27 September 2012

Pengajian Masjid Raya Bani Umar Tanggal : 25 September 2012

Event : Pengajian Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 25 September 2012
Pembicara : Ustadz H LS Insan Mokoginta
Tema : Perbandingan agama

Jangan menikah beda agama

QS Al Baqarah : 221

Dan janganlah kamu nikahi wanita-wanita musyrik, sebelum mereka beriman. Sesungguhnya wanita budak yang mumin lebih baik dari wanita musyrik, walaupun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu menikahkan orang-orang musyrik (dengan wanita-wanita mumin) sebelum mereka beriman. Sesungguhnya budak yang mumin lebih baik dari orang-orang musyrik walaupun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedang Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. Dan Allah menerangkan ayat-ayat-Nya (perintah-perintahnya) kepada manusia supaya mereka mengambil pelajaran.

---

Islam adalah agama yang diridhoi Allah

QS Al Maidah : 3

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nimat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa,sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

---

Pilihan tema yang ditawarkan oleh ustadz Insan Moko Ginta

1. Samakah Isa As dalam Al Quran dengan Yesus di dalam Injil ?

2. Mana yang bisa dipercaya, Alkitab atau Al Quran ?

3. Benarkan Yesus mati disalib untuk menebus dosa ?

4. Bagaimana menjawab berbagai hujatan terhadap Al Quran ?

5. Bagaimana meyakini Al Quran sebagai kitab suci yang benar ?

6. Bukti Quran wahyu Allah bukan buatan Muhammad

7. Bukti informasi dan kritikan Qur'an terhadap Alkitab

8. Benarkah islam ditegakkan dengan pedang dan ajarkan terorisme ?

9. Sepuluh alasan pengikut Yesus harus masuk islam

10. Berhadiah BMW, Mustahil kristen bisa menjawab pertanyaan ini

11. Berhadiah Honda Jazz, Mustahil kristen bisa membuktikan

12. Mengapa terjadi ketidak sesuaian (kesenjangan) antara umat islam dengan Al Quran

13. Antara ucapan selamat idul fitri dan hari natal ?

14. Apakah kita tergolong orang beriman dan bertaqwa ?

16. Ramadhan dan syawwal, bulan peningkatan iman

17. Kebodohan universal dan amalan yang sia sia

18. Bagaimana menjawab pertanyaan dengan pertanyaan

19. Da'wah yang jarang disampaikan tapi pahalanya besar

20. Nabi Muhammad dalam kitab suci agama lain

21. Keunggulan Al Quran atas kitab suci lain

22. Apakah semua agama sama ?

---


Nabi Isa turun menyampaikan bahwa penutup nabi adalah Nabi Muhammad

QS Ash Shaff : 6

Dan (ingatlah) ketika Isa putera Maryam berkata: Hai bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab (yang turun) sebelumku, yaitu Taurat dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad). Maka tatkala Rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: Ini adalah sihir yang nyata.

---

Nabi adalah pembawa kabar gembira, namun banyak manusia yang mengingkarinya

QS Saba : 28

Dan Kami tidak mengutus kamu, melainkan kepada umat manusia seluruhnya sebagai pembawa berita gembira dan sebagai pemberi peringatan, tetapi kebanyakan manusia tiada mengetahui.

---

Tugas Rasulullah menyampaikan wahyu, Hidayah datangnya dari Allah

Qs Ali Imran : 20

Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku. Dan katakanlah kepada orang-orang yang ummi: Apakah kamu (mau) masuk Islam. Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya

---

Qs Ali Imran : 64

Katakanlah: Hai Ahli Kitab, marilah (berpegang) kepada suatu kalimat (ketetapan) yang tidak ada perselisihan antara kami dan kamu, bahwa tidak kita sembah kecuali Allah dan tidak kita persekutukan Dia dengan sesuatupun dan tidak (pula) sebagian kita menjadikan sebagian yang lain sebagai Ilah selain Allah. Jika mereka berpaling maka katakanlah kepada mereka: Saksikanlah, bahwa kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).

---

Surat Rasulullah Kepada Heraclius

Bismillahirrahmanirrahim

Dan Muhammad, hamba dan utusan Allah kepada heraclius kaisar Romawi, salam damai bagi orang yang mau mengikuti petunjuk. Selanjutnya aku mengajakmu beragama islam. Masuk islamlah engkau, niscaya engkau akan selamat Allah pasti akan memberimu pahala dua kali. Namun jika engkau berpaling tidak mau masuk (islam) maka engkau turut menanggung dosa penduduk Arisyyin

---

Cara menjawab pertanyaan dengan pertanyaan

Tentang Mengapa babi haram ?

Cara menjawabnya :

Sebenarnya saya yang beryanya, mengapa anda makan babi ? Bukankah dalam Kitab anda, justru babi sangat diharamkan?

---

Imamat 11: 7-8 (Cetakan lama)

7. Demikian juga babi karena memang berkuku belah, yaitu kukunya bersela panjang tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu.

8. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan bangkainya janganlah kamu sentuh; haram semuanya itu bagimu.

---

Paulus halalkan yang haram

Korintus 6 : 12

Segala sesuatu halal bagiku, tetapi bukan semuanya berguna. Segala sesuatu halal bagiku, tetapi aku tidak membiarkan diriku diperhamba oleh suatu apapun.

---

Korintus 10 : 25

Kamu boleh makan segala sesuatu yang dijual di pasar daging, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.

---

Korintus 10 : 27

Kalau kamu diundang makan oleh seorang yang tidak percaya, dan undangan itu kamu terima, makanlah apa saja yang dihidangkan kepadamu, tanpa mengadakan pemeriksaan karena keberatan-keberatan hati nurani.

---

Di dalam islam :

Larangan untuk memakan makanan yang haram

QS Al Baqarah : 173

Sesungguhnya Allah hanya mengharamkan bagimu bangkai, darah, daging babi, dan binatang (yang ketika disembelih) disebut (nama) selain Allah. Tetapi barangsiapa dalam keadaan terpaksa (memakannya) sedang ia tidak menginginkannya dan tidak (pula) melampaui batas, maka tidak ada dosa baginya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang

---

QS Al Maidah : 3

Diharamkan bagimu (memakan) bangkai, darah, daging babi, (daging hewan) yang disembelih atas nama selain Allah, yang tercekik, yang terpukul, yang jatuh, yang ditanduk, yang diterkam binatang buas, kecuali yang sempat kamu menyembelihnya, dan (diharamkan bagimu) yang disembelih untuk berhala. Dan (diharamkan juga) mengundi nasib dengan anak panah, (mengundi nasib dengan anak panah itu) adalah kefasikan. Pada hari ini orang-orang kafir telah putus asa untuk (mengalahkan) agamamu, sebab itu janganlah kamu takut kepada mereka dan takutlah kepada-Ku. Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu dan telah Ku-cukupkan kepadamu nimat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agamamu. Maka barangsiapa terpaksa karena kelaparan tanpa sengaja berbuat dosa,sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

---

Kenapa wanita wanita islam harus berjilbab ?

Cara menjawabnya

Justru saya yang ingin bertanya, mengapa wanita wanita kristen tidak berjilbab ?

Korintus 11 : 5-6

Tetapi tiap-tiap perempuan yang berdoa atau bernubuat dengan kepala yang tidak bertudung, menghina kepalanya, sebab ia sama dengan perempuan yang dicukur rambutnya.

Sebab jika perempuan tidak mau menudungi kepalanya, maka haruslah ia juga menggunting rambutnya. Tetapi jika bagi perempuan adalah penghinaan, bahwa rambutnya digunting atau dicukur, maka haruslah ia menudungi kepalanya.

---

Hati hati dengan "Shalat Rabbaniyah" Buku sesat terbitan kaum kafir

Dalam Al-Quran sering ditemukan kata Aqimus Sholah (tegakkan Shalat), sebagai bagian dari perintah Allah kepada kaum Muslim untuk beribadah. Tapi jangan keliru, belakangan ini, kaum Kafir juga menggunakan bahasa serupa yang juga mirip dengan bahasa Al-Quran. Baru-baru ini, kalangan Kristen Ortodox Syiria (KOS) menerbitkan buku berjudul “Shalat Rabbaniyah” yang ditulis oleh Ignatius Bambang Soetawan. Bambang adalah alumnus Sekolah Tinggi Filsafat Teoogi Prajnawidya Yogyakarta, pada tahun 1971. Jika tidak paham, peristiwa ini bisa-bisa mengecoh umat Islam semua. Apalagi selain menggunakan bahasa-bahasa mirip Al-Quran, kalangan Kristen Ortodok Syiria juga menggunakan simbol-simbol mirip Islam. Seperti jilbab dll. Kembali ke buku tadi, isi buku setebal 120 halaman tersebut adalah tafsir ringkas (refleksi) tentang “Doa Dapa Kami” yang dikutip dari Injil Matius 6: 9-13.

Karena itu berdoalah demikian : Bapa kami yang di sorga, Dikuduskanlah nama-Mu, datanglah Kerajaan-Mu jadilah kehendak-Mu di bumi seperti di sorga. Berikanlah kami pada hari ini makanan kami yang secukupnya dan ampunilah kami akan kesalahan kami, seperti kami juga mengampuni orang yang bersalah kepada kami; dan janganlah membawa kami ke dalam pencobaan, tetapi lepaskanlah kami dari pada yang jahat (Karena Engkaulah yang empunya Kerajaan dan kuasa dan kemuliaan sampai selama-lamanya Amin

---

Selain buku mirip bahasa khas Islam tersebut, Yayasan Misi Orthodoxia yang diketuai oleh Pendeta Yusuf Roni juga menerbitkan buku panduan shalat kristen yang berjudul ”Kitabus Sab’us-Shalawat” (shalat 7 waktu). Melalui berita ini, kami menghimbau saudara-saudara kaum Muslimin agar tidak terkecoh dengan simbol-simbol islami tapi Kristen, yang pada zaman sudah semakin merebak dan menipu kasat mata. Meski pakaian serta buku-buku mereka mirip kaum Muslim, satu hal yang pasti berbeda, ajaran mereka anti syariat Islam (hukum Allah Subhanahu Wata’ala).

Tentang gambaran Kristen Ortodox Syiria (KOS) dan seluk-beluk Shalat Tujuh Waktu (Kitabus Sab’us-Shalawat) bisa dibaca di Wikipedia. Mudah-mudahan informasi pendek ini bisa menjadi panduan sekaligus informasi bagi semua kaum Muslimin.

---

Kenapa setiap laki laki yang beragama islam harus disunat?

Cara menjawabnya

Justru saya yang ingin bertanya, mengapa pria Kristen tidak mewajibkan bersunat?

Kejadian 17 : 9-14

Lagi firman Allah kepada Abraham: "Dari pihakmu, engkau harus memegang perjanjian-Ku, engkau dan keturunanmu turun-temurun.

Inilah perjanjian-Ku, yang harus kamu pegang, perjanjian antara Aku dan kamu serta keturunanmu, yaitu setiap laki-laki di antara kamu harus disunat;

haruslah dikerat kulit khatanmu dan itulah akan menjadi tanda perjanjian antara Aku dan kamu.

laki di antara kamu, turun-temurun: baik yang lahir di rumahmu, maupun yang dibeli dengan uang dari salah seorang asing, tetapi tidak termasuk keturunanmu.

Orang yang lahir di rumahmu dan orang yang engkau beli dengan uang harus disunat; maka dalam dagingmulah perjanjian-Ku itu menjadi perjanjian yang kekal.

Dan orang yang tidak disunat, yakni laki-laki yang tidak dikerat kulit khatannya, maka orang itu harus dilenyapkan dari antara orang-orang sebangsanya: ia telah mengingkari perjanjian-Ku."

---

Lukas 2 : 21

Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

---

Galatia 5 : 2-3

Sesungguhnya, aku, Paulus, berkata kepadamu: jikalau kamu menyunatkan dirimu, Kristus sama sekali tidak akan berguna bagimu.

Sekali lagi aku katakan kepada setiap orang yang menyunatkan dirinya, bahwa ia wajib melakukan seluruh hukum Taurat.

---

Sunat menurut injil Barnabas

Barnabas 22 : 2

Yesus menjawab : Sungguh kukatakan kepadamu bahwa anjing lebih mulia dari seorang yang tidak bersunat"

---

Mengapa orang Islam tidak pernah mengakui Yesus sebagai Tuhan ?

Cara menjawabnya :

Justru saya ingin bertanya, Mengapa orang kristen mau percaya bahwa Yesus itu adalah Tuhan ?

Padahal Yesus sendiri mengatakan bahwa dia nabi dan utusan Allah

---

Yesaya 45 : 5-6

Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain; kecuali Aku tidak ada Allah. Aku telah mempersenjatai engkau, sekalipun engkau tidak mengenal Aku,

supaya orang tahu dari terbitnya matahari sampai terbenamnya, bahwa tidak ada yang lain di luar Aku. Akulah TUHAN dan tidak ada yang lain,

---

Markus 12 : 29

Jawab Yesus: "Hukum yang terutama ialah: Dengarlah, hai orang Israel, Tuhan Allah kita, Tuhan itu esa.

---

Markus 12 : 32

Lalu kata ahli Taurat itu kepada Yesus: "Tepat sekali, Guru, benar kata-Mu itu, bahwa Dia esa, dan bahwa tidak ada yang lain kecuali Dia.

---

Kisah para rasul 2: 36

Jadi seluruh kaum Israel harus tahu dengan pasti, bahwa Allah telah membuat Yesus, yang kamu salibkan itu, menjadi Tuhan dan Kristus.

---

Filipi 2 : 11

dan segala lidah mengaku: "Yesus Kristus adalah Tuhan," bagi kemuliaan Allah, Bapa!

---

Yohanes 5 : 30

Aku tidak dapat berbuat apa-apa dari diri-Ku sendiri; Aku menghakimi sesuai dengan apa yang Aku dengar, dan penghakiman-Ku adil, sebab Aku tidak menuruti kehendak-Ku sendiri, melainkan kehendak Dia yang mengutus Aku

---

Lukas 22 : 43-44

Maka seorang malaikat dari langit menampakkan diri kepada-Nya untuk memberi kekuatan kepada-Nya.

Ia sangat ketakutan dan makin bersungguh-sungguh berdoa. Peluh-Nya menjadi seperti titik-titik darah yang bertetesan ke tanah.

---

Kesimpulannya :

Setiap yang menerima kekuatan dari malaikat pasti bukan Tuhan

Yesus menerima kekuatan dari malaikat, berarti Yesus bukan Tuhan

Setiap yang ketakutan kepada malaikat, pasti bukan Tuhan

Yesus ketakutan kepada malaikat, berarti Yesus bukan Tuhan

Setiap yang bersungguh sungguh berdoa kepada Tuhan, pasti bukan Tuhan

Yesus bersungguh sungguh berdoa kepada Tuhan, berarti Yesus bukan Tuhan

---

Yesus mengaku dia nabi

Matius 13 : 57

Lalu mereka kecewa dan menolak Dia. Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana, kecuali di tempat asalnya sendiri dan di rumahnya."

---

Markus 6 : 4

Maka Yesus berkata kepada mereka: "Seorang nabi dihormati di mana-mana kecuali di tempat asalnya sendiri, di antara kaum keluarganya dan di rumahnya.

---

Lukas 4 : 24

Dan kata-Nya lagi: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya tidak ada nabi yang dihargai di tempat asalnya

---

Orang lain menyebutnya (Yesus) Nabi

Matius 21 : 11

Dan orang banyak itu menyahut: "Inilah nabi Yesus dari Nazaret di Galilea."

---

Markus 6 : 15

Yang lain mengatakan: "Dia itu Elia!" Yang lain lagi mengatakan: "Dia itu seorang nabi sama seperti nabi-nabi yang dahulu."

---

Lukas 24 : 19

Kata-Nya kepada mereka: "Apakah itu?" Jawab mereka: "Apa yang terjadi dengan Yesus orang Nazaret. Dia adalah seorang nabi, yang berkuasa dalam pekerjaan dan perkataan di hadapan Allah dan di depan seluruh bangsa kami.

---

Kontradiksi masalah dosa

Dosa ditanggung masing masing

Ulangan 24 : 16

Janganlah ayah dihukum mati karena anaknya, janganlah juga anak dihukum mati karena ayahnya; setiap orang harus dihukum mati karena dosanya sendiri.

---

Yeremia 17 : 10

Aku, TUHAN, yang menyelidiki hati, yang menguji batin, untuk memberi balasan kepada setiap orang setimpal dengan tingkah langkahnya, setimpal dengan hasil perbuatannya."

---

Matius 16 : 27

Sebab Anak Manusia akan datang dalam kemuliaan Bapa-Nya diiringi malaikat-malaikat-Nya; pada waktu itu Ia akan membalas setiap orang menurut perbuatannya.

---

Dosa ditanggung oleh Yesus

Kolose 1: 13-14

Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;

di dalam Dia kita memiliki penebusan kita, yaitu pengampunan dosa

---

Orang islam menuduh tuhan kami Trinitas, Padahal Tuhannya orang islam juga banyak, buktinya dalam Al Quran Tuhan menggunakan kata "Kami" itu kan jamak, Berarti Tuhannya orang islam juga lebih dari satu

QS Al Hijr : 9

Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Quran, dan sesungguhnya Kami benar-benar memeliharanya.

---

Yang dimaksudkan disini : Pemeliharaan Al Quran dilakukan tidak hanya dilakukan Allah, melainkan adanya para penghafal Quran (Manusia) dan ada jaminan Allah mengenai keasliannya. (Tidak ada yang berubah)

QS Thaha : 14

Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Ilah (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut