02 Februari 2015

Pengajian Al Dzakirah Masjid Daarut Tauhid Bintaro Sektor 9 Tanggal 2 Feb 2015 Ustadz Fuad Rifa'i 9 Tips sunnah Rasulullah

Event : Pengajian Al Dzakirah Masjid Daarut Tauhid Bintaro Sektor 9
Tanggal : 2 Feb 2015
Pembicara : Ustadz Fuad Rifa'i
Tema : 9 Tips sunnah Rasulullah

Pembacaan ayat suci Al Quran

QS Al Ahzab : 21-24

Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (Kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah. Dan tatkala orang orang mukmin melihat golongan golongan yang bersekutu itu, mereka berkata " Inilah yang dijanjikan Allah dan RasulNya kepada diri. Dan benarlah Allah dan RasulNya dan yang demikian itu tidaklah menambah kepada mereka kecuali iman dan ketundukan. Diantara orang orang mukmin itu ada orang orang yang menepati apa yang telah mereka janjikan kepada Allah maka diantara mereka ada yang gugur. Dan diantara mereka ada (pula) yang menunggu nunggu dan mereka tidak merubah (janjinya) supaya Allah memberikan balasan kepada orang orang yang benar itu karena kebenarannya, dan menyiksa orang munafik jika dikehendakiNya atau menerima taubat mereka, sesungguhnya Allah adalah maha pengampun lagi maha penyayang

---

Surat yang pertama turun adalah QS Al Fatihah, Surat yang terakhir turun adalah QS An Nas, Jadi kalau kita berproses mempelajari dan melaksanaan semua isi surat surat, maka tujuannya adalah kita menjadi "manusia" yang sempurna

Ngaji = Ngasah jiwa/Mengasah qolbu

Apa saja sunnah Rasulullah

1. Shalat tahajud

QS Al Isra : 79

Dan pada sebagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji

---

Jadi shalat sunnah ini adalah sebagai tambahan atas ibadah shalat (wajib maupun sunnah) kita yang mungkin kurang sempurna sebelumnya.
Jadi kalau ingin Allah menaikkan derajat kita baik di dunia atau bahkan di akhirat, rajinlah bertahajud

Hadist : “Rasulullah berdiri (shalat) sampai bengkak kedua kakinya. Kepadanya ditanyakan: “Mengapa Anda membebani diri dengan hal yang demikian?Bukankah Allah swt. Telah mengampuni Anda dari segala dosa Anda, baik yang terdahulu maupun yang akan datang?” Rasulullah saw. Bersabda : “Tidak patutkah saya menjadi hamba Allah yang bersyukur?”(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, juga oleh Basyar bin Mu’adz, dari Abu `Awanah,dari Ziyad bin `Alaqah, yang bersumber dari al Mughirah bin Syu’bah r.a.)


https://abizakii.wordpress.com/as-%E2%80%93-syamail/ibadah-rasulullah-saw/

---

Hadist : beliau shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam pada suatu malam dan beliau dalam keadaan sakit membaca tujuh (surah) yang panjang, yaitu surah Al-Baqarah, Ali ‘Imran, An-Nisa`, Al- Ma`idah, Al-An’am, Al-A’raf dan At-Taubah. Dan dalam kisah sholat Hudzaifah bin Al-Yaman di belakang Nabi ‘Alaihish Sholatu was Salam bahwa beliau shollallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wa sallam membaca dalam satu raka’at Al-Baqarah kemudian An-Nisa’ kemudian Ali ‘Imran dan beliau membacanya lambat lagi pelan.

https://bkmqubasukaramai.wordpress.com/tata-cara-sholat-tahajud-witir/

---

Hadist : Dari Abu Hurairah ra. ia berkata: Rasulullah saw. bersabda: “Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena takut kepada Allah, sehingga air susu itu kembali ke puntingnya. Tidak akan berkumpul debu yang menempel karena berjuang di jalan Allah dengan asap neraka jahanam.” (HR Tirmidzi)

https://alquranmulia.wordpress.com/2013/05/06/menangis-karena-takut-kepada-allah-2/

---

QS Al Ikhlas : 2

Allah adalah Tuhan yang bergantung kepadaNya segala sesuatu

Dalami sya'ir lagu : Obat hati by Opick

Obat stress/Galau dalam islam :

Tombo ati iku limo wernane (Obat hati itu ada lima perkara)

> moco qur’an iling iling sakmaknane (membacalah qur’an ataupun kitab suci lengkap dengan makna yang tersurat dan tersirat, maka kita akan tahu bahwa Tuhan menciptakan kita adalah dengan sebaik baik penciptaan)

> kaping pindo sholat wengi lakonono (keduanya lakukanlah sholat malam atau berdoa pada Tuhan ketika tiba di penghujung malam, niscaya kita mendapatkan pencerahan batin)

> kaping telu dzikir wengi ingkang suwe (ketiganya berzikir atau berinteraksilah dengan Tuhan selama mungkin diwaktu malam)

> kaping papat weteng iro ingkang luwe (keempat adalah berpuasalah, baik berpuasa lahiriah maupun batiniyah. Dengan berpuasa, kita bisa menyelami penderitaan saudara kita dan diharapkan timbul kearifan dalam diri)

> kaping limo wong kang sholeh kumpulono (kelima adalah berkumpullah dengan orang-orang sholeh dan masuk dalam komunitas yang membangun)

Salah sawijine sopo biso anglakoni (salah satunya dari kamu siapa yang bisa menjalankan "lima perkara di atas") InsyaAllah huta’ala nyembadani (Insya ALlah Tuhan akan mengijabahi/mengabulkannya).

http://www.forexbroker.web.id/2012/06/obat-hati-versi-versi-islam-dan-versi.html

---

Pembagian waktu shalat malam :

1/3 yang pertama : 18.00 – 21.30
1/3 yang kedua : 21.30 – 01.00
1/3 yang ketiga : 01.00 – 04.30

---

2. Shalat dhuha

QS Al Isra' : 78

Dirikanlah shalat dari sesudah matahari tergelincir sampai gelap malam dan (dirikanlah pula shalat) subuh sesungguhnya shalat subuh itu disaksikan (oleh malaikat)

---

Arti Doa setelah shalat dhuha :
Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, kekuasaan adalah kekuasaan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah. Dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu, Kekuatan-Mu, dan Kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh

---

Hadist : Diriwayatkan dari Anas bahwa ada seorang laki-laki dari Anshor yang menjadi imam di masjid Quba'. Setiap ia membaca surat selalu didahului dengan membaca Surat al-Ikhlas sampai selesai, baru kemudian membaca dengan surat lainnya, dan ia lakukan dalam setiap rakaatnya. Para sahabat yang lain merasa kurang senang dengan hal ini, lalu dihaturkan kepada Rasulullah Saw. Beliau bertanya: "Apa yang menyebabkan kamu membaca surat ini terus-menerus di setiap rakaat?". Ia menjawab: "Saya senang dengan surat al-Ikhlas". Nabi menjawab: "Cintamu kepada pada surat itu memasukkanmu ke dalam surga" (Shahih Al Bukhari)

https://id-id.facebook.com/ibra.assegaf.page/posts/482827885104703

---

3. Dzikrullah

Macam macam dzikir :
a. Lisan
b. Qolbu
c. Perbuatan

QS Ar Ra'du : 28

(Yaitu) orang orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah Ingatlah hanya dengan mengingat Allahlah menjadi tenteram

---

Kalau kita memberi pengingatan/mengajak kebaikan kepada orang lain, namun dia tidak menuruti, ya tidak apa apa, karena itu adalah pilihan dia, tugas kita adalah mengajak

Qs Yasin : 11

Sesungguhnya kamu hanya memberi peringatan kepada orang orang yang mau mengikuti peringatan dan yang takut kepada Tuhan yang maha pemurah walaupun dia tidak melihatnya. Maka berilah mereka kabar gembira dengan ampunan dan pahala yang mulia

---

Hadist : Abu Dzar berkata, ”Katakanlah padaku wahai Rasulullah, ajarilah aku amalan yang dapat mendekatkanku pada surga dan menjauhkanku dari neraka.” Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,”Apabila engkau melakukan kejelekan (dosa), maka lakukanlah kebaikan karena dengan melakukan kebaikan itu engkau akan mendapatkan sepuluh yang semisal.” Lalu Abu Dzar berkata lagi,”Wahai Rasulullah, apakah ’laa ilaha illallah’ merupakan kebaikan?” Nabi shallallahu ’alaihi wa sallam bersabda,”Kalimat itu (laa ilaha illallah, pen) merupakan kebaikan yang paling utama. Kalimat itu dapat menghapuskan berbagai dosa dan kesalahan.”

http://rumaysho.com/aqidah/keutamaan-qkalimat-laa-ilaha-illallahq-643

---

4. Istighfar

Istighfar adalah bagian dari dzikir, maknanya memohon ampun

Hadist : “Demi Allah, sesungguhnya aku (Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam) minta ampun kepada Allah dan bertaubat kepadaNya lebih dari 70 kali dalam sehari”. (HR. Al-Bukhari)

---

Hadist : Nabi shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: “Penghulu Istighfar ialah kamu berkata: “Allahumma anta rabbi laa ilaha illa anta kholaqtani wa ana ‘abduka wa ana ‘ala ‘ahdika wa wa’dika mastatho’tu a’udzubika min syarri ma shona’tu abu-u laka bini’matika ‘alaiyya wa abu-u bidzanbi faghfirli fa innahu laa yaghfirudz-dzunuuba illa anta (Ya Allah, Engkau adalah Rabbku. Tiada ilaha selain Engkau. Engkau telah menciptakan aku, dan aku adalah hambaMu dan aku selalu berusaha menepati ikrar dan janjiku kepadaMu dengan segenap kekuatan yang aku miliki. Aku berlindung kepadaMu dari keburukan perbuatanku. Aku mengakui betapa besar nikmat-nikmatMu yang tercurah kepadaku; dan aku tahu dan sadar betapa banyak dosa yang telah aku lakukan. Karenanya, ampunilah aku. Tidak ada yang dapat mengampuni dosa selain Engkau).” Barangsiapa yang membaca doa ini di sore hari dan dia betul-betul meyakini ucapannya, lalu dia meninggal dunia pada malam harinya, maka dia termasuk penghuni surga. Barangsiapa yang membaca doa ini di pagi hari dan dia betul-betul meyakini ucapannya, lalu dia meninggal dunia pada siang harinya, maka dia termasuk penghuni surga.” (HR Bukhary)

http://www.eramuslim.com/suara-langit/ringan-berbobot/sayyidul-istighfar-penghulu-istighfar.htm

---

5. Tadabbur

Membaca, membaca artinya, memahami artinya (Al Quran)

---

6. Shalat berjamaah

Hadist : Dari Abu Bakr bin Abi Syaibah, dari ‘Ali bin Mus-hir dari asy-Syaibani, dari al-Walid bin al-‘Aizar, dari Sa’ad bin ‘Iyas Abu ‘Amr asy-Syaibani, dari Abdullah bin Mas’ud. Dia berkata: “Aku bertanya kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam: Amal manakah yang lebih utama?”. Beliau menjawab, “Sholat pada waktunya.” Dia (Ibnu Mas’ud) berkata: Aku berkata: “Lalu apa?”. Beliau menjawab, “Berbakti kepada kedua orang tua.” Dia [Ibnu Mas’ud] berkata: Aku berkata: “Lalu apa?”. Beliau menjawab, “Berjihad di jalan Allah.”

https://perludiketahui.wordpress.com/keutamaan-shalat-di-awal-waktu/

---

7. Infaq dan sedekah

8. Puasa sunnah : Senin, Kamis, Pertengahan bulan

9. Menjaga wudhu (dawawul wudhu)

Hadist : Salah satu hal yang disukai rasulullah adalah menjaga wudhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut