah binti Muhammad!”. (Hadits Riwayat Bukhari dan Tirmidzi).

http://ajaranislamyanghaq.wordpress.com/2013/05/25/asiyah-binti-muzahim/

---

Doa Asiyah

QS At Tahrim : 11

... Ya Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim

---

Dzikir : Subhan-Allah wa bihamdihi, 'adada khalqihi, wa rida-a nafsihi, wa zinatah 'arshihi, wa midada kalimatihi

---

9 Kemuliaan shalat tahajud

Nabi Saw bersabda : Barangsiapa mengerjakan tahajud sebaik baiknya, tertib dan rapi, niscaya Allah Swt akan memberikan 9 kemuliaan, 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat

Adapun 5 kemuliaan di dunia sebagai berikut :
1. Akan dipelihara Allah Swt dari segala bencana
2. Tanda ketaatannya akan tampak kelihat di wajahnya
3. Akan dicintai para hamba Allah yang sholeh dan dicintai oleh semua manusia
4. Lidahnya mampu mengucapkan kata kata yang mengancung hikmah
5. Dijadikan orang yang bijaksana

Shalawat munjiyah :

" ALLAAHUMMA SHOLLI 'ALAA SAYYIDINAA MUHAMMADIN SHOLAATAN TUNJIINAA BIHAA MIN JAMII 'IL AHWAALI WAL AAFAATI WATAQDHI LANAA BIHAA JAMII 'ALHAAJAATI WATU THOHHIRUNAA BIHAA MIN JAMII 'ISSAYYI-AATI, WATAR FA 'UNAA BIHA 'INDAKA A'LADDAROJAATI WATUBALLIGHUNAA BIHAA AQSHOL GHOOYAATI MINJAMII 'IL KHOIROOTI FIL HAYAATI WABA'DAL MAMAATI INNAKA 'ALAA KULLI SYAI-IN QODIIR"

Artinya :
Ya Allah limp
ahkanlah rahmat kepada junjungan kita Nabi Muhammad saw, yang dengan rahmat itu Engkau akan menyelamatkan kita dari semua keadaan yang mendebarkan dan dari semua cobaan yang dengan rahmat itu Engkau akan mendatangkan kepada kita hajat, Yang dengan rahmat itu Engkau akan membersihkan kita dari semua keburukan/kesalahan. Yang dengan rahmat itu Engkau akan mengangkat kita kepada setinggi-tinggi derajat.Yang dengan rahmat itu pula Engkau akan menyampaikan kita kepada sesempurna-sempurnanya semua maksud dari semua kebaikan pada waktu hidup dan setelah mati, karena sesungguhnya Engkaulah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

---

QS Al Fath : 29

Muhammad itu adalah utusan Allah dan orang-orang yang bersama dengan Dia adalah keras terhadap orang-orang kafir, tetapi berkasih sayang sesama mereka. kamu Lihat mereka ruku’ dan sujud mencari karunia Allah dan keridhaan-Nya, tanda-tanda mereka tampak pada muka mereka dari bekas sujud”

Bekas sujud yang dimaksudkan disini adalah perilakunya mengambil hikmah seperti gerakan shalat

---

4 Kemuliaan di akhirat :
1. Wajahnya berseri ketika bangkit dari dalam kubur dihari pembalasan nanti
2. Mendapat keringanan ketika di hisab
3. Ketika menyebrangi shirotul mustaqim bisa melakukannya dengan sangat cepat seperti halilintar yang menyambar
4. Catatan amalnya akan diberikan dari sebelah kanannya

Ada 4 catatan amal di berikan kepada manusia :
1. Diberikan dari arah depannya yaitu bagi para anbiya, syuhada washolihin
2. Diberikan dari arah kanannya yaitu bagi orang mukmin yang amal kebaikannya lebih unggul dari kejahatannya
3. Diberikan dari arah kirinya yaitu bagi orang mukmin yang amak kejahatannya lebih unggul daripada kebaikannya
4. Diberikan dari arah belakang punggungnya yaitu bagi orang kafir dan orang orang durhaka

---

Keutamaan shalat tahajud

QS Al Isra : 79
Dan pada sebagian malam laksanakan shalat tajahud sebagai ibadah tambahan bagimu mudah mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke derajat yang tinggi

---

Jibril As bersabda : Sesungguhnya kemuliaan seorang mukmin ada pada shalat malamnya

---

1. Doa ketika membasuh dua pergelangan tangan: Allohummahfidz Yadayya Min Ma a'syika Kulliha

Artinya: Ya Allah, peliharalah kedua tanganku daripada melakukan maksiat kepadaMu.

2. Doa ketika berkumur: Allohumma a'inni 'Ala Dzikrika wa Syukrika wahusni 'Ibadatika

Artinya: Ya Allah, bantulah aku supaya aku dapat berzikir kepadaMu, dan
bersyukur kepadaMu, dan perelok ibadah kepadaMu.

3. Doa ketika membasuh hidung: Allohumma Arihni Roihatal Jannati

Artinya: Ya Allah, berilah aku ciuman daripada haruman bau Syurga.
4. Doa ketika membasuh muka (setelah membaca niat wudhu dalam
hati):

Artinya: Ya Allah, putihkanlah wajahku pada hari putihnya wajah-wajah
dan hitamnya wajah-wajah.

5. Doa ketika basuh tangan kanan: Allohumma A'thini kitabi biyamini wa hasibni hisaban yasiro

Artinya: Ya Allah, berikanlah kepadaku kitabku dari sebelah kanan dan
hitunglah amalanku dengan perhitungan yang mudah.

6. Doa ketika membasuh tangan kiri: Allohumma Laa Ta'thini Kitabi bisyimali walaa min waro,i dzohri

Artinya: Ya Allah, janganlah beri kepadaku kitab amalanku dari sebelah
kiri atau dari sebelah belakang.

7. Doa saat membasahi kepala: Allohumma harrim sya'ri wabasyari 'Alannari.

Artinya: Ya Allah, haramkan rambutku dan kulit kepalaku daripada
neraka.

8. Doa ketika membasuh dua telinga: Allohummaj'Alni minalladzina yastami'unal Qoula fayattabi'una ahsanahu

Artinya: Ya Allah, jadikanlah aku termasuk orang-orang yang mendengar
ucapan yang baik dan mengikuti sesuatu yang terbaik.

9. Doa saat membasuh dua telapak kaki: Allohumma Tsabbit Qodami 'Alaa Syirothika yauma tazillul Aqdam

Artinya: Ya Allah, tetapkan kedua kakiku di atas titian shirothol
mustaqim pada hari dimana banyak kaki-kaki yang tergelincir.

10. Doa setelah berwudhu:

Artinya: Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan melainkan Allah, tiada sekutu
baginya, dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad itu hamba dan utusanNya.
Ya Allah! Jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bertaubat dan
jadikanlah aku dari golongan orang-orang yang bersuci. Dan selawat dan
salam kepada penghulu kami Muhammad, keluarganya, dan
sahabat-sahabatnya.

https://id-id.facebook.com/notes/suryani-bisman/doa-doa-saat-membasuh-anggota-badan-saat-berwudhu/246028658870741

---

Hadist : “Lakukanlah amal sesuai kesanggupan. Karena sesungguhnya Allah tidak akan bosan sehingga engkau menjadi bosan. Dan sesungguhnya amal yang paling Allah sukai ialah yang terus-menerus dikerjakan walaupun sedikit.” (HR Abu Dawud)

http://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/amal-perbuatan-kontinyu-selalu-memperoleh-ganjaran.htm

---

Tak ada seorang wanita yang haid kecuali haidnya itu menjadi pelebur bagi dosa-dosanya yang telah lalu, dan jika ia di awal (haid)nya berucap "Alhamdulillah 'ala kulli halin wa astaghfirullah min kulli dzanbin", maka Allah akan mencatatnya sebagai orang yang terbebaskan dari api neraka, sanggup melintasi shirath al-mustaqim, selamat dari siksaan, dan ketika ia adalah orang (yang senang) menzikir Allah, maka Allah akan mengangkat derajatnya pada setiap siang dan malamnya setingkat derajatnya 40 orang yang mati syahid. (HR. Aisyah)

http://gado-gado-hasim9.blogspot.com/2009/06/rahasia-di-balik-haid.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut