10 Agustus 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 9 Agustus 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 9 - 08 -2009
Pembicara : DR.Hj. Isnawati MA
Judul : Zakat, Infaq Shodaroh dalam perspektif Islam

Kajian pentingnya ZIS :

1. ZIS adalah jembatan yang menghubungkan antara si miskin dan si kaya

2. Punya bekal yang memadahi bagi pemberdayaan masyarakat, karena pemerintah belum mengcover semua kebutuhan penduduknya

3. Adanya anggapan bahwa “kebanggaan tersendiri apabila melakukan ZIS “ secara langsung.

---

Sebutan zakat di dalam Al Quran :

1. Zakat

2. Shodaqoh

QS At taubah : 103

“ Ambillah zakat dari harta mereka , guna membersihkan dan mensucikan mereka, dan berdoalah untuk mereka. Sesungguhnya doamu itu (menumbuhkan) ketentraman jiwa bagi mereka. Allah maha mendengar maha mengetahui”

---

3. Infaq

Qs At Taubah : 34 – 35

“ wahai orang orang yang beriman, sesungguhnya banyak dari orang orang alim dan rahib mereka benar benar memakan harta orang dengan jalan yang batil, dan (mereka) menghalang halangi (manusia ) dan jalan Allah . Dan orang orang yang menympan emas dan perak dan tidak menginfakkannya di jalan Allah maka berikanlah kabar gembira d\kepada mereka, (bahwa meraka akan mendapat) azab yang pedih”

“ (ingatlah) pada hari ketika emas dan perak dipanaskan dalam neraka jahanam lalu dengan itu diseterika (seraya dikatakan) kepada mereka (seraya dikatakan) kepada mereka “ inilah harta bendamu yang kamu simpan untuk dirimu sendiri, maka rasakanlah (akibat dari) apa yang kamu simpan itu”

---

4. Haq

Qs Al An’am : 141

“ Dan dialah yang menjadikan tanaman tanaman yang merambat dan yang tidak merambat, pohon kurma, tanaman yang beraneka ragam rasanya, zaitun, dan delima serupa (bentuk dan warnanya) dan tidak serupa(rasanya) . Makanlah buahnya apabila ia berbuah dan berikanlah haknya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya (zakatnya) pada waktu memetik hasilnya tapi jangan berlebih lebihan sesungguhnya Allah tidak menyukai orang orang Allah tidak menyukai orang orang yang berlebih lebihan.”

---

Dari keempat kata tersebut, semuanya berarti zakat.

Zakat adalah salah satu ibadah yang merupakan salah satu rukun iman .

Islam didirikan oleh 5 pilar agama ( yang tercantum dalam rukun islam), antara lain Zakat.

“ Mukmin yang sebenar benarnya adalah yang melaksanakan pilar islam”

---

QS Al Baqarah : 177

“ kebajikan itu bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dank e barat tetapi kebajikan itu ialah (kebajikan) orang yang beriman kepada Allah, hari akhir, malaikat malaikat, kitab kitab, nabi nabi, dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabat , anak yatim, orang miskin , orang yang dalam perjalanan (musafir) , peminta minta dan untuk memerdekakan hamba sahaya , yang melaksanakan shalat dan menunaikan zakat, orang yang menepati janjinya apabila berjanji, dan orang yang sabar dalam kemelaratan, penderitaan. Mereka itulah orang orang yang benar dan mereka itulah orang yang bertakwa”

---

QS At Taubah : 71

“ Dan orang orang yang beriman, laki laki dan perempuan sebagian mereka menjadi penolong bagi sebagian yang lain. Mereka menyuruh (berbuat) yang makruf dan mencegah dari yang munkar , melaksanakan shalat, menunaikan zakat dan taat kepada Allah dan Rasulnya. Mereka akan diberi rahmat oleh Allah. Sungguh Allah Maha Perkasa Maha Bijaksana”

---

Nabi Muhammad memerintahkan bagi orang yang wajib melaksanakan zakat namun mereka tidak melaksanakan zakatnya itu , maka beliau memerintahkan para sahabat yang berkepentingan memungut zakat untuk merampas paksa zakatnya serta mengambil ½ dari seluruh hartanya sebagai denda.

QS Al Baqarah : 180

“ Dan jangan sekali kali orang orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karuniaNya, mengira bahwa (kikir) itu baikbagi mereka. Padahal (kikir) itu buruk bagi mereka. Apa (harta) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan (dilehernya) pada hari kiamat . Milik Allah lah warisan (apa yang ada) di langit dan di bumi, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan”

---

Apabila kelima pilar agama tadi hilang salah satu (karena tidak dilaksanakan dengan serius) maka tidak tegaklah agama islam.

Salah satu perilaku orang yang beriman :

QS Azzariyat : 17 – 25

“ mereka sedikit sekali tidur di waktu malam, dan pada khir malam mereka memohon ampunan (kepada Alla) dan pada harta bendanya mereka ada hak orang miskin yang meminta dan orang miskin yang tidak meminta, dan di bumi terdapat tanda tanda (kebesaran Allah ) bagi orang orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? Dan di langit terdapat (sebab sebab) rezekimu dan apa yang dijanjikan kepadamu, maka demi Tuhan langit dan bumi , sungguh apa yang telah dijanjikan itu pasti terjadi seperti apa yang kamu ucapkan. Sudahkan sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat malaikat) yang dimuliakan? (ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan “salaman” (salam) Ibrahim menjawab “ salamun (salam) (mereka itu) orang orang yang belum dikenalnya”

---

Ancaman Allah bagi orang yang kikir :

QS Al A’raf : 100

“ Atau apakah belum jelas bagi orang orang yang mewarisi suatu negeri setelah (lenyap) penduduknya? Nahwa kalau Kami menghendaki pasti Kami siksa mereka karena dosa dosanya, dan Kami mengunci hati mereka sehingga mereka tidak mendengar (pelajaran)”

---

Infak : sesuatu yang diberikan kepada seseorang untuk menutupi kebutuhan orang lain.

Zakat hukumnya wajib, infak dan sedekah hukumnya sunnah, bisa menjadi wajib dalam case tertentu

Al Baqarah : 261

“ perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan 7 tangkai, pada setiap tangkai ada 100 biji , Allah melipat gandakan bagi siapa yang Dia kehendaki dan Allah Maha Luas Maha Mengetahui”

---

Bagi orang yang memang hatinya sudah mati untuk menerima peringatan dari Allah, diberikan hukuman.

QS Al Munafiqun : 6

“ Sama saja bagi mereka, engkau (Muhammad) mohonkan ampunan untuk mereka atau tidak engkau mohonkan ampunan bagi mereka, Allah tidak akan mengampuni mereka, sungguh Allah tidak akan memberi petunjuk kepada orang fasik”

---

Hadist Rasulullah : “ senyummu adalah sedekah”

---

Urutan urutan amalan sedekah :

“ kewajiban setiap muslim adalah sedekah, urutannya : bekerja untuk dirinya sendiri adalah bentuk sedekah, itu adalah bentuk sedekahnya, kalau tidak bisa, menolonglah orang yang sedang mengalami kesulitan, kalau tidak bisa, suruh orang untuk melakukan kebaikan, kalau tidak bisa, kamu tahan orang yang akan melakukan maksiat, kalau tidak bisa, ucapkanlah (takbir, tahmid, tahlil, tasbih) menjadi sedekah untuk diri sendiri.

Zakat berfungsi sebagai :

1. Membantu kebutuhan sesaat

2. Pemberdayaan umat

---

Hadist :

Ada 2 malaikat yang berdoa pada waktu pagi hari, yang 1 adalah malaikat yang berdoa “ Ya Allah, berikanlah rezeki bagi orang yang pemurah ini”, dan malaikat yang 1 nya berdoa “ ya Allah , berikanlah kehancuran kepada orang yang kikir ini”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut