30 Juni 2015

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 30 Juni 2015 Ustadz M Fatih Karim Risalah sempurna islam yang terabaikan

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 30 Juni 2015
Pembicara : Ustadz M Fatih Karim
Tema : Risalah sempurna islam yang terabaikan

"Barangsiapa yang hari ini lebih baik dari kemarin adalah orang yang beruntung. Bila hari ini sama dengan kemarin, berarti orang merugi. Dan jika hari ini lebih jelek dari kemarin adalah orang celaka"

Islam agama yang sempurna, Tidak ada keraguan didalamnya
Qs Al Maidah : 3
... Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nimat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa,sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Adab minum :
1. Memakan makanan dan minuman yang halal
2. Membaca tasmiyah (basmallah) sebelum makan
3. Makan dan minum dengan tangan kanan dan dilarang dengan tangan kiri
4. Cara duduk untuk makan
5. Buruknya makan sambil berdiri dan boleh minum sambil berdiri, tetapi yang lebih utama sambil duduk
6. Minum tiga kali tegukan seraya mengambil nafas di luar gelas

Keutamaan memakanan dan meminum yang halal :
Riwayat Ibnu Hibban dalam shaheh-nya : "Tidak akan masuk surga daging dan darah tumbuh dari (min) Suhtin, dan neraka itulah tempatnya".
Imam Tirmidzi meriwayatkan:
"Tidak akan tumbuh daging yang berkembang dari Suthin, kecuali nerakalah yang pantas".
"Suthin" atau "Suhutin" artinya haram. Ada yang mengatakan; dari hasil kerja yang kotor.
http://kisahkisahislamiah.blogspot.com/2012/03/makan-barang-haram.html

Adab bertamu :
1. Mengucapkan salam
2. Meminta izin sebanyak tiga kali
3. Jangan mengintip ke dalam rumah.

Adab masuk kamar mandi :
1. Membaca Doa
2. Mendahulukan kaki kiri ketika masuk kamar mandi
3. Mendahulukan kaki kanan ketika keluar kamar mandi
4. Membaca doa setelah keluar kamar mandi

Hanya agama islam yang mengajarkan kaidah berbusana
Qs Al Ahzab : 59
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mumin: Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.
Qs An Nur : 31
Katakanlah kepada wanita yang beriman: Hendaklah mereka menahan pandangan mereka, dan memelihara kemaluan mereka, dan janganlah mereka menampakkan perhiasan mereka kecuali yang (biasa) nampak dari mereka. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedada mereka, dan janganlah menampakkan perhiasan mereka, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara mereka, atau putera-putera saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kaki mereka agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.

Perbedaan Khimar, Kerudung, Jilbab :
Jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim.
Khimar atau khumur atau kerudung/kudung. Khimar menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar merupakan pakaian atas atau penutup kepala. Desain pakaian ini yaitu menutupi kepala, leher dan menjulur hingga menutupi dada wanita dari belakang maupun dari depan (termasuk menutupi tulang selangka). Khimar ini tidak diikatkan ke leher seperti kerudung, karena jika hal tersebut dilakukan, maka akan memperjelas bentuk lekuk dada dari wanita. Jadi khimar harus menjulur lurus kebawah dari kepala ke seluruh dada tertutupi. Khimar seringkali disebut kerudung, tapi sebenarnya berbeda.
Kerudung hanya menutup kepala atau leher saja, akan tetapi bentuk lekuk tubuh pada bagian leher dan dada masih terlihat.
http://www.duniaislam.org/02/02/2015/perbedaan-hijab-jilbab-khimar-dan-kerudung/

Hewan yang diharamkan untuk dimakan :
1. Segala hewan yang bertaring
2. Segala jenis burung yang bercakar tajam/ burung pemangsa dll
http://muslim.or.id/fiqh-dan-muamalah/mengenal-hewan-hewan-yang-diharamkan-syariat.html

Keutamaan menjaga pandangan bagi kaum laki laki :
Imam Syafi’i rahimahullah pernah berkata, “Aku pernah mengadukan kepada Waki’ tentang jeleknya hafalanku. Lalu beliau menunjukiku untuk meninggalkan maksiat. Beliau memberitahukan padaku bahwa ilmu adalah cahaya dan cahaya Allah tidaklah mungkin diberikan pada ahli maksiat.” Padahal Imam Syafi’i sebenarnya orang yang hafalannya sungguh amat luar biasa. Diriwayatkan dari Imam Asy Syafi’i, ia berkata, “Aku telah menghafalkan Al Qur’an ketika berumur 7 tahun. Aku pun telah menghafal kitab Al Muwatho’ ketika berumur 10 tahun. Ketika berusia 15 tahun, aku pun sudah berfatwa.” Sungguh luar biasa hafalan beliau rahimahullah. Namun kenapa hafalan beliau bisa terganggu? Ketika itu Imam Syafi’i mengadukan pada gurunya Waki’. Beliau berkata, “Wahai guruku, aku tidak dapat mengulangi hafalanku dengan cepat. Apa sebabnya?” Gurunya, Waki’ lantas berkata, “Engkau pasti pernah melakukan suatu dosa. Cobalah engkau merenungkan kembali!” Imam Syafi’i pun merenung, ia merenungkan keadaan dirinya, “Apa yah dosa yang kira-kira telah kuperbuat?” Beliau pun teringat bahwa pernah suatu saat beliau melihat seorang wanita tanpa sengaja yang sedang menaiki kendaraannya, lantas tersingkap pahanya (ada pula yang mengatakan : yang terlihat adalah mata kakinya). Lantas setelah itu beliau memalingkan wajahnya.
http://rumaysho.com/teladan/cahaya-allah-akan-jauh-dari-pelaku-maksiat-2062.html

Dari Tsauban radliyallahu 'anhu berkata, "Rasulullah saw bersabda, "Akan datang suatu masa, di mana bangsa-bangsa akan mengeroyok kalian seperti orang-orang rakus memperebutkan makanan di atas meja. Ada seorang yang bertanya, 'Apakah karena pada saat itu jumlah kami sedikit?' Rasulullah saw menjawab: 'Tidak, bahkan kamu pada saat itu mayoritas, akan tetapi kamu seperti buih di atas permukaan air laut. Sesungguhnya Allah telah mencabut rasa takut dari musuh-musuh kalian, dan telah mencampakkan penyakit al wahan pada hati kalian'. Seorang sahabat bertanya: 'Ya Rasulallah, apa penyakit al wahan itu?.' Rasulullah saw-menjawab: 'Al Wahan adalah penyakit cinta dunia dan takut mati". (HR. Abu Dawud)
http://komunitasislamsejati.blogspot.com/2012/02/kondisi-umat-islam-akhir-zaman.html

Hukum Allah amat lengkap dan sempurna, namun mengapa manusia justru membuat hukum sendiri yang jauh dari hukum Allah
Qs Al Maidah : 50
Apakah hukum jahiliyah yang mereka kehendaki, dan (hukum) siapakah yang lebih baik daripada (hukum) Allah bagi orang-orang yang yakin?

Bahkan Islam mengatur mengenai haid
Qs Al Baqarah : 222
Mereka bertanya kepadamu tentang haid. Katakanlah, “Haid itu adalah kotoran”. Oleh sebab itu, hendakla kamu menjauhkan diri (tidak menyetubuhi) dari wanita diwaktu haid; dan jangan kamu mendekati ereka sebeum suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah padamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-rang yang bertaubat dan yang menyucikan diri

Punya permasalahan hidup? Gunakan Al Quran sebagai petunjuk
QS An Nahl : 89
(Dan ingatlah) akan hari (ketika) kami bangkitkan pada tiap-tiap umat seorang saksi atas mereka dari mereka sendiri, dan Kami datangkan kamu (Muhammmad) menjadi saksi atas seluruh umat manusia. Dan Kami turunkan kepadamu Al-Kitab (Al-Quran) untuk menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang berserah diri.

"Barangsiapa murtad dari agama yakni agama Islam maka penggalah lehernya (HR Thabrani)

Keutamaan menjaga amarah :
Rasulullah saw bersabda : "Apabila salah seorang diantara kalian marah, sedangkan ia dalam kondisi berdiri, hendaklah ia duduk. Kalau telah reda atau hilang marahnya (maka cukup dengan duduk saja), dan jika belum reda, hendaklah ia berbaring" (HR. Abu Daud)

10 Golongan Yang Dilaknat Karena Khamr
Dari Anas bin Malik, ia berkata, "Rasulullah SAW melaknat tentang khamr sepuluh golongan :
1. yang memerasnya
2. Yang minta diperaskannya
3. yang meminumnya
4. yang mengantarkannya
5. yang minta diantarinya
6. yang menuangkannya
7. yang menjualnya
8. yang makan harganya
9. yang membelinya
10. yang minta dibelikannya"
(HR. Tirmidzi)

Apakah ummat islam sekarang menjadi ummar yang terbaik ?
Ummau islam sekarang menjadi ummat yang terpuruk dalam semua aspek kehidupan

“50 % jamaah haji indonesia tidak bisa membaca al-quran?”
(Data BPS 2009 & MUI Jabar)
53% muslim Indonesia tidak Bisa membaca Al quran
( Susenas 2013)

Islam is a system, Islam sistem hidup yang unik

3 macam ajaran di dunia :
1. Ajaran yang cenderung kepada dunia : Kapitalisme, sosialisme, komunisme, dll
2. Ajaran yang cenderung kepada akhirat : Nasrani, Hindu, Budha, Konghucu, dll
3. Ajaran yang cenderung kepada dunia dan akhirat : Hanya Islam saja

Islam adalah
1. Ajaran yang mengatur dunia dan akhirat
2. Agama dan ideologi
3. Aqidah dan syariah
4. Ibadah dan Negara
5. Material dan spiritual

Islam adalah solusi sepanjang masa : Menjaga dan memuliakan manusia sebagai manusia diamanapun dan kapanpun

Solusi islam memuliakan manusia :
1. Menjaga Agama
Tidak ada paksaan dalam agama
Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. (QS Al Baqoroh : 256)
Rasulullah saw bersabda : “Barangsiapa murtad dari agamanya, yakni agama Islam, maka penggallah lehernya.” (HR Imam ath-Thabarani )
Khalifah Abu Bakar Shiddiq : Memerangi musailamah al kadzab, setelah dilantik menjadi khalifah pengganti Rasulullah SAW

2. Menjaga Jiwa
Dan dalam Qisas itu ada (jaminan kelangsungan) hidup bagimu, hai orang-orang yang berakal, supaya kamu bertakwa( QS Al baqarah : 179)
“Brangsiapa yang membunuh satu orang manusia,maka ia seperti membunuh seluruh manusia,barangsiapa menghidupi satu orang manusia ia seperti menghidupi seluruh manusia” (HR Muslim)
Syuhada Bahri (Ketua DDII) : mencontohkan ada data yang menyebutkan tindak kriminal di negara Arab Saudi selama beberapa tahun jumlahnya sama dengan sehari semalam jumlah tindak kriminal di Amerika. (HU Pelita Rabu, 18/12/2008)

3. Menjaga Akal
4. Menjaga Keturunan
Siapa saja mempunyai seorang anak perempuan lalu mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan ia mengajarinya dengan pengajaran yang baik, maka anak perempuan itu menjadi perisai baginya dari neraka pada hari kiamat
Islam memerintahkan pemuda/i yang sudah mampu segera menikah
Islam mengharamkan perzinahan dan aborsi
”Perempuan dan laki-laki yang berzina maka deralah dengan 100 kali dera,dan janganlah belas kasihan kepada keduanya mencegah
kamu untuk menjalankan agama allah “(QS An Nur: 2)

Islam menetapkan hukum waris yang wajib dijalankan kepada yang berhak

Islam memerintahkan kepada penguasa menutup, menghentikan aktifitas yang mendatangkan pada perzinahan dan kemaksiatan

5. Menjaga Harta Benda
Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, maka potonglah tangan keduanya. [QS. Al-Maaidah : 38]
Rasulullah SAW bersabda :
"Tidak boleh dipotong tangan seorang pencuri, kecuali sebesar seperempat dinar atau lebih." (HR Muslim)

Menurut Lafadz Bukhari: "Tangan seorang pencuri dipotong (jika mengambil sebesar seperempat dinar atau lebih."
Menurut riwayat Ahmad: "Potonglah jika mengambil seperempat dinar dan jangan memotong jika mengambil lebih kurang daripada itu."

6. Menjaga Kehormatan
Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezeki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan
(QS Al Isra’: 70)

Aurat perempuan : “Wahai Asma’: Sesungguhnya wanita yang telah haid tidak layak baginya terlihat dari tubuhnya kecuali ini dan ini" (wajah dan telapak tangan) (HR. Abu Dawud)

7. Menjaga Keamanan
Dilarang berrbuat teror :
Sesungguhnya pembalasan terhadap orang-orang yang memerangi Allah dan Rasul-Nya dan membuat kerusakan di muka bumi, hanyalah mereka dibunuh atau disalib, atau dipotong tangan dan kaki mereka dengan bertimbal balik, atau dibuang dari negeri (tempat kediamannya). (QS Al Maidah : 33)
Rasulullah SAW Bersabda : Orang-orang yang membuat rasa ketakutan (teror) itu di neraka
“Siapa yang memberi isyarat kepada saudaranya dengan senjata tajam, maka malaikat melaknatnya”

8. Menjaga Negara
Rasulullah SAW : Barangsiapa saja mati sedangkan di lehernya tidak ada baiat, maka ia mati secara jahiliyah
Larangan bughat dari pemerintah yang sah yakni sistem Khilafah
Apabila datang oranglain yang ingin merampas kekuasaan khilafah maka penggallah lehernya (HR muslim)

SISTEM SEKULER KAPITALISME TERBUKTI GAGAL MENGATUR MANUSIA!
SOSIALISME KOMUNISME TELAH GAGAL DAN DITINGGALKAN!
MAKA, HANYA ISLAM ! MAMPU DAN TERBUKTI SELAMA 13 ABAD LEBIH, MEMIMPIN DUNIA!

HIDUP PENUH PILIHAN
Tapi setiap pilihan pasti ada konsekuensinya

Dunia Tempat Beramal, Akhirat Tempat Mendapatkan Balasan
Maka pada hari itu seseorang tidak akan dirugikan sedikitpun dan kamu tidak dibalas, kecuali dengan apa yang telah kamu kerjakan (QS Yasin : 54)

Sekalipun singkat, kehidupan di dunia amat menentukan kehidupan akhirat. Kecelakaan atau kebahagiaan manusia di akhirat, ditentukan oleh kehidupan manusia di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut