12 Desember 2012

Pengajian Square Atelier Bintaro Tanggal 12 Des 2012

Event : Pengajian Square Atelier Bintaro
Tanggal : 12 Des 2012
Tema : Wanita dan Harum surga
Pembicara : Ustadz Yuke Sumeru

Pembacaan ayat suci Al Quran

QS Al Isra : 23

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.

---

Doa pencerah hati :

Allahummaf tahlana hikmataka wansyur 'alaina rohmataka min khoza ini rohmatika ya arhamar rohimin

Artinya :

Ya Allah buka kan lah pintu hikmah kami, lindungi kami dari kesesatan, rahmatilah kamu ya Allah yang maha pengasih dan penyayang

---

Keadaan dalam rahmat Allah adalah keadaan dimana kenyataan sesuai dengan keinginannya.

---

Hidayah adalah milik Allah, namun kita harus berusaha meraihnya

QS Al Insan : 29-30

Sesungguhnya (ayat-ayat) ini adalah suatu peringatan, maka barangsiapa menghendaki (kebaikan bagi dirinya) niscaya dia mengambil jalan kepada Rabbnya.

Dan kamu tidak mampu (menempuh jalan itu), kecuali bila dikehendaki Allah. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana.

---

Untuk meraih surga, harus kaffah "Kami dengar, kami taat"

QS Al Baqarah : 208

Hai orang-orang yang beriman, masuklah kamu ke dalam Islam keseluruhan, dan janganlah kamu turut langkah-langkah syaitan. Sesungguhnya syaitan itu musuh yang nyata bagimu

---

QS Al Isra : 51

Sesungguhnya jawaban orang-orang mumin, bila mereka dipanggil kepada Allah dan Rasul-Nya agar Rasul mengadili diantara mereka ialah ucapan Kami mendengar dan kami patuh. Dan mereka itulah orang-orang yang beruntung.

---

Umar bin Al Khattab berkata : hisablah dirimu sebelum dihisab, dan timbanglah sebelum ia ditimbang, bila itu lebih mudah bagi kalian dihari hisab kelak untuk menghisab dirimu dihari ini, dan berhiaslah kalian untuk pertemuan akbar, pada saat amalan dipamerkan dan tidak sedikitpun yang dapat tersembunyii dari kalian.

---

Keutamaan memilih teman yang baik

“Seseorang berada di atas agama temannya, maka hendaklah setiap kalian melihat siapa temannya.” (HR. Ahmad, Abu Dawud, At-Tirmidzi, dll)

---

Pentingnya selalu mengingat Allah

QS Ali Imran : 190-191

Sesungguhnya dalam penciptaan langit langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang-orang yang berakal,

(yaitu) orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata): Ya Rabb kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.

---

Macam macam dzikir :

1. Shalat

2. Doa

3. Pengajian

4. Membaca AlQuran

---

Dzikir individual

QS Al A'raf : 205

Dan sebutlah (nama) Rabbmu dalam hatimu dengan merendahkan diri dan rasa takut, dan dengan tidak mengeraskan suara, di waktu pagi dan petang, dan janganlah kamu termasuk orang-orang yang lalai.

---

Nama-nama Setan Dan Pekerjaannya

Khanzab adalah setan pengganggu orang salat.

---

Baca Al Quran adalah ibadah yang utama, kemudian shalat

Qs Al Ankabut : 45

Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al-Kitab (Al-Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (shalat) adalah lebih besar (keutamaannya dari ibadat-ibadat yang lain). Dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

---

Tidak ada hidayah tanpa pengorbanan

---

Beberapa orang menganggap kita tidak boleh menyentuh Al Quran karena haid, dalilnya karena ini

Qs Al Waqiah : 77-80

sesungguhnya Al-Quran ini adalah bacaan yang sangat mulia,

pada kitab yang terpelihara (Lauhul Mahfuzh),

tidak menyentuhnya kecuali orang-orang yang disucikan.

Diturunkan dari Rabb Semesta Alam.

---

Padahal, Yang diharamkan bagi wanita Haid dan Nifas (Shalat, Puasa. Jima’, dan Thawaf)

1. Shalat (kewajiban untuk sholat dengan sendirinya gugur) Hadits dari Mu’adzah, bahwa seorang wanita bertanya kepada Aisyah, ”Apakah salah seorang dari kami mengganti shalatnya apabila sudah suci? Aisyah berkata,”Apakah kamu ini Haruriyah? Dahulu kami haid pada masa Nabi SAW dan beliau tidak menyuruh kami mengqadha (mengganti) sholat”. Atau Aisyah berkata, ”Kami tidak melakukannya”. (HR. Bukhari dan Muslim: Shohih).

2. Puasa Aisyah berkata, ”Hal itu (Haid) menimpa kami, maka kami diperintahkan untuk mengqadha puasa dan kami tidak diperintahkan mengqadha shalat” (HR. Muslim dan Abu Dawud: Shohih)

3. Jima’ (bersetubuh) ”Lakukan segala sesuatu selain jima’” (HR. Muslim, Abu Dawud, An Nasai, AT Tirmidzi, dan Ibnu Majah: Shohih)

4. Thawaf Hadits Aisyah, ketika ia haid waktu haji, Nabi SAW bersabda,”Lakukan segala sesuatu yang dilakukan oleh orang berhaji, hanya saja engkau tidak boleh thawaf di Ka’bah hingga engkau suci”. (HR.Bukhari: Shohih)

---

Pentingnya memiliki teman yang berakhlaq baik :

Sesungguhnya perumpamaan teman yang baik (shalihah) dan teman yang jahat adalah seperti pembawa minyak wangi dan peniup api pandai besi. Pembawa minyak wangi mungkin akan mencipratkan minyak wanginya itu atau engkau menibeli darinya atau engkau hanya akan mencium aroma harumnya itu. Sedangkan peniup api tukang besi mungkin akan membakar bajumu atau engkau akan mencium darinya bau yang tidak sedap”. (Riwayat Bukhari, kitab Buyuu’, Fathul Bari 4/323 dan Muslim kitab Albir 4/2026)

---

Segala kejadian yang ada adalah atas izin Allah

QS At tagabun : 11

Tidak ada sesuatu musibahpun yang menimpa seseorang kecuali dengan izin Allah; Dan barangsiapa yang beriman kepada Allah, niscaya Dia akan memberi petunjuk kepada hatinya. Dan Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.

---

Tugas setan

QS Al Baqarah : 169

Sesungguhnya syaitan itu hanya menyuruh kamu berbuat jahat dan keji, dan mengatakan kepada Allah apa yang tidak kamu ketahui.

---

Tips masuk surga

Qs Al Mukminun : 1-11

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

(yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya,

dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,

dan orang-orang yang menunaikan zakat,

dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,

kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,

dan orang-orang yang memelihara shalatnya.

Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,

(yani) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

---

Pentingnya menggunakan al Quran sebagai pedoman hidup

Qs Ali Imran : 138

(Al-Quran) ini adalah penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk serta pelajaran bagi orang-orang yang bertaqwa.

---

Keutamaan membaca Al Quran

Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang membaca satu huruf dari Kitab Allah (Alquran ), ia akan mendapatkan satu kebaikan yang nilainya sama dengan 10 kali ganjaran (pahala). Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif satu huruf, lam satu huruf, dan mim satu huruf." (HR Tirmidzi). Hadis dari Ibnu Mas'ud ini diperkuat dengan hadis serupa dari Abi Sa'id.

---

QS Al An'am : 160

Barangsiapa membawa amal yang baik maka baginya (pahala) sepuluh kali lipat amalnya; dan barangsiapa yang membawa perbuatan yang jahat maka dia tidak diberi pembalasan melainkan seimbang dengan kejahatannya, sedang mereka sedikitpun tidak dianiaya (dirugikan).

---

Jadikan al Quran sebagai Mauidhoh Hasanah

QS Al Jumu'ah : 2

Dialah yang mengutus kepada kaum yang buta huruf seorang Rasul di antara mereka, yang membacakan aya-ayat-Nya kepada mereka, mensucikan mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan hikmah. Dan sesungguhnya mereka sebelumnya benar-benar dalam kesesatan yang nyata

---

Cara memperdalam al Quran

1. Miliki al Quran sendiri

2. Miliki jadual yang tertentu/khusus

---

Majelis taklim disebut sukses bila jamaahnya berubah lebih baik, bukan sekedar banyak secara jumlah.

---

Orang yang bertaubat diganti dosanya dengan kebaikan

QS Al Furqon : 70

kecuali orang-orang yang bertaubat, beriman dan mengerjakan amal saleh; maka mereka itu kejahatan mereka diganti Allah dengan kebajikan. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

---

Keutamaan memuliakan lelaki sebagai pemimpin kita

QS An Nisa : 34

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

---

Ciri istri yang sholehah adalah melakukan hal yang dapat menyenangkan hati suami diantaranya: penampilan diri agar enak dipandang dan berbicara dengan menggunakan tutur yang menyenangkan ( tidak memotong pembicaraan suami, tidak bicara dengan intonasi yang lebih keras daripada intonasi suami), bersyukur dengan rezeki berapapun yang diberikan suami serta dalam hal pengaturan rumah mampu menciptakan suasana bersih dan nyaman, Berhias untuk suami

---

Ciri orang yang bertaqwa, tidak bersedih hati

QS Al A'raf : 35

Hai anak-anak Adam, jika datang kepadamu rasul-rasul daripada kamu yang menceritakan kepadamu ayat-ayat-Ku, maka barangsiapa yang bertaqwa dan mengadakan perbaikan, tidaklah ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut