23 Juli 2010

Syuting Hikmah Pagi @ TVRI Tanggal 29 Juli 2010

Event : Syuting Hikmah Pagi @ TVRI
Tanggal : 29 Juli 2010
Pembicara : DR Ir Nana RukmanA DW , MA
Tema : Ibadah membentuk akhlaq

Dan carilah pada apa yang telah dianugerahkan Allah kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi dan berbuat baiklah (kepada orang lain) sebagaimana Allah telah berbuat baik kepadamu, dan janganlah kamu berbuat kerusakan di (muka) bumi. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berbuat kerusakan.
QS. al-Qashash (28) : 77

“Orang yg bangkrut diantara umatku adalah orang yg datang pada hari kiamat dengan membawa shalat, puasa dan zakatnya, namun ia pernah mencela, mencaci, memakan harta orang, memukul dan menumpahkan darah. Maka, ia pun harus memberikan pahala amalnya kpd orang-orang itu. Jika amal baiknya sdh habis diambillah dosa mereka untuk diberikan kepadanya. Iapun dilemparkan ke neraka”. (H.R. Muslim)

Banyak orang yang sudah tidak peduli bahwa dusta itu dosa dan fitnah itu kejam. Banyak orang sudah tidak bisa membedakan yang haq dan bathil, kejujuran dengan perekayasaan,kebenaran dengan kemunafikan,kebersamaan dengan persekongkolan.

Kematangan peribadi dibentuk bukan melalui perjalanan hidup yg mudah, melainkan melalui pengalaman hidup yg berliku dengan berbagai tantangan dan kesulitan hidup. Untuk mengangkat derajat hamba-Nya, Allah SWT selalu mengirim hamba-Nya ke sekolah yg penuh kesulitan dan bukan menghantarnya ke sekolah kemudahan dan keberuntungan.

Bila kesenangan semata yg Anda kejar, maka tidak selalu berujung pada kebaikan, tetapi bila Anda memilih berbuat baik, maka pasti ujungnya akan mendapat kesenangan. Oleh karena itu niatkan untuk selalu berbuat baik kepada orang lain, sebagaimana Allah berbuat baik kepada Anda.

Ketika Anda berbuat baik tetapi justru dibalas dengan cacian dan pengkhianatan, berarti Anda tengah diuji Allah untuk menjadi orang pemaaf, seraya memasuki gerbang ikhlas dan sabar. Kalau Anda berhasil mewujudkannya, berarti Anda orang yang mulia disisi Allah SWT.

Betapa mulianya memiliki hati yg tidak punya ruang untuk membenci dan menyakiti, tapi yang ada hanya ruang cinta kasih yg tidak pernah berhenti pada sesama. Ia akan senang melihat orang lain senang dan iapun akan sedih melihat orang lain sedih.

Mana yg tepat bagi Anda tentang makna SMS, apakah "Senang Melihat orang Susah"....." Susah Melihat orang Senang", atau Senang Melihat orang Senang dan Sedih Melihat orang Sedih?

Siapa saja yg tidak berkurang sedikitpun ketaatannya kepada Allah walaupun berbagai kesulitan menghadangnya, makaia akan merasakan kebahagiaan di akhirat

Uang memang bukan segala-galanya, tetapi tanpa memiliki uang sama sekali, kita tdk bisa berbuat segala-galanya. Kekayaan kita yang sejati adalah Iman dan amal, karena hasilnya akan kita peroleh di akhirat kelak. Jadi manfaatkan uang yg kita miliki untuk banyak beramal.

Ibadah umrah dan haji yang berkualitas, tidak semata-mata untuk popularitas atau sebatas rutinitas tanpa memberikan makna spiritual dan sosial. Mudah-mudahan semakin banyak yang umrah dalam bulan-bulan ini dapat memberikan kontribusi yg signifikan bagi perbaikan moralitas bangsa ini.

Salah satu yang hilang dari khazanah moralitas bangsa Indonesia saat ini adalah budaya malu. Tidak merasa malu berbuat salah nampaknya sudah menjadi karakter sebagian besar masyarakat kita.

Mengapa agama tak henti-hentinya didakwahkan dan dikhotbahkan dari masjid-masjid dan diberbagai tempat diseluruh pelosok tanah air, namun moralitas bangsa terus merosot?

Tujuan utama seluruh ibadah (shalat, puasa, zakat, haji) adalah perbaikan akhlak. Ibadah Haji merupakan latihan disiplin akhlak yang cukup berat, disana Anda harus benar-benar berusaha berakhlak baik. Anda tdk boleh mencela orang, tdk boleh memaki, tdk boleh menganiaya, dll. Semoga mereka yg bolak-balik haji dan umrah dapat mewujudkan akhlak yang mulia.

Senyummu dihadapan saudaranu adalah sedekah. Amar makruf dan nahi munkar yg dilakukan adalah sedekah. Menunjukkan jalan kpd orang yg tersesat adalah sedekah. Menuangkan air dari embermu ke ember saudaramu adalah sedekah. Menuntun orang buta adalah sedekah. Dan sedekah yg paling utama adalah memberikan nafkah kepada isteri" (HR. Muslim)

Obat terbaik untuk menyembuhkan sakit hati adalah tidak membalas dengan membuat orang lain sakit hati, tapi lebih baik menahan diri, kemudian memaafkan. Orang yang mudah memaafkan adalah orang yg bahagia, sebab memaafkan tidak lahir kecuali dari hati yag bahagia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut