09 April 2015

Pengajian Khoirotunnisa Puri Bintaro 9 April 2015 ustadz M Fatih Karim Islam sistem kehidupan yang unik

Event : Pengajian Khoirotunnisa Puri Bintaro
Tanggal : 9 April 2015
Pembicara : ustadz M Fatih Karim
Tema : Islam sistem kehidupan yang unik

Manusia diminta pertanggung jawaban Allah

Qs Al Qiyamah : 36
Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?

Qs Al Isra' : 36
Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggungjawabannya.

---

Hadist Keutamaan Istiqomah :
Dari Aisyah Ra. berkata : Nabi pernah ditanya :”Manakah amal yang paling dicintai Allah? Beliau bersabda :”Yang dilakukan secara terus menerus meskipun sedikit”. Beliau bersabda lagi :”Dan lakukanlah amal-amal itu, sekadar kalian sanggup melakukannya.” (HR. Bukhari)

---

Doa yang diucapkan oleh Rasulullah SAW, ketika memasuki bulan Rajab :

(Allahuma bariklana fii Rojaba wa Sya’bana wabaligna Romadhona)

Artinya : Ya Allah berkahi hidup kami di bulan Rajab ini, dan juga di bulan Sya’ban, serta panjangkan umur kami hingga bulan Ramadhon

Semoga kita masih diberikan kesempatan untuk bertemu ramadhan
Semoga ramadhan tahun lalu bukan ramadhan terakhir kita

---

Islam agama yg "sempurna", semua hal telah ada tuntunannya :

Qs Ali Imran : 3
... Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu. Maka barang siapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa, sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Contoh : Pendidikan anak dimulai dari pemilihan calon pasangan hidup

Dari Abu Hurairah – rhadiyallahu anhu – dari Nabi Muhammad SAW, beliau berkata: Seorang perempuan dinikahi karena empat perkara, karena hartanya, karena kedudukannya, karena kecantikannya, (atau) karena agamanya. Pilihlah yang beragama, maka kau akan beruntung

Dari Ibnu Majah, dari Umar, hadits marfu’, bahwasanya Rasulullah saw pernah berkata: “Janganlah kalian menikahi perempuan karena keelokannya, karena boleh jadi keelokannya itu akan binasa, jangan pula kalian menikahi perempuan karena hartanya, karena boleh jadi hartanya itu akan membuatnya berlaku angkuh/sombong/melampaui batas, tapi nikahilah seorang wanita karena agamanya, dan (ketahuilah) bahwa budak wanita yang hitam legam namun beragama itu lebih baik.

Jangan ambil panduan hidup yang bukan dari Islam

Allah SWT telah memberikan kepada kita sekalian umat manusia berbagai macam nikmat, dalam jumlah yang tiada terhingga banyaknya, baik yang terasa maupun yang tidak disadari, baik yang diminta maupun tanpa diminta terlebih dahulu, seperti nikmat penglihatan, pendengaran, kesempurnaan anggota tubuh dan lain-lain. Sehingga apabila seluruh air yang ada di lautan dan daratan dijadikan tinta serta seluruh dedaunan di muka bumi ini dijadikan catatan, maka tidak akan cukup untuk menuliskan seluruh nikmat yang telah Allah berikan kepada kita manusia. Dan bahkan kita sama sekali tidak akan mampu menghitungnya.

Qs An Nahl : 18
"Dan Dia telah memberikan kepadamu (keperluanmu) dari segala apa yang kamu mohonkan kepadanya. Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat dzalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah)”.

Islam menjadi way of life kita "Cukup" tidak perlu yang lainnya

Islam menjadi solusi permasalahan, "Nikmat" jadi perintah/panduan apapun terasa "nikmat" menjalankannya

Islam telah menjadi pilihan kita, inilah yang menyebabkan Allah ridho, ciri cirinya sesuai dengan perintah Allah, membuat hati tenang, senang

Apa ciri ciri dosa? Tidak tenang hati nurani.

Suatu saat sejumlah sahabat berkumpul di hadapan Rasulullah saw dalam sebuah majelis. Di antara mereka ada seorang laki-laki bernama Wabishah bin Ma'bad, yang ingin sekali mengajukan pertanyaan perihal kebajikan dan dosa. Menanggapi pertanyaan itu Rasulullah saw meletakkan tangan di dada orang itu dan bersabda: ''Hai Wabishah, bertanyalah kepada dirimu sendiri. Kebajikan adalah apa yang dapat membuat hati dan jiwa tenang, sedangkan dosa adalah apa yang bergejolak di dalam hati dan ketidakpastian di dalam dada, walaupun orang telah memberimu fatwa (nasihat, pertimbangan),'' (Hadis Riwayat Ahmad)

Panduan islam dalam berhijab :

Qs Al Ahzab : 59
Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Qs An Nur : 31
Dan janganlah mereka Menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya”

Kaidah hijab :
Pakaian yang longgar, tidak transparan, tidak membentuk lekuk tubuh, tidak menyerupai lawan jenis

Pendidikan seksulitas anak dalam islam, contohnya :

Pisahkan tempat tidur anak berdasarkan jenis kelamin

Hadits, “Perintahkan anakmu shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah ia jika berusia sepuluh tahun, pisahkan tempat tidur mereka.” (Ahmad, Abu Daud, dan Hakim, yang mengatakan hadits ini shahih sesuai dengan persyaratan Imam Muslim)

Ajarkan adab mengetuk pintu kamar ketika hendak memasuki kamar orang tuanya

Qs An Nur : 58

Hai orang-orang yang beriman, hendaklah budak-budak (lelaki dan wanita) yang kamu miliki, dan orang-orang yang belum balig diantara kamu, meminta izin kepada kamu tiga kali (dalam satu hari) yaitu: sebelum shalat subuh, ketika kamu menanggalkan pakaian (luar)mu di tengah hari dan sesudah sesudah shalat Isya. (Itulah) tiga aurat bagi kamu. Tidak ada dosa atasmu dan tidak (pula) atas mereka selain dari (tiga waktu) itu. Mereka melayani kamu, sebagian kamu (ada keperluan) kepada sebagian (yang lain). Demikianlah Allah menjelaskan ayat-ayat bagi kamu. Dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut