03 September 2013

Workshop Hijabersmom Community Tanggal 30 Agustus 2013

Event : Workshop Hijabersmom Community
Tanggal : 30 Agustus 2013
Pembicara : Samsul Rahman
Tema : Training motivasi

Yell Yell
Hijabersmom Dahsyat 3x Mantap 3x Luar biasa 3x
Apa kabar semua ? Sehat, ceria, bahagia, Yes

Workshop Hijabersmom
1. Transformasi budaya
a. Meaning
b. Mission
c. Vision
d. Value

2. Transformasi organisasi
a. Strategi
b. Struktur
c. System/Proses

Membentuk Together we grow Hijabersmom

Organisasi dengan visi misi nilai yang tidak terarah, akibatnya organisasi kacau

Misi visi nilai yang sudah terarah, akibatnya organisasi baik

Value: 25%
a. Internalization
b. Externalization
c. Habist/character

System : 35%
a. Business conduct/regulation
b. HR Policies

Leadership : 40%
a. Change leaders
b. Role models
c. Persistence

Ada 3 type orang dalam organisasi
1. Bintang
a. Positif
b. Bersemangat
c. Dinamis, kretaif, banyak ide
d. PUnya motivasi dari dalam diri
e. Berani menghadapi masalah
f. Tidak perlu diawasi
g. Mandiri dan mencapai target
"Kamu tak perlu banyak kasih tahu apa yang harus aku lakukan, aku akan kerjakan sampai tuntas, aku bisa menyelesaikan masalah, tugasku adalah solusi bagimu, aku akan membuat pekerjaanmu menjadi mudah

2. Rata rata
a. Ingin sukses
b. Punya komitmen
c. Bekerja keras
d. Datang tepat waktu
e. Melakukan apapun yang diperintahkan
f. Menyelesaikan masalah
g. Tidak istimewa, tidak luar biasa, cuma rata rata
" Kamu kasih tau aku, maka aku selesaikan, kamu tidak kasih tahu, aku tidak tahu harus berbuat apa"

3. Rusak
a. Punya seribu alasan
b. Bicara yang negatif
c. Kerja tidak tuntas
d. Banyak meminta daripada memberi
e. Selalu membawa masalah
f. Pembenaran dari sebuah kegagalan
g. Sering merepotkan orang lain
"Paling nggak suka sama rapat, paling suka makan makan, jalan jalan dan photo photo"

Kategori manusia dalam organisasi

1 dari 4 anggota : Engaged 26%
Anggota terlibat, mereka menintai apa yang mereka kerjakan dan mereka bersemangat untuk datang berorganisasi

2 dari 4 anggota : Disengaged 55%
Anggota acuh, mereka datang untuk berkumpul tetapi hati dan pikiran mereka kemana mana

1 dari 5 anggota : Actively disengaged 19%
Anggota aktif acuh, merela anggota acuh yang menyebarkan kegalauannya, seberapa jauh mereka tidak puas dengan pimpinannya, rekan kerja atau organisasi pada umumnya

Pentingnya sebuah tujuan

Apa rahasia dibalik kesuksesan kita dalam mencapai sebuah tujuan ?
Mengapa ada yang sukses dengan luar biasa, ada yang biasa biasa saja, ada yang malah gagal mencapainya

Rahasia mencapai tujuan

Untuk mencapai tujuan itu kita perlu niat
Jangan memulai sesuatu tanpa niat/planning
Manusia itu ditentukan dari niatnya

Dari Amirul mukminin Abu Hafsh Umar bin Khaththab ra, ia berkata,
"Saya mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sungguh amal perbuatan itu [tergantung] pada niat-[nya]. Dan sungguh segala [Daramal perbuatan] seseorang itu [berdasarkan pada] apa yang telah [menjadi] niat-[nya]. (HR. Bukhari & Muslim)

Visi Misi Hijabersmom

VISI
Sebagai Wadah Bagi Wanita Muslimah untuk saling Bertukar wawasan, baik mengenai sosial kemasyarakatan ( Hablulmminannas) Maupun meningkatkan taqwa ( Hablumminalloh)

MISI
Menjadi sebaik baiknya manusia yang bisa memberi manfaat Untuk orang lain dengan mengutamakan kebersamaan, saling menghormati perbedaan mazhab untuk mewujudkan Islam sebagai Rahmatan Lil alamin

What you feel, what you get, You are, What you think

Dari Bukhari, Muslim, Tirmizi dan Ibn Majah, Diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA bahawa Rasulullah SAW telah bersabda yang bermaksud “Allah SWT berfirman: Aku adalah berdasarkan kepada sangkaan hambaKu terhadapKu.
Aku bersamanya ketika dia mengingatiKu. Apabila dia mengingatiKu dalam dirinya, nescaya aku juga akanmengingatinya dalam diriKu. Apabila dia mengingatiKu dimajlis, nescaya Aku juga akan mengingatinya didalam suatu majlis yang lebih baik daripada mereka. Apabila dia mendekatiKu dalam jarak sejengkal, nescaya Aku akan mendekatinya dengan jarak sehasta. Apabila dia mendekatiKu sehasta, nescaya Aku akan mendekatinya dengan jarak sedepa. Apabila dia datang kepadaKu dalam keadaan berjalan seperti biasa, nescaya Aku akan datang kepadanya seperti berlari-lari anak.

Mengapa tidak bahagia ?

Hati -> Pikiran -> Perkataan -> Tindakan -> Kebiasaan -> Nasib

Rumusan nasib
1. Kualitas baik + kebiasaan buruk = Nasib buruk
2. Kualitas buruk + Kebiasaan baik = Nasib baik
3. Kualitas buruk + Kebiasaan buruk = Nasib hancur
4. Kualitas baik + kebiasaan baik = Jadi apapun

Untuk direnungkan
Siapa saya? Untuk apa saya diciptakan ? Akan kemana saya ?

Untuk direnungkan
Nama
Alamat
Wafat umur
Karya
Kebaikan (manfaat sosial)
Dikenang (menyejarah)

Semua orang punya cerita tentang kapan awal kehidupannya dan kapan akhir kehidupannya

Kalau engkau tak mampu menjadi pohon besar yang tegak di puncak bukit, jadilah belukar, tetapi belukar yang baik yang tumbuh di tepi danau
Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar, jadilah rumput, tetapi rumput yang memperkuat tanggul di pinggir jalan
Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya, jadilah saja jalan kecil, tetapi jalan setapak yang membawa orang ke mata air

Tidaklah semua menjadi kapten, tentu harus ada awak kapalnya, Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi rendahnya dirimu, Jadilah manusia yang bermanfaat bagi banyak orang

Allah menempatkanmu di tempatmu yang sekarang bukan karena kebetulan, Orang yang hebat tidak dihasilkan melalui kemudahan, kesenangan dan kenyamanan, mereka dibentuk melalui kesukaran, tantangan dan air mata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Sri Wahyuningsih

Sri Wahyuningsih
Sri Wahyuningsih

Pengikut