06 Oktober 2010

Ta'lim Uje Tanggal 4 Oktober 2010

Event : Ta'lim Uje
Tanggal : 4 Oktober 2010
Pembicara : Ustadz Koko Liem
Tema: DUIT

QS Ali Imran : 112

Mereka diliputi kehinaan di mana saja mereka berada, kecuali jika mereka berpegang kepada tali (agama) Allah dan tali (perjanjian) dengan manusia, dan mereka kembali mendapat kemurkaan dari Allah dan mereka diliputi kerendahan. Yang demikian itu karena mereka kafir kepada ayat-ayat Allah dan membunuh para nabi tanpa alasan yang benar. Yang demikian itu disebabkan mereka durhaka dan melampaui batas.

Hadist :

Barang siapa hari ini lebih baik dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang beruntung, Barang siapa yang hari ini sama dengan hari kemarin dialah tergolong orang yang merugi dan Barang siapa yang hari ini lebih buruk dari hari kemarin dialah tergolong orang yang celaka"

Ganti kata "bangga" dengan syukur

Qs An nisa : 36

Allah selalu menerima taubat kita selama belum dilakukan menjelang ajal (sakaratul maut)

Qs An Nisa : 26

Allah hendak menerangkan (hukum syariat-Nya) kepadamu, dan menunjukimu kepada jalan-jalan orang yang sebelum kamu (para nabi dan shalihin) dan (hendak) menerima taubatmu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Anak diharapkan menjadi penyenang hati orang tuanya :

Qs Al Furqon : 74

Dan orang-orang yang berkata: Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

Anak juga ada yang menjadi musuh orang tuanya :

Qs At Tagabun : 14-15

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya di antara isteri-isterimu dan anak-anakmu ada yang menjadi musuh bagimu, maka berhati-hatilah kamu terhadap mereka; dan jika kamu memaafkan dan tidak memarahi serta mengampuni (mereka) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu); dan di sisi Allah-lah pahala yang besar.

Kunci kesuksesan dunia akhirat :
1. Doa

Hadist :
Doa Senjata Orang Yang Beriman

Hadist :
Dari Abu Hurairah ra berkata, bahwasannya Rasulullah SAW bersabda : "ada tiga do’a yang langsung diterima oleh Allah secara langsung yaitu do’a orang yang dianiyaya, do’a seorang musafir dan do’a orang tua terhadap anaknya." (Hadits riwayat Imam Turmudzi, Ahmad dan Abu Dawud).

Jangan tinggalkan shalat

Hak anak terhadap orang tuanya :

Hadist :

Abul Laits Assamarqandi meriwayatkan dengan sanadnya daripada Abu Hurairah r.a. berkata Nabi Muhammad s.a.w. bersabda: "Hak anak yang harus dilaksanakan oelh orang tua ada tiga iaitu:

a. Memilihkan nama yang baik ketika lahir

b. Mengajari kitab Allah s.w.t. (Memberi didikan agama)

c. Harus dikahwinkan jika telah dewasa (jangan sampai tergoda sehingga berlacur)

Dalam hidup harus banyak bersyukur

Qs Saba : 13

Para jin itu membuat untuk Sulaiman apa yang dikehendakinya dari gedung-gedung yang tinggi dan patung-patung, dan piring-piring yang (besarnya) seperti kolam dan periuk yang tetap (berada di atas tungku). Bekerjalah hai keluarga Daud untuk bersyukur (kepada Allah). Dan sedikit sekali dari hamba-hambaKu yang berterima kasih.

Cara menuntut ilmu :

1. Membaca
2. Menghafal
3. Memahami
4. Mengamalkan
5. Mengajarkan

Nasehat untuk menjadi orang yang sholeh :

Qs An Nahl : 120 -122

Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang imam yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif. Dan sekali-kali bukanlah dia termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Rabb),

(lagi) yang mensyukuri nimat-nimat Allah, Allah telah memilihnya dan menunjukinya kepada jalan yang lurus.

Cara Nabi Ibrahim bersyukur dalam doanya :

Qs Ibrahim : 40

Ya Rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Rabb kami, perkenankan doaku.

Berkah artinya bertambahnya kebaikan yang kita terima / dapatkan

Qs Jumuah : 10

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

2. Usaha

Usaha baik maka hasilnya akan baik pula

Qs Al Baqarah : 216

Boleh jadi kamu membenci sesuatu padahal ia amat baik bagimu dan boleh jadi pula kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu, Allah mengetahui sedang kamu tidak mengetahui.

3. Ikhlas : tanpa mengharap imbalan / pamrih

Imam Al Ghazali

Quotenya: Raihlah ilmu, dan untuk meraih ilmu belajarlah untuk tenang dan sabar

4. Tawakal :

Qs Ali Imran : 159

Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya.

Qs Lukman : 34

Sesungguhnya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang Hari Kiamat; dan Dia-lah Yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.

Qs Al Baqarah : 153

Hai orang-orang yang beriman jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu, sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut