06 Desember 2012

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal 4 Des 2012

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 4 Des 2012
Pembicara : Ustadz Doddy Al Jambary
Tema : Manusia makhluk paling sempurna

Pembacaan ayat suci al quran

QS Al Isra : 70-72

Dan sesungguhnya telah Kami muliakan anak-anak Adam, Kami angkut mereka di daratan dan di lautan, Kami beri mereka rezki dari yang baik-baik dan Kami lebihkan mereka dengan kelebihan yang sempurna atas kebanyakan makhluk yang telah Kami ciptakan.

(Ingatlah) suatu hari (yang di hari itu) Kami panggil tiap umat dengan pemimpinnya; dan barangsiapa yang diberikan kitab amalannya di tangan kanannya maka mereka ini akan membaca kitabnya itu, dan mereka tidak dianiaya sedikitpun.

Dan barangsiapa yang buta (hatinya) di dunia ini, niscaya di akhirat (nanti) ia akan lebih buta (pula) dan lebih tersesat dari jalan (yang benar).

---

Al Quran tidak bisa dipisahkan dari Al Hadist

Allah tidak bisa dipisahkan dari Nabi Muhammad Saw

Manusia disebut sempurna karena ada ketidak sempurnaannya

Malam tidak bisa dipisahkan dengan siang

---

Allah menciptakan manusia dalam bentuk yang baik

Qs At Tin : 4

sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya .

---

Manusia lahir kemudian beranjak dewasa mengalami proses proses kehidupan

QS Al Balad : 4

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia berada dalam susah payah

---

Kita tidak menghadapi masalah setelah melewati masa hisab

---

Mencari keridhoan Allah adalah bagian dari kesempurnaan manusia

Seharusnya kita bersyukur, karena

QS An Nahl : 78

Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur.

---

Tapi mengapa kita tidak bersyukur ? Apa sebabnya ?

QS Al Mulk : 23

Katakanlah: "Dia-lah Yang menciptakan kamu dan menjadikan bagi kamu pendengaran, penglihatan dan hati". (Tetapi) amat sedikit kamu bersyukur.

---

Apa sebab tidak bersyukur ?

1. Kemalasan kita

2. Gangguan setan

---

Sedikit sekali yang bersyukur, karena ada campur tangan setan dan kemalasan kita

Qs Al A'raf : 16-17

Iblis menjawab: "Karena Engkau telah menghukum saya tersesat, saya benar-benar akan (menghalang-halangi) mereka dari jalan Engkau yang lurus,

kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan men-dapati kebanyakan mereka bersyukur (ta'at).

---

Kalau ingin pintar memasak, belajar kepada orang yang pintar memasak

Kalau ingin mendapatkan ridho Allah, belajar/mengikuti orang yang mendapat ridho Allah, siapakah dia ? Rasulullah, Orang Muhajirin, Orang anshar dan orang yang mengikuti ajaran ajaran mereka

QS At Taubah : 100

Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) dari golongan muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya selama-lamanya. Mereka kekal di dalamnya. Itulah kemenangan yang besar.

---

Setiap manusia memiliki kefasikan dan ketaqwaan, namun kadarnya berbada beda

QS Asy Syams : 8

maka Allah mengilhamkan kepada jiwa itu (jalan) kefasikan dan ketakwaannya.

---

Jauhi prasangka

QS Al Hujurat : 12

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

---

Wanita yang sudah menopouse dan tidak ingin menikah lagi, boleh membuka auratnya, namun kalau tetap menutup aurat, itu jauh lebih baik

QS An Nur : 60

Dan perempuan-perempuan tua yang telah terhenti (dari haid dan mengandung) yang tiada ingin kawin (lagi), tiadalah atas mereka dosa menanggalkan pakaian mereka dengan tidak (bermaksud) menampakkan perhiasan, dan berlaku sopan adalah lebih baik bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Bijaksana.

---

Pentingnya berbaik sangka kepada Allah

Qs Al Baqarah : 216

Diwajibkan atas kamu berperang, padahal berperang itu adalah sesuatu yang kamu benci. Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui.

---

Pentingnya taat kepada Allah, Rasul dan Pemimpin yang sholeh/sholehah yang mejalankan ketaatan kepada Allah dan Rasul

QS An Nisa : 59

Hai orang-orang yang beriman, ta'atilah Allah dan ta'atilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Qur'an) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

---

Clenius - Azhar Kairo

Karakter dasar manusia terbentuk dari unsur :

1. Nafsu, iman, Akal

---

Niat

Rasio

Supraratio

---

Nafsu itu juga mempengaruhi Nabi Yusuf, karena beliau juga tergoda dengan Siti Zulaikha, nafsu cenderung pada kejahatan

QS Yusuf : 53

Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Tuhanku. Sesungguhnya Tuhanku Maha Pengampun lagi Maha Penyanyang.


2. Susunan terbaik adalah : Iman, Akal, nafsu

---

Rasio

Nalar logika

Terbatas pada apa yang masuk dari mata dan telinga

Kemampuan Audio visual manusia terbatas

---

Audio

1. Dibawah 20 Hertz. Bunyi yang frekuensinya kurang dari 20 Hz disebut infrasonik, Bunyi yang hanya bisa didengar oleh Jangkrik, Lumba lumba, gajah, merpati

2. Bunyi audio (audiosonik) mempunyai frekuensi antara 20 Hz sampai 20.000 Hz. Jadi, kita akan dapat mendengar suatu bunyi berkisar 20 Hz – 20.000 Hz

3. Di atas 20000 Hertz. bunyi yang frekuensinya lebih dari 20.000 Hz disebut ultrasonik. Bunyi infrasonik dihasilkan oleh bergetarnya benda-benda beukuran besar, seperti gempa bumi, atau gunung meletus. Sehingga kalau akan terjadi gempa atau gunung meletus, ada hewan-hewan tertentu yang sudah dapat mendeteksi dan hewan tersebut akan lari mencari tempat yang aman. Bunyi yang hanya bisa didengar oleh Kelelawar, anjing, tikus

---

Visual

1. Cahaya yang tampak

2. Cahaya yang tidak tampak

---

Cahaya yang tampak : Mejikuhibiniu

Dibawah merah dan diatas ungu tidak tampak

---

Cahaya yang tidak tampak

1. Infra merah

2. Ultra ungu

---

Keajaiban keajaiban

1. Bahtera Nuh As mendarat di bukit Judy

Bahtera Nabi Nuh Merupakan Kapal Belayar Yang Tertinggi Dari Dasar Laut
Menurut Al Qur’an, bahtera Nuh telah mendarat di Bukit Judi. Ada pendapat yang menunjukkan suatu gunung di wilayah Kurdi atau tepatnya dibahagian selatan Armenia, ada pendapat lain dari Wyatt Archeological Research, bukit tersebut terletak di wilayah Turkistan Iklim Butan, Timur laut pulau yang oleh orang-orang Arab disebut sebagai Jazirah Ibnu Umar


2. Musa As berjalan di dasar laut

3. Ibrahim As dibakar api yang terasa dingin

4. Yunus As dimuntahkan ikan

---

Setan selalu berupaya untuk menjadikan bujuk rayu mereka diikuti oleh manusia

QS Al A'raf : 27

Hai anak Adam, janganlah sekali-kali kamu dapat ditipu oleh syaitan sebagaimana ia telah mengeluarkan kedua ibu bapamu dari surga, ia menanggalkan dari keduanya pakaiannya untuk memperlihatkan kepada keduanya 'auratnya. Sesungguhnya ia dan pengikut-pengikutnya melihat kamu dan suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan syaitan-syaitan itu pemimpin-pemimpim bagi orang-orang yang tidak beriman.

---

Jika kita bertaqwa, Allah akan memberikan kemudahan

Qs At Thalaq : 2

Demikianlah diberi pengajaran dengan itu orang yang beriman kepada Allah dan hari akhirat. Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan mengadakan baginya jalan keluar.

---

Mukjizat : Mukjizat ialah perkara yang nampak yang bertentangan dengan kebiasaan (yaitu hal yang luar biasa yang terhadi melalui) tangan nabi atau rasul setelah diutusnya (yang dilakukan) pada saat berdakwah (menyebarkan) misi kenabian dan kerasulan, seperti menghidupkan orang mati, menghilangkan gunung dan memancarkan air dari sela-sela jari jemari.

Hijrah Bersama Nabi Muhammad SAW

Allah telah memerintahkan Nabi Muhammad untuk menyuruh umatnya berhijrah ke Madinah. Abu Bakar sangat gembira ketika mengetahui bahwa dirinya akan berhijrah dengan Nabi Muhammad SAW. Abu Bakar menyiapkan dua unta yang bagus, dan membawa harta yang banyak. Sampailah mereka disebuah gua untuk beristirahat dan berlindung dari kejaran musuh. Namanya Gua Hira’. Abu Bakar menahan Nabi Muhammad yang hendak masuk ke dalam gua. “Jangan masuk dulu ya Rosulullah, biar saya lihat dulu apakah ada bahaya di dalam sana.” Abu Bakar segera masuk dan melihat ke sekelilingnya. Setelah dirasa aman, barulah Abu Bakar mempersilahkan Rosulullah untuk masuk. “Bagaimana kalau mereka melihat kita di dalam gua ini?” Tanya Abu Bakar gelisah. “Tenanglah Abu Bakar, Sesungguhnya Allah bersama kita..” jawab nabi Muhammad. Ternyata Allah melindungi mereka dengan memerintahkan laba-laba untuk segera membuat sarang di pintu gua. Dengan adanya sarang laba-laba, musuh mengira tidak ada orang yang masuk ke dalam gua. Karena kalau ada yang masuk, pasti sarangnya sudah rusak. Nabi Muhammad segera beristirahat dan tertidur di paha Abu Bakar. Ketika Nabi tertidur, Abu Bakar tidak tidur sama sekali dan berusaha menjaga Nabi Muhammad. Tiba-tiba, muncullah kalajengking. Abu Bakar berusaha tenang dan tidak bergerak menghindari kalajengking. Abu Bakar khawatir bila Nabi Muhammad bangun karena gerakannya. Karena Abu Bakar tetap diam, maka kalajengking itu pun menggigit Abu Bakar. Rasanya sakit luar biasa. Abu Bakar menahan rasa sakit itu hingga tidak mendesah kesakitan. Tetapi tanpa disadari, air matanya menetes dan mengenai pipi Nabi Muhammad. Nabi Muhammad pun terbangun dan menanyakan keadaan Abu Bakar. “Saya disengat kalajengking.” Jawab Abu Bakar sambil menunjuk tempat sakitnya. Nabi Muhammad pun mengusap tempat sakitnya dan atas izin Allah, sakit itu langsung hilang.

http://al-tena.blogspot.com/2011/01/abu-bakar-ash-shiddiq.html

---

Karamah : Adapun jikalau perkara (sesuatu yang luar biasa itu) tampak pada tangan selain nabi dan rasul, jikalau ia seorang wali (kekasih Alloh), maka sesuatu yang luar biasa itu sebut karomah (keramat wali).

Contoh :

Dan seperti keistimewaan yang terjadi pada Fatimah ru, ketika suatu ketika beliau menghadiahkan kepada ayahhandanya nabi saw dua potong roti dan sepotong daging yang diletakkan di dalam piring/mangkok yang ditutup. Lalu nabi saw mengirimkan kembali pembawa piring mangkok itu dan sesuatu yang bersamanya yaitu piring dan mangkok tersebut ke rumah fatimah. Ketika nabi saw duduk dan berdiam diri pada tempat duduknya, di rumah fatimah, maka beliau bersabda: Bawalah kemari piring tersebut wahai putriku.” Lalu fatimah membuka piring tersebut tiba-tiba saja piring tersebut dipenuhi roti dan daging. Kemudian nabi saw bertanya kepada fatimah, “bagaimana kamu mendapatkan semua ini?” Siti fatimah menjawab:” Semua ini berasal dari Alloh. Sungguh Alloh akan memberi rezeki kepada orang yang dikehendakiNya dengan tanpa perhitungan.” Kemudian Nabi saw bersabda, “Segala puji bagi Alloh swt, yang telah menjadikanmu seeorang perempuan yang menyerupai pemimpin kaum perempuan bani isroil” Kemudian nabi saw mengumpulkan ali rhu, hasan rhu, dan husain rhu serta seluruh penghuni rumah ali, untuk makan bersama makanan yang ada didalam piring itu, Lalu mereka semua makan hingga kenyang, namun makanan tersebut masih tetap tersisa. Maka fatimah mengirimkannya kepada para tetangganya.

---

Maunah : Jikalau kekampuan luar biasa itu terjadi dari orang-orang awam diantara orang-orang islam dalam bentuk sebagai penyelamatan dari segala bencana dan dari segala hal yang tidak disukainya maka kemapuan luar baisa itu disebut Ma’unah (pertolongan Alloh)

---

Istidroj : Jika kempauan luar biasa itu terjadi pada seorang fasik, maka jika hal itu terjadi sesuai dengan tujuannya maka kemampuan luar biasa itu disebut Istidroj (tipu daya Alloh kepada orang tersebut dan untuk menguji keimanan orang-orang islam yang menghadapinya) Dan jika tidak sesuai dengan tujuannya maka hal itu disebut Ihanah (Penghinaan Alloh kepada orang tersebut) seperti yang pernah terjadi pada Musailimah al kadzab (kalimat musailimah dengan dibaca kasroh huruf lamnya/orang yang mengaku sebagai nabi) Sesungguhnya musailimah berdoa untuk orang yang buta satu matanya, agar matanya yang buta itu menjadi sembuh bisa melihat, maka matanya yang sehat menjadi buta pula. Dan musailimah meludah ke dalam sumur, agar supaya bertambah manis rasa airnya, maka iar sumur tersebut berubah menjadi air asin yang sangat asin hingga terasa pahit. Dan musalimah mengusap kepala anak yatim, maka menjadi rontoklah rambut kepala anak yatim tersebut. Dan semua kejadian ini adalah bukti yang memperkuat kebohongan pegakuan menjadi nabi, rasul. Semua hikayat tersebut dituturkan oleh syeikh al laqoni dalam kitab umdatul murid.

http://tetesanhujan.wordpress.com/2008/12/22/perbedaan-mukjizat-karomah-ma%E2%80%99unah-istidroj-serta-ihanah/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut