23 Desember 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 22 Desember 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 22 Desember 2009
Pembicara : DR Ali Nurdin MA
Tema : Hikmah Tahun Baru Islam

Hikmah Hijriyah :

1. Jikalau kita mendapatkan permasalahan yang sampai puncaknya, berarti kita akan mendapatkan solusi.
Ketika kita mendapatkan kesulitan, janganlah berputus asa.
jadi jangan pernah berburuk sangka kepada Allah, kesulitan yang kita hadapi adalah karena perbuatan kita sendiri

Sesungguhnya Allah tidak berbuat zalim kepada manusia sedikitpun, akan tetapi manusia itulah yang berbuat zalim kepada diri mereka sendiri.
QS. Yunus (10) : 44

Mengapa manusia merasa dirinya "sok" ,padahal manusia itu tidak ada apa apanya :
Mengapa kamu kafir kepada Allah, padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan?
QS. al-Baqarah (2) : 28


Banyak sekali bencana yang terjadi di negeri kita, itulah adzab, kita harus "kembali kepada Allah"

Dan jika Kami hendak membinasakan suatu negeri, maka Kami perintahkan kepada orang-orang yang hidup mewah di negeri itu (supaya mentaati Allah) tetapi mereka melakukan kedurhakaan dalam negeri itu, maka sudah sepantasnya berlaku terhadapnya perkataan (ketentuan Kami), kemudian Kami hancurkan negeri itu sehancur-hancurnya.
QS. al-Isra' (17) : 16


2. Bahwa kita harus melakukan segala sesuatu semaksimal mungkin

Pentingnya ikhtiar:

Dan Katakanlah: "Bekerjalah kamu, maka Allah dan Rasul-Nya serta orang-orang mukmin akan melihat pekerjaanmu itu, dan kamu akan dikembalikan kepada (Allah) Yang Mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu diberitakan-Nya kepada kamu apa yang telah kamu kerjakan".
QS. at-Taubah (9) : 105

3. Indahnya persaudaraan
Mari berbagi dengan sesama, jangan kikir, peduli dengan orang yang membutuhkan :

Dan orang-orang yang telah menempati kota Madinah dan telah beriman (Anshar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri, sekalipun mereka dalam kesusahan. Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung.
QS. al-Hasyr (59) : 9

Setan akan selalu berusaha untuk menghalangi manusia berbuat kebaikan serta memilih jalan yang lurus, waspadalah :

Iblis menjawab:" Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,
QS. al-A'raf (7) : 16
kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat).
QS. al-A'raf (7) : 17


Jadilah manusia yang pemaaf, jikalau ada orang yang menyakiti kita lakukan lah :
  1. Memaafkan
  2. mendoakan
  3. Emang Gue Pikirin

Jadilah engkau pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta berpalinglah dari pada orang-orang yang bodoh.
QS. al-A'raf (7) : 199

(Yaitu) orang-orang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.
QS. Ali Imran (3) : 134

4. Kekuatan doa setalah berikhtiar

Pentingnya ibadah :
atakanlah (kepada orang-orang musyrik): "Tuhanku tidak mengindahkan kamu, melainkan kalau ada ibadatmu. (Tetapi bagaimana kamu beribadat kepada-Nya), padahal kamu sungguh telah mendustakan-Nya?, Karena itu kelak (azab) pasti (menimpamu) ".
QS. al-Furqan (25) : 77

Bagi yang sedang sakit, jangan putus asa, berdoalah seperti doa Nabi Ayyub :

Dan (ingatlah kisah) Ayub, ketika ia menyeru Tuhannya: " (Ya Tuhanku), sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."
QS. al-Anbiya (21) : 83

Jikalau sedang marah, berdoalah :

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam tempat yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim."
QS. al-Anbiya (21) : 87

Doa bagi orang yang belum diberikan keturunan :

Ia berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya tulangku telah lemah dan kepalaku telah dipenuhi uban, dan aku belum pernah kecewa dalam berdoa kepada Engkau, ya Tuhanku.
QS. Maryam (19) : 4

Jangan sombong kepada Allah, percaya pada kekuatan doa :

Allah berfirman:" Turunlah kamu dari surga itu; karena kamu tidak sepatutnya menyombongkan diri di dalamnya, maka keluarlah, sesungguhnya kamu termasuk orang-orang yang hina ".
QS. al-A'raf (7) : 13
Iblis menjawab:" Beri tangguhlah saya sampai waktu mereka dibangkitkan ".
QS. al-A'raf (7) : 14


Amalan yang dilakukan Nabi Zakaria untuk mendapatkan keturunan :
Maka Kami memperkenankan doanya, dan Kami anugerahkan kepadanya Yahya dan Kami jadikan isterinya dapat mengandung. Sesungguhnya mereka adalah orang-orang yang selalu bersegera dalam (mengerjakan) perbuatan-perbuatan yang baik dan mereka berdoa kepada Kami dengan harap dan cemas. Dan mereka adalah orang-orang yang khusyu kepada Kami.
QS. al-Anbiya (21) : 90

Jangan berputus asa jika gagal, jangan lupa diri jika berhasil :

Kami jelaskan yang demikian itu) supaya kamu jangan berduka cita terhadap apa yang luput dari kamu, dan supaya kamu jangan terlalu gembira terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri,
QS. al-Hadid (57) : 23

Pentingnya berkhusnul Khotimah :

(Yaitu) orang-orang yang diwafatkan dalam keadaan baik oleh para malaikat dengan mengatakan (kepada mereka): "Salaamun alaikum, masuklah kamu ke dalam surga itu disebabkan apa yang telah kamu kerjakan."
QS. an-Nahl (16) : 32

Sesunguhnya orang-orang yang mengatakan: "Rabb kami ialah Allah", kemudian mereka tetap istiqamah maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan mereka tiada (pula) berduka cita.
QS. al-Ahqaf (46) : 13

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut