13 Oktober 2009

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 13 Oktober 2009

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 13 Oktober 2009
Pembicara : KH Tajudin Hasan Al Bintari
Tema: Halal Bi Halal

Inti halal bi halal adalah saling memaafkan.

orang yang tidak mau meminta maaf, orang yang tidak mau memaafkan adalah orang yang sombong dimata Allah.

Doa malaikat Jibril yang harus kita renungkan :

Ya Allah. di hari raya idil fitri ini janganlah sekali kali Engkau menerima amal ibadah dari segenap anak yang durhaka kepada orang tuanya sebelum ia bertobat kepadanya. Lalu aku mengucapkan Amin. Kemudian Jibril melanjutkan doanya, Ya, Allah aku mohon kepadaMu janganlah engkau menerima amal puasa dan amal kebajikan lainnya suami-isteri yang belum saling memaafkan di hari raya idil fitri ini. Aku pun menjawab Amin. Lalu Jibril pun melanjutkan doanya, Ya Allah, Aku mohon padamu, jangan pula Engkau menerima amal puasa dan ibadah dari seorang muslim yang belum saling memaafkan di hari raya idil fitri ini.Aku pun menjawab Amin.

QS Ali Imran : 132

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Tuhanmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertakwa.

---

Ciri Ciri Orang yang bertakwa :

1. Orang yang bersedekah tatkala sempit maupun lapang

2. orang yang bisa menahan amarahnya

3. orang yang bisa memaafkan kesalahan orang lain

4. orang yang segera memohon ampunan

---

QS Ali Imran : 133 - 137

(Yaitu) orang-orang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan. Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa mereka--dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain dari pada Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal. sesungguhnya telah berlalu sebelum kamu sunnah-sunnah Allah; karena itu berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana akibat orang-orang yang mendustakan (Rasul-rasul)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut