04 November 2015

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 3 Nov 2015 Ustadz Samsul Rahman Bekerjasama dalam islam

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 3 Nov 2015
Pemateri : Ustadz Samsul Rahman
Tema : Bekerjasama dalam islam

Manfaat dari air hujan salah satunya adalah untuk menjauhkan diri dari gangguan syaitan :
QS Al Anfal : 11
(Ingatlah), ketika Allah menjadikan kamu mengantuk sebagai suatu penentraman daripadaNya dan Allah menurunkan kepadamu hujan dari langit untuk mensucikan kamu dengan hujan itu dan menghilangkan dari kamu gangguan gangguan syaitan dan untuk menguatkan hatimu dan untuk menguatkan hatimu dan memperteguh dengan telapak kaki(mu)

Keutamaan berdzikir dengan membaca : Laa ilaha illallah, wallahu akbar, subhanallah, wal hamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah
Hadist : Dari ‘Abdullah bin ‘Amr, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Tidaklah seorang di muka bumi ini mengucapkan: Laa ilaha illallah, wallahu akbar, subhanallah, wal hamdulillah, wa laa hawla wa laa quwwata illa billah, melainkan dosa-dosanya akan dihapus walaupun sebanyak buih di lautan.” (HR. Ahmad)

Jangan membiasakan diri menjadi mental peminta minta, jadilah mental pemberi :
Dari Hakîm bin Hizâm Radhiyallahu anhu, dari Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam , Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda : Tangan yang di atas lebih baik daripada tangan yang di bawah. Dan mulailah dari orang yang menjadi tanggunganmu. Dan sebaik-sebaik sedekah adalah yang dikeluarkan dari orang yang tidak membutuhkannya. Barangsiapa menjaga kehormatan dirinya maka Allâh akan menjaganya dan barangsiapa yang merasa cukup maka Allâh akan memberikan kecukupan kepadanya.” (HR Bukhori)

Keutamaan tolong menolong di dalam Islam :
QS Al Maidah : 2
... Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan taqwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertaqwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya

Salah satu ciri orang bertaqwa, memiliki sikap suka menolong orang lain

Penampilan, Harta, Jabatan, Kepandaian bukanlah hal yang membuat seseorang lebih istimewa dibanding orang lain, namun ketaqwaan lah yang utaman
QS Al Hujurat : 13
Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu

Apakah kita sudah menjadi manusia yang "baik"?
Dari Ibnu Umar bahwa seorang lelaki mendatangi Rasulullah Shallallahualaihiwassalam dan berkata,”Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling diicintai Allah ? dan amal apakah yang paling dicintai Allah swt?” Rasulullah Shallallahualaihiwassalam menjawab,”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang saudaraku untuk (menuaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada hari tidak bergemingnya kaki-kaki (hari perhitungan).” (HR. Thabrani)

We cant spell s.ccess without "u"
Jadi untuk menjadi sukses, membutuhkan "u" ya, "Kamu"

Filosofi Berjamaah
Kamu mengerjakan apa yang tidak bisa saya kerjakan
Saya mengerjakan apa yang tidak kami bisa kerjakan

Bagaimana cara tolong menolong? Salah satu caranya adalah dengan memudahkan urusan orang lain :
Dari Abu Hurairah ra, Nabi SAW, bersabda: “Barang siapa yang melepaskan satu kesusahan seorang mukmin, pasti Allah akan melepaskan darinya satu kesusahan pada hari kiamat. Barang siapa yang menjadikan mudah urusan orang lain, pasti Allah akan memudahkannya di dunia dan di akhirat. Barang siapa yang menutupi aib seorang muslim, pasti Allah akan menutupi aibnya di dunia dan di akhirat. Allah senantiasa menolong hamba Nya selama hamba Nya itu suka menolong saudaranya”. (HR. Muslim)

Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa Sallam bersabda :
Barangsiapa mencintai karena Allah, membenci karena Allah, memberi karena Allah dan menahan (tidak memberi) karena Allah. Sungguh ia telah menyempurnakan keimanan (HR Ahmad)

Hadbah bin Khasyram berkata :
Jika engkau membenci, bencilah dengan kebencian sewajarnya, karena sesungguhnya engkau tidak tahu, suatu ketika engkau akan kembali. Jadilah engkau barang tambang bagi kebaikan dan berilah maaf atas kesalahan, karena sesungguhnya engkau melihat dan mendengar apa yang engkau lakukan. Jika engkau mencintai, cintailah dengan cinta sewajarnya sebab engkau tidak tahu, suatu ketika engkau memutus cinta itu.

Falsafah 5 jari :
1. Ada si gendut jempol yang selalu berkata baik dan menyanjung.
2. Ada telunjuk yang suka menunjuk dan memerintah.
3. Ada si jangkung jari tengah yang sombong dan suka menghasut jari telunjuk.
4. Ada jari manis yang selalu menjadi teladan, baik, dan sabar sehingga diberi hadiah cincin.
5. Ada kelingking yang lemah dan penurut serta pemaaf (ingatkah anda waktu kecil kalau kita berbaikan dengan musuh kita pasti saling sentuh jari kelingking?).

Dengan perbedaan positif dan negatif yang dimiliki masing-masing jari, mereka bersatu untuk mencapai tujuan (menulis, memegang, menolong anggota tubuh yg lain, melakukan pekerjaan, dll). Sahabat, Pernahkah kita bayangkan bila tangan kita hanya terdiri dari jempol semua? Falsafah ini sederhana namun sangat berarti. Kita diciptakan dengan segala perbedaan yang kita miliki dengan tujuan untuk bersatu, saling menyayangi,saling menolong, saling membantu, saling mengisi, bukan untuk saling menuduh, menunjuk, merusak, dan bahkan membunuh. Sudahkah kasih sayang anda hari ini bertambah? Semoga bermanfaat.
http://ceceem.blogspot.co.id/2010/11/cerita-falsafah-lima-jari.html

Pahala bagi orang yang anaknya mempelajari Al-Qur’an :
“Siapa saja membaca al-Qur’an, mempelajarinya dan mengamalkannya, maka dipakaikan kepada kedua orangtuanya pada hari kiamat mahkota dari cahaya yang sinarnya bagaikan sinar matahari, dan dikenakan kepada kedua orangtuanya dua perhiasan yang nilainya tidak tertandingi oleh dunia. Keduanyapun bertanya, ‘Bagaimana dipakaikan kepada kami semuanya itu?’ Dijawab, ‘Karena anakmu telah membawa al-Qur’an.” (HR. Al-Hakim)

Pahala mengajarkannya. Sabda Nabi shalallahu ‘alaihi wasalam :
“Sebaik-baik kalian adalah siapa yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)
https://id-id.facebook.com/notes/persib-islamic-center/keberuntungan-manfaat-besar-membaca-al-quran-jangan-sia2kan-al-quran/303551146325416

Teladan Rasulullah : Hadapi tantangan dengan membangun team yang kuat

Salah satu wujud kesyukuran Rasulullah kepada Allah adalah dengan shalat malam hingga kaki beliau bengkak.
Lamanya Nabi Shallallahu Alaihi Wa Salam Mendirikan Shalat Malam Hingga Kedua Kaki Beliau Bengkak-bengkak :
Telah menceritakan kepada kami (Abu Nu'aim) berkata, telah menceritakan kepada kami (Mis'ar) dari (Ziyad) berkata : aku mendengar (Al Mughirah radliallahu 'anhu]) berkata : "Ketika Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bangun untuk mendirikan shalat (malam) hingga tampak bengkak pada kaki atau betis, Beliau dimintai keterangan tentangnya. Maka Beliau menjawab: "Apakah memang tidak sepatutnya aku menjadi hamba yang bersyukur? (HR Bukhori)

Rasulullah shalallahu alaihi wassalam mempunyai sahabat-sahabat terbaik yang dia jamin berada di surga abadi. Dan itu semua menambah kemuliaan mereka. Mereka itulah Thalhah, Ibnu ‘Auf, Az Zubair, Abu Ubaidah, Dua Sa’ad dan para khalifah. Siapa sajakah mereka?

1. Abu Bakar Ash Shiddiq ra.
Abu Bakar Ash Shiddiq merupakan laki-laki pertama yang menyatakan masuk Islam. Pengorbanan dan keberaniannya dalam menemani perjuangan Rasulullah shalallahu alaihi wassalam tercatat dalam sejarah, bahkan diabadikan di dalam Al Quran Surat At Taubah ayat ke-40. “Jikalau tidak menolongnya (Muhammad) maka sesungguhnya Allah telah menolongnya (yaitu) ketika orang-orang kafir (musyrikin Mekkah) mengeluarkannya (dari Mekkah) sedang dia salah seorang dari dua orang (Rasulullah dan Abu Bakar) ketika keduanya berada di dalam gua, di waktu dia berkata kepada temannya: “Janganlah berduka cita, sesungguhnya Allah bersama kita”. Maka Allah menurunkan ketenangan kepada (Muhammad) dan membantunya dengan tentara yang kamu tidak dapat melihatnya, dan Allah menjadikan seruan orang-orang kafir itulah yang rendah. Dan kalimat Allah itulah yang tinggi. ALlah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.”
Abu bakar juga merupakan khalifah pertama setelah Rasulullah wafat. Di usianya yang ke 63 tahun, Abu Bakar wafat. Sebanyak 142 hadist diriwayatkan dari beliau.

2. Umar Bin Khatab ra.
Umar Bin Khatab merupakan salah seorang yang sangat dikasihani oleh Rasulullah semasa hidupnya. Dan beliau juga adalah khalifah kedua sepeninggalnya Abu Bakar. Ketika Umar belum memeluk agama Islam, beliau merupakan musuh Islam yang paling ditakuti. Namun ketika Allah telah memberikan hidayahnya dan Umar bersyahadat di hadapan Rasulullah, beliau menjadi benteng Islam yang sangat kokoh, sehingga membuat kaum Quraisy berpikir berkali-kali untuk melakukan perlawanan terhadap Rasul dan sahabat. Peristiwa penting ini terjadi pada tahun keenam sesudah Nabi Muhammad diangkat menjadi nabi dan rasul Allah. Di masa kekhalifahannya, Islam berkembang sangat pesat. Mulai dari kerajaan Persia hingga Romawi Timur ditaklukannya hanya dalam kurun waktu satu tahun. Umar Bin Khatab meninggal pada usia 64 tahun karena dibunuh oleh Abu Lulu’ah.

3. Usman Bin Affan ra.
Usman diangkat menjadi khalifah setelah Umar Bin Khattab wafat. Di masa pemerintahannya seluruh tulisan-tulisan wahyu yang pernah dicatat dikumpulkan dan kemudian disusun menurut apa yang telah ditetapkan oleh Rasulullah SAW, sehingga menjadi sebuah kitab suci yang kita dapati sekarang.

4. Ali Bin Abi Thalib ra.
Ali Bin Abi Thalib merupakan suami dari putri Rasulullah yang sangat dicintainya, Fatimah. Ali dikenal sebagai sosok yang cerdas, berilmu pengetahuan yang tinggi dan terkenal dengan siasat perangnya. Ali sudah mengikuti Rasulullah sejak kecil. Ali menjadi khalifah keempat setelah Usman Bin Affan.

5. Thalhah Bin Abdullah ra.
Melalui perantara Abu Bakar Ash Shiddiq ra, Thalhah masuk Islam. Selain perang badar, Thalhah selalu aktif mengikutinya. Ketika perang Uhud, Thalhah yang mempertahankan Rasulullah sehingga terhindar dari mata pedang musuh, namun jari-jari Thalhah putus. Dalam perang Jamal pada masa pemerintahan Ali, Thalhah gugur dan dimakamkan di Basrah.

6. Zubair Bin Awaam
Zubair juga masuk Islam karena Abu Bakar. Ia pernah hijrah ke Habasyah sebanyak dua kali dan selalu aktif mengikuti peperangan. Sama seperti Thalhah, Zubair gugur dalam perang Jamal pada masa pemerintahan Ali Bin Abi Thalib dan dimakamkan di Basrah pada usia 64 tahun.

7. Sa’ad Bin Abi Waqqas
Sa’ad sudah mengikuti Islam sejak remaja. Dan ikut serta disemua peperangan. Pernah juga ditawan musuh kemudian ditebus oleh Rasulullah dengan kedua orangtuanya sendiri ketika perang Uhud. Belaiu wafat pada usia 70 tahun (di riwayat yang lain 82 tahun).

8. Sa’id Bin Zaid
Memeluk Islam sejak kecil dan aktif di semua peperangan terkecuali perang Badar. Bersama Thalhah, beliau diperintahkan oleh Rasulullah untuk mengintai pergerakan musuh (kaum Quraisy). Beliau wafat di usia 70 tahun.

9. Abdurrahman Bin Auf
Melalui Abu Bakar Siddiq, Abdurrahman Bin Auf memeluk Islam sejak kecil. Beliau mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah. Turut berhijrah ke Habasyah sebanyak 2 kali. Meninggal pada usia 72 tahun (di riwayat yang lain 75 tahun), dimakamkan di Baqi’.

10. Abu Ubaidillah Bin Jarrah
Masuk Islam bersama Usman bin Math’uun. Pernah berhijrah ke Habasyah yaitu pada periode kedua. Beliau mengikuti semua peperangan bersama Rasulullah Saw. Pada tahun 18 H Abu Ubaidillah meninggal dunia karena penyakit pes. Dan dimakamkan di Urdun yang hingga saat ini masih sering diziarahi kaum Muslimin.
http://www.fimadani.com/mengenal-10-sahabat-nabi-dijamin-masuk-surga/

Keutamaan senasip sepenanggungan di dalam Islam :
Hadist : Beliau juga mengatakan, Seorang muslim dengan muslim lainnya ibarat satu tubuh, Apabila salah satu bagian tubuh itu menderita sakit, maka seluruh anggota tubuh lainnya ikut menanggungnya (Ikut merasakan sakit) (HR Bukhori)

Seorang muslim dengan yang lainnya ibarat satu bangunan masing masing saling memperkuat satu sama lain (HR Bukhari)

Penyesalan orang yang sudah meninggal karena dimasa hidupnya dia tidak bersedekah :
QS Al Munafiqun : 10
Dan belanjakanlah sebagian dari apa yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang kematian kepada salah seorang di antara kamu; lalu ia berkata: Ya Rabbku, mengapa Engkau tidak menangguhkan (kematian) ku sampai waktu yang dekat, yang menyebabkan aku dapat bersedekah dan aku termasuk orang-orang yang saleh?

Jadilah pribadi yang mudah tersenyum
Fakta mengenai Anak kecil lebih banyak tersenyum :
Berdasarkan penelitian TED, anak-anak tersenyum sebanyak 400 kali sehari lebih banyak dibandingkan orang dewasa yang hanya tersenyum lebih dari 20 kali sehari. Anak-anak pada dasarnya lahir dengan senyuman. Gambar 3D USG menunjukkan janin tengah tersenyum di dalam rahim. Bayi yang baru lahir biasanya tersenyum beberapa hari sebelum dilahirkan, dan saat berumur enam minggu, bayi akan tersenyum saat mereka melihat langsung orang tuanya. Pada usia 6 tahun, anak-anak mampu berpura-pura tersenyum terhadap sesuatu yang tidak benar-benar mereka rasakan.
https://www.facebook.com/senyumansejutabahagia/posts/1596303160600819

Kisah tentang Muhammad Al Fatih :
Qiyamul lail, shalat tahajud, inilah senjata utama Muhammad Al Fatih dalam mengarungi kehidupan di dunia yang fana ini. Inilah Pedang Malam, yang selalu diasahnya dengan tulus ikhlas dan khusuk, ditegakkan setiap malam. Dengan pedang malam ini timbul energi yang luar biasa dari pasukan Muhammad Al Fatih. Sjarah mencatat Muhammad Al Fatih yang baru berusia 21 tahun berhasil menggapai sukses besar, menerobos benteng Konstantinopel, setelah dikepung beberapa bulan maka takluklah Konstantinopel.

Suatu hari timbul soal ketika pasukan islam hendak melaksanakan shalat jum’at yang pertama kali di kota itu. “Siapakah yang layak menjadi imam shalat jum’at?” tak ada jawaban. Tak ada yang berani yang menawarkan diri! lalu Muhammad Al Fatih tegak berdiri. Beliau meminta kepada seluruh rakyatnya untuk bangun berdiri. Kemudian beliau bertanya. “ Siapakah diantara kalian yang sejak remaja, sejak akhil baligh hingga hari ini pernah meninggalkan meninggalkan shalat wajin lima waktu, silakan duduk!!” Subhanalloh, Maha suci Allah! tak seorangpun pasukan islam yang duduk. Semua tegak berdiri. Apa artinya? Itu berarti, tentara islam pimpinan Muhammad Al Fatih sejak masa remaja mereka hingga hari ini, tak seorangpun yang meninggalkan shalat fardhu. Tak sekalipun mereka melalaikan shalat fardhu. Luar biasa.

Lalu Muhammad Al Fatih kembali bertanya : “Siapa diantara kalian yang sejak baligh dahulu hingga hari ini pernah meninggalkan shalat sunah rawatib? Kalau ada yang pernah meninggalkan shalat sunah sekali saja silakan duduk!!!”. Sebagian lainya segera duduk. Artinya, pasuka islam sejak remaja mereka ada yang teguh hati, tidak pernah meninggalkan shalat sunah setelah maghrib, dua roka’at sebelu shubuh dan shalat rowatib lainaya. Namun ada yang pernah meninggalkanya. Betapa kualitas karakter dan keimanan mereka sebagai muslim sungguh bernilai tinggi, sungguh jujur, pasukan islam Al Fatih. Dengan mengedarkan matanya ke seluruh rakyat dan pasukanya Muammad Al Fatih kembali berseru lalu bertanya : “Siapa diantara kalian yang sejak masa akhil baligh sampai hari ini pernah meninggalkan shalat tahajud di kesunyian malam? Yang pernah meninggalkan atau kosong satu malam saja, silakan duduk!”

Apa yang terjadi? Terlukislah pemandangan yang menakjubkan sejarawan barat dan timur. Semua yang hadir dengan cepat duduk!” Hanya ada seorang saja yang tetap tegak berdiri. Siapakah dia? dialah, Sultan Muhammad Al Fatih, sang penakluk benteng super power Byzantium Konstantinopel. Beliaulah yang pantas menjadi imam shalat jumat hari itu. Karena hanya Al Fatih seorang yang sejak remaja selalu mengisi butir-butir malam sunyinya dengan bersujud kepada Allah SWT, tidak pernah kosong/absen semalampun.

Dalam sejarah ditulis, bahwa pasukan Sultan Muhammad Al-Fatih tiba di kota Konstantinopel pada hari Kamis 26 Rabiul Awal 857 H atau 6 April 1453 M. Di hadapan tentaranya, Sulthan Al-Fatih lebih dahulu berkhutbah mengingatkan tentang kelebihan jihad, kepentingan memuliakan niat dan harapan kemenangan di hadapan Allah Subhana Wa Ta'ala. Dia juga membacakan ayat-ayat Al-Qur'an mengenainya serta hadis Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam tentang pembukaan kota Konstantinopel. Ini semua memberikan semangat yang tinggi pada bala tentera dan lantas mereka menyambutnya dengan zikir, pujian dan doa kepada Allah Subhana Wa Ta'ala.
http://www.daarulmuwahhid.org/dm/index.php/artikel/kisahteladan/216-kisah-ahli-tahajud-kisah-pedang-malam-al-fatih-sang-pembuka

Keutamaan shalat malam, Akan diangkat derajatnya oleh Allah, baik di dunia terlebih di akhirat
QS Al Isra : 79
Dan pada sebagian malam, lakukanlah shalat tahajud (sebagai suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji.

Keutamaan waktu waktu shalat malam
QS Al Muzzamil : 1-4
1. Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan.

Supaya hidup kita penuh berkah, perbanyak doa :
QS Al Mukminun : 29
Ya Robbi Anzilni Munzalan Mubarokan, Wa Anta Khoirul Munzilin
Ya Robbi, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati dan Engkau adalah sebaik baik yang memberi tempat

Jangan malu untuk meminta pertolongan kepada orang lain, karena ilmu yang kita miliki terbatas
Qs Al Isra : 85
Dan tiadalah kalian diberikan ilmu kecuali hanya sedikit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut