10 November 2009

Ta'lim Uje 3 November 2009

Event : Ta'lim Uje
Tanggal : 3 November 2009
Pembicara : Ustadz Adipura
Tema: Walimatus safar

Pentingnya Ta'lim, salah satunya adalah mengikuti suri tauladan Rasulullah Muhammad :

QS Al Ahzab : 21" sungguh, telah ada pada (diri)m Rasulullah itu suri tauladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan yang banyak mengingat Allah"

---

Mengapa kita tidak boleh ragu dengan keaslian Al Quran , karena Allah menjamin kemurniannya.

QS Al A'raf : 203

" Dan apabila engkau (Muhammad) tidak membacakan suatu ayat kepada mereka, mereka berkata " Mengapa tidak engkau buat sendiri ayat itu? Katakanlah Muhammad " sesungguhnya aku hanya mengikuti apa yang telah diwahyukan Tuhanku kepadaku. (Al Quran) ini adalah bukti bukti yang nyata dari Tuhanmu , petunjuk dan rahmat bagi orang orang yang beriman"

---

Mengapa manusia harus mempelajari Al Quran?

QS Al Alaq : 1- 4

" Bacalah dengan (menyebut) nama Tuhanmu yang telah menciptakan , Dia menciptakan manusia dari segumpal darah, Bacalah, dan Tuhanmulah yang Maha Mulia, yang mengajarkan (manusia dengan pena)

---

QS Yusuf : 1-2

Alif Lam Ra. Ini adalah ayat ayat kitab (Al Quran) yang jelas, sesungguhnya Kami menurunkan berupa Al Quran berbahasa Arab agar kamu mengerti"

---

Mengapa kita harus bersyukur dengan ciptaan Allah ?

QS As Sadjah : 9

" Kemudian Dia menyempurnakannya dan meniupkan ruh (ciptaan) Nya kedalam tubuh nya dan Dia menjadikan pendengaran, penglihatan, dan hati bagimu (tetapi sedikit sekali kamu bersyukur"

---

Apa itu bersyukur memanfaatkan karunia yang telah Allah berikan sesuai dengan fungsinya

Bagaimana cara bersyukur itu ?

QS Al A'raf : 179

Dan sungguh akan kami isi neraka Jahanam banyak dari kalangan jin dan manusia. mereka memiliki hati tetapi tidak dipergunakannya untuk emmahami (ayat ayat Allah) dan mereka memiliki mata (tetapi) tidak dipergunakan untuk melihat (tanda tanda kekuasaan Allah) dan mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengarkan (ayat ayat Allah) . mereka seperti hewan ternak, bahkan lebih sesat lagi. Mereka itulah orang orang yang lengah.

---

Contoh apalagi yang juga menunjukkan kebesaran Allah ?

QS Ar rum : 22

Dan diantara tanda tanda (kebesaran) Nya adalah penciptaan langit dan bumi, perbedaan bahasamu, dan warna kulitmu. sungguh, pada yang demikian itu benar benar terdapat tanda tanda bagi orang orang yang mengetahui"

---

QS Al Hujarat : 13

wahai manusia , sungguh Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa bangsa dan bersuku suku agar kamu saling mengenal. sungguh yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling bertakwa, sungguh Allah Maha Mengetahui Maha Teliti"

---

Allah memberikan petunjuk kepada orang orang yang Dia kehendaki

QS Al Qasas : 56

Sungguh, engkau (Muhammad) tidak dapat memberi petunjuk kepada orang orang yang engkau kasihi, tetapi Allah memberi petunjuk kepada orang orang yang Dia kehendaki, dan Dia lebih mengetahui orang orang yang mau menerima petunjuk"

---

Pentingnya ibadah haji :

QS Al Baqarah : 197

(Musim) haji itu (pada) bulan bulan yang telah dimaklumi . barangsiapa mengerjakan (ibadah) haji dalam (bulan bulan ) itu maka janganlah dia berkata jorok (rafas) , berbuat maksiat, dan bertengkar dalam (melakukan ibadah) haji. segala yang baik yang kamu kerjakan, Allah mengetahuinya. Bawalah bekal, karena sesungguhnya sebaik baik bekal, adalah takwa. dan bertakwalah kepadaKu wahai orang orang yang mempunyai akal sehat"

---

Bagaimana cara bertakwa?

QS Al Baqarah : 3-5

(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib, melaksanakan shalat, dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami berikan kepada mereka, dan mereka yang beriman kepada (Al Quran) yang diturunkan kepadamu (Muhammad) dan kitab kitab yang telah diturunkan sebelum engkau, dan mereka yakin akan adanya akhirat, merekalah yang mendapat petunjuk dari Tuhannya, dan mereka itulah orang orang yang beruntung"

---

QS Ali Imran : 133- 135

dan bersegeralah kamu mencari ampunan dari Tuhanmu dan mendapatkan surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan bagi orang orang yang bertakwa, (yaitu) orang yang berinfak baik diwaktu lapang maupun sempit, dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang lain, dan Allah mencintai orang yang berbuat kebaikan, dan (juga) orang orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau mendzalimi diri sendiri (segera) mengingat Allah lalu memohon ampunan atas dosa dosanya dan siapa (lagi) yang dapat mengampuni dosa dosa kalian selain Allah ? dan mereka tidak meneruskan perbuatan dosa itu, sedang mereka mengetahui"

---

Melakukan sedekah itu untuk siapa saja, tanpa terkecuali.

QS Al Munafiqun : 7

Mereka berkata" (kepada orang orang ansar) Janganlah kamnu bersedekah kepada orang orang (Muhammad) yang ada disisi Rasulullah sampai mereka bubar, (meninggalkan Rasulullah) . Padahal milik Allahlah perbendaharaan langit dan bumi, tetapi orang orang munafik itu tidak memahami"

---

Misi Allah mengutus Rasul kedunia :

Qs Al Mukminun : 44

Kemudian kami utus rasul rasul Kami berturut turut . setiap kali seseorang rasul datang kepada kaum suatu umat, mereka mendustakannya, maka Kami silih gantikan sebagian mereka dengan sebagian yang lain (dalam kebinasaan) dan Kami jadikan mereka bahan cerita (bagi manusia) . Maka binasalah bagi kaum kaum yang tidak beriman

---

QS Taha : 123

Dia (Allah) berfirman : Turunlah kamu berdua dari surga bersama sama, sebagian kamu menjadi musuh bagi sebagian yang lain, jika datang kepadamu petunjuk dariKu maka (ketahuilah) barang siapa mengikuti petunjukKu , dia tidak akan sesat dan tidak akan celaka"

---

Pentingnya syahadat:

QS Al Mukminun : 52

Dan sungguh, (agama tauhid) inilah agama kamu, agama yang satu, dan Aku adalah Tuhanmu, maka bertakwalah kepadaKu"

---

QS An Nahl : 2

Dia menurunkan para malaikat membawa wahyu dengan perintahNya kepada siapa yang Dia kehendaki diantara hamba hambaNya (dengan berfirman) yaitu : "peringatkanlah (hamba hambaKua bahwa tiada Tuhan selain Aku, maka hewndaklah kamu bertakwa kepadaKu"

---

Pentingnya Shalat :

QS Al Anam : 72

dan agar kalian melaksanakan shalat serta bertakwa kepadaNya Dan Dialah Tuhan yang kepadaNya kamu semua akan dihimpun"

---

Pentingnya puasa:

QS Al Baqarah : 183

Wahai orang orang yang berimanm diwajibkan atas amu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang orang sebelum kamu agar kamu bertakwa"

---

Pentingnya pakaian bernama "Takwa"

QS Al A'raf : 26

wahai anak cucu adam, sesungguhnya Kami telah menyediakan pakaian untuk menutupi auratmu dan untuk perhiasan bagimu, tetapi pakaian takwa, itulah yang lebih baik . Demikianlah sebagian tanda tanda kekuasaan Allah, mudah mudahan mereka ingat"

---

Menyingkapi musibah :

QS At Tagabun : 11

Tidak ada suatu musibah yang menimpa (seseorang) kecuali dengan izin Allah, dan barang siapa beriman kepada Allah, niscaya Allah akan memberi petunjuk kepada hatinya, dan Allah maha mengetahui segala sesuatu"

---

Menyingkapi godaan setan :

QS Fussilat : 36

dan jika setan menggangumu dengan suatu godaan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah, sungguh Dialah yang Maha Mendengar Maha mengatahui"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut