19 Desember 2013

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 10 Des 2013 Ustadzah Lulung Umrulain

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 10 Des 2013
Tema : Ustadzah Lulung Umrulain
Pembicara : Jangan marah

Jauhi mitos dan tathayyur

Tathayyur itu syirik, tathayyur itu syirik dan tidak ada di antara kita melainkan (pernah terbesit dalam hatinya sesuatu dari tathayyur) Akan tetapi Allah subhanahu wa ta ‘ala menghilangkannya dengan tawakkal

---

Macam macam marah :

1. Ghodhoba : Marah yang di luapkan

QS Al Fatihah

Hadist : Diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ada seorang lelaki berkata kepada Nabi shollallohu ‘alaihi wa sallam, “Berilah saya nasihat.” Beliau shollallohu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Jangan marah.” Lelaki itu terus mengulang-ulang permintaannya dan beliau tetap menjawab, “Jangan marah.” (HR. Bukhari).

---

marah itu membinasakan iman, seperti racun yang membinasakan air madu

tiada marah seorang itu melainkan mendekati ia pada api neraka jahannam

Bahwasanya marah itu dari syetan, dan bahwasanya syetan itu dijadikan dari pada api. Dan bahwasanya api itu dapat padam dengan air. Maka apabila datang marah kepadamu, maka hendaklah engkau mengambil air wudhu

---


2. Sukhti : Marah yang hanya ditahan tidak disampaikan secara langsung

Asal kalimat lengkapnya : ridollahu fi rido walidayni wa sukhtullah fi sukhti walidaini

Artinya :

keridhoaan Allah ada pada keridhoaan kedua orang tua dan murkanya Allah juga terdapat pada marahnya kedua orang tua

---

Sifat manusia, jika diberi, tidak merasa bersyukur, namun ketika tidak diberi, dia menyebut "tidak diberi" nya itu, melupakan "yang sudah diberi"

QS At Taubah : 58

Dan di antara mereka ada orang yang mencelamu tentang (pembagian) zakat; jika mereka diberi sebagian daripadanya, mereka bersenang hati, dan jika mereka tidak diberi sebagian daripadanya, dengan serta merta mereka menjadi marah

---

Manusia bersifat bashar/biasa

QS Al Kahfi : 110

Katakanlah: Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: Bahwa sesungguhnya Ilah kamu itu adalah Ilah Yang Esa. Barangsiapa mengharap perjumpaan dengan Rabbnya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorangpun dalam beribadat kepada Rabb-nya.

3. Sahito : Marah yang disimpan dihati

4. Ghoizo : Sabar di hati

Doa : Allahummaghfirlii dzanbii wa adzhib ghoizo qolbii wa ajirnii minasysyaitoni

Artinya :

Ya Allah, ampunilah segala dosaku, marah dalam hatiku, dan peliharalah dari godaan setan yang terkutuk

---

Ciri ciri orang yang beriman :

Qs Ali Imran : 133-135

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui

---

Nabi kalau urusan pribadi beliau yang diusik, tidak pernah marah, Nabi kalau urusan agama beliau yang diusik, beliau marah

---

Seandainya kita dianiaya, tetaplah memendam, jangan mengeluarkan kata kata yang buruk

QS Annisa : 148

Allah tidak menyukai ucapan buruk, (yang diucapkan) dengan terus terang kecuali oleh orang yang dianiaya. Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

---

Jika kita didzolimi, boleh membalas, namun kalau kita memaafkan, itu jauh lebih baik

QS Asy Syu'ara : 39-41

Dan (bagi) orang-orang yang apabila mereka diperlakukan dengan zalim mereka membela diri, Dan balasan suatu kejahatan adalah kejahatan yang serupa, maka barangsiapa memaafkan dan berbuat baik maka pahalanya atas (tanggungan) Allah. Sesungguhnya Dia tidak menyukai orang-orang yang zalim. Dan sesungguhnya orang-orang yang membela diri sesudah teraniaya, tidak ada suatu dosapun atas mereka.

---

Perbedaan antara setan/jin/iblis

Setan/Syetan : jauh dari rahmat Allah

Jin : Tidak terlihat, tersimpan

QS Al A'raf : 27

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapakmu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman.

Iblis : cemberut, putus asa

---

Syech Albani : Jika kamu marah dalam keadaan berdiri, duduklah. Jika kamu masih marah, padahal sudah dalam keadaan duduk, berbaringlah. Jika kamu masih marah, padahal sudah dalam keadaan berbaring, segera bangkit dan ambil air wudu untuk bersuci dan lakukan shalat sunah dua rakaat

---

Rasulullah tidak pernah melibatkan emosi. Ketika sedang marah kepada Aisyah, beliau berkata, “Tutuplah matamu!” Kemudian Aisyah menutup matanya dengan perasaan cemas, khawatir dimarahi Rasulullah. Nabi berkata, “Mendekatlah!” Tatkala Aisyah mendekat, Rasulullah kemudian memeluk Aisyah sambil berkata, “Humairahku, telah pergi marahku setelah memelukmu.”

Tidak pernah ada kalimat kasar dan menyakitkan dalam rumah tangga Rasulullah. Bahkan, beliau biasa memijit hidung Aisyah jika dia marah, sambil berkata, “Wahai Aisyah, bacalah do’a, ‘Wahai Tuhanku, Tuhan Muhammad, ampunilah dosa-dosaku, hilangkanlah kekerasan hatiku, dan lindungilah diriku dari fitnah yang menyesatkan’.” (HR Ibnu Sunni).

http://www.republika.co.id/berita/dunia-islam/hikmah/13/09/17/mt8pzo-cara-rasulullah-saw-memuliakan-istrinya

---

Rosulullah saw bersabda, "Wahai sekalian kaum wanita, bersedekahlah, dan perbanyak istighfar, karena sesungguhnya aku melihat kalian adalah kebanyakan penghuni neraka!" Seorang wanita dari mereka bertanya, "Wahai Rosulullah, mengapa kami menjadi kebanyakan penghuni neraka?". Beliau menjawab, "Kalian terlalu banyak melaknat, dan ingkar (tidak bersyukur) terhadap (kebaikan) suami, aku tidak melihat orang yg kurang akal dan agamanya bisa mengalahkan orang yg berakal kecuali kalian". Ia menjawab; "Apa maksudnya kurang akal dan agama?". Beliau menjawab, "Persaksian dua orang wanita sama dengan seorang lelaki, dan ia (wanita) berdiam diri beberapa hari tanpa shalat" (HR Muslim)

---

Sesungguhnya setan, apabila mendengar surat Al-Baqarah dibacakan dalam rumah, maka dia akan keluar dari rumah itu (HR Ad Darimi)

---

Siapakah orang yang harus di rukyah ?

1. Bisa mendengar apa yang orang lain tidak dengar
2. Bisa melihat apa yang orang lain tidak melihat
3. Anak kecil yang rewel di waktu tertentu
4. Orang gila
5. Orang yang pernah diculik jin

---

Keutamaan memakai pakaian yang layak/Indah

QS Al A'raf : 26

Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan pakaian untuk menutupi auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian taqwa itulah yang baik. Yang demikian itu adalah sebagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudahan mereka selalu ingat

---

Jika istri memiliki suami yang tidak taat, berdoalah, seperti halnya Asiyah yang mendoakan suaminya dan dirinya sendiri

QS At Tahrim : 10-11

Allah membuat isteri Nuh dan isteri Luth perumpamaan bagi orang-orang kafir. Keduanya berada di bawah pengawasan dua orang hamba yang saleh di antara hamba-hamba Kami; lalu kedua isteri itu berkhianat kepada kedua suaminya, maka kedua suaminya itu tiada dapat membantu mereka sedikitpun dari (siksa) Allah; dan dikatakan (kepada keduanya): Masuklah ke neraka bersama orang-orang yang masuk (neraka) Dan Allah membuat isteri Firaun perumpamaan bagi orang yang beriman, ketika ia berkata: Ya Rabbku, bangunlah untukku sebuah rumah di sisi-Mu dalam surga dan selamatkanlah aku dari Firaun dan perbuatannya dan selamatkanlah aku dari kaum yang zalim.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut