01 Mei 2013

Seminar Fashion Pesona ragam busana pengantin Tanggal 30 April 2013

Event : Seminar Fashion Pesona ragam busana pengantin
Tanggal : 30 April 2013
Pembicara : Irna mutiara, Rudy Chandra, Djoko sasongko

Irna mutiara : Pengembangan bisnis dan manajemen

Moodboard, Sket, bahan, manequin, pola,cutting, jahit, aplikasi -> Fokus dengan positioning brand/produk

Gunakan model yang mendukung dengan positioning brand/produk

Pelajari karakteristik model, karena hal ini menjadi salah satu image produk yang dibawakan

Perluas networking dengan media, pemerintahan dll

Partisipasi dalam lomba fashion, untuk mengasah keterampilan, pengalaman

Designer harus mampu bangkit dari keterpurukan (Power of kepepet)

Designer harus mampu mendelegasikan tugas kepada staf

Membangun komunitas adalah salah satu bentuk untuk mempromosikan brand

Gunakan sistem monitoring staf

Berpartisipasi dalam event fashion international

Kembangkan potensi diri dengan banyak belajar

Spg/Advisor diberikan guidance yang sesuai dengan positioning brand

Pahami prinsip design, sekaligus asah pengalaman

Perhatikan akses dalam penampilan

Image brand harus dipertahankan, jadi bukan karena designer memperturutkan kemauan pasar/konsumen, sehingga merusak citra brand itu sendiri

Terapkan people management

Jika harus bekerjasama dengan beberapa designer dalam 1 brand, Tidak ada porsi besar kecil dalam pembagian tugas, melainkan semua bersinergi untuk mensukseskan brand itu

JIka harus bekerjasam dengan beberapa designer, maka transparansi mutlak diperlukan

Harga produksi, over head harus dipertimbangkan dengan masak

Perhatikan positioning produk, dijual di lokasi mana saja, apa segmentasinya

Buat code of conduct untuk staf dan pegawai

Ada reward dan punishment untuk staf dan pegawai

---

Rudy chandra : Teknik design dan pengembangan karir sdesigner pada bisnis fashion

Sebagai seorang designer, Jaga mulut, jaga pandangan terhadap klien

Berikan service seperti layaknya persaudaraan

Sebelum membuat gaun, tanyakan apa tema pernikahannya, dimana lokasinya, berapa budgetnya

Perhatikan kenyamanan calon pengantin, apa style dia sehari hari

Perhatikan warna kulitnya, postur tubuhnya, pemilihan bahan sesuai budget dan efek warna tersebut bagi kulitnya

Jadikan salah satu detail sebagai obyek dari penampilan pengantin, jangan terlalu ramai

---

Djoko sasongko : Prospek industri kebaya di masa depan dan penerapan warna payet pada kebaya

Designer melakukan tes kepada calon pegawai secara langsung, jangan melalui rekomendasi mulut ke mulut, karena dikhawatirkan calon pegawai tersebut "kutu loncat" jika kita tidak melakukan proses perekrutan yang benar

Penting sekali Word of mouth, jika kita melakukan suatu pekerjaan baik, maka rekomendasi dari mulut ke mulut akan berjalan dengan sendiri

Tanamkan prinsip Product, Price, Place, Promotion

Jaring kerjasama yang baik dengan media

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut