23 Juni 2010

Ta'lim Uje Tanggal 21 Juni 2010

Event : Ta'lim Uje
Tanggal : 21 Juni 2010
Pembicara : Ustadz Afdholi
Tema : Hamba Hamba Pilihan Allah di dalam Perspektif Al Quran

Dan hamba-hamba yang baik dari Tuhan Yang Maha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendah hati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-kata (yang mengandung) keselamatan.
QS. al-Furqan (25) : 63
Dan orang yang melalui malam hari dengan bersujud dan berdiri untuk Tuhan mereka.,
QS. al-Furqan (25) : 64
Dan orang-orang yang berkata: "Ya Tuhan kami, jauhkan azab Jahannam dari kami, sesungguhnya azabnya itu adalah kebinasaan yang kekal".
QS. al-Furqan (25) : 65
Sesungguhnya Jahannam itu seburuk-buruk tempat menetap dan tempat kediaman.
QS. al-Furqan (25) : 66

Nikmat yang paling besar yang diberikan Allah adalah nikmat iman.

Mari meramaikan taman taman surga (majelis dzikir, majelis Ta'lim)

Diterima dari Ibnu Umar ra. bahwa Rasulullah SAW bersabda :

“Jika kamu lewat ditaman-taman surga, hendaklah kamu ikut bercengkrama ! Tanya mereka : Apakah itu taman-taman surga, ya Rasulullah ? Ujar Nabi SAW : Ialah lingkaran-lingkaran dzikir (halaqah dzikir), karena Allah Ta’ala mempunyai rombongan pengelana dari Malaikat yang mencari-cari lingkaran dzikir. Maka jika ketemu dengannya, mereka akan duduk mengelilinginya.”

Salah satu golongan orang yang terpilih adalah golongan orang yang rendah hati.

Manusia tidak boleh sombong karena sombong itu hanya milik Allah.

hadist qudsi : Sombong adalah pakaianKu

Hadist tentang sombong :

Dari Abu Hurairah ra. dari Rasulillah saw beliau berkata:"Ada dua golongan dari ahli neraka yang belum aku lihat saat ini; pertama, satu kaum yang membawa cemeti (cambuk) seperti ekor sapi. Mereka memukul manusia dengan cemeti tersebut. Kedua, wanita-wanita yang berpakaian tapi telanjang (nisa'un kasiyatun 'ariyaât). Mereka berlengang-lenggok dan menggoyang-goyangkan kepala mereka seperti ponok unta yang condong. Wanita-wanita tersebut tidak akan masuk surga dan tidak dapat mencium baunya pun. Padahal bau surga itu dapat tercium dari jarak sekian dan sekian"(HR. Muslim).

Dosa hati : sombong, iri, dengki dll

Dosa fisik : memukul, mencubit, dll

Renungan : Ingin surga tetapi perbuatan justu malah mendekatkan diri ke neraka, surga tidak hanya di minta namun juga di ikhtiari.

Pebuatan sombong, membuat kita jauh dari Allah.

Dan (ingatlah) ketika Kami berfirman kepada para malaikat:" Sujudlah kamu kepada Adam, "maka sujudlah mereka kecuali Iblis; ia enggan dan takbur dan adalah ia termasuk golongan orang-orang yang kafir.
QS. al-Baqarah (2) : 34

Hal hal yang membuat manusia sombong :

1. Punya Ilmu/pintar, padahal ilmu manusia itu sangat terbatas dibandingkan ilmu Allah

Dan mereka bertanya kepadamu tentang roh. Katakanlah: "Roh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberi pengetahuan melainkan sedikit".
QS. al-Isra' (17) : 85

Dan pada sisi Allah-lah kunci-kunci semua yang ghaib; tak ada yang mengetahuinya kecuali Dia sendiri, dan Dia mengetahui apa yang di daratan dan di lautan, dan tiada sehelai daunpun yang gugur melainkan Dia mengetahuinya (pula), dan tidak jatuh sebutir bijipun dalam kegelapan bumi dan tidak sesuatu yang basah atau yang kering, melainkan tertulis dalam kitab yang nyata (Lauh Mahfuzh).
QS. al-An'am (6) : 59

2. fisik yang indah / cantik / ganteng, padahal fisik itu bisa berubah, tubuh bisa menjadi renta, sakit dll

Dan barangsiapa yang Kami panjangkan umurnya niscaya Kami kembalikan dia kepada kejadian (nya). Maka apakah mereka tidak memikirkan?
QS. Yasin (36) : 68

3. kekayaan yang melimpah, sesungguhnya, kekayaan itu bisa berubah, bisa mengalami ke bangkrutan, hanya merupakan titipan Allah semata

Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.
QS. al-Anfal (8) : 28

4. pangkat dan jabatan, sesungguhnya pangkat / jabatan bisa berakhit, hanya bersifat sementara saja

Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan.
QS. Ali Imran (3) : 185

---

Anak, harta hanya perhiasan dunia, jangan membuat kita lalai kepada Allah

Harta dan anak-anak adalah perhiasan kehidupan dunia tetapi amalan-amalan yang kekal lagi saleh lebih baik pahalanya di sisi Tuhanmu serta lebih baik untuk menjadi harapan.
QS. al-Kahfi (18) : 46

iri orang yang sombong itu ada dua :

1. Mendustakan Kebenaran
2. Menggangap rendah orang lain

Dan Tuhanmu berfirman: "Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina."
QS. al-Mu'min (40) : 60

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut