17 Agustus 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 16 Agustus 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 16 - 08 -2009
Pembicara : Prof. Dr. Ali Mustafa Yakub
Judul : Hadist yang bermasalah seputar Ramadhan

Berdasarkan ketetapan MUI No.2 Tahun 2004 :

yang berhak mengumumkan tanggal 1 Ramadhan, 10 dzulhijjah adalah Menteri Agama RI.

Seluruh WNI wajib mengikuti ketetapan tersebut.

Taatlah kamu kepada Allah, rasulullah, ulama dan pemimpin.

Kematian menjadi proses ke “tempat yang lebih baik “ bagi umat yang beriman.

Sekarang ini, ramadhan justru menjadi saat untuk melakukan perbuatan konsumerisme.

Di Dunia ini segala sesuatu yang buruk selalu di “blow up” namun kebaikan justru di sembunyikan.

Ramadhan yan hakikatnya untuk berlomba lomba melakukan amal kebaikan, dimanfaatkan oleh segelintir orang untuk hidup boros dan berlebihan.

Zakat itu dilakukan setiap waktu, tanpa ada batasan waktu tertentu, yang ada di khususkan pada bulan ramadhan adalah zakat fitri (makan). Untuk zakat mal, akat profesi, zakat hasil bumi itu terhitung berdasarkan nisab nya.

Zakat itu berfungsi untuk :

1. Menghilangkan rasa terhadap cinta dunia secara berlebihan

2. Menghilangkan rasa kikir

QS Al Baqarah : 261 – 263

“ Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai itu ada 100 biji , Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas Maha Mengatahui. Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut pemberiannya dan menyakiti (perasaan penerima) mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi tindakan yang menyakiti. Allah Maha Kaya Maha Penyantun”

---

Ciri orang yang beriman, sesuai dengan:

QS Ali Imran : 16 – 17

“ (yaitu) orang orang yang berdoa “ Ya Tuhan Kami , kami benar benar beriman, maka ampunilah dosa dosa kami dan lindungilah kami dari azab neraka, (juga) orang orang yang sabar, orang yang benar , orang yang taat, orang yang menginfakkan hartanya dan yang memohon ampunan pada waktu sebelum fajar”

---

QS Ali Imran : 92

“ Kamu tidak akan memperoleh kebajikan sebelum kamu menginfakkan sebagian harta yang kamu cintai Dan apapun yang kamu unfakkan tentang hal itu, sungguh Allah Maha mengetahui”

---

QS Ali Imran : 133 – 134

“ Dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surge yang seluasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang orang yang bertakwa. (yaitu) orang yang berinfak baik diwakyu lapang maupun sempit dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain. Dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan”

---

Amalan Rasulullah selama Ramadhan :

1. Memperbanyak infak

2. Memperbanyak membaca Al Quran

3. Banyak I’tiqaf di masjid pada 10 hari terakhir Ramadhan.

---

Ciri hadist Palsu :

Amalan yang di perbuat sangat mudah namun mendapatkan ganjaran yang amat besar.

Hadist yang bermasalah seputar Ramadhan :

Barang siapa yang bergembira menyambut datangnya Ramadhan, maka Allah mengharamkan kulitnya menyentuh api neraka

---

Bulan Ramadhan terbagi menjadi 3 yaitu :
a. 10 hari pertama : rahmat
b. 10 hari kedua : ampunan
c. 10 hari ketiga : pembebasan dari neraka

---

Makanlah sebelum lapar, berhentilah sebelum kenyang

---

Ini adalah nasehat dari seorang dokter yang dikumpulkan oleh Khalifah di masa Rasulullah, saran tersebut muncul karena khalifah bertanya, apakah ada hal yang bisa dilakukan untuk mengobati penyakit dengan manjur, tidak ada efek samping, mudah dan murah dilakukan. Memang hal tersebut ada di Kitab Al Ghazali namun hal tersebut disangkal oleh Imam Suyuti.

---

Keistimewaan Ramadhan :

a. Tidurnya orang berpuasa itu ibadah (nilai pahalanya seperti membaca tasbih)

b. Diamnya orang berpuasa itu seperti ibadah (nilai pahalanya seperti membaca tasbih)

c. Dosa kita diampuni.

Setiap saat ketika memohon ampun, insyaAllah dikabulkan, tidak perlu menunggu Ramadhan.

d. nilai ibadah yang kita lakukan dilipat gandakan

Jadi pelipat gandaan pahala itu tidak hanya pada bulan Ramadhan, setiap saatpun Allah memberikannya.

e. Barang siapa melakukan shalawat , Allah akan membalasnya dengan 10 kebaikan.

Jadi pelipat gandaan pahala itu tidak hanya pada bulan Ramadhan, setiap saatpun Allah memberikannya.

f. Bersihkan hartamu dengan membayar zakat.

Semua harta itu bersih, yang di bersihkan adalah perilaku orang yang mendapatkan harta tersebut, apakah dia mendapatkannya dengan cara yang halal atau haram.

---

Penjelasan :

http://www.facebook.com/lucky.syamsuddin

Puasa dapat menghancurkan Kesombongan.

Puasa yang dilakukan dengan benar sesuai tuntunan agama mampu menghancurkan nafsu-nafsu jahat dan meruntuhkan kesombongan sehingga menjadi tunduk kepada kebenaran dan rendah hati kepada sesama, karena banyak makan dan minum serta berhubungan suami isteri membawa kepada sifat sombong, congkak, mau menang sendiri dan merasa tinggi hati atas orang lain dan tidak mau menerima kebenaran dan kenyataan

saya : banyak tausiyah yang langsung main potong hadist sebenarnya, itu yang saya maksudkan, jadi bisa merubah arti sebenarnya dari hadist yang shohih.

contoh : “Barangsiapa yang memeriahkan bulan Ramadlan dengan ibadah/qiyamu ramadhan; (dan dilakukan) dengan penuh keimanan dan keikhlasan, maka akan diampuni segala dosanya yang telah lalu”. (Shahih Bukhari) - ini yang benar, kalo yang di tulis diatas itu ( Barang siapa yang bergembira menyambut datangnya Ramadhan, maka Allah mengharamkan kulitnya menyentuh api neraka) banyak kita dengarkan dari ceramah ceramah, namun tidak dijelaskan siapa perawinya.

---

"Barang siapa yang bergembira dan senang menyambut bulan suci Romadhon, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk neraka"(HR. Bukhori, Muslim)

Jadi banyak orang beranggapan bahwa bahagia saja bisa membebaskan mereka dari neraka, tanpa tahu makna yang dimaksudkan. bergembira : ikhlas, semangat mempersiapkan diri melaksanakan ibadah ibadah di Bulan Ramadhan. saya persilahkan untuk mencari referensi lain via google, rasanya saya blm pantas utk menjelaskan lebih dalam, saya sendiri hanya jamaah, tdk memiliki pendidikan khusus di bidang keagamaan

---

Mengenai Bulan Ramadhan terbagi menjadi 3 yaitu :
a. 10 hari pertama : rahmat
b. 10 hari kedua : ampunan
c. 10 hari ketiga : pembebasan dari neraka

tidak ada 1 orang pun yang bisa menyebutkan hadist tersebut perawinya siapa

Pengertian yang benar adalah semua hari itu rahmat, ampunan dan pembebasan bagi umat yang bertakwa

---

Menganai makan sebelum lapar, berhenti makan sebelum kenyang : Kami adalah suatu kaum yang tidak akan makan sampai kami lapar, dan apabila kami makan maka kami berhenti sebelum kenyang. Maka sebenarnya ini bukanlah hadits Nabi -shollallahu alaihi wa sallam-. Syaikh Abdul Aziz bin Baz -rahimahullah- berkomentar seputar perkataan tersebut: Perkataan ini diriwayatkan dari sebagian utusan, namun pada sanadnya ada kelemahan. sudah saya jelaskan sebagian diatas. Hadits ini tidak shahih. Tidak ada ketetapan dari Nabi sallallahu’alaihi wasallam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut