29 Juli 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 28 Juli 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 28 Juli 2009
Pembicara : DR.Ir. Nana Rukmana DW, MA
Judul : Indahnya sedekah

Allah menciptakan segala sesuatu berpasang pasangan, sedih – senang, tua – musa, kaya – miskin, laki laki – perempuan, dll.

Ciri istri yang sholehah :

1. Taat kepada Allah

2. Taat kepada suami

3. Mampu menjaga kehormatan dirinya di belakang suami.

---

Pengertian sedekah :

Menyisihkan sebagian harta / sesuatu yang dimiliki untuk diberikan kepada orang lain yang membutuhkan dengan penuh keikhlasan , semata mata mengharapkan ridho Allah.

QS An nisa : 114

“ tidak ada kebaikan dari banyak pembicaraan rahasia mereka, kecuali pembicaraan rahasia dari orang yang menyuruh (orang) sedekah atau berbuat kebaikan atau mengadakan perdamaian diantara manusia. Barang siapa berbuat demikian karena mencari keridhoan Allah maka kelak Kami akan memberinya pahala yang besar.”

---

Sedekah itu diberikan secara spontan.

Tidak ada batasan jumlah / besarnya

“ semakin banyak orang yang merasakan manfaat dai sedekah itu maka semakin besar pula pahala yang didapat orang yang melakukan sedekah”

---

Hukum sedekah:

1. Sunnah (kalau dikerjakan mendapatkan pahala, kalau tidak dikerjakan tidak mendapatkan dosa)

Sedekah juga bisa menjadi hukum yang bersifat lain apabila:

1. Sedekah tersebut tujuannya / dimanfaatkan secara sengaja untuk kegiatan yang haram dan si pemberi sedekah mengetahui itu namun mengabaikannya . Maka sifat sedekahnya menjadi haram

2. Sedekah tersebut digunakan untuk menyelamatkan kehidupan seseorang (yang bersifat menyangkut kelangsungan hidup si penerima sedekah) maka sifatnya menjadi wajib bagi orang yang memberikan sedekah apabila mengetahui hal tersebut.

3. Sedekah yang ditujukan untuk membayar nadzar (janji kita kepada Allah) maka sifatnya wajib.

---

QS Al Baqarah : 264

“ wahai orang orang yang beriman, janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut nyebut nya dan menyakiti perasaan (penerima) seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya (pamer) kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir . perumpamaan nya (orang itu) seperti batu yang licin yang diatasnya ada debu, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat maka tinggallah bau itu licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apapun dari apa yang mereka kerjakan dan Allah tidak memberikan petunjuk kepada orang orang kafir.”

---

Pahala sedekah :

Beri sedekah berapapun yang penting ikhlas.

QS Al Baqarah : 271

“ jika kamu menampakkan sedekahmu maka itu baik, dan jika kamu menyembunyikannya dan memberikannya kepada orang orang fakir, maka itu jauh lebih baik bagimu dan Allah akan menghapus sebagian kesalahan kesalahanmu. Dan Allah Maha Teliti apa yang kamu kerjakan”

---

Barang yang disedekahkan:

Barang yang kualitasnya baik serta kita sangat mencintainya.

QS Ali imran : 92

“ Kamu tidak akan memperoleh kebajikan sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai Dan apapun yang kamu infakkan tentang hal itu sungguh Allah Maha Mengetahui”

---

Siapa yang berhak menerima sedekah ?

“ orang tua, saudara , kerabat dekat yang perlu kita tolong, orang lain yang sangat membutuhkan”

QS Al Baqarah : 215

“ Mereka bertanya kepadanya (Muhammad) tentang apa yang harus mereka infakkan. Katakanlah “ harta apa saja yang kamu infakkan, hendaknya diperuntukkan bagi kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang dalam perjalanan” dan katakanlah apa saja yang kamu kerjakan maka sesungguhnya Allah Maha Mengetahui”

---

Macam macam sedekah dilihat dari bentuknya:

1. Materi : uang, emas, pakaian, sembako
  • Non materi : ilmu, senyum, salam , melayani suami / istri.

    Setiap orang punya kesempatan untuk menjadi orang yang bersedekah, siapapun dia.
    Tolong menolonglah kamu di dalam kebajikan dan kebenaran dan janganlah kamu tolong menolong didalam permusuhan dan dosa.

    H.R Muslim :

    Setiap muslim diwajibkan untuk bersedekah , Kata Nabi Muhammad.

    ---

    Jika tidak dapat, berekerjalah dengan tanganmu yang bisa berguna bagi dirinya sendiri, Jika tidak dapat, bantulah orang lain yang membutuhkan pertolongan, jika tidak dapat, menganjurkan kebaikan kepada orang lain.

    Manfaat sedekah :

    1. Menghapus dosa

    2. Mendapatkan pertolongan dari Allah<

    3. Mendatangkan ketenangan jiwa

    4. Dimudahkan segala urusan dunia

    5. Diberikan solusi dalam permasalahan

    6. Menjauhkan sifat bakhil.

    ---

    Indahnya sedekah:

    1. Bersegeralah sedekah, sebab bala tidak akan datang sebelum sedekah itu dilaksanakan

    2. Bersedekah bisa memperpanjang umur

    3. Sedekah bisa menyembuhkan penyakit

    4. Bersedekah bisa mengundang rezeki yang lebih banyak

    QS At Taubah : 34 – 35

    Wahai orang orang yang beriman, sesungguhnya banyak dari orang orang alim dan rahib mereka benar benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang halangi (manusia) dari jalan Allah, dan orang orang yang menympan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah maka berikanlah kabar gembira kepada mereka, (bahwa mereja akan mendapatkan ) azab yang pedih” Ingatlah pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka jahanam lalu dengan itu diseterika dahi, lambung dan punggung mereka (seraya dikatakan) kepada mereka, inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat) apa yang kamu simpan itu”

    ---

    QS Al Maarij : 15 – 18

    “ sama sekali tidak! Sungguh neraka itu api yang bergejolak yang mengelupaskan kulit kepala , yang memanggil orang yang membelakangi nya dan yang berpaling (dari agama) dan orang yang mengumpulkan (harta benda) lalu menyimpannya”
  • 1 komentar:

    Sri Wahyuningsih

    Sri Wahyuningsih
    Sri Wahyuningsih

    Pengikut