30 Oktober 2014

Pengajian Masjid Raya Bani Umar 28 Okt 2014 Ustadz Afdholi Mulianya hidup di dalam islam

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 28 Okt 2014
Pembicara : Ustadz Afdholi
Tema : Mulianya hidup di dalam islam

Untuk mewujudkan kebahagiaan yang hakiki, rasulullah SAW merupakan contoh yang penting untuk diikuti dan diamalkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Rasulullah SAW memberikan tuntunan agar kita memperoleh limpahan rahmat kebahagiaan dengan memberikan teladan sebagai berikut:
Pertama, lisanun dzakirun (lisan yang selalu basah mengingat Allah).
Kedua, Qolbun syakirun (hati yang selalu bersyukur).
Ketiga, Qolbun shobirun (hati yang sabar).
Keempat, mar’atus sholihah (istri yang sholehah)
Kelima, waladun sholihun (anak yang sholeh).

http://islamiccenter.upi.edu/2011/06/menuju-kebahagiaan-hakiki/

---

Keutamaan bersyukur kepada Allah

Hadist : “Barang siapa yang tidak mensyukuri yang sedikit, maka ia tidak akan mampu mensyukuri sesuatu yang banyak.” (HR. Ahmad)

http://muslim.or.id/tazkiyatun-nufus/bersyukur-dengan-yang-sedikit.html

---

QS Ibrahim : 7

Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memalumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nimat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nimat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.

---

Suami, Surga atau Neraka Seorang Istri

sabda Rasulullah, “Setiap istri yang meninggal dunia dan diridhai oleh suaminya, maka ia masuk surga.” (HR. At- Tirmidzi).

“Apakah engkau sudah bersuami?” Bibi Al-Hushain menjawab, “Sudah.” “Bagaimana (sikap) engkau terhadap suamimu?”, tanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam lagi. Ia menjawab, “Aku tidak pernah mengurangi haknya kecuali dalam perkara yang aku tidak mampu.” Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Lihatlah di mana keberadaanmu dalam pergaulanmu dengan suamimu, karena suamimu adalah surga dan nerakamu.” (HR. Ahmad)

http://abubassam19.blogspot.com/2013/11/ridho-suami-itu-surga-bagi-para-istri.html

---

Keutamaan laki laki sebagai pemimpin wanita

QS An Nisa : 34

Kaum laki-laki itu adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebagian mereka (laki-laki) atas sebagian yang lain (wanita), dan karena mereka (laki-laki) telah menafkahkan sebagian dari harta mereka. Sebab itu maka Wanita yang saleh, ialah yang taat kepada Allah lagi memelihara diri ketika suaminya tidak ada, oleh karena Allah telah memelihara (mereka). Wanita-wanita yang kamu khawatirkan nusyuznya, maka nasehatilah mereka dan pukullah mereka. Kemudian jika mereka mentaatimu, maka janganlah kamu mencari-cari jalan untuk menyusahkannya. Sesungguhnya Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar.

---

Keutamaan berbakti kepada orang tua, khususnya kepada ibu

Dari Mu’wiyah bin Jahimah as-Salami bahwasanya Jahimah pernah datang menemui Nabi saw lalu berkata: Wahai Rasulullah, aku ingin pergi jihad, dan sungguh aku datang kepadamu untuk meminta pendapatmu. Beliau berkata: “Apakah engkau masih mempunyai ibu?” Ia menjawab: Ya, masih. Beliau bersabda: “Hendaklah engkau tetap berbakti kepadanya, karena sesungguhnya surga itu di bawah kedua kakinya.”

http://www.majalahislami.com/2009/05/surga-itu-di-bawah-telapak-kaki-ibu/#sthash.P78E4FUo.dpuf

---

Islam dari sisi bahasa :

Islam berasal dari kata Arab "aslama-yuslimu-islaman" yang secara kebahasaan berarti "menyelamatkan", misal teks "assalamu alaikum" yang berarti "semoga keselamatan menyertai kalian semuanya". Islam atau Islaman adalah masdar (kata benda) sebagai bahasa penunjuk dari fi'il (kata kerja), yaitu "aslama" bermakna telah selamat (kala lampau) dan "yuslimu" bermakna "menyelamatkan" (past continous tense). Kesemuanya berakar dari kata Salam yang berarti kedamaian.[7] Kata Islam lebih spesifik lagi didapat dari bahasa Arab Aslama, yang bermakna "untuk menerima, menyerah atau tunduk" dan dalam pengertian yang lebih jauh kepada Tuhan

http://id.wikipedia.org/wiki/Islam

---

Prinsip hidup dalam islam

QS Al An'am : 162

Katakanlah: Sesungguhnya shalatku, ibadatku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Rabb semesta alam

---

Seluruh alam semesta bertasbih kepada Allah, mengapa manusia enggan ?

QS Al Isra : 44

Langit yang tujuh, bumi dan semua yang ada di dalamnya bertasbih kepada Allah. Dan tak ada suatupun melainkan bertasbih dengan memuji-Nya, tetapi kamu sekalian tidak mengerti tasbih mereka. Sesungguhnya Dia adalah Maha Penyantun lagi Maha Pengampun.

---

Qs Yassin : 38-40

Dan suatu tanda (kekuasaan Allah yang besar) bagi mereka adalah malam; Kami tanggalkan siang dari malam itu, maka dengan serta merta mereka dalam kegelapan, dan matahari berjalan di tempat peredarannya. Demikianlah ketetapan Yang Maha Perkasa lagi Maha Mengetahui. Dan telah Kami tetapkan bagi bulan manzilah-manzilah, sehingga (setelah dia sampai ke manzilah yang terakhir) kembalilah dia sebagai bentuk tandan yang tua. Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya.

---

Pengertian Islam secara etimologi (bahasa) :

Diambil dari bahasa arab dari kata “aslama“. Dan dari kata mashdar “salima“ menjadi “salama“

Aslama, Kata aslama sebagaimana terdapat dalam alquran surat ali imron ayat 20, yang berarti berserah diri kepada Allah. Artinya, berserah diri kepada Allah secara utuh, total dan mutlak dengan cara melaksanakan perintahNya dan menjauhi laranganNya Manusia dalam berhadapan dengan tuhannya bersikap mengakui kelemahannya dan mengakui kemutlakan kekuasaan Allah.

Salima, Kata salima Yaslamu – salamatan yang berarti : selamat, tidak cacat dan bahagia. Atau Salima – yaslamu - Silman

Salama/Salima, Kata salama sebagian kata mashdarnya (kata bendanya) adalah salaam yang berarti menyelamatkan, menentramkan dan mengamankan diri sendiri

Silmun, artinya damai, dengan Allah dan Mahluk ciptaannya.

http://myinfoislam.blogspot.com/2012/06/pengertian-islam.html

---

Diriwayatkan dari Jabir berkata,”Rasulullah Shallallahualaihiwassalam bersabda,’Orang beriman itu bersikap ramah dan tidak ada kebaikan bagi seorang yang tidak bersikap ramah. Dan sebaik-baik manusia adalah orang yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Thabrani dan Daruquthni)

http://cahayawahyu.wordpress.com/life/motivation-2/dan-sebaik-baik-manusia-adalah-orang-yang-paling-bermanfaat-bagi-orang-lain/

---

Dari Ibnu Umar bahwa seorang lelaki mendatangi Nabi saw dan berkata,”Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling diicintai Allah ? dan amal apakah yang paling dicintai Allah swt?” Rasulullah saw menjawab,”Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat buat manusia dan amal yang paling dicintai Allah adalah kebahagiaan yang engkau masukkan kedalam diri seorang muslim atau engkau menghilangkan suatu kesulitan atau engkau melunasi utang atau menghilangkan kelaparan. Dan sesungguhnya aku berjalan bersama seorang saudaraku untuk (menuaikan) suatu kebutuhan lebih aku sukai daripada aku beritikaf di masjid ini—yaitu Masjid Madinah—selama satu bulan. Dan barangsiapa yang menghentikan amarahnya maka Allah akan menutupi kekurangannya dan barangsiapa menahan amarahnya padahal dirinya sanggup untuk melakukannya maka Allah akan memenuhi hatinya dengan harapan pada hari kiamat. Dan barangsiapa yang berjalan bersama saudaranya untuk (menunaikan) suatu keperluan sehingga tertunaikan (keperluan) itu maka Allah akan meneguhkan kakinya pada hari tidak bergemingnya kaki-kaki (hari perhitungan).” (HR. Thabrani)

http://www.eramuslim.com/ustadz-menjawab/hadits-manusia-paling-bermanfaat.htm#.VFFsE3WSziw

---

Jadikan islam sebagai way of life

Qs Al Baqarah : 208

“Wahai orang-orang yang beriman, masuklah kalian kepada Islam secara kaffah (menyeluruh), dan janganlah kalian mengikuti jejak-jejak syaithan karena sesungguhnya syaithan adalah musuh besar bagi kalian.”

---

New Zealand adalah negara paling Islami. Di atas Belanda, Amerika Serikat, Jepang dan Israel. Indonesia? Ada diperingkat 140. Itulah penelitian yang dilakukan oleh Scheherazade S. Rehman dan Hussein Askari, dari George Washington University. Sebuah penelitian yang berjudul "How Islamic Are Islamic Countries?" yang dipublikasikan dalam Global Economy Journal tahun 2010

http://www.suara-islam.com/read/index/5222/New-Zealand--Negara-Paling-Islami-

---


Negara manakah yang paling bersih? Indonesia kah ?

Pusat Jaringan Informasi Ilmu Pengetahuan Bumi Internasional (International Earth Science Information Network) Columbia University dan Pusat Kebijakan dan Undang-undang Lingkungan (Environmental Law and Policy) Yale University mengembangkan indeks untuk menyoroti negara-negara terbersih. Total 140 negara yang dinilai pada 25 parameter yang meliputi kualitas udara, air, penggunaan pestisida, dan lain-lain. Swiss ada di puncak daftar dengan Indeks Performa Lingkungan (EPI) dari 95,5 pada skala 100.

1. Swiss

Swiss tidak hanya terkenal dengan cokelat dan jam tangan, tetapi juga untuk kebersihan. Posisinya berada di puncak daftar teratas negara terbersih dengan EPI dari 95,5. Delapan parameter seperti sanitasi, kualitas air, pestisida peraturan, Swiss mendapatkan skor sempurna 100. Sebagai negara yang bersih, angka harapan hidup juga tinggi yaitu 81 tahun.

2. Swedia

Swedia adalah negara terbersih kedua dengan EPI dari 93,1. Swedia mencetak nilai kuat di daerah-daerah dengan isu envrionmental, polusi udara, air minum, dan emisi gas rumah kaca. Apakah Towers tahu bahwa mereka merawat hutan mereka; maka emisi gas rumah kaca mereka pun rendah.

3. Norwegia

Norwegia terikat dengan Swedia di tempat kedua. EPI dari Norwegia adalah 93,1. Norwegia tidak hanya negara terbersih kedua tetapi juga negara terkaya ketiga di dunia. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter seperti kualitas air dan udara, tingkat ozon, dan sanitasi. 98% dari listrik yang dihasilkan diperoleh dari tenaga Hydro (air) di Norwegia.

4. Finlandia

Finlandia di posisi keempat dengan EPI dari 91,4. Skor Finlandia adalah 99,3 yang diambil dari parameter kesehatan lingkungan dan hal ini menunjukkan betapa mereka peduli terhadap lingkungan mereka. Skor mereka lebih dari 97 pada parameter air dan kualitas udara. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam mempertahankan hutan. Mereka agak tertinggal dalam kategori seperti perlindungan laut dan subsidi pertanian.

5. Costa Rica

Costa Rica mengambil tempat kelima dengan EPI dari 90,5. Costa Rica sangat memperhatikan lingkungan mereka dan mereka pun mengambil langkah-langkah untuk menetralkan karbon pada tahun 2021. Costa Rica mendapat nilai 97 atau lebih baik dalam parameter penjagaan hutan, polusi udara, dan lain-lain. Tapi mereka agak tertinggal dalam parameter perlindungan laut.

6. Austria

Austria dengan EPI 89,4 selesai di tempat keenam. Skor mereka sempurna dengan nilai 100 dalam parameter sanitasi, air minum, kehutanan, tumbuh saham, pestisida regulasi, dan perlindungan laut. Seperti rekannya, Finlandia, Austria pun agak terlalu tertinggal dalam masalah subsidi pertanian. Skor emisi CO² industri mereka adalah 82,3.

7. Selandia Baru

Selandia Baru mendapatkan skor EPI 88,9. New Zealand tahu cara menjaga lingkungan dan telah mencetak 84,9 di daerah-daerah seperti indeks konservasi yang efektif. New Zealand juga mendapat nilai yang sangat baik untuk kemurnian udara dan air.

8. Latvia

Latvia mendapatkan skor di delapan point dengan nilai EPI dari 88,8, hanya selisih 0,1 denga New Zealand. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter perkotaan tertentu, ozon kesehatan, kehutanan, tekanan air, pertumbuhan pohon, tekanan irigasi dan ekosistem ozon. Mereka kurang mengindahkan perlindungan laut karenanya skor mereka cuma 1. Parameter Latvia lain yang mendapatkan nilai lebih dari 95 meliputi polusi udara, air minum, dan regulasi pestisida.

9. Colombia

Columbia mendapatkan EPI 88,3 dan berada di tempat kesembilan. Columbia bergantung pada pendapatan ekspor produksi kopi dan bunga. Columbia mendapat 99,9 pada parameter lahan tanaman intensif. Harapan hidup di Columbia adalah 73 tahun.

10. Perancis
Perancis berada di posisi kesepuluh dengan EPI 87,8. Skor mereka sempurna yaitu 100 dalam parameter air minum, kehutanan, perkotaan khusus, dan pertumbuhan pohon. Skor mereka lebih dari 95 di parameter polusi udara, kesehatan ozon, luas lahan terbakar, dan ekosistem ozon. Mereka tertinggal di belakang dalam bidang seperti keanekaragaman hayati, konservasi efektif, kawasan perlindungan laut, dan subsidi pertanian. Indonesia ? berada di peringkat 134 Indonesia berada pada posisi yang cukup mengenaskan, yaitu peringkat ke-134, kalah dengan beberapa negara tetangganya.

Baca selengkapnya http://www.infospesial.net/old/other/10-negara-terbersih-di-dunia.html /infospesialcom @infospesial

---

Padahal, Islam memandang "Kebersihan adalah sebagian dari Iman"

---

Penyebab islam mundur, non islam berkembang

1. Kebodohan

Padahal ayat yang pertama kali adalah " Iqra" artinya bacalah, berarti umar islam harus "cerdas" spiritual dan intelektualnya.

QS Ali Imran : 18

Allah menyatakan bahwasanya tidak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang menegakkan keadilan. Para Malaikat dan orang-orang yang berilmu (juga menyatakan yang demikian itu). Tak ada Ilah (yang berhak disembah) melainkan Dia, Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

---

Jadi orang yang berilmu ini kemuliaannya disandingkan dengan para malaikat

---

Membaca / mempelajari satu bab ilmu lebih baik daripada 1000 rakaat shalat sunat.

---

Membaca adalah jendela dunia, dengan kita banyak membaca, banyak juga pengetahuan dan wawasan yang akan kita dapatkan

---

Setiap Muslim dan Muslimah ingin masuk Surga. Maka, jalan untuk masuk Surga adalah dengan menuntut ilmu syar’i. Sebab Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang melapangkan satu kesusahan dunia dari seorang mukmin, maka Allah melapangkan darinya satu kesusahan di hari Kiamat. Barangsiapa memudahkan (urusan) atas orang yang kesulitan (dalam masalah hutang), maka Allah memudahkan atasnya di dunia dan akhirat. Barangsiapa menutupi (aib) seorang muslim, maka Allah menutupi (aib)nya di dunia dan akhirat. Allah senantiasa menolong hamba selama hamba tersebut senantiasa menolong saudaranya. Barangsiapa yang meniti suatu jalan untuk mencari ilmu, maka Allah memudahkan untuknya jalan menuju Surga. Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah Allah (masjid) untuk membaca Kitabullah dan mempelajarinya di antara mereka, melainkan ketenteraman turun atas mereka, rahmat meliputi mereka, Malaikat mengelilingi mereka, dan Allah menyanjung mereka di tengah para Malaikat yang berada di sisi-Nya. Barangsiapa yang lambat amalnya, maka tidak dapat dikejar dengan nasabnya.

---

Majelis-Majelis Ilmu adalah Taman-Taman Surga

Nabi shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Apabila kalian berjalan melewati taman-taman Surga, perbanyaklah berdzikir.” Para Shahabat bertanya, “Wahai Rasulullah, apakah yang dimaksud taman-taman Surga itu?” Beliau menjawab, “Yaitu halaqah-halaqah dzikir (majelis ilmu).”

http://almanhaj.or.id/content/2307/slash/0/menuntut-ilmu-jalan-menuju-surga/

---

”Carilah ilmu sejak dari buaian hingga ke liang lahat”.

---

2. Kemiskinan

Maka sesungguhnya kefakiran itu hampir-hampir mengundang kekufuran

---

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu , beliau berkata, Rasalullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Bersungguh-sungguhlah untuk mendapatkan apa yang bermanfaat bagimu dan mintalah pertolongan kepada Allah (dalam segala urusanmu) serta janganlah sekali-kali engkau merasa lemah. Apabila engkau tertimpa musibah, janganlah engkau berkata, Seandainya aku berbuat demikian, tentu tidak akan begini dan begitu, tetapi katakanlah, Ini telah ditakdirkan Allah, dan Allah berbuat apa saja yang Dia kehendaki, karena ucapan seandainya akan membuka (pintu) perbuatan syaitan.

http://almanhaj.or.id/content/3841/slash/0/mukmin-yang-kuat-lebih-baik-dan-lebih-dicintai-oleh-allh-subhanahu-wa-taala/

---

Disini, shalat disandingkan dengan kerja (mencari rezeki), ini membuktikan bahwa muslim tidak boleh malas

Qs Jumuah : 10

Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.

---

Disini, kita diperintahkan agar jangan meninggalkan keturunan yang lemah

Qs An Nisa : 9

Dan hendaklah takut kepada Allah orang-orang yang seandainya meninggalkan di belakang mereka anak-anak yang lemah, yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan) mereka. Oleh sebab itu hendaklah mereka bertaqwa kepada Allah dan hendaklah mereka mengucapkan perkataan yang benar.

3. Perpecahan diantara umat islam

Jauhkan diri dari perpecahan umat

Qs Ali Imran : 103

Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah akan nimat Allah kepadamu ketika dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nimat Allah orang yang bersaudara; dan kamu telah berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu daripadanya. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu, agar kamu mendapat petunjuk.

---

Yang mendatangkan azab yang sangat pedih itu karena bercerai berai satu sama lain

QS Ali Imran : 105

Dan janganlah kamu menyerupai orang-orang yang bercerai-berai dan berselisih sesudah datang keterangan yang jelas kepada mereka. Mereka itulah orang-orang yang mendapat siksa yang berat

---

Hal hal yang dilaksanakan kaum zionis untuk memecah belah umat islam :

1. Menjauhkan umat islam untuk melaksanakan syariat

2. Masuk ke dalam islam namun merongrong dan menyebabkan pertentangan 1 sama lain

---

PR nya umat islam :

1. Umat islam harus menjadi umat yang cerdas

2. Umat islam harus menjadi umat yang kuat ekonominya

3. Umat islam harus menjadi umat yang bersatu

---

Kebodohan, kemiskinan, perpecahan ummat adalah salah satu ujian kehidupan

QS Al Mulk : 1-2

Maha Suci Allah Yang di tangan-Nyalah segala kerajaan, dan Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu, Yang menjadikan mati dan hidup, supaya Dia menguji kamu, siapa diantara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.

---

Hadist : Rasulullah saww bersabda : ”Jika Allah mencintai seorang hamba maka Allah berikan cobaan baginya. Dan jika Allah mencintainya dengan kecintaan yang sangat maka Allah akan mengujinya.” Para sahabat Nabi bertanya : ”Apakah ujiannya?” Rasulullah saww menjawab : “Tidak sedikit pun Allah tinggalkan baginya harta dan anak”

http://qitori.wordpress.com/2007/07/23/jika-allah-mencintai-seorang-hamba/

---

Jika kita menghadapi ujian tersebut dengan kesabaran, maka Allah akan bersama kita

Qs Al Baqarah : 153

“Sesungguhnya Allah beserta orang-orang yang sabar.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut