23 Desember 2009

Pengajian Masjid Raya Pondok Indah Tanggal 21 Desember 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Pondok Indah
Tanggal : 21 Desember 2009
Pembicara : Ustadz Center
Tema : Syukur, Shalat, Tahun Baru Hijriyah

Banyak orang yang terlalu perhitungan dalam melaksanakan ibadah kepada Allah, padahal nikmat yang Allah telah berikan kepada kita sungguh tak bisa dinilai dengan apapun, salah satu contohnya adalah nikmat yang kita dapatkan dengan oksigen yang dihirup bebas (gratis)


Sebenarnya yang menjadi tuntutan syukur ni’mat, adalah meliputi antara lain:
  1. Nikmat hidup; Yaitu dari tiada menjadi ada
Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun,
QS. al-Mulk (67) : 2

yang dengan itu Allah berikan “keterbukaan hati untuk menerima Islam”
Maka apakah orang-orang yang dibukakan Allah hatinya untuk (menerima) agama Islam lalu ia mendapat cahaya dari Tuhannya (sama dengan orang yang membatu hatinya)? Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka yang telah membatu hatinya untuk mengingat Allah. Mereka itu dalam kesesatan yang nyata.
QS. az-Zumar (39) : 22

Maka dengan kesadarannya yang mantap untuk melaksanakan kewajiban menegakkan ad Din
Dan (karenanya) sempitlah dadaku dan tidak lancar lidahku maka utuslah (Jibril) kepada Harun.
QS. asy-Syu'ara (26) : 13

akan memperoleh “hidayah Iman”
Dan tidak ada seorangpun akan beriman kecuali dengan izin Allah; dan Allah menimpakan kemurkaan kepada orang-orang yang tidak mempergunakan akalnya.
QS. Yunus (10) : 100

Sehingga dapat menepatinya secara baik dan benar dengan tanpa mengada-ada, karena hal tersebut sangat dilarang oleh Allah

Dan siapakah yang lebih zalim daripada orang yang membuat kedustaan terhadap Allah atau yang berkata:" Telah diwahyukan kepada saya ", padahal tidak ada diwahyukan sesuatupun kepadanya, dan orang yang berkata:" Saya akan menurunkan seperti apa yang diturunkan Allah ". Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim (berada) dalam tekanan-tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata):" Keluarkanlah nyawamu ". Di hari ini kamu dibalas dengan siksaan yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayat-Nya.
QS. al-An'am (6) : 93
  1. nikmat Kerabat; Yaitu dari proses kelahirannya melelui perantaraan kedua orang tua
Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu.
QS. Luqman (31) : 14

Yang dengan itu dapat melaksanakan kebaktiannya kepada kedua orang tua , kemudian melaksanakan berbagai kebajikan terhadap kerabat dekat dan jauh serta tetangga sesama Muslim dengan mawaddah fil qurba [Qs Asy Syra : 23]. Dan selanjutnya melaksanakan kebajikan terhadap umat manusia dalam bentuk cinta kasih dengan sikap toleransi aktif, atau yang disebut dengan istilah Mahabbah warahmah (cinta kasih yang diikuti dengan sikap toleransi aktif dan antisipatif[Qs Fushilat : 34].
  1. Nikmat Penghidupan; Yaitu kemampuan untuk memisahkan antara haq dan bathil dalam menepati kebajikan

Dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu, sedang kamu mengetahui.
QS. al-Baqarah (2) : 42

kemudian kesadaran kewajiban dengan penghidupan keduniannya yang diberikan Allah pada dirinya
dapun orang yang memberikan (hartanya di jalan Allah) dan bertakwa,
QS. al-Lail (92) : 5
dan membenarkan adanya pahala yang terbaik (surga),
QS. al-Lail (92) : 6
maka Kami kelak akan menyiapkan baginya jalan yang mudah.
QS. al-Lail (92) : 7
Dan adapun orang-orang yang bakhil dan merasa dirinya cukup,
QS. al-Lail (92) : 8
serta mendustakan pahala yang terbaik,
QS. al-Lail (92) : 9
maka kelak Kami akan menyiapkan baginya (jalan) yang sukar.
QS. al-Lail (92) : 10

Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim" HR Baihaqi

KEUTAMAAN MEMBACA SHALAWAT UNTUK NABI

Allah Shallallaahu 'alaihi wa Salam berfirman,
"Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikatNya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah ka-mu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepada-nya." (Al-Ahzab: 56)

Imam Al-Bukhari meriwayatkan, Abu 'Aliyah berkata, "Shalawat Allah adalah berupa pujianNya untuk nabi di hadapan para malaikat. Adapun shalawat para malaikat adalah do'a (untuk beliau)."
Ibnu Abbas berkata, "Bershalawat artinya mendo'akan supaya diberkati."

Maksud dari ayat di atas, sebagaimana disebutkan oleh Ibnu Katsir dalam tafsirnya yaitu, "Sesungguhnya Allah Subhannahu wa Ta'ala menggambarkan kepada segenap hambaNya tentang kedudukan seorang hamba-Nya, nabi dan kekasihNya di sisiNya di alam arwah, bahwa sesung-guhnya Dia memujinya di hadapan para malaikat. Dan sesungguhnya para malaikat bershalawat untuknya. Kemudian Allah memerintahkan kepada penghuni alam dunia agar bershalawat untuknya, sehingga berkumpullah pujian baginya dari segenap penghuni alam semesta."


Dari Abu Hurairah, bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam telah bersabda: Tuhan kita yang Maha Berkah lagi Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika tinggal sepertiga malam terakhir, kemudian Dia berfirman:

"Barangsiapa berdoa kepada-Ku, niscaya akan Aku kabulkan permintaannya.
Barangsiapa yang meminta kepada-Ku, niscaya dia akan Aku beri.
Barangsiapa memohon ampun kepada-Ku, niscaya dia akan Aku ampuni."

Pentingnya Taubat :

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.
QS. Ali Imran (3) : 133

4 komentar:

  1. masih ada ga ya pengajian di pondok indah??

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum

    pengajian masjid raya pondok indah masih rutin berlangsung, silahkan menghubungi :
    021-7666165 /66

    BalasHapus
  3. السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُ
    Apakah masih ada pengajian wanita ϑί mesjid pondok indah?

    BalasHapus
  4. @ Anonim : Waalaikumussalam warahmatullahi wabarakatuh, Masih ada, setiap selasa pukul 9-dzuhur, silahkan menghubungi menghubungi :
    021-7666165 /66

    BalasHapus

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut