15 September 2012

Pengajian Hijabersmom Bandung Tema : Menyikapi hikmah melewati Ramadhan

Event : Pengajian Hijabersmom Bandung
Tema : Menyikapi hikmah melewati Ramadhan
Tanggal : 15 September 2012
Pembicara : Ustadzah Ninih Muthmainah

Pembacaan ayat suci Al Quran

QS An Nisa : 43

Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu shalat, sedang kamu dalam keadaan mabuk, sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan, (jangan pula hampiri masjid) sedang kamu dalam keadaan junub, terkecuali sekedar berlalu saja, hingga kamu mandi. Dan jika kamu sakit atau sedang dalam musafir atau kembali dari tempat buang air atau kamu telah menyentuh perempuan, kemudian kamu tidak mendapat air, maka bertayamumlah kamu dengan tanah yang baik (suci); sapulah mukamu dan tanganmu. Sesungguhnya Allah Maha Pemaaf lagi Maha Pengampun.

---

Pentingnya Silahturahim

QS An nisa : 1

Hai sekalian manusia, bertaqwalah kepada Rabb-mu yang telah menciptakan kamu dari yang satu, dan daripadanya Allah menciptakan isterinya; dan daripada keduanya Allah memperkembangbiakkan laki-laki dan perempuan yang banyak. Dan bertaqwalah kepada Allah yang dengan (mempergunakan) nama-Nya kamu saling meminta satu sama lain, dan (peliharalah) hubungan silatur-rahim. Sesungguhnya Allah selalu menjaga dan mengawasi kamu.

---

Manusia diciptakan sempurna oleh Allah

QS At Tin : 4

Sesungguhnya Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya

---

Setiap manusia diminta pertanggung jawaban atas segala hal yang dilakukannya

QS Al Qiyamah : 36

Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?

---

Puasa membentuk kepribadian agar bertaqwa

QS Al Baqarah : 183

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa.

---

Ya Allah, jangan jadikan ini adalah Ramadhan terakhir bagiku, Ya Allah, ijinkan aku bertemu Ramadhan lagi

---

Ibadah apakah sudah mengantarkan kita kepada taqwa ?

Rasulullah SAW pernah berkata, “Amal soleh yang kalian lakukan tidak bisa memasukkan kalian ke surga”. Lalu para sahabat bertanya: “Bagaimana dengan Engkau ya Rasulullah ?” Jawab Rasulullah SAW, “Amal sholeh saya pun tidak cukup. Lalu para sahabat kembali bertanya : “Kalau begitu dengan apa kita masuk surga?” . Nabi SAW kembali menjawab : “Kita dapat masuk surga hanya karena rahmat dan kebaikan Allah semata

---

Apakah kita sudah memiliki ciri ciri orang beriman ?

QS Al Mukminun : 1-11

Sesungguhnya beruntunglah orang-orang yang beriman,

(yaitu) orang-orang yang khusyu dalam shalatnya,

dan orang-orang yang menjauhkan diri dari (perbuatan dan perkataan) yang tiada berguna,

dan orang-orang yang menunaikan zakat,

dan orang-orang yang menjaga kemaluannya,

kecuali terhadap isteri-isteri mereka atau budak yang mereka miliki; maka sesungguhnya mereka dalam hal ini tiada tercela.

Barangsiapa mencari yang di balik itu maka mereka itulah orang-orang yang melampaui batas.

Dan orang-orang yang memelihara amanat-amanat (yang dipikulnya) dan janjinya,

dan orang-orang yang memelihara shalatnya.

Mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi,

(yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.

---

Apakah kita sudah memiliki ciri ciri bertaqwa ?

QS Ali Imran : 133-136

Dan bersegeralah kamu kepada ampunan dari Rabbmu dan kepada surga yang luasnya seluas langit dan bumi yang disediakan untuk orang-orang yang bertaqwa,

(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang-orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.

Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain daripada Allah. Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengatahui.

Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Rabb mereka dan surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal di dalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.

---

Sifat sifat orang mukmin meliputi mencurahkan kedermawanan, bermurah hati, mencegah pelanggaran, ihsan kepada sesama, membalas keburukan dengan kebaikan, memperlakukan orang disertai pemaafan dan lapang dada, menahan marah, memberikan apa yang menjadi hak sesama dan disertai dengan yang sunnah, dsb.

---

Hukum memelihara anjing di rumah

Rasulullah SAW melarang memelihara anjing didalam rumah tanpa ada suatu keperluan. Dalam sebuah hadits Rasulullah Bersabda : “Malaikat jibril datang kepadaku, kemudian ia berkata kepadaku sebagai berikut : Tadi malam saya datang ke rumahmu, tidak ada satupun yang menghalang-halangi aku untuk masuk kecuali karena di pintu ada patungnya dan didalam ada gorden yang bergambar dan didalam rumah itu juga ada anjing. Oleh karena itu maka perintahkanlah agar supaya kepala patung itu dipotong agar menyerupai keadaan sebuah pohon, dan supaya gorden itu di potong untuk dijadikan dua bantal yang diduduki dan perintahkanlah anjing itu agar di keluarkan” (Riwayat Abu Daud, Nasai, Tirmidzi dan Ibnu Hibban)

---

Cara menyikapi kemungkaran

Dari Abu Sa'id Al Khudry radhiyallahu 'anhu berkata, saya mendengar Rasulullah shallallahu 'alahi wa sallam bersabda, "Barang siapa di antara kamu yang melihat kemungkaran, maka hendaklah ia merubah (mengingkari) dengan tangannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah (mengingkari) dengan lisannya, jika tidak mampu hendaklah ia merubah dengan hatinya, dan itulah keimanan yang paling lemah." (HR. Muslim)

---

Segala kejadian yang terjadi adalah kehendak Allah, atas ijin Allah

Qs Yassin : 82

Sesungguhnya perintah-Nya apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: Jadilah! maka terjadilah ia

---

Suami yang baik adalah suami yang paham dengan kesiapan, kemampuan istri

---

Doa agar dicukupi segala keperluan

QS At Taubah : 129

Jika mereka berpaling (dari keimanan), maka katakanlah : Cukuplah Allah bagiku; tidak ada Ilah selain Dia. Hanya kepada-Nya aku bertawakkal, dan Dia adalah Rabb yang memiliki Arsy yang agung.

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut