22 Oktober 2012

Kuliah ahad dhuha Masjid Raya Bani Umar Tanggal : 21 Oktober 2012

Event : Kuliah ahad dhuha Masjid Raya Bani Umar
Tanggal : 21 Oktober 2012
Pembicara : Ustadz DR. Amir Faishol Fath, Ma
Tema : Keutamaan 10 hari di awal Dzulhijjah

Dari Ibnu 'Abbaas radhiallahu 'anhumaa ia berkata ; Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda : “Tidak ada satu amal sholeh yang lebih dicintai oleh Allah (dalam riwayat At-Thirmidzi: "Lebih Afdol") melebihi amal sholeh yang dilakukan pada hari-hari ini yaitu 10 hari pertama bulan Dzul Hijjah.” Para sahabat bertanya: “Tidak pula jihad di jalan Allah?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Tidak pula jihad di jalan Allah, kecuali orang yang berangkat jihad dengan jiwa dan hartanya namun tidak ada yang kembali satupun (yaitu ia kehilangan nyawa dan hartanya)

---

Setiap muslim wajib bangun jafar karena dia harus melaksanakan shalat subuh, Namun utamanya bangun sebelum fajar, khususnya melaksanakan ibadah sebelum waktu fajar (Shalah tahajud)

---

QS Al Isra : 79

“Dan pada sebagian malam tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Allah mengangkatmu ke tempat yang Terpuji.”

---

QS Al Fajr : 1-4

Demi fajar,

dan malam yang sepuluh,

dan yang genap dan yang ganjil,

dan malam bila berlalu.

---

Adab bangun malam : Shalat tahajud kemudian membaca Al Quran

QS Al Muzammil : 1-4

Hai orang yang berselimut (Muhammad),

bangunlah (untuk shalat) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya),

(yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit,

atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al-Quran itu dengan perlahan-lahan.

---

Keutamaan 2 ibadah tersebut, Ketika istiqomah dalam melaksanakan hal tersebut, maka lebih mudah melaksanakan ibadah

QS Al Muzzammil : 5-6

Sesungguhnya Kami akan menurunkan kepadamu perkataan yang berat.

Sesungguhnya bangun di waktu malam adalah lebih tepat (untuk khusyuk) dan bacaan di waktu itu lebih berkesan.

---

Seluruh waktu dalam umat muslim adalah penting, karena Allah bersumpah dalam beberapa waktu

QS Ad Dhuha : 1

Demi waktu matahari sepenggalahan naik,

---

QS Al Ashr : 1

Demi masa.

---

Hadist : ada 2 waktu, Waktu untuk bersiap beramal : kehidupan dunia, waktu untuk menerima buah amal sholeh dari yang kita laksanakan : kehidupan akhirat

---

Banyak orang yang menyesal diakhirat nanti karena ketika di dunia banyak menyia nyiakan waktu

QS An Naba : 40

Sesungguhnya Kami telah memperingatkan kepadamu (hai orang kafir) siksa yang dekat, pada hari manusia melihat apa yang telah diperbuat oleh kedua tangannya dan orang kafir berkata: Alangkah baiknya sekiranya aku dahulu adalah tanah.

---

Dijadikan dunia tempat mencari perbekalan untuk akhirat, supaya dapat diperoleh dari dunia itu, apa yang patut untuk perbekalan itu.

---

Wukuf di Arofah

seluruh jamaah haji yang jumlahnya jutaan orang berkumpul di Padang Arafah untuk melaksanakan puncak haji yaitu wukuf, berdiam diri di padang tandus, berbatu, guna memperbanyak amalan dan memohon ampunan kepada Allah SWT yang Menguasai Seluruh Jagat Alam, Maha Pengasih lagi Penyayang. Sehingga sangat berugilah mereka yang berada di Arafah menyia-nyiakan peluang untuk bertobat. Sebesar apapun dosa seseorang itu akan diampuni-Nya dengan tobat di hari dan tempat yang sangat mulia dan ridha-Nya, dan menurut para ulama para jamaah haji harus yakin dosa-dosanya diampuni Allah SWT dan berjanji tidak mengulangi kesalahan serupa sekembali dari tanah suci nantinya.

Puncak dari seluruh ritual ibadah haji terjadi di Padang Arafah, lokasinya tidak begitu jauh dari Kota Makkah, sehingga jalan menuju ke sana menjadi macet total. Seluruh jamaah memakai pakaian ihram berwarna putih, maka Arafah pun menjadi lautan manusia mengenakan pakaian serba putih, pertanda suci dan bersih. Tidak ada perbedaan antara presiden, menteri, pejabat dengan rakyat biasa. Semuanya sama di mata Allah SWT. Di sini, seluruh jamaah haji, termasuk yang sedang sakit berat pun wajib memasuki Padang Arafah. Mereka boleh tinggal di tenda, di mobil ambulans maupun beratapkan langit. Namun, umumnya sudah tersedia tenda bagus. Begitu pula di Mina untuk prosesi melontar jumrah (setan). Saatnya seluruh jamaah haji memanjatkan doa sebanyaknya, melakukan kewajiban beribadah wajib dan sunat sebanyak mungkin, membaca ayat suci Al-Quran sekhusuk mungkin, berzikir dll selama di Arafah, maupun Musdalifah, dan Mina dalam beberapa hari ini.

---

Mari bermuhasabah :

Ukur lagi : Mana lebih aku penuhi panggilan adzan atau panggilan bos ? Kalau lebih memenuhi adzan bearti ahli akhirat

Ukur lagi : Mana lebih aku senang dapat harta atau dapat pahala? Kalau lebih senang dapat harta berarti ahli dunia

Ukur lagi : Mana lebih aku senang hadir majlis ilmu iman atau majlis dangdut? Kalau lebih senang majlis ilmu berarti ahli akhirat

---

Ibarat HP harus selalu connect ke server sehingga berfungsi, Sama dengan kita harus selalu connect ke Allah agar bermanfaat

---

Memasuki bulan Dzulhijjah, bulan amal saleh, 10 hari pertama setiap amal dihitung pahala mati syahid

Inti ibadah qurban adalah menyembelih kambing setelah shalat idul adha. Dagingnya sebagian di makan sendiri sebagian dibagi bagikan.

---

6 Amalan di 10 Awal Dzulhijjah (1-10 Dzuhijjah 1433 H)

1. Shaum/Puasa (1-9 Dzulhijjah, yang utama puasa Arafah tanggal 9 Dzulhiijjah)

2. Perbanyak Tilawah, Dzikir, Takbir/Tahmid/Tahlil (mulai tanggal 9 ba'da subuh sampai dengan tanggal 13 ba'da ashar)

3. Haji dan Umrah

4. Memperbanyak amalan sholeh

5. Berqurban

6. Memperbanyak taubat

---

Jika manusia mengingat dan mencoba menghitung nikmat Allah SWT, niscaya manusia tidak pernah mampu berhenti untuk mensyukuri nikmat Allah yang telah Allah berikan. Andaikan seluruh tumbuhan dan air laut dijadikan sebagai pena dan tinta, tidak akan cukup untuk menulis nikmat Allah. Sepanjang umur manusia seharusnya dipenuhi dengan rasa syukur, bahkan mungkin seluruh umur manusia tidak akan cukup untuk mensyukuri nikmat Allah yang sangat banyak.

Pernahkah Anda menanyakan harga oksigen di apotek? Jika belum tahu, harganya ± Rp 25.000,00/liter. Pernahkah Anda menanyakan harga nitrogen di apotek? Jika belum tahu, harganya ± Rp 9.950,00/liter. Tahukah bahwa dalam sehari manusia menghirup 2.880 liter oksigen dan 11.376 liter nitrogen. Jika harus dihargai dengan rupiah, maka oksigen dan nitrogen yang kita hirup akan mencapai kisaran ± Rp 170.000.000,00/hari/orang. Jika kita hitung kebutuhan manusia sehari untuk bernafas saja 170 juta, maka sebulan 5,1 M per orang

Namun Allah memberikan semuanya secara gratis, namun kadang kita meremehkan hal yang demikian ini

---

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut