07 Januari 2015

Pengajian Majelis Reboan Masjid Alatief Pasaraya Blok M 7 Januari 2015 dr. Agus Rahmadi Halal Haram Dalam Pengobatan

Event : Pengajian Majelis Reboan Masjid Alatief Pasaraya Blok M
Tanggal : 7 Januari 2015
Pembicara : dr. Agus Rahmadi
Tema : Halal Haram Dalam Pengobatan

Tidur :
Rasulullah saw pernah melewati seorang laki laki yang tidur dengan posisi tengkurap maka beliau bersabda, "Sesungguhnya ini adalah posisi tidur yang tidak disukai oleh Allah SWT." (HR. Ahmad)

Posisi tidur yg bagus adalah miring ke kanan
- Dari sisi ekonomi : efektif & efisien (1 kasur bisa muat orang banyak)
- Dari sisi kesehatan : posisi jantung lebih tinggi dr otak sehingga nutrisi dari jantung lebih banyak ke otak. Posisi sujud juga sama, otak lebih rendah. Hal ini berguna mencegah pikun & migren.

Jika kita berdiri, nutrisi dr jantung paling banyak menuju lambung/perut krn pengaruh gravitasi sehingga otak paling sedikit menerima nutrisi dari jantung.

Ketika kita tidur miring ke kanan & sujud ketika sholat total sekitar 12 jam maka akan proporsional nutrisi yang mengalir ke otak & badan setiap harinya.

---

Siwak :

Jika saja tidak memberatkan umatku sudah pasti akan aku wajibkan kepada mereka bersiwak setiap kali wudhu (HR Imam malik)

---

Makan :

"Tempat paling jelek yang diisi oleh manusia adalah perutnya, cukup baginya makanan beberapa suapan untuk menegakkan tulang punggungnya jika tidak dapat, maka 1/3 untuk makanan, 1/3 untuk minuman, 1/3 untuk nafasnya." (HR. Tirmidzi)

Cara Rasul makan :
- Iq'a (duduk dengan meninggikan/mengangkat kaki kanan)
Manfaatnya : makanan bisa sampai langsung ke lambung. Jika makan sambil berdiri maka ada tahanan di perutnya. Jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan sakit & mual di pagi hari.

Makan dengan tangan kanan & hanya menggunakan 3 jari (jempol, telunjuk, jari tengah)
Makan dengan sumpit : dzalim karena menebang pohon.
Makan dengan sendok : resiko penularan

Menjilat jari jari tangan selesai makan :
- Merangsang air liur untuk keluar lebih banyak (enzim amilase)
- Kandungan enzim yang ada pada tangan atau jari kita tadi akan lebih cepat bercampur dengan makanan & seterusnya memudahkan proses pencernaan.

“Apabila seorang daripada kamu sudah selesai makan, jangan dibersihkan jarinya sebelum dia menjilatnya”. (HR. Muslim)

Tidak tidur setelah makan :
- Menyebabkan hatinya keras (beracun buat hati)
Hindarilah perut yg kenyang karena dapat merusak agama, menimbulkan penyakit dan membuat malas dalam ibadah (HR Abu Nuaim)

Hancurkan makananmu dengan zikir dan sholat serta jangan tidur setelah makan maka hatimu menjadi keras (HR Ibnu sunni, Thabrani, Baihaqi)

"Barangsiapa ingin diperbanyak kebaikan dalam rumahnya maka berwudhulah sebelum makan dan sesudahnya" (HR Ibnu Majah)

”Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah yang Maha Tinggi & shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras”. (HR. Abu Naim dg sanad dha’if)

Makan malam sebaiknya sebelum Maghrib & tidur setelah Isya' (agar bisa ibadah 2/3 malam)

---

Minum :

"Apabila kalian minum, jangan bernafas dalam tempat air minum, jika berada dalam kamar kecil jangan memegang kemaluannya dengan tangan kanan dan jangan membersihkannya dengan tangan kanan (HR Bukhori)

"Jangan minum dengan sekali nafas seperti minumnya unta, tetapi minumlah 2 atau 3 kali, Ucapkan basmallah jika kalian minum dan baca hamdalah jika kalian selesai minum " HR Ahmad dan Muslim

Ibnu Abbas berkata Rasulullah melarang meniup makanan dan minuman (HR Ahmad)

Jangan meniup makanan/minuman :
Apabila kita tiup, kita akan mengeluarkan CO2/Karbon Dioksida yg apabila bercampur dengan air (H20) akan menjadi H2CO3 = cuka yang menyebabkan makanan/minuman itu menjadi acid.

Jangan minum dengan sekali nafas :
Sesungguhnya Rasulullah saw menarik nafas tiga kali pada bejana bila Beliau minum. Beliau bersabda : “Cara seperti ini lebih menyenangkan dan menimbulkan kepuasan.”(Diriwayatkan oleh Qutaibah bin Sa’id, dan diriwayatkan pula oleh Yusuf bin Hammad, keduanya menerima dari `Abdul Warits bin Sa’id, dari Abi `Ashim, yg bersumber dari Anas bin Malik r.a)

---

Sunnah Fitrah

"Ada 5 sunnah fitrah ada 5 : khitan, mencukur bulu kemaluan, mencabut bulu ketiak, memotong kuku, memendekkan kumis." (HR. Bukhari, Muslim, Tirmidzi, Nasai, Abu Dawud, Ibnu Majah, Imam Ahmad & Imam Malik)

Khitan bermanfaat bagi kesehatan untuk mencegah penyakit.
Parasit Sarcoptes Scaber senang hidup di bulu kemaluanyang menyebabkan keputihan. Maka sebaiknya dicukur tiap 40 hari.
Mencabut bulu ketiak menyebabkan kelenjar minyak & keringat akan kering (mencegah bau badan)
Kuman banyak bersarang di daerah kuku yang kotor. Gunakan kaidah sunnah cara memotong kuku Rasulullah

---

Wudhu

"Sempurnakanlah wuhdu, ratakanlah air diantara jari jemari dan bersungguhlah dalam intinsyaq kecuali kamu berpuasa (HR Bukhari dan Muslim)

Penelitian di universitas Alexandria oleh dr Musthafa syahatah Dekan Fakultas THT meneliti bahwa jumlah kuman pada orang yang berwudhu lebih deikit daripada orang yang tidak berwudhu

Dengan berintinsyaq dapat mencegah timbulnya penyakit hidung

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu hendak mengerjakan shalat, maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kakimu sampai dengan kedua mata kaki...”(Q.S Al-Maidah 5:6)
Rasul tidak pernah ngupil karena ketika wudlu ber-istinsyaq (menghirup air ke hidung)
Terapi istinsyaq baik untuk penderita sinusitis.

---

Olahraga :

"Segala sesuatu selain zikir kepada Allah adalah sia sia kecuali 4 perkara : berjalannya seseorang antara 2 tujuan, melatih kudanya, mencumbu istrinya dan belajar berenang (HR Thabrani dan Bazzar)

Rasulullah melakukan olahraga lari dan gulat

Dalam sholat merupakan sebuah olahraga tubuh dimana sholat mengandung 113 gerakan (39 gerakan rukuk, 7 gerakan sujud)

"Orang mukmin yang kuat itu lebih baik dan lebih Allah kasihi daripada mukmin yang lemah." (HR. Muslim)

Sebaik-baik obat ketika sakit yaitu :
1. Sholat Khusyu'
Sahabat Rasul pernah ada yang kakinya kena panah. Ketika beliau sholat panah tesebut dicabut & tidak merasa sakit.
2. Tilawah Qur'an
Dengarkan orang mengaji/lewat CD
Percobaan : ada perbedaan ketika benih tanaman yang distelkan Al-Qur'an & musik rock

---

Pengobatan Luka :
Pernah Ali datang membawa perisai berisi air, lalu Fatimah membersihkan darah yang ada di wajah beliau lalu diambilnya tikar kemudian dibakar dan ditempelkan pada lukanya (HR Bukhori)

---

Pengobatan Sakit Pinggang :
Telah menceritakan kepada kami Abu Dwud telah mengabarkan kepada kami Syu'bah dari Khalid Al Hadzdza ia berkata, Saya mendengar Abu Abdullah Yakni Maimun, menceritakan dari Zaid bin Arqam bahwa Rasulullah shalallahu 'alaihi wasallam memerintahkan mereka untuk berobat dari sakit pinggang dengan kayu cendana India dan minyak zaitun (HR Ahmad)

---

Pengobatan sakit kepala :
Tidak ada seorangpun yang mengadu sakit kepala kepada Rasulullah Shalallahu 'alaihi wasallam kecuali beliau mengatakan kepadanya agar berbekam dan tidalah sakit di kedua kaki kecuali beliau mengatakan agar mengecat keduanya dengan daun pacar (HR Ahmad)

---

Madu :
Gunakanlah selalu dua macam obat yaitu Al Quran dan madu (HR Bukhori)

Bahwa seorang laki laki datang kepada Nabi shalallahu 'alaihi wasallam sedang menderita sakit perut. "Beliau bersabda: Minumilah madu, kemudian laki laki itu datang kedua kalianya, lalu beliau tetap bersabda"Minumilah madu kemudian laki laki itu datang yang ketiga kalinya, beliau bersabda"MInumilah masu, Kemudian dia datang lagi sambil berkata " Aku telah melakukannya. Maka beliau bersabda" Maha benar Allah, dan perut saudaramulah yang berdusta, berilah minum madu, Lalu iapun meminuminya madu dan akhirnya sembuh (HR Bukhori)

---

Habbatussaudah :
"Hendaklah kalian mengkonsumsi jintan hitam, karena jintan hitam mengandung obat untuk segala penyakit kecuali kematian" (HR Bukhori Muslim)

Diawal tahun 1960, Professor El Dakhakny melaporkan bahwa minyak black seed memiliki kemampuan meredakan radang dan sanget berguna untuk mengobati radang sendi.

Pada tahun 1995 sekelompok ilmuwan di Pharmacology reserach laboratories departement of pharmacy kings college London memutuskan untuk melakukan sebuah tes efektifitas minyak Nigellan sativa dan derivannya thymoquinine sebagai obat radang, Hasil studi mereka menemukan bahwa minyak menghambat pertumbuhan eicosanoid dan menunjukkan aktifitas sel anti oksidan

---

Penelitian Kurma :
Selulosa amat berguna untuk mengatur eristaltik usus sedangkan hemiselulosa dan pektin mampu menyerap banyak air dalam usus besar sehingga memberi bentuk pada sisa makanan yang akan dikeluarkan

Kandungan zat dalam kurma sangat membantu kontraksi rahim dan menambah kekuatan dorongan untuk melahirkan, dan zat ini serupa dengan hormon oksitosin yang dapat menstabilkan kelenjar pituari (kelenjar di bawah otak)

Berdasarkan penelitian terhadap pola makan yang dilakukan pada 859 orang pria dan wanita berusia diatas 50 tahun di California utara, AS diantara mereka yang konsumsi kaliumnya paling rendah, harapan meninggal akibat stroke 2,6 kali pada pria dan 4,8 kali pada wanita. Para peneliti menyimpulkan dengan hanya makan 1 porsi ekstra makanan kaya kalium (minimal 400 mg setiap hari) resio fatal bisa diturunkan sampai 40%. Batas kritis 400 mg kalium itu mudah sekali dipenuhi dengan makan kurma kering sekitar 65 gram saha atau setara dengan 5 butir kurma

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut