03 Juli 2015

Pengajian Me Time Bukber Scarf Magazine 1 Juli 2015 Ustadz Zuni Nurrochim, MA dan Hj. Anna Farida Spd MM Phd

Event : Pengajian Me Time Bukber Scarf Magazine
Tanggal : 1 Juli 2015
Tausiyah : Ustadz Zuni Nurrochim, MA
Tema : Makna Ramadhan

Ramadhan maknanya :
1. Membakar dosa
Sesungguhnya dinamakan Ramadhan, karena (pada) bulan ini (kaum muslim) membakar dosa-dosa

2. Bulannya Al Qur'an
Qs Al Baqarah : 185
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil)...

3. Bulan berbagi
"Rasulullah adalah orang yang paling dermawan dan beliau lebih dermawan lagi pada Ramadan ketika Jibril menemuinya lalu membacakan padanya al-Quran."

Qs Ibrahim : 7
... Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nimat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nimat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

4. Bulan sabar
Hadist : Puasa adalah perisai. Maka janganlah berkata kotor dan berbuat bodoh. Dan apabila ada orang yang mengajaknya berkelahi atau mencelanya, maka katakanlah ‘aku sedang puasa’, dua kali”

Hadist : Janganlah kamu suka marah, maka bagimu surga

5. Bulan persamaan
Ketika siang hari sama sama puasa, baik yang miskin maupun yang kaya, yang tua maupun yang muda, yang rakyat maupun pejabat dll

6. Bulan taubat
Qs Al Furqon : 70
kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka mereka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

7. Bulan berjihad melawan hawa nafsu
Hadist : Kalian semua pulang dari sebuah pertempuran kecil menuju pertempuran besar. Lalu ditanyakan kepada Rasulullah saw. Apakah pertempuran besar wahai Rasulullah? Rasul menjawab "jihad (memerangi) hawa nafsu.

Qs Al Fajr : 27-30
Hai jiwa yang tenang. Kembalilah kepada Rabbmu dengan hati yang puas lagi diridhoi-Nya. Maka masuklah ke dalam jamaah hamba-hamba-Ku, dan masuklah ke dalam surga-Ku.

Qs Ar Ra'du : 28
(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.

8. Bulan shalat malam
Hadist : Barangsiapa puasa Ramadhan karena iman dan mengharap pahala Allah niscaya diampuni dosanya yang telah lalu

Hadist : Barangsiapa memberikan makanan untuk berbuka kepada yang puasa, maka ia mendapat pahala seperti pahala orang yang puasa tanpa mengurangi pahala orang yang puasa itu sedikit pun

---

Tausiyah : Hj. Anna Farida Spd MM Phd

Mau masuk surga dari pintu manapun? Ini caranya
Hadist : Jika seorang wanita menunaikan shalat lima waktu, berpuasa di bulan Ramadhan, menjaga kemaluannya dan menaati suaminya; niscaya akan dikatakan padanya: “Masuklah ke dalam surga dari pintu manapun yang kau mau”. (HR. Ahmad)

Tugas manusia itu menyembah Allah
Qs Al Dzariyat : 56
Dan Aku tidak menciptakan jin dan manusia melainkan supaya mereka menyembah-Ku.

Jadi wanita yang produktif dan efektif
Qs Alam Nasyrah : 7-8
Maka apabila kamu telah selesai (dari sesuatu urusan), kerjakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Rabbmulah hendaknya kamu berharap.

Allah bukan menilai fisik, melainkan mental
Hadist : Sesungguhnya Allah tidak melihat bentuk tubuhmu dan kebagusan wajahmu, tapi Allah melihat keikhlasan hatimu (HR.Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut