20 Oktober 2014

Pengajian Musholla Al Ikhlas Puri Bintaro 20 Okt 2014 Ustadz Najmuddin Shiddiq Bagaimana cara membersikan hati sesuai dengan petujuk al Quran

Event : Pengajian Musholla Al Ikhlas Puri Bintaro
Tanggal : 20 Okt 2014
Pembicara : Ustadz Najmuddin Shiddiq
Tema : Bagaimana cara membersikan hati sesuai dengan petujuk al Quran

Kalau hari tidak bersih, tidak bisa menerima apapun yang terjadi
Cara membersihkan hati :

1. Istighfar
2. Shalat

Qs Ali Imran : 133-134

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa, (yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

---

3. Menafkahkan di waktu lapang maupun sempit
4. Menahan amarah
5. Memaafkan kesalahan orang lain

Jadi lakukan amalan Hablumminallah dan Hablumminannas

---

Qs At Taubah : 103

Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka, dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu (menjadi) ketentraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

---

Apalagi cara membersihkan hati?

6. Zakat
7. Doa

---

Kenapa hati manusia harus dibersihkan, karena semua manusia memiliki sifat yang sama :
1. Suka mengeluh
2. Kikir

Namun sifat buruk tersebut bisa diminimalisir dengan :

1. Shalat kontinyu
2. Berbagi rezeki dengan orang yang meminta dan tidak meminta

Qs Al Ma'arij : 19-27

Sesungguhnya manusia diciptakan bersifat keluh kesah lagi kikir. Apabila ia ditimpa kesusahan ia berkeluh kesah, dan apabila ia mendapat kebaikan ia amat kikir, kecuali orang-orang yang mengerjakan shalat, yang mereka itu tetap mengerjakan shalatnya, dan orang-orang yang dalam hartanya tersedia bagian tertentu, bagi orang (miskin) yang meminta dan orang yang tidak mempunyai apa-apa (yang tidak mau meminta), dan orang-orang yang mempercayai hari pembalasan, dan orang-orang yang takut terhadap azab Rabb nya.

---

Jadi, kalau kita berbagi rezeki itu wujud rasa syukur kepada Allah :

Qs Ibrahim : 7

Dan (ingatlah juga), takala Rabbmu memalumkan: Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nimat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nimat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih

---

Hadist : Sedekah itu dapat menolak tujuh puluh pintu bala (HR Thabrani )

Fungsi Infaq di jalan Allah :
Menjauhkan dari kebinasaan

Hal apa lagi yang menyebabkan hati jadi bersih ?
8. Berbuat baik

Qs Al Baqarah : 195

Dan belanjakanlah (harta bendamu) di jalan Allah, dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan, dan berbuat baiklah, karena sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang berbuat baik

---

Pahala sedekah at least 700 kali lipat, asalkan :

1. Tidak menyebut pemberiannya itu
2. Tidak mengungkit ungkit
3. Berkata yang baik
4. Pemberian maaf

Kalau sedekah tidak ikhlas, sia sia saja

Qs Al Baqarah : 261-264

Perumpamaan orang yang meninfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan (pahala) bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui. Orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah, kemudian tidak mengiringi apa yang dia infakkan itu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), mereka memperoleh pahala di sisi Tuhan mereka. Tidak ada rasa takut pada mereka dan mereka tidak pula bersedih hati. Perkataan yang baik dan pemberian maaf lebih baik daripada sedekah yang diiringi dengan tindakan yang menyakiti. Allah Maha Kaya lagi Maha Penyantun. Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu menghilangkan (pahala) sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya dan menyakiti (perasaan si penerima), seperti orang yang menginfakkan hartanya karena riya kepada manusia dan dia tidak beriman kepada Allah dan hari akhir. Perumpamaan orang itu seperti batu licin yang di atasnya ada tanah, kemudian batu itu ditimpa hujan lebat, lalu batu itu menjadi licin lagi. Mereka tidak memperoleh sesuatu apa pun dari apa yang mereka kerjakan, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang kafir.

---

Siapa saja prioritas sedekah?
1. Ortu
2. Kerabat
3. Anak yatim
4. Orang miskin
5. Orang yang dalam perjalanan

Qs Al Baqarah : 215

Mereka bertanya kepadamu tentang apa yang mereka infakkan. Katakanlah: "Harta apa saja[14] yang kamu infakkan, hendaknya diberikan kepada kedua orang tua, kerabat, anak yatim, orang miskin dan orang yang sedang dalam perjalanan." Dan kebaikan apa saja yang kamu kerjakan, maka Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui

---

Kalau seseorang bersedekah, ada beberapa hal yang harus diperangi, yaitu :

1. Diri sendiri
2. Setan

---

Diingatkan Allah kembali, sifat manusia itu cenderung kikir :

Qs Al Isra : 100

Katakanlah: Kalau seandainya kamu menguasai perbendaharaan-perbendaharaan rahmat Rabbku, niscaya perbendaharaan itu kamu tahan, karena takut membelanjakannya. Dan adalah manusia itu sangat kikir

---

Setan bertujuan agar manusia memiliki sifat :

1. Takut miskin
2. Keji
3. Kikir

---

Qs Al Baqarah : 268

Syaitan menjanjikan (menakut-nakuti) kamu dengan kemiskinan dan menyuruh kamu berbuat kejahatan (kikir); sedang Allah menjadikan untukmu ampunan daripada-Nya dan karunia. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengatahui.

---

Hati hati dengan apa yang kita ucapkan :

Qs Adz Dzariyat : 23

Maka demi Rabb langit dan bumi, sesungguhnya yang dijanjikan itu adalah benar-benar (akan terjadi) seperti perkataan yang kamu ucapkan.

---

Kalau kita dapat rezeki, langsung keluarkan sedekahnya saat itu juga, tidak usah ditunda tunda :

Qs Al An'am : 141

Dan dialah yang menjadikan kebun-kebun yang berjunjung dan yang tidak berjunjung, pohon korma, tanam-tanaman yang bermacam-macam buahnya, zaitun dan delima yang serupa (bentuk dan warnanya), dan tidak sama (rasanya). Makanlah dari buahnya (yang bermaca-macam itu) bila dia berbuah, dan tunaikanlah haknya dihari memetik hasilnya (dengan dikeluarkan zakatnya); dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.

---

Amal kalau tidak diiringi sedekah, kebaikannya tidak sempurna :

Qs Ali Imran : 92

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan, maka sesungguhnya Allah mengetahuinya

---

Kalau seseorang bersedekah, namun dia fasik, ya tidak diterima juga sedekahnya :

Qs At Taubah : 53-55

Katakanlah: Nafkahkanlah hartamu baik dengan sukarela ataupun dengan terpaksa, namun nafkah itu sekali-kali tidak akan diterima dari kamu. Sesungguhnya kamu adalah orang-orang yang fasik. Dan tidak ada yang menghalangi mereka untuk diterima dari mereka nafkah-nafkahnya melainkan karena kafir kepada Allah dan Rasul-Nya dan mereka tidak mengerjakan shalat, melainkan dengan malas dan tidak (pula) menafkahkan (harta) mereka, melainkan dengan rasa enggan. Maka janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki dengan (memberi) harta benda dan anak-anak itu untuk menyiksa mereka dalam kehidupan di dunia dan kelak akan melayang nyawa mereka, sedang mereka dalam keadaan kafir.

---

Siapa saja orang yang fasik :

1. Tidak meyakini Allah
2. Tidak meyakini Rasul
3. Tidak shalat

---

Harta yang kita dapat dan yang kita keluarkan, 2 2 nya harus dari harta yang baik (Halal)

Qs Al Baqarah : 267

Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (di jalan allah) sebagian dari hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan jangan-lah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya, padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah, bahwa Allah Mahakaya lagi Maha Terpuji.

---

Doa kita tidak hanya untuk diri sendiri melainkan untuk keluarga kita

Qs Al Furqon : 74

Dan orang-orang yang berkata: Ya Rabb kami, anugerahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa.

---

Qs Ibrahim : 40-41

Ya Rabbku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, ya Rabb kami, perkenankan doaku. Ya Rabb kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapakku dan sekalian orang-orang mumin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)

---

Qs Al Baqarah : 128-129

Ya Rabb kami, jadikanlah kami berdua orang yang tunduk patuh kepada Engkau dan (jadikanlah) di antara anak-cucu kami umat yang tunduk patuh kepada Engkau dan tunjukkanlah kepada kami cara-cara dan tempat-tempat ibadah haji kami, dan terimalah taubat kami. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang. Ya Rabb kami, utuslah untuk mereka seorang Rasul dari kalangan, yang akan membacakan kepada mereka ayat-ayat Engkau, dan mengajarkan kepada mereka Al-Kitab (Al-Quran) dan hikmah serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut