25 Desember 2013

Halal Is My Lifestyle Tanggal 25 Des 2013 Ustadzah Aisha Maharanie dan dr. Ipak Ridmah Rikenawati Msi

Event : Halal Is My Lifestyle
Tanggal : 25 Des 2013
Pembicara : Ustadzah Aisha Maharanie dan dr. Ipak Ridmah Rikenawati Msi
Tema : Obat Halal

Pembacaan ayat suci Al Quran

Qs Al Baqarah : 168-173

Hai manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaitan; karena sesungguhnya syaitan adalah musuh yang nyata bagimu

Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan kepada Allah apa yang tidak kamu ketahui

Dan apabila dikatakan kepada mereka: Ikutilah apa yang telah diturunkan Allah. Mereka menjawab: (Tidak) tetapi kami hanya mengikuti apa yang telah kami dapati dari (perbuatan) nenek moyang kami. (Apakah mereka akan mengikuti juga), walaupun nenek moyang mereka itu tidak mengetahui suatu apapun, dan tidak mendapat petunjuk?

Dan perumpamaan (orang yang menyeru) orang-orang kafir adalah seperti penggembala yang memanggil binatang yang tidak mendengar selain panggilan dan seruan saja. Mereka tuli, bisu dan buta, maka (oleh sebab itu) mereka tidak mengerti.

Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada Allah kamu menyembah. Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

---

Prinsip yang harus dipegang dalam Halal is my way

Knowing

Finding

Keeping

---

Makanan yang kita makan harus halal dan thoyyib

Thoyyib artinya baik Sehat, aman, sesuai proposional

Halal artinya yang berarti "diizinkan" atau "boleh". Istilah ini dalam kosakata sehari-hari lebih sering digunakan untuk merujuk kepada makanan dan minuman yang diizinkan untuk dikonsumsi menurut dalam Islam. Sedangkan dalam konteks yang lebih luas istilah halal merujuk kepada segala sesuatu yang diizinkan menurut hukum Islam

---

Kita (kaum muslimin) adalah kaum yang hanya makan bila lapar dan berhenti makan sebelum kenyang.“ Rasulullah meminta seseorang itu untuk mengisi 1/3 daripada ruang perutnya dengan air, 1/3 dengan makanan dan selebihnya dengan ruang kosong (udara). (HR At Tirmidzi)

---

Tidak ada bejana yang diisi oleh manusia yang lebih buruk dari perutnya, cukuplah baginya memakan beberapa suapan sekedar dapat menegakkan tulang punggungnya (memberikan tenaga), maka jika tidak mau, maka ia dapat memenuhi perutnya dengan sepertiga makanan, sepertiga minuman dan sepertiga lagi untuk bernafasnya - HR. Ahmad, Ibnu Majah

---

Teknologi pangan harus memenuhi kriteria : Instan, menarik, tahan, tahan lama

---

Tepung terigu jaman sekarang berbeda ketika pada era tahun 80 – 90an. Pada tahun 2000-an tepung terigu sudah mengalami pengayaan dalam produknya yaitu dengan penambahan vitamin serta zat tambahan lainnya yang mampu membuat tekstur tepung halus dan memudahkan ketika membuat adonan.

Vitamin dalam tepung terigu titik kritisnya adalah bahan penyalut yang digunakan untuk melapisi vitamin. Biasa digunakan gelatin sebagai penyalut/pelapis.

Bahan lain seperti sistein yang berfungsi mengembangkan dalam terigu. Asalnya dari bulu angsa, bulu babi dan rambut manusia.

---

Berikut daftar penggunaan bagian-bagian tubuh babi dalam berbagai macam produk (Babi dan Produk Turunannya) :

1. Uji coba senjata kimia : karena kesamaan jaringan kulit /daging babi dengan manusia.

2. Es krim : gelatin mencegah kristalisasi gula dan memperlambat proses pencairan.

3. Pupuk : dibuat dari bulu babi yang diproses.

4. Mentega rendah lemak : gelatin digunakan untuk memperbaiki teksturnya.

5. Bir : gelatin digunakan untuk mencerahkan warna minuman agar tidak keruh.

6. Pelembut pakaian : asam lemak dari tulangnya memberi warna

7. Kuas cat : dibuat dari bulu babi.

Waspada kuas bulu babi

Biar terasa lebih enak, para ibu rumah tangga ketika membuat kue atau penganan acap mengoleskan telur atau bumbu penyedap ke dalam adonannya. Dalam mengoleskan bumbu penyedap itu tidak jarang mempergunakan kuas. Bagi awam yang tidak tahu, tentu piranti kuas tersebut tidak bakal menjadi masalah besar. Namun mereka, khususnya yang datang dari keluarga muslim akan bergidik bulu kuduknya, bila mengetahui dari bahan apa bulu kuas terbuat. Ingin tahu?

Berdasarkan hasil temuan salah seorang anggota LPPOM Majelis Ulama Indonesia (MUI) ketika melakukan audit halal ke sebuah perusahaan kue dan roti di Jakarta belum lama ini, menemukan satu hal mencurigakan. Dan ini terjadi pada kuas yang digunakan mengoles loyang dan permukaan roti.
Setelah meneliti dengan seksama, ada kata 'Bristle' pada gagang kuas. Dalam kamus Webster, kata itu berarti bulu babi.

"Astaghfirullaahaladzim. Konsumen harus waspada terhadap kuas dari bulu babi itu," kata anggota LPPOM MUI itu berpesan.

Lontaran petugas dari LPPOM MUI ini memang benar. Mengingat, kuas atau alat penyaput selama ini tidak hanya dipergunakan sebagai alat pemoles adonan penganan saja. Tetapi, barang tersebut juga sering dipergunakan sebagai piranti kosmetik, untuk bedakan dan memoles eye shadow. Selain itu kuas juga dipergunakan untuk alat melukis atau menggambar.

Melihat fenomena ini, Tim Jurnal Halal segera melakukan survei terhadap kuas kue, kosmetika, dan gambar di pasaran. Hasil survei yang dilakukan secara sederhana menunjukkan bahwa hampir semua kuas yang beredar berasal dari bahan baku bulu/rambut babi. Sayangnya, survei itu tidak menyebutkan lebih lanjut dari mana kuas tersebut berasal.

Tetapi informasi sementara menyebutkan, kuas bulu babi berasal dari perusahaan di China (Anping Bristle dan Tail Hair Gruoup). Perusahaan ini memakai bahan baku bulu ekor kuda, bulu kambing, dan bristle (bulu babi) serta berbagai bulu yang dikelompokkan sebagai bulu halus. Fine hair atau bulu yang sangat halus bisa terbuat dari binatang sejenis musang (weasel), bulu dari binatang sejenis kucing (raccoon hair), ekor tupai serta berasal dari ekor anjing.

Sekadar tahu, Anping adalah perusahaan yang memiliki sejarah 400 tahun dalam memproses bristle dan bulu ekor hewan. Perusahaan ini merupakan pusat distribusi terbesar bulu ekor hewan di utara Cina. Disebutkan, sekitar 50.000 orang lebih yang bergabung dalam proses produksinya dan memiliki lebih dari 1.000 workshop yang menyebar di berbagai negara.

Perusahaan ini memiliki tujuh unit pabrik untuk memproduksi barang yang terbuat dari bulu. Hasil produknya, khususnya yang terbuat dari bahan bulu ekor kuda dan hewan lainnya, diekspor ke Amerika Serikat, Italy, Korea Selatan dan negara-negara lainnya, termasuk Indonesia. ''Namun masih ada kuas yang bebas dari bulu/rambut babi,'' ungkap Tim Jurnal Halal.

Lalu bagaimana membedakannya? Sesuai hasil survei Tim Jurnal Halal, untuk menentukan apakah kuas yang Anda gunakan berasal dari bulu/ rambut babi, bisa menempuh langkah yang sangat mudah dan sederhana. Rambut atau bulu adalah suatu protein yang bernama keratin. Keratin merupakan salah satu kelompok protein yang dikenal sebagai protein serat.

Protein serat memiliki struktur panjang. Setiap hewan memiliki protein keratin pada bagian dermis (permukaan) dari kulit, kuku, paruh, sisi ikan, tanduk, dan kuku binatang. Sebagai halnya protein, maka rambut/bulu yang mengandung keratin saat dibakar akan menimbulkan bau yang khas. Bau khas tersebut sama ketika kita mencium aroma daging yang dipanggang.

Sementara bila kuas itu terbuat dari ijuk atau sabut ketika dibakar pasti akan langsung terbakar, dan tidak mengeluarkan aroma spesifik selain bau abu pembakaran. Ketika dibandingkan dengan sapu ijuk dibakar jelas sekali terdapat perbedaan bau yang sangat kentara.

Selain ciri-ciri tadi, kuas yang terbuat dari bulu/rambut babi masih memiliki perbedaan pada warna. Kuas yang terbuat dari bulu/rambut babi biasanya berwarna putih. Biasanya kuas yang berwarna putih nan lembut itu harganya lebih tinggi dibanding barang serupa. Kuas berwarna putih itu di pasaran biasa disebut kuas bristle

---

8. Jus buah : gelatin membuat warnanya tampak cerah.

9. Shampo : asam lemak dari tulang digunakan untuk membuat penampilannya terlihat seperti mutiara.

10. Lilin : asam lemak dari tulang memperkeras bahan lilin (wax) dan meningkatkan titik lumernya.

11. Roti : protein dari bulu babi digunakan untuk melembutkan adonan.

12. Peluru : gelatin dari tulang digunakan untuk mempermudah proses pemasukan bubuk mesiu ke dalam cangkang peluru.

13. Tablet obat : gelatin digunakan untuk pembungkusnya agar lebih keras.

14. Bubuk pembersih / deterjen : asam lemak dari tulang, digunakan untuk mengeraskan serbuknya.

15. Cat : asam lemak dari tulang digunakan untuk meningkatkan efek kilaunya.

16. Tamborin : dibuat dari kantung kemih babi.

17. Minuman anggur : gelatin menyerap elemen keruh sehingga membuat cairannya bening

18. Kertas : gelatin dari tulang digunakan untuk meningkatkan kekakuan dan mengurangi kelembaban.

19. Heparin : digunakan untuk mencegah terjadinya pembekuan darah, diambil dari lendir yang ada di usus babi.

20. Sabun : asam lemak dari tulang digunakan untuk memperkeras dan memberi warna sabun.

21. Gabus : gelatin tulang digunakan untuk merekatkannya.

22. Insulin : diambil dari pankreas babi, karena hampir mirip dengan struktur kimia dalam tubuh manusia.

23. Yogurt : kalsium dari tulang babi ditambahkan ke dalam proses pembuatan yogurt.

24. Rokok : hemoglobin dari darah babi digunakan dalam pembuatan filter rokok yang diharapkan bisa mengurangi efek kimia yang masuk kedalam tubuh perokok.

25. Negatif film : gelatin tulang babi digunakan sebagai zat perekat pada lembaran film.

26. Makanan anjing : hemoglobin darah babi digunakan sebagai zat pewarna merah.

27. Terapi fotodinamik : hemoglobin digunakan dalam obat untuk merawat retina mata. Obat itu diaktifkan dengan menembakkan sinar laser ke dalam mata.

28. Pelembab : menggunakan asam lemak tulang babi.

29. Camilan anjing : moncongnya digoreng.

30. Krayon : asam lemak digunakan untuk mengeraskannya.

31. Sepatu / tas : lem tulang babi digunakan untuk meningkatkan tekstur dan kualitas kulit (hewan apapun). Di samping itu banyak juga sepatu yang terbuat dari kulit babi (bisa dilihat dari corak bintik pada kulit)

32. Rem kereta : abu tulang babi digunakan dalam proses produksinya.

33. Pasta gigi : glycerin babi digunakan utuk membentuk tekstur pastanya.

34. Lem transparan : lem sangat kuat yang digunakan dalam industri perkayuan, diturunkan dari kolagen babi.

35. Masker wajah : kolagen untuk menghilangkan kerut.

36. Energi alternatif : bagian-bagian sampah yang tersisa digunakan sebagai bahan bakar untuk listrik.

37. Energy bar : kolagen yang diproses merupakan sumber protein yang murah untuk para binaragawan atau mereka yang ingin membentuk tubuhnya.

38: Keju krim : gelatin menjadikannya stabil.

39. Whipped cream : gelatin memperbaiki teksturnya.

40. Permen : gelatin babi digunakan untuk bahan perekat dan pembuat gel, dan memastikan bahwa adonan permen mencapai tekstur tertentu. Sering digunakan untuk pembuatan jenis permen liquorice, permen kenyal dan permen karet.

---

Cara untuk mengindikasikan makanan yang terbuat dari babi.

“Mau tau cara membedakan bakso babi dengan bakso sapi? Kalau Bakso babi warnanya coklat muda. Jika dibelah akan terlihat dalamnya berwarna pink. Lalu karena banyaknya lemak maka biasanya bentuknya bulat sempurna serta kandungan minyaknya banyak”, jelas lulusan Jurusan Teknologi Pangan ini.

“Kerupuk kulit yang biasa disebut rambak, jika warnanya kekuningan dan permukaannya halus maka positif kerupuk tersebut dari kulit babi. Karena kalau terbuat dari kulit sapi warnanya coklat dan permukaannya kasar,” tambahnya.

Tidak hanya makanan, perkakas yang terbuat dari keramik banyak juga yang terbuat dari campuran tulang babi.

Jika anda menemui bahan keramik bertuliskan porcelain, maka itu positif terbuat dari campuran tulang babi

---

Alkohol blm tentu Khamr, Khamr bagian dari alkohol -> Khamr : etanol, metanol

Fungsi alkohol :

Alkohol adalah hasil fermentasi buah, sayuran, biji-bijian.
Gizi alkohol buruk, hanya mengandung karbohidrat, tapi tidak mengandung vitamin, mineral, ataupun protein.

Sebenarnya alkohol punya manfaat dalam kehidupan sehari-hari pelarut (obat, parfum)

- antiseptik atau pembunuh kuman
- bahan bakar

---

Di bawah ini beberapa dampak makanan haram yang masuk ke perut kita, sebagaimana banyak diungkapkan di hadis dan Al-Quran;

* 5 Dampak Langsung

1. Tidak Diterima Amalan

Rasulullah saw bersabda, "Ketahuilah bahwa suapan haram jika masuk ke dalam perut salah satu dari kalian, maka amalannya tidak diterima selama 40 hari." (HR At-Thabrani).

2. Tidak Terkabul Doa

Sa'ad bin Abi Waqash bertanya kepada Rasulullan saw, "Ya Rasulullah, doakan saya kepada Allah agar doa saya terkabul." Rasulullah menjawab, "Wahai Sa'ad, perbaikilan makananmu, maka doamu akan terkabulkan." (HR At-Thabrani). Disebutkan juga dalam hadis lain bahwa Rasulullah saw bersabda, "Seorang lelaki melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut, mukanya berdebu, menengadahkan kedua tangannya ke langit dan mengatakan, "Wahai Rabbku! Wahai Rabbku!" Padahal makanannya haram dan mulutnya disuapkan dengan yang haram, maka bagaimanakah akan diterima doa itu?" (HR Muslim).

3. Mengikis Keimanan Pelakunya

Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah peminum khamr, ketika ia meminum khamr termasuk seorang mukmin." (HR Bukhari Muslim).

4. Mencampakkan Pelakunya ke Neraka

Rasulullah saw bersabda, "Tidaklah tumbuh daging dari makanan haram, kecuali neraka lebih utama untuknya." (HR At Tirmidzi).

5. Mengeraskan Hati

Imam Ahmad ra pernah ditanya, apa yang harus dilakukan agar hati mudah menerima kesabaran, maka beliau menjawab, "Dengan memakan makanan halal." (Thabaqat Al Hanabilah : 1/219).

At Tustari, seorang mufassir juga mengatakan, "Barangsiapa ingin disingkapkan tanda-tanda orang yang jujur (shiddiqun), hendaknya tidak makan, kecuali yang halal dan mengamalkan sunnah," (Ar Risalah Al Mustarsyidin : hal 216).

* 4 Dampak Tidak Langsung

1. Haji dari Harta Haram Tertolak

Rasulullah saw bersabda, "Jika seorang keluar untuk melakukan haji dengan nafaqah haram, kemudian ia mengendarai tunggangan dan mengatakan, "Labbaik, Allahumma labbaik!" Maka yang berada di langit menyeru, "Tidak labbaik dan kau tidak memperoleh kebahagiaan! Bekalmu haram, kendaraanmu haram dan hajimu mendatangkan dosa dan tidak diterima." (HR At Thabrani)

2. Sedekahnya ditolak

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa mengumpulkan harta haram, kemudian menyedekahkannya, maka tidak ada pahala, dan dosa untuknya." (HR Ibnu Huzaimah)

4. Shalatnya tidak diterima

Dalam kitab Sya'bul Imam disebutkan, " Barangsiapa yang membeli pakaian dengan harga sepuluh dirham di antaranya uang haram, maka Allah tidak akan menerima shalatnya selama pakaian itu dikenakan." (HR Ahmad)

5. Silaturrahminya sia-sia

Rasulullah saw bersabda, "Barangsiapa mendapatkan harta dari dosa, lalu ia dengannya bersilaturahim (menyambung persaudaraan) atau bersedekah, atau membelanjakan (infaq) di jalan Allah, maka Allah menghimpun seluruhnya itu, kemudian Dia melemparkannya ke dalam neraka. Lalu Rasulullah saw bersabda, " Sebaik-baiknya agamamu adalah al-wara' (berhati-hati)." (HR Abu Daud).

Sumber: www.hidayatullah.com

---

Tips untuk mendapatkan nutrisi yang baik untuk anak, perbanyak makan : Madu, Kurma, Zaitun, Madu, Habbatussauda, Air zamzam, Daun pegagan

---

dr. Ipak Ridmah Rikenawati Msi

Hadist : Dari Abu Abdillah Nu’man bin Basyir radhiallahuanhu dia berkata: Saya mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi wasallam bersabda: Sesungguhnya yang halal itu jelas dan yang haram itu jelas. Di antara keduanya terdapat perkara-perkara yang syubhat (samar-samar) yang tidak diketahui oleh orang banyak. Maka siapa yang takut terhadap syubhat berarti dia telah menyelamatkan agama dan kehormatannya. Dan siapa yang terjerumus dalam perkara syubhat, maka akan terjerumus dalam perkara yang diharamkan. Sebagaimana penggembala yang menggembalakan hewan gembalaannya disekitar (ladang) yang dilarang untuk memasukinya, maka lambat laun dia akan memasukinya. Ketahuilah bahwa setiap raja memiliki larangan dan larangan Allah adalah apa yang Dia haramkan. Ketahuilah bahwa dalam diri ini terdapat segumpal daging, jika dia baik maka baiklah seluruh tubuh ini dan jika dia buruk, maka buruklah seluruh tubuh; ketahuilah bahwa dia adalah hati “. (Riwayat Bukhori dan Muslim)

---


Mengapa harus halal ?

Sesungguhnya Allah telah menurunkan penyakit dan obat, dan menjadikan untuk kamu setiap penyakit ada obatnya, oleh karena itu berobatlah tapi jangan berobat dengan yang haram (HR Abu Dawud)

Sesungguhnya Allah tidak menjadikan kesembuhanmu dengan sesuatu yang Dia haramkan atas kamu (HR Bukhari)

Sesungguhnya yang halal itu jelas dan haram itu juga jelas. Diantaranya keduanya ada perkara-perkara yang syubhat yang tidak diketahui kebanyakan manusia.

Siapa yang menjaga dirinya dari perkara syubhat,sesungguhnya ia memelihara dirinya dan kehormatan dirinya. Dan siapa yang terjatuh dalam perkara syubhat kemungkinan ia terjatuh kedalam yang haram seperti seorang pengembala yang mengembala di sekeliling kawasan larangan maka di khawatirkan binatang binatang ternaknya akan masuk dan makan rumput di kawasan larangan itu.

Ketahuilah sesungguhnya bagi setiap raja ada kawasan larangan dan kawasan larangan Allah ialah segala yang diharamkan oleh Nya.
Ketahuilah sesungguhnya di dalam jasad manusia ada segumpal daging.Jika baik daging tersebut maka baiklah seluruh jasad dan jika rusak maka rusaklah seluruh jasad.Ketahuilah segumpal daging itu ialah hati (HR Bukhari Muslim)

Sesuatu makanan dikatakan halal jika ?

Tidak mengganggu fungsi normal tubuh dan fikiran
Bebas dari najis dan bukan produk yang diperoleh dari sumber babi, hewan yang diharamkan atau hewan yang tidak disembelih sesuai hukum syara

Halalkah obat herbal?

Macam sediaan Herbal
Infus
Dekokta
Teh
Gargarisma
Sirup
Tingtur
ekstrak

Infus
Merupakan sediaan cair yang dibuat dengan cara mengekstraksi simplisia nabati dengan air pada suhu 90◦C selama 15 menit.

Dekok
Sediaan cair yang dibuat dengan mengekstrasi sediaan herbal dengan air pada suhu 90◦C selama 30menit.

Teh
Air mendidih dituangkan ke simplisia, diamkan 5-10 menit dan saring.

Gargarisma
Dibuat dari sediaan infus,dekok,atau tingtur yang diencerkan.

Sirup
Sediaan berupa larutan dari atau yang mengandung sakarosa.

Tingtur
Sediaan cair yang dibuat dengan cara maserasi atau perkolasi simplisia dengan pelarut.
Ekstrak

Sediaan kering, kental atau cair dibuat dengan penyari simplisia. Cairan penyari dapat berupa :
Air
Etanol
Eter
Campuran air dan etanol

Halalkah obat kimia ?
Macam macam sediaan obat sintetik, antara lain :
Tablet
Kapsul
Supositoria
Salep
Cream
Sediaan cair

Ekstrak jaringan mamalia
Masih dipertanyakan kehalalannya
Contoh calsitonin, hydrocortisol (cortisol), heparin, parathyroid, beberapa hormon sex, kortikotropin, beberapa enzim, insulin, hormon pituitari, thyroid

Bahan aktif manusia
Semua bagian dari tubuh manusia haram dimakan dan dijadikan obat.
Contoh L-systein (dari rambut), darah, plasenta, cairan amnion, embrio manusia.


Air Ketuban, sering digunakan dalam krim wajah, shampoo dan sabun
Janin manusia, dipercaya mengandung bahan-bahan yang dapat mempercantik kulit. Diperoleh dari janin yang meninggal dalam proses persalinan atau yang sengaja digugurkan

Kapsul, Cangkang dari gelatin (sapi,babi,ikan). Kira-kira 60% dari gelatin yang digunakan oleh parke-Davis dan RP Scherer dari kanada berasal dari babi.

Tablet Salut
Tablet salut biasa menggunakan gula + pati disuspensikan dalam gom atau gelatin

Salep dan supposituria
Salep mengandung vaselin, lanolin, asam stearat, tween 80.
Supposituria menggunakan lemak coklat, campuran minyak nabati (natural)
Bila menggunakan basis sintetik mudah patah sehingga ditambah gliserin, asam lemak dll.
Kadang-kadang menggunakan basis gelatin

Sediaan Cair
Untuk sirup/obat kumur : sering digunakan etanol sebagai pelarut. Untuk mengurangi etanol dapat dipakai gliserin
Tetes telinga, selain air sering digunakan gliserin
Untuk suspensi memakai agen pensuspensi dan pada emulsi dipakai emulsifier

Insulin
Hormon insulin dapat di ekstraksi dari pankreas babi, sapi , campuran, dan produk dari bakteri hasil rekayasa genetik
Dibandingkan insulin sapi, insulin babi lebih mirip dengan insulin manusia
AS dan Eropa memproduksi insulin manusia hasil modifikasi dan pemurnian insulin babi


Apakah insulin dan kapsul gelatin yang beredar di Indonesia berasal dari babi? Tak ada yang tahu, kecuali kalau BPOM mengeluarkan sertifikat khusus untuk itu, dimana sebaiknya LP POM MUI memverifikasinya.

Enzym
Proteolytic enzym ( untuk pasien yang kekurangan enzim pencernaan) diambil dari permukaan lambung babi atau domba.
Tumbuhan : pepaya
Pancreatin( Vitazym, Enzymfort, Pancreon, Tripanzym) diambil dari pankreas mamalia (berasal dari apa ?)

Zat berbahaya yang mungkin terdapat di vaksin
Aluminium mendorong pembentukan antibody DPT, hepatitis B
Formal dehid menonaktifkan kuman
Neomisin MMR, polio
Merkuri : MMR, DPT
Semua zat ini dalam dosis sangat kecil tapi tetap berpotensi merusak tubuh anak


Allah Swt, yang Maha Pengasih dan Penyayang, telah membekalkan kepada setiap manusia sistem pertahanan tubuh yang lengkap guna melawan dan menghancurkan benda asing (patogen) berupa Sel darah putih. Sistem pertahanan tubuh yang sehat, ianya mampu untuk melawan dan merawat kesehatan tubuh dengan cara Self Healing, Self Cleansing dan Self Protection

Obat halal :
Obat kimia yang bersertifikat halal
Obat herbal dalam bentuk simplisia
Obat herbal dengan ekstrak air
Obat herbal dalam sediaan infus, dekok, teh, gargarisma dan sirup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut