12 Desember 2013

Milad ke 2 Hijabersmom Community Tanggal 8 Des 2013 Talkshow Manfaat yogurt

Event : Milad ke 2 Hijabersmom Community
Tanggal : 12 Des 2013
Tema : Talkshow Manfaat yogurt
Pembicara : Ivone

Apakah Yogurt ?
Yogurt : hasil fermentasi

Yogurt
Yogurt telah dikenal dan dikonsumsi sejak 4,5 abad yang lalu. Ditemukan secara tidak sengaja oleh Bangsa Bulgar, orang nomadik yang mulai bermigrasi ke Eropa pada abad ke-2 M dan akhirnya menetap di Balkan pada akhir abad ke-7.

Terminologi Yogurt

Kata “Yogurt” diambil dari bahasa Turki yoğurt (pengucapan: [jɔˈurt]) diambil dari kata sifat ‘yoğun’, yang berarti “padat” dan “tebal”

Teori bahwa yogurt digunakan oleh orang-orang Turki kuno didasarkan pada buku Diwan Lughat al-Turk oleh Mahmud Kashgari dan buku Kutadgu Bilig oleh Yusuf Has Hajib yang ditulis pada abad ke-11.

Insiden Raja Perancis

Pertama kali orang Eropa : sejarah klinik Perancis. Raja Francis I menderita diare yang mematikan dan tidak ada dokter Perancis yang mampu menyembuhkannya. Namun, sekutunya The Great Suleiman mengirim seorang dokter dan dengan bantuan yogurt, Raja dapat disembuhkan.

Saat ini olahan susu ini sudah menjadi makanan bernutrisi yang dikenal orang di seluruh dunia.

Manfaat yogurt

1. Pencernaan lebih sehat, mencegah kanker usus. Bakteri probiotik melawan bakteri patogen dalam usus. Flora dalam usus yang ditumbuhi bakteri baik, sulit ditumbuhi bakteri patogen
Kanker saluran cerna, banyak terjadi di usus besar. Penyebabnya adalah ketidakseimbangan yang menyebabkan penumpukan zat-zat yang seharusnya dibuang. Bakteri baik, dapat mengubah za-zat yang bersifat prekarsinogenik , sehingga mencegah terjadinya kanker usus

2. Melancarkan BAB, Sembelit, disebabkan karena keseimbangan bakteri usus terganggu. Agar lancar BAB, jumlah bakteri baik harus lebih banyak dari bakteri jahat.

Akibat jangka panjang

3. Membantu menurunkan berat badan, Calcium nya memberi isyarat kepada sel lemak untuk mengeluarkan lebih sedikit cortisol, sehingga akan mempermudah program penurunan berat badan.
Asam amino nya membantu membakar lemak.

4. Membantu penderita Lactoce intolerance. Orang yang tidak bisa minum susu (diare kalau minum susu), disebabkan karena kekurangan enzim pencerna laktosa. Laktosa susu, tertinggal di permukaan usus dan menyerap air, menjadi diare. Dalam yogurt, Laktosanya sudah diurai oleh BAL, sehingga mudah diserap tubuh.

Susu perlu diminum oleh wanita

“Perempuan, harus rajin minum susu, agar sehat, tulang tidak keropos dan kulit mulus ” 

5. Tulang tidak keropos, Kalsium dan Vit D: mencegah osteoporosis, menguatkan tulang

Kulit mulus

Zat besi: mempertahankan kulit tetap bersinar
Asam beta hydroxy, membuat terkelupasnya sel kulit mati dan menggantinya dengan sel kulit baru

Seng : menyembuhkan luka dengan cepat

6. Mencegah tekanan darah tinggi, Yogurt merupakan sumber potassium, phosphorous, riboflavin, iodine, zinc, vitamin B5 (pantothenic acid). Potasium : menggerakkan dinding pembuluh darah agar tetap stabil, menghindarkan dari penyakit darah tinggi dan jantung

7. Mencegah jantung koroner, Pada saat proses fermentasi BAL akan meningkatkan mutu protein dalam asam amino susu. BAL juga akan menghasilkan asam folat dan vitamin B kompleks, yang menurut berbagai penelitian, kedua vitamin ini berguna mencegah munculnya penyakit jantung koroner

Magnesium: menguatkan jantung dan sistem saraf sehingga tidak mudah lelah

8. Menurunkan Kolesterol, Kolesterol baik, dibutuhkan oleh tubuh. Namun kolesterol jahat tidak boleh berlebih. BAL akan mendegradasi kolesterol jahat menjadi coprostanol. Copostranol ini tidak dapat diserap usus, sehingga akan keluar bersama tinja.

9. Menetralisir antibiotik, Ketika mengkonsumsi antibiotik, bakteri baik dalam usus, juga terbunuh. Dengan yogurt, maka jumlah bakteri baik akan bertambah kembali.

10. Menghilangkan nafas tak sedap, Nafas tak sedap dapat berasal dari banyak bakteri jahat di gigi, gusi dan usus, Bisa juga ada bakteri helicopbacter pylori, yaitu penyebab sakit maag. Bakteri baik dalam Yogurt, dapat membunuh bakteri jahat tersebut

11. Mencegah keputihan pada wanita, Kesimbangan pH terganggung sehingga bakteri jahat tumbuh. Yogurt membuat keseimbangan pH sehingga bakteri jahat mati, Yogurt mengandung bakteri baik, yang dapat melawan bakteri jahat disana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut